Courser in English | LEARNING INNOVATION |
Program | Pendidikan Fisika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini memberikan bekal yang komprehensif mengenai kajian inovasi baik secara teori maupun empiris dalam kegiatan pembelajaran. mata kuliah ini didukung dengan kegiatan kolaborasi, studi literatur, praktik dan simulasi.
Learning OutcomesSIKAP : Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri.
PENGETAHUAN : Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai model/metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) .
KETERAMPILAN UMUM : Mengelola pembelajaran fisika secara mandiri, bermutu dan terukur.
KETERAMPILAN KHUSUS : Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran. Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi dan metode penilaian serta mengevaluasi dan memanfaatkan hasilnya untuk memperbaiki pembelajaran (reflective teacher). Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif. Mampu mengkaji berbagai metoda pembelajaran fisika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji
ReferencesAbernathy, W.J. & K.B. Clark, 1985, Innovation: Mapping the winds of creative destruction,
Research policy, 14: 3-22.
Argyris, C. & D. Schon, 2010. Organizational learning, Reading, Mass.: Addison-Wesley
Burns, T & GM. Stalker, 2014. The Management of Innovation, London,: Tavistock. N
Details ...
Mata kuliah ini memberikan bekal yang komprehensif mengenai kajian inovasi baik secara teori maupun empiris dalam kegiatan pembelajaran. Mata kuliah ini didukung dengan kegiatan kolaborasi, studi literatur, praktik dan simulasi tentang Dasar Inovasi (discovery, investasi dan inovasi), karakteristik inovasi pembelajaran, strategi inovasi , identifikasi penerima inovasi, agen pembaharu,proses keputusan inovasi,sifat-sifat inovasi dan kecepatan adopsi, model inovasi pembelajaran , analisis inovasi dan kategori adopter, dan penyajian inovasi pembelajaran.
Learning OutcomesSIKAP
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandir
PENGETAHUAN
- Menguasai konsep teoretis pedagogik dan konsep pengetahuan dalam inovasi pembelajaran Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya
- Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai model/metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada inovasi dan kecakapan hidup (life skill)
- Menguasai konsep pengemasan materi baru dan terbarukan berbasis teknologi TPACK
KETERAMPILAN KHUSUS
Mampu merancang inovasi pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) berbasis teknologi (TPACK) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar. Mampu melakukan pendampingan terhadap mahasiswa dalam lingkup pembelajaran
KETERAMPILAN UMUM
Mampu menilai proses dan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan strategi dan metode penilaian serta mengevaluasi dan memanfaatkan hasilnya untuk memperbaiki pembelajaran (reflective teacher)
ReferencesUtama:
Manajemen Inovasi
Abernathy, W.J. & K.B. Clark, 1985, Innovation: Mapping the winds of creative destruction, Research policy, 14: 3-22. Burns, T & GM. Stalker, 2014. The Management of Innovation, London,: Tavistock. N
Pendukung:
Everett M. Rogers. (1983). Diffusion of Innovation. New York: The Free Press A Divisi on of Macmillan Publishing Co. Inc.
Francis Abraham (1980). Perspective on Modernization toward General Theory of Third World Development. Washington: University Press of America.
Argyris, C. & D. Schon, 2010. Organizational learning, Reading, Mass.: Addison-Wesley
Details ...
Mata kuliah ini memberikan bekal yang komprehensif mengenai kajian inovasi baik secara teori maupun empiris dalam kegiatan pembelajaran. Mata kuliah ini didukung dengan kegiatan kolaborasi, studi literatur, praktik dan simulasi tentang Dasar Inovasi (discovery, investasi dan inovasi), karakteristik inovasi pembelajaran, strategi inovasi , identifikasi penerima inovasi, agen pembaharu,proses keputusan inovasi,sifat-sifat inovasi dan kecepatan adopsi, model inovasi pembelajaran , analisis inovasi dan kategori adopter, dan penyajian inovasi pembelajaran.
Learning OutcomesSIKAP
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri
PENGETAHUAN
- Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam inovasi pembelajaran Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya
- Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai model/metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada inovasi dan kecakapan hidup (life skill)
KETERAMPILAN KHUSUS
- Mampu merancang inovasi pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar.
- Mampu melakukan pendampingan terhadap mahasiswa dalam lingkup pembelajaran
KETERAMPILAN UMUM
- Mampu menilai proses dan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan strategi dan metode penilaian serta mengevaluasi dan memanfaatkan hasilnya untuk memperbaiki pembelajaran (reflective teacher)
Utama:
- Manajemen Inovasi
- Abernathy, W.J. & K.B. Clark, 1985, Innovation: Mapping the winds of creative destruction, Research policy, 14: 3-22.
- Burns, T & GM. Stalker, 2014. The Management of Innovation, London,: Tavistock. N
Pendukung:
- Everett M. Rogers. (1983). Diffusion of Innovation. New York: The Free Press A Divisi on of Macmillan Publishing Co. Inc.
- Francis Abraham (1980). Perspective on Modernization toward General Theory of Third World Development. Washington: University Press of America.
- Argyris, C. & D. Schon, 2010. Organizational learning, Reading, Mass.: Addison-Wesley
Details ...