Pembelajaran Matematika AUD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishMathematics Teaching in Kindergarten
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS18 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang pembelajaran matematika AUD usia 1-6 Tahun. Adapun topik bahasan antara lain : Teori pembelajaran anak Piaget, Vygotsky, Sara Smilansky, Howard Gardner dan tokoh lainnya. 

Kategori Usia nya sesuai dengan teori yang ada. 

Learning Outcomes

menguasai Standar Isi dan Standar proses pembelajaran matematika AUD

References

Juanita v Copley


Details ...
Course Descriptions

 

Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika PAUD adalah mata kuliah pengembangan bidang keilmuan PAUD yang memiliki bobot 3 sks. Mata kuliah ini meliputi Bidang pengetahuan logika matematik mencakup: bilangan/angka-angka, massa, area, volume, panjang, klasifikasi, urutan, waktu, kecepatan dan timbangan/berat. Kemampuan bermatematika dalam konsep bilangan atau pemahaman angka, yang memiliki hubungan antara pengoperasiannya dan angkanya ditandai dengan penambahan dan pengurangan.Misalnya:anak diminta untuk menghitung suatu objek benda yang diklasifikasikan berdasarkan warna, lalu setelah itu ajaklah anak – anak untuk menghitungnya bersama – sama. Bahan Kajian utama mata kuliah ini meliputi pemahaman dasar anak pada matematika permulaan. Berdasarkan  Childrens Resources International Coughlin (2000) bahan kajian pada mata kuliah ini antara lain: (1) korespondensi satu satu, (2) membilang dan menghitung, (3) mengurutkan, (4) kalkulasi, (5) klasifikasi, (6) Pengukuran, (7) perbandingan, (8) geometri, (9) pola.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN pada mata kuliah ini: 

Mahasiswa Mampu menerapkan pengetahuan matematika, fisika, dan kerekayasaan

Mampu merancang dan melaksanakan eksperimen dengan metodologi yang benarserta menganalisis dan menginterpretasi data dengan tepat

Memiliki tanggung jawab dan etika profesional.

Mampu berkomunikasi secara efektif.

Mampu berpikir kreatif dan belajar sepanjang hayat.

Mampu menujukkan sikap relegius, menjungjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, serta menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan berdasarkan Pancasila.

Mampu menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan berbasis teknologi (technopreuner), serta mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya dg sikap bertanggung jawab.

References

-


Details ...
Course Descriptions

 

Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika PAUD adalah mata kuliah pengembangan bidang keilmuan PAUD yang memiliki bobot 3 sks. Mata kuliah ini meliputi Bidang pengetahuan logika matematik mencakup: bilangan/angka-angka, massa, area, volume, panjang, klasifikasi, urutan, waktu, kecepatan dan timbangan/berat. Kemampuan bermatematika dalam konsep bilangan atau pemahaman angka, yang memiliki hubungan antara pengoperasiannya dan angkanya ditandai dengan penambahan dan pengurangan.Misalnya:anak diminta untuk menghitung suatu objek benda yang diklasifikasikan berdasarkan warna, lalu setelah itu ajaklah anak – anak untuk menghitungnya bersama – sama. Bahan Kajian utama mata kuliah ini meliputi pemahaman dasar anak pada matematika permulaan. Berdasarkan  Childrens Resources International Coughlin (2000) bahan kajian pada mata kuliah ini antara lain: (1) korespondensi satu satu, (2) membilang dan menghitung, (3) mengurutkan, (4) kalkulasi, (5) klasifikasi, (6) Pengukuran, (7) perbandingan, (8) geometri, (9) pola.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN pada mata kuliah ini: 

Mahasiswa Mampu menerapkan pengetahuan matematika, fisika, dan kerekayasaan

Mampu merancang dan melaksanakan eksperimen dengan metodologi yang benarserta menganalisis dan menginterpretasi data dengan tepat

Memiliki tanggung jawab dan etika profesional.

Mampu berkomunikasi secara efektif.

Mampu berpikir kreatif dan belajar sepanjang hayat.

Mampu menujukkan sikap relegius, menjungjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, serta menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan berdasarkan Pancasila.

Mampu menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan berbasis teknologi (technopreuner), serta mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya dg sikap bertanggung jawab.

