Courser in English | Analysis of Indonesian Curriculum and Teaching Materials |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 13 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas mengenai perkembangan kurikulum SD, perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, pemberlakuan Kurikulum 2013, analisis kompetensi dasar bahasa Indonesia SD KTSP, analisis kompetensi dasar bahasa Indonesia SD Kurikulum 2013, jenis-jenis bahan ajar, prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar, analisis bahan ajar bahasa Indonesia BSE KTSP, analisis bahan ajar bahasa Indonesia Kurikulum 2013, dan praktik mengembangkan bahan ajar bahasa Indonesia SD.
Learning Outcomes
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
Idi, Abdullah. 2011. Pengembangan Kurikulum: Teori& Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Cetakan Kedua. Surakaarta: Yuma Pustaka.
Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana
Details ...
Mata kuliah ini membahas mengenai perkembangan kurikulum SD, perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, pemberlakuan Kurikulum 2013, analisis kompetensi dasar bahasa Indonesia SD KTSP, analisis kompetensi dasar bahasa Indonesia SD Kurikulum 2013, jenis-jenis bahan ajar, prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar, analisis bahan ajar bahasa Indonesia BSE KTSP, analisis bahan ajar bahasa Indonesia Kurikulum 2013, dan praktik mengembangkan bahan ajar bahasa Indonesia SD.
Learning Outcomes
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
Idi, Abdullah. 2011. Pengembangan Kurikulum: Teori& Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Cetakan Kedua. Surakaarta: Yuma Pustaka.
Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana
Details ...
Mata kuliah ini membahas mengenai perkembangan kurikulum SD, perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, pemberlakuan Kurikulum 2013, analisis kompetensi dasar bahasa Indonesia SD KTSP, analisis kompetensi dasar bahasa Indonesia SD Kurikulum 2013, jenis-jenis bahan ajar, prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar, analisis bahan ajar bahasa Indonesia BSE KTSP, analisis bahan ajar bahasa Indonesia Kurikulum 2013, dan praktik mengembangkan bahan ajar bahasa Indonesia SD.
Learning Outcomes
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
Idi, Abdullah. 2011. Pengembangan Kurikulum: Teori& Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Cetakan Kedua. Surakaarta: Yuma Pustaka.
Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana
Details ...
Mata kuliah ini membahas mengenai perkembangan kurikulum SD, perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, pemberlakuan Kurikulum 2013, analisis kompetensi dasar bahasa Indonesia SD KTSP, analisis kompetensi dasar bahasa Indonesia SD Kurikulum 2013, jenis-jenis bahan ajar, prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar, analisis bahan ajar bahasa Indonesia BSE KTSP, analisis bahan ajar bahasa Indonesia Kurikulum 2013, dan praktik mengembangkan bahan ajar bahasa Indonesia SD.
.
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
Pengetahuan |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) . 3b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
Sikap |
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
|
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
|
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
|
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
References
DAFTAR PUSTAKA
Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
Idi, Abdullah. 2011. Pengembangan Kurikulum: Teori& Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Cetakan Kedua. Surakaarta: Yuma Pustaka.
Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana
Details ...
Mata kuliah ini membahas mengenai perkembangan kurikulum SD, perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, pemberlakuan Kurikulum 2013, analisis kompetensi dasar bahasa Indonesia SD KTSP, analisis kompetensi dasar bahasa Indonesia SD Kurikulum 2013, jenis-jenis bahan ajar, prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar, analisis bahan ajar bahasa Indonesia BSE KTSP, analisis bahan ajar bahasa Indonesia Kurikulum 2013, dan praktik mengembangkan bahan ajar bahasa Indonesia SD.
.
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
Pengetahuan |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) . 3b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
Sikap |
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
|
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
|
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
|
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
References
DAFTAR PUSTAKA
Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
Idi, Abdullah. 2011. Pengembangan Kurikulum: Teori& Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Cetakan Kedua. Surakaarta: Yuma Pustaka.
Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana
Details ...
Mata kuliah ini membahas mengenai perkembangan kurikulum SD, perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, pemberlakuan Kurikulum 2013, analisis kompetensi dasar bahasa Indonesia SD KTSP, analisis kompetensi dasar bahasa Indonesia SD Kurikulum 2013, jenis-jenis bahan ajar, prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar, analisis bahan ajar bahasa Indonesia BSE KTSP, analisis bahan ajar bahasa Indonesia Kurikulum 2013, dan praktik mengembangkan bahan ajar bahasa Indonesia SD.
.
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
Pengetahuan |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) . 3b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
Sikap |
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
|
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
|
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
|
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
References
DAFTAR PUSTAKA
Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
Idi, Abdullah. 2011. Pengembangan Kurikulum: Teori& Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Cetakan Kedua. Surakaarta: Yuma Pustaka.
Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana
Details ...
Mata kuliah ini membahas mengenai perkembangan kurikulum SD, perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, pemberlakuan Kurikulum 2013, analisis kompetensi dasar bahasa Indonesia SD KTSP, analisis kompetensi dasar bahasa Indonesia SD Kurikulum 2013, jenis-jenis bahan ajar, prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar, analisis bahan ajar bahasa Indonesia BSE KTSP, analisis bahan ajar bahasa Indonesia Kurikulum 2013, dan praktik mengembangkan bahan ajar bahasa Indonesia SD.
Learning Outcomes
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) . 3b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
Idi, Abdullah. 2011. Pengembangan Kurikulum: Teori& Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Cetakan Kedua. Surakaarta: Yuma Pustaka.
Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana
Details ...
Mata kuliah ini membahas mengenai perkembangan kurikulum SD, perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, pemberlakuan Kurikulum 2013, analisis kompetensi dasar bahasa Indonesia SD KTSP, analisis kompetensi dasar bahasa Indonesia SD Kurikulum 2013, jenis-jenis bahan ajar, prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar, analisis bahan ajar bahasa Indonesia BSE KTSP, analisis bahan ajar bahasa Indonesia Kurikulum 2013, dan praktik mengembangkan bahan ajar bahasa Indonesia SD.
Learning Outcomes
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) . 3b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
Idi, Abdullah. 2011. Pengembangan Kurikulum: Teori& Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Cetakan Kedua. Surakaarta: Yuma Pustaka.
Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana
Details ...
Mata kuliah ini membahas mengenai perkembangan kurikulum SD, perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, pemberlakuan Kurikulum 2013, analisis kompetensi dasar bahasa Indonesia SD KTSP, analisis kompetensi dasar bahasa Indonesia SD Kurikulum 2013, jenis-jenis bahan ajar, prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar, analisis bahan ajar bahasa Indonesia BSE KTSP, analisis bahan ajar bahasa Indonesia Kurikulum 2013, dan praktik mengembangkan bahan ajar bahasa Indonesia SD.
Learning Outcomes
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) . 3b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
Idi, Abdullah. 2011. Pengembangan Kurikulum: Teori& Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Cetakan Kedua. Surakaarta: Yuma Pustaka.
Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana
Details ...
Mata kuliah ini membahas mengenai perkembangan kurikulum SD, perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, pemberlakuan Kurikulum 2013, analisis kompetensi dasar bahasa Indonesia SD KTSP, analisis kompetensi dasar bahasa Indonesia SD Kurikulum 2013, jenis-jenis bahan ajar, prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar, analisis bahan ajar bahasa Indonesia BSE KTSP, analisis bahan ajar bahasa Indonesia Kurikulum 2013, dan praktik mengembangkan bahan ajar bahasa Indonesia SD.
Learning Outcomes
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) . 3b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
Idi, Abdullah. 2011. Pengembangan Kurikulum: Teori& Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Cetakan Kedua. Surakaarta: Yuma Pustaka.
Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana
Details ...
Mata kuliah ini membahas mengenai perkembangan kurikulum SD, perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, pemberlakuan Kurikulum 2013, analisis kompetensi dasar bahasa Indonesia SD KTSP, analisis kompetensi dasar bahasa Indonesia SD Kurikulum 2013, jenis-jenis bahan ajar, prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar, analisis bahan ajar bahasa Indonesia BSE KTSP, analisis bahan ajar bahasa Indonesia Kurikulum 2013, dan praktik mengembangkan bahan ajar bahasa Indonesia SD.
Learning Outcomes
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) . 3b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
Idi, Abdullah. 2011. Pengembangan Kurikulum: Teori& Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Cetakan Kedua. Surakaarta: Yuma Pustaka.
Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana
Details ...
Mata kuliah ini membahas mengenai perkembangan kurikulum SD, perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, pemberlakuan Kurikulum 2013, analisis kompetensi dasar bahasa Indonesia SD KTSP, analisis kompetensi dasar bahasa Indonesia SD Kurikulum 2013, jenis-jenis bahan ajar, prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar, analisis bahan ajar bahasa Indonesia BSE KTSP, analisis bahan ajar bahasa Indonesia Kurikulum 2013, dan praktik mengembangkan bahan ajar bahasa Indonesia SD.
Learning Outcomes
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) . 3b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
Idi, Abdullah. 2011. Pengembangan Kurikulum: Teori& Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Cetakan Kedua. Surakaarta: Yuma Pustaka.
Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana
Details ...