Courser in English | DEVELOPMENTAL GUIDANCE AND COUNSELING |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah BK Perkembangan ini merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi tentang hakikat BK Perkembangan; tujuan, fungsi, dan asumsi BK Perkembangan; Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SD, SKKPD di SMP, SKKPD di SMA/SMK, program BK Perkembangan, strategi layanan dasar dalam BK BK Perkembangan, strategi layanan responsif dalam BK BK Perkembangan, strategi perencanaan individual dalam BK BK Perkembangan dan strategi dukungan sistem dalam BK Perkembangan.
Learning Outcomes
Mampu menjelaskan Hakikat BK Perkembangan (C2, A3) (CPL3). |
Mampu menguraikan Tujuan, Fungsi dan Asumsi BK Perkembangan (C4, A4) (CPL1, CPL2, CPL4). |
Mampu menerapkan Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SD (C5, A5) (CPL5, CPL6). |
Mampu menerapkan Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SMP (C5, A5) (CPL5, CPL6). |
Mampu menerapkan Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SMA/SMK (C5, A5) (CPL5, CPL6). |
Mampu mengembangkan program BK Perkembangan (C6, A5) (CPL7, CPL8). |
Mampu menguraikan strategi layanan dasar dalam BK Perkembangan (C4, A4) (CPL9, CPL10). |
Mampu menguraikan strategi layanan responsif dalam BK Perkembangan (C4, A4) (CPL9, CPL10). |
Mampu menguraikan strategi perencanaan individual dalam BK Perkembangan (C4, A4) (CPL9, CPL10). |
Mampu menguraikan strategi dukungan sistem dalam BK Perkembangan (C4, A4) (CPL9, CPL10). |
- Ahman (2013). Konsep Dasar Bimbingan Konseling Perkembangan. Jakarta : Rajagrafindo
- Depdiknas. 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta : Depdiknas.
- American School Counselor Association. (2012). ASCA national model: A framework for school counseling programs. American School Counselor Association
- Artikel Jurnal
- Study Kasus
Details ...
Mata kuliah BK Perkembangan ini merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi tentang hakikat BK Perkembangan; tujuan, fungsi, dan asumsi BK Perkembangan; Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SD, SKKPD di SMP, SKKPD di SMA/SMK, program BK Perkembangan, strategi layanan dasar dalam BK BK Perkembangan, strategi layanan responsif dalam BK BK Perkembangan, strategi perencanaan individual dalam BK BK Perkembangan dan strategi dukungan sistem dalam BK Perkembangan.
Learning Outcomes
Mampu menjelaskan Hakikat BK Perkembangan (C2, A3) (CPL3). |
Mampu menguraikan Tujuan, Fungsi dan Asumsi BK Perkembangan (C4, A4) (CPL1, CPL2, CPL4). |
Mampu menerapkan Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SD (C5, A5) (CPL5, CPL6). |
Mampu menerapkan Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SMP (C5, A5) (CPL5, CPL6). |
Mampu menerapkan Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SMA/SMK (C5, A5) (CPL5, CPL6). |
Mampu mengembangkan program BK Perkembangan (C6, A5) (CPL7, CPL8). |
Mampu menguraikan strategi layanan dasar dalam BK Perkembangan (C4, A4) (CPL9, CPL10). |
Mampu menguraikan strategi layanan responsif dalam BK Perkembangan (C4, A4) (CPL9, CPL10). |
Mampu menguraikan strategi perencanaan individual dalam BK Perkembangan (C4, A4) (CPL9, CPL10). |
Mampu menguraikan strategi dukungan sistem dalam BK Perkembangan (C4, A4) (CPL9, CPL10). |
- Ahman (2013). Konsep Dasar Bimbingan Konseling Perkembangan. Jakarta : Rajagrafindo
- Depdiknas. 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta : Depdiknas.
- American School Counselor Association. (2012). ASCA national model: A framework for school counseling programs. American School Counselor Association
- Artikel Jurnal
- Study Kasus
Details ...