References

-


Details ...
Course Descriptions

 

Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika PAUD adalah mata kuliah pengembangan bidang keilmuan PAUD yang memiliki bobot 3 sks. Mata kuliah ini meliputi Bidang pengetahuan logika matematik mencakup: bilangan/angka-angka, massa, area, volume, panjang, klasifikasi, urutan, waktu, kecepatan dan timbangan/berat. Kemampuan bermatematika dalam konsep bilangan atau pemahaman angka, yang memiliki hubungan antara pengoperasiannya dan angkanya ditandai dengan penambahan dan pengurangan.Misalnya:anak diminta untuk menghitung suatu objek benda yang diklasifikasikan berdasarkan warna, lalu setelah itu ajaklah anak – anak untuk menghitungnya bersama – sama. Bahan Kajian utama mata kuliah ini meliputi pemahaman dasar anak pada matematika permulaan. Berdasarkan  Childrens Resources International Coughlin (2000) bahan kajian pada mata kuliah ini antara lain: (1) korespondensi satu satu, (2) membilang dan menghitung, (3) mengurutkan, (4) kalkulasi, (5) klasifikasi, (6) Pengukuran, (7) perbandingan, (8) geometri, (9) pola.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN pada mata kuliah ini: 

Mahasiswa Mampu menerapkan pengetahuan matematika, fisika, dan kerekayasaan

Mampu merancang dan melaksanakan eksperimen dengan metodologi yang benarserta menganalisis dan menginterpretasi data dengan tepat

Memiliki tanggung jawab dan etika profesional.

Mampu berkomunikasi secara efektif.

Mampu berpikir kreatif dan belajar sepanjang hayat.

Mampu menujukkan sikap relegius, menjungjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, serta menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan berdasarkan Pancasila.

Mampu menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan berbasis teknologi (technopreuner), serta mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya dg sikap bertanggung jawab.

References

-


Details ...
Course Descriptions

 

Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika PAUD adalah mata kuliah pengembangan bidang keilmuan PAUD yang memiliki bobot 3 sks. Mata kuliah ini meliputi Bidang pengetahuan logika matematik mencakup: bilangan/angka-angka, massa, area, volume, panjang, klasifikasi, urutan, waktu, kecepatan dan timbangan/berat. Kemampuan bermatematika dalam konsep bilangan atau pemahaman angka, yang memiliki hubungan antara pengoperasiannya dan angkanya ditandai dengan penambahan dan pengurangan.Misalnya:anak diminta untuk menghitung suatu objek benda yang diklasifikasikan berdasarkan warna, lalu setelah itu ajaklah anak – anak untuk menghitungnya bersama – sama. Bahan Kajian utama mata kuliah ini meliputi pemahaman dasar anak pada matematika permulaan. Berdasarkan  Childrens Resources International Coughlin (2000) bahan kajian pada mata kuliah ini antara lain: (1) korespondensi satu satu, (2) membilang dan menghitung, (3) mengurutkan, (4) kalkulasi, (5) klasifikasi, (6) Pengukuran, (7) perbandingan, (8) geometri, (9) pola.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN pada mata kuliah ini: 

Mahasiswa Mampu menerapkan pengetahuan matematika, fisika, dan kerekayasaan

Mampu merancang dan melaksanakan eksperimen dengan metodologi yang benarserta menganalisis dan menginterpretasi data dengan tepat

Memiliki tanggung jawab dan etika profesional.

Mampu berkomunikasi secara efektif.

Mampu berpikir kreatif dan belajar sepanjang hayat.

Mampu menujukkan sikap relegius, menjungjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, serta menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan berdasarkan Pancasila.

Mampu menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan berbasis teknologi (technopreuner), serta mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya dg sikap bertanggung jawab.

References

-


Details ...
Course Descriptions

 

Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika PAUD adalah mata kuliah pengembangan bidang keilmuan PAUD yang memiliki bobot 3 sks. Mata kuliah ini meliputi Bidang pengetahuan logika matematik mencakup: bilangan/angka-angka, massa, area, volume, panjang, klasifikasi, urutan, waktu, kecepatan dan timbangan/berat. Kemampuan bermatematika dalam konsep bilangan atau pemahaman angka, yang memiliki hubungan antara pengoperasiannya dan angkanya ditandai dengan penambahan dan pengurangan.Misalnya:anak diminta untuk menghitung suatu objek benda yang diklasifikasikan berdasarkan warna, lalu setelah itu ajaklah anak – anak untuk menghitungnya bersama – sama. Bahan Kajian utama mata kuliah ini meliputi pemahaman dasar anak pada matematika permulaan. Berdasarkan  Childrens Resources International Coughlin (2000) bahan kajian pada mata kuliah ini antara lain: (1) korespondensi satu satu, (2) membilang dan menghitung, (3) mengurutkan, (4) kalkulasi, (5) klasifikasi, (6) Pengukuran, (7) perbandingan, (8) geometri, (9) pola.

