Inovasi Pembelajaran, Curriculum : 2015


Courser in EnglishLEARNING INNOVATION
ProgramPendidikan Fisika
SKS3 SKS
RPS3 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan bekal yang komprehensif mengenai kajian inovasi baik secara teori maupun empiris   dalam kegiatan pembelajaran. mata kuliah ini didukung dengan kegiatan kolaborasi, studi literatur, praktik dan simulasi.

Learning Outcomes

SIKAP : Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan   peradaban   berdasarkan   Pancasila.   Menginternalisasi   nilai,   norma,   dan   etika akademik. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri.

PENGETAHUAN :  Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai   dengan   lingkup   tugasnya.   Menguasai   konsep,   prinsip,   dan   aplikasi   berbagai model/metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) .

KETERAMPILAN UMUM : Mengelola pembelajaran fisika secara mandiri, bermutu dan terukur.

KETERAMPILAN KHUSUS : Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content   Knowledge)   secara   mandiri   sesuai   dengan   prinsip-prinsip   desain   instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran. Mampu menilai proses dan hasil belajar  siswa  dengan  menggunakan  strategi  dan  metode  penilaian  serta  mengevaluasi  dan memanfaatkan   hasilnya   untuk   memperbaiki   pembelajaran   (reflective   teacher).   Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika, sekolah,  dan  lembaga  pendidikan  yang  menjadi  tanggung  jawabnya,  dan  mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif. Mampu mengkaji berbagai metoda pembelajaran fisika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji

References

Abernathy,  W.J.  &  K.B.  Clark,  1985,  Innovation:  Mapping  the  winds  of  creative  destruction,

Research policy, 14: 3-22.

Argyris, C. & D. Schon, 2010. Organizational learning, Reading, Mass.: Addison-Wesley

Burns, T & GM. Stalker, 2014. The Management of Innovation, London,: Tavistock. N


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan bekal yang komprehensif mengenai kajian inovasi baik secara teori maupun empiris dalam kegiatan pembelajaran. Mata kuliah ini didukung dengan kegiatan kolaborasi, studi literatur, praktik dan simulasi tentang Dasar Inovasi (discovery, investasi dan inovasi), karakteristik inovasi pembelajaran, strategi inovasi , identifikasi penerima inovasi, agen pembaharu,proses keputusan inovasi,sifat-sifat inovasi dan kecepatan adopsi, model inovasi pembelajaran , analisis inovasi dan kategori adopter, dan penyajian inovasi pembelajaran.

Learning Outcomes

SIKAP

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandir

PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep teoretis pedagogik dan konsep pengetahuan dalam inovasi pembelajaran Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya
  2. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai model/metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada inovasi dan kecakapan hidup (life skill)
  3. Menguasai konsep pengemasan materi baru dan terbarukan berbasis teknologi TPACK

KETERAMPILAN KHUSUS

Mampu merancang inovasi pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) berbasis teknologi (TPACK) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar. Mampu melakukan pendampingan terhadap mahasiswa dalam lingkup pembelajaran

KETERAMPILAN UMUM

Mampu menilai proses dan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan strategi dan metode penilaian serta mengevaluasi dan memanfaatkan hasilnya untuk memperbaiki pembelajaran (reflective teacher)

References

Utama:

Manajemen Inovasi

Abernathy, W.J. & K.B. Clark, 1985, Innovation: Mapping the winds of creative destruction, Research policy, 14: 3-22. Burns, T & GM. Stalker, 2014. The Management of Innovation, London,: Tavistock. N

Pendukung:

Everett M. Rogers. (1983). Diffusion of Innovation. New York: The Free Press A Divisi on of Macmillan Publishing Co. Inc.

Francis Abraham (1980). Perspective on Modernization toward General Theory of Third World Development. Washington: University Press of America.

Argyris, C. & D. Schon, 2010. Organizational learning, Reading, Mass.: Addison-Wesley


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan bekal yang komprehensif mengenai kajian inovasi baik secara teori maupun empiris dalam kegiatan pembelajaran. Mata kuliah ini didukung dengan kegiatan kolaborasi, studi literatur, praktik dan simulasi tentang Dasar Inovasi (discovery, investasi dan inovasi), karakteristik inovasi pembelajaran, strategi inovasi , identifikasi penerima inovasi, agen pembaharu,proses keputusan inovasi,sifat-sifat inovasi dan kecepatan adopsi, model inovasi pembelajaran , analisis inovasi dan kategori adopter, dan penyajian inovasi pembelajaran.

Learning Outcomes

SIKAP

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri

PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam inovasi pembelajaran Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya
  2. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai model/metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada inovasi dan kecakapan hidup (life skill)

KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu merancang inovasi pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar.
  2. Mampu melakukan pendampingan terhadap mahasiswa dalam lingkup pembelajaran

KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menilai proses dan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan strategi dan metode penilaian serta mengevaluasi dan memanfaatkan hasilnya untuk memperbaiki pembelajaran (reflective teacher)

References

Utama:

  1. Manajemen Inovasi
  2. Abernathy, W.J. & K.B. Clark, 1985, Innovation: Mapping the winds of creative destruction, Research policy, 14: 3-22.
  3. Burns, T & GM. Stalker, 2014. The Management of Innovation, London,: Tavistock. N

Pendukung:

  1. Everett M. Rogers. (1983). Diffusion of Innovation. New York: The Free Press A Divisi on of Macmillan Publishing Co. Inc.
  2. Francis Abraham (1980). Perspective on Modernization toward General Theory of Third World Development. Washington: University Press of America.
  3. Argyris, C. & D. Schon, 2010. Organizational learning, Reading, Mass.: Addison-Wesley

 

 


Details ...