Mata kuliah BK Perkembangan ini merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi tentang hakikat BK Perkembangan; tujuan, fungsi, dan asumsi BK Perkembangan; Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SD, SKKPD di SMP, SKKPD di SMA/SMK, program BK Perkembangan, strategi layanan dasar dalam BK BK Perkembangan, strategi layanan responsif dalam BK BK Perkembangan, strategi perencanaan individual dalam BK BK Perkembangan dan strategi dukungan sistem dalam BK Perkembangan.
Learning Outcomes
Mampu menjelaskan Hakikat BK Perkembangan (C2, A3) (CPL3). |
Mampu menguraikan Tujuan, Fungsi dan Asumsi BK Perkembangan (C4, A4) (CPL1, CPL2, CPL4). |
Mampu menerapkan Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SD (C5, A5) (CPL5, CPL6). |
Mampu menerapkan Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SMP (C5, A5) (CPL5, CPL6). |
Mampu menerapkan Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SMA/SMK (C5, A5) (CPL5, CPL6). |
Mampu mengembangkan program BK Perkembangan (C6, A5) (CPL7, CPL8). |
Mampu menguraikan strategi layanan dasar dalam BK Perkembangan (C4, A4) (CPL9, CPL10). |
Mampu menguraikan strategi layanan responsif dalam BK Perkembangan (C4, A4) (CPL9, CPL10). |
Mampu menguraikan strategi perencanaan individual dalam BK Perkembangan (C4, A4) (CPL9, CPL10). |
Mampu menguraikan strategi dukungan sistem dalam BK Perkembangan (C4, A4) (CPL9, CPL10). |
- Ahman (2013). Konsep Dasar Bimbingan Konseling Perkembangan. Jakarta : Rajagrafindo
- Depdiknas. 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta : Depdiknas.
- American School Counselor Association. (2012). ASCA national model: A framework for school counseling programs. American School Counselor Association
- Artikel Jurnal
- Study Kasus
Details ...
Mata kuliah BK Perkembangan ini merupakan matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini berisi tentang hakikat BK Perkembangan; tujuan, fungsi, dan asumsi BK Perkembangan; Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SD, SKKPD di SMP, SKKPD di SMA/SMK, program BK Perkembangan, strategi layanan dasar dalam BK BK Perkembangan, strategi layanan responsif dalam BK BK Perkembangan, strategi perencanaan individual dalam BK BK Perkembangan dan strategi dukungan sistem dalam BK Perkembangan.
Learning Outcomes
Mampu menjelaskan Hakikat BK Perkembangan (C2, A3) (CPL3). |
Mampu menguraikan Tujuan, Fungsi dan Asumsi BK Perkembangan (C4, A4) (CPL1, CPL2, CPL4). |
Mampu menerapkan Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SD (C5, A5) (CPL5, CPL6). |
Mampu menerapkan Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SMP (C5, A5) (CPL5, CPL6). |
Mampu menerapkan Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SMA/SMK (C5, A5) (CPL5, CPL6). |
Mampu mengembangkan program BK Perkembangan (C6, A5) (CPL7, CPL8). |
Mampu menguraikan strategi layanan dasar dalam BK Perkembangan (C4, A4) (CPL9, CPL10). |
Mampu menguraikan strategi layanan responsif dalam BK Perkembangan (C4, A4) (CPL9, CPL10). |
Mampu menguraikan strategi perencanaan individual dalam BK Perkembangan (C4, A4) (CPL9, CPL10). |
Mampu menguraikan strategi dukungan sistem dalam BK Perkembangan (C4, A4) (CPL9, CPL10). |
- Ahman (2013). Konsep Dasar Bimbingan Konseling Perkembangan. Jakarta : Rajagrafindo
- Depdiknas. 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta : Depdiknas.
- American School Counselor Association. (2012). ASCA national model: A framework for school counseling programs. American School Counselor Association
- Artikel Jurnal
- Study Kasus
Details ...