| Courser in English | LEARNING ENVIRONMENT MANAGEMENT | 
| Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini | 
| SKS | 3 SKS | 
| RPS | 2 Data | 
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berisi :
Wawasan pengelolaan PAUD , dasar pengelolaan lingkungan , wawasan belajar penataan indoor / outdoor , teknik penataan ruangan dan perlengkapan belajar di PAUD , penjelasan kegiatan pengembangan / inovasi di PAUD , pengelolaan standar layanan PAUD , standar SARPRAS , standar layanan STPPA ,standar isi ,standar pengelolaan dan standar pembiayaan
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu
- Menjelaskan wawasan pengelolaan PAUD
 - Menjelaskan sarana pengelolaan lingkungan PAUD
 - Menjelaskan penataan indoor di PAUD
 - Menjelaskan penataan outdoor di PAUD
 - Menjelaskan pemilihan perlengkapan indoor dan outdoor yang standar baik
 - Menjelaskan teknik penataan ruangan dan perlengkapan ruang belajar di PAUD
 - Menjelaskan pelaksanaan kegiatan tengah semester
 - Menjelaskan pelaksanaan kegiatan pengembangan / inovasi
 - Menjelaskan standar layanan PAUD STPPA
 - Menjelaskan standar isi
 - Menjelaskan standar proses
 - Menjelaskan standar penilaian
 - Menjelaskan standar pendidik dan tenaga kependidikan
 - Menjelaskan standar sarana dan prasarana
 - Menjelaskan pengelolaan dan standar pembiayaan
 - review
 
| 
			 Coughlin, Pamela A et.al. (2000). Menciptakan Kelas yang Berpusat pada Anak 3-5 tahun. Washington DC: CRI Mariyana, Rita. (2005). Strategi Pengelolaan Lingkungan Belajar di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional DIKTI  | 
		
Details ...
Mata kuliah ini berisi :
Wawasan pengelolaan PAUD , dasar pengelolaan lingkungan , wawasan belajar penataan indoor / outdoor , teknik penataan ruangan dan perlengkapan belajar di PAUD , penjelasan kegiatan pengembangan / inovasi di PAUD , pengelolaan standar layanan PAUD , standar SARPRAS , standar layanan STPPA ,standar isi ,standar pengelolaan dan standar pembiayaan
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu
- Menjelaskan wawasan pengelolaan PAUD
 - Menjelaskan sarana pengelolaan lingkungan PAUD
 - Menjelaskan penataan indoor di PAUD
 - Menjelaskan penataan outdoor di PAUD
 - Menjelaskan pemilihan perlengkapan indoor dan outdoor yang standar baik
 - Menjelaskan teknik penataan ruangan dan perlengkapan ruang belajar di PAUD
 - Menjelaskan pelaksanaan kegiatan tengah semester
 - Menjelaskan pelaksanaan kegiatan pengembangan / inovasi
 - Menjelaskan standar layanan PAUD STPPA
 - Menjelaskan standar isi
 - Menjelaskan standar proses
 - Menjelaskan standar penilaian
 - Menjelaskan standar pendidik dan tenaga kependidikan
 - Menjelaskan standar sarana dan prasarana
 - Menjelaskan pengelolaan dan standar pembiayaan
 - review
 
| 
			 Coughlin, Pamela A et.al. (2000). Menciptakan Kelas yang Berpusat pada Anak 3-5 tahun. Washington DC: CRI Mariyana, Rita. (2005). Strategi Pengelolaan Lingkungan Belajar di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional DIKTI  | 
		
Details ...