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN pada mata kuliah ini: 

Mahasiswa Mampu menerapkan pengetahuan matematika, fisika, dan kerekayasaan

Mampu merancang dan melaksanakan eksperimen dengan metodologi yang benarserta menganalisis dan menginterpretasi data dengan tepat

Memiliki tanggung jawab dan etika profesional.

Mampu berkomunikasi secara efektif.

Mampu berpikir kreatif dan belajar sepanjang hayat.

Mampu menujukkan sikap relegius, menjungjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, serta menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan berdasarkan Pancasila.

Mampu menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan berbasis teknologi (technopreuner), serta mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya dg sikap bertanggung jawab.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Matematika untuk Anak Usia Dini merupakan mata kuliah wajib bagi setiap mahasiswa S1 PGPAUD. Perkuliahan ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang pembelajaran matematika di PAUD. Pada mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk menguasai berbagai kemampuan danketerampilan mengenalkan materi-materi pelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan: standar Isi dan Standar Proses. Pokok Bahasan Utama matematika di paud antara lain: Pengenalan Bilangan, Aljabar, Klasifikasi,Pola, Geometri, dan Pengukuran.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan Matematika untuk Anak Usia Dini, mahasiswa

mampu:

1.Memahami teori-teori belajar yang mendukung pembelajaran matematika di PAUD

2.Menguasai materi-materi pembelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran

3.Terampil mengenalkan materi-materi pembelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran

4.Terampil membuat alat peraga materi-materi pembelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran

5.Terampil melakukan pembelajaran matematika di PAUD

6. terampil melakukan penilaian pembelajaran yang berkaitan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran

References

Juanita V Copley


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Matematika untuk Anak Usia Dini merupakan mata kuliah wajib bagi setiap mahasiswa S1 PGPAUD. Perkuliahan ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang pembelajaran matematika di PAUD. Pada mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk menguasai berbagai kemampuan danketerampilan mengenalkan materi-materi pelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan: standar Isi dan Standar Proses. Pokok Bahasan Utama matematika di paud antara lain: Pengenalan Bilangan, Aljabar, Klasifikasi,Pola, Geometri, dan Pengukuran.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan Matematika untuk Anak Usia Dini, mahasiswa

mampu:

1.Memahami teori-teori belajar yang mendukung pembelajaran matematika di PAUD

2.Menguasai materi-materi pembelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran

3.Terampil mengenalkan materi-materi pembelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran

4.Terampil membuat alat peraga materi-materi pembelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran

5.Terampil melakukan pembelajaran matematika di PAUD

6. terampil melakukan penilaian pembelajaran yang berkaitan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran

References

Juanita V Copley


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas tentang pengertian, proses, isi pembelajaran matematika AUD berdasarkan NCTM dan disesuaikan dengan NAEYC, metode mengajar matematika yang kreatif. Selain itu juga membahas teori kognitif secara umum dan pemerolehan pemahaman matematika, pengembangan pembelajaran matematika anak usia dini, evaluasi serta aktivitas lainnya yang dapat mengembangkan kemampuan matematika AUD

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat Melakukan pembelajaran matematika bagi AUD dengan baik dan benar sesuai dengan tahapan perkembangan anak.

References

1.      Copley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey

2.      Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers.

3. Elizabet Hurlock. 1997.Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga,


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas tentang pengertian, proses, isi pembelajaran matematika AUD berdasarkan NCTM dan disesuaikan dengan NAEYC, metode mengajar matematika yang kreatif. Selain itu juga membahas teori kognitif secara umum dan pemerolehan pemahaman matematika, pengembangan pembelajaran matematika anak usia dini, evaluasi serta aktivitas lainnya yang dapat mengembangkan kemampuan matematika AUD

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat Melakukan pembelajaran matematika bagi AUD dengan baik dan benar sesuai dengan tahapan perkembangan anak.

References

1.      Copley, Juanita 2001. The Young Child and Mathematics. USA: New Jersey

2.      Wolfinger, Donna. 1994. Science and mathematics in early childhood education. USA: HarperCollins College Publishers.

3. Elizabet Hurlock. 1997.Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga,


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Matematika untuk Anak Usia Dini merupakan mata kuliah wajib bagi setiap mahasiswa S1 PGPAUD. Perkuliahan ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang pembelajaran matematika di PAUD. Pada mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk menguasai berbagai kemampuan danketerampilan mengenalkan materi-materi pelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan: standar Isi dan Standar Proses. Pokok Bahasan Utama matematika di paud antara lain: Pengenalan Bilangan, Aljabar, Klasifikasi,Pola, Geometri, dan Pengukuran.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan Matematika untuk Anak Usia Dini, mahasiswa

mampu:

1.Memahami teori-teori belajar yang mendukung pembelajaran matematika di PAUD

2.Menguasai materi-materi pembelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran

3.Terampil mengenalkan materi-materi pembelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran

4.Terampil membuat alat peraga materi-materi pembelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran

5.Terampil melakukan pembelajaran matematika di PAUD

6. terampil melakukan penilaian pembelajaran yang berkaitan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran

References

Adiningsih, N. U.  2008. Permainan Kreatif Asah Kecerdasan Logis-Matematis. Bandung: Semesta Parenting.

Coopley, V. Juanita. (2000).The Young Child and Mathematics.Washington DC: National Association for the Education of Young Children.

Kellough, Richard D. (1996).Integrating Mathematics and Science.Columbus Ohio : Meriil Prentice Hall Moomay, Sally and Hieronymus. (1995). More Than Counting. St. Paul: Redleaf Press

Lestari KW. 2011. Konsep Matematika untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal. Kementerian Pendidikan

Damayanti,Ratna,Dwi dan Wahyuni.2005.Program Pendidikan Anak Usia Dini di Prasekolah Islam.Jakarta:Gramedia Widiasarana Indonesia

Howard,Gardner.1999. Multiple Intelligences.Terjemahkan oleh Moch Hanafi.2000.Bandung: Remaja Rosdakarya

Harlan.2008.Matematika untuk PAUD.(http:www Matematika PAUD.co.id,diakses 30Mei 2010)

Mujib dan Mudjakir.2001 Tumbuh Kembang Anak.Surabaya:Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Matematika untuk Anak Usia Dini merupakan mata kuliah wajib bagi setiap mahasiswa S1 PGPAUD. Perkuliahan ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang pembelajaran matematika di PAUD. Pada mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk menguasai berbagai kemampuan danketerampilan mengenalkan materi-materi pelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan: standar Isi dan Standar Proses. Pokok Bahasan Utama matematika di paud antara lain: Pengenalan Bilangan, Aljabar, Klasifikasi,Pola, Geometri, dan Pengukuran.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti perkuliahan Matematika untuk Anak Usia Dini, mahasiswa

mampu:

1.Memahami teori-teori belajar yang mendukung pembelajaran matematika di PAUD

2.Menguasai materi-materi pembelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran

3.Terampil mengenalkan materi-materi pembelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran

4.Terampil membuat alat peraga materi-materi pembelajaran matematika PAUD, yang berhubungan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran

5.Terampil melakukan pembelajaran matematika di PAUD

6. terampil melakukan penilaian pembelajaran yang berkaitan dengan Pengenalan bilangan, Aljabar, klasifikasi, pola, geometri dan pengukuran

References

Adiningsih, N. U.  2008. Permainan Kreatif Asah Kecerdasan Logis-Matematis. Bandung: Semesta Parenting.

Coopley, V. Juanita. (2000).The Young Child and Mathematics.Washington DC: National Association for the Education of Young Children.

Kellough, Richard D. (1996).Integrating Mathematics and Science.Columbus Ohio : Meriil Prentice Hall Moomay, Sally and Hieronymus. (1995). More Than Counting. St. Paul: Redleaf Press

Lestari KW. 2011. Konsep Matematika untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal. Kementerian Pendidikan

Damayanti,Ratna,Dwi dan Wahyuni.2005.Program Pendidikan Anak Usia Dini di Prasekolah Islam.Jakarta:Gramedia Widiasarana Indonesia

Howard,Gardner.1999. Multiple Intelligences.Terjemahkan oleh Moch Hanafi.2000.Bandung: Remaja Rosdakarya

Harlan.2008.Matematika untuk PAUD.(http:www Matematika PAUD.co.id,diakses 30Mei 2010)

Mujib dan Mudjakir.2001 Tumbuh Kembang Anak.Surabaya:Remaja Rosdakarya


Details ...