Courser in English | PHYSICS CURRICULUM EVALUATION |
Program | Pendidikan Fisika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 5 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Telaah Kurikulum Pendidikan Fisika ini diberikan dengan komposisi antara pemberian teori dan praktikum (2:1) yang meliputi: (1) landasan, konsep, dan prinsip kurikulum; (2) landasan filosofi kurikulum 2013, (3) permendikbud tentang kurikulum 2013, (4) strategi implementasi kurikulum (5)pendekatan saintifik-STEM(6) model pembelajaran, (7) penilaian otentik, (8) analsis buku guru dan buku siswa, (9) penyusunan silabus dan RPP.
Learning OutcomesSikap:
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
Pengetahuan:
menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya
menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai model/metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill)
menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan penilaian pembelajaran
Keterampilan khusus:
Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Pedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar.
Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran
Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika.
Mengelola pembelajaran fisika secara mandiri, bermutu dan terukur.
References- Kurikulum 2013, SKL,SNP dan SPN (edisi revisi 2014, 2015, dan 2016)
- Hamalik, Umar. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
- Nasution, S. 2003. Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
- Nasution, S. 2006. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
- Soetotp, Hendyat dan Wasty Soemanto. 1986. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum: sebagai Substansi Problem Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
- Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Details ...
Mata kuliah Telaah Kurikulum Pendidikan Fisika merupakan mata kuliah yang mengkaji perkembangan kurikulum pendidikan di Indonesia. Perkuliahan ini diberikan dengan komposisi antara pemberian teori dan praktikum (2:1) yang meliputi: (1) landasan, konsep, dan prinsip kurikulum; (2) landasan filosofi kurikulum 2013, (3) permendikbud tentang kurikulum 2013, (4) strategi implementasi kurikulum (5)pendekatan saintifik (6) model pembelajaran, (7) penilaian otentik, (8) analsis buku guru dan buku siswa, (9) penyusunan silabus dan RPP.
Learning OutcomesSikap:
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
Pengetahuan:
Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya
Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai model/metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill)
Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan penilaian pembelajaran
Keterampilan khusus:
Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar.
Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran
Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika.
Mengelola pembelajaran fisika secara mandiri, bermutu dan terukur.
References- Kurikulum 2013, SKL,SNP dan SPN (edisi revisi 2014, 2015, dan 2016)
- Hamalik, Umar. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
- Nasution, S. 2003. Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
- Nasution, S. 2006. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
- Soetotp, Hendyat dan Wasty Soemanto. 1986. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum: sebagai Substansi Problem Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
- Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
- Peraturan pemerintah terkait tentang kurikulum dan Undang-Undang tentang pendidikan
Details ...
Mata kuliah Telaah Kurikulum Pendidikan Fisika ini diberikan dengan komposisi antara pemberian teori dan praktik (2:1) yang meliputi: (1) landasan, konsep, dan prinsip kurikulum; (2 ) landasan filosofi kurikulum 2013, (3) permendikbud tentang kurikulum 2013, (4) strategi implementasi kurikulum (5)pendekatan saintifik(6) model pembelajaran, (7) penilaian otentik, (8) analsis buku guru dan buku siswa, (9) penyusunan silabus dan RPP.
Learning Outcomes1. kemampuan menelaah dan mendeskripsikan secara konseptual dan kontekstual tentang Kurikulum 2013 dan komponen yang terkait
2. kemampuan mengembangkan sikap ilmiah dalam kurikulum pembelajaran fisika
3. menyusun dan menerapkan perangkat pembelajaran Fisika di sekolah
References- Kurikulum 2013, SKL,SNP dan SPN (edisi revisi 2014, 2015, dan 2016)
- Hamalik, Umar. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
- Nasution, S. 2003. Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
- Nasution, S. 2006. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
- Soetotp, Hendyat dan Wasty Soemanto. 1986. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum: sebagai Substansi Problem Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
- Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Details ...
Mata kuliah Telaah Kurikulum Pendidikan Fisika ini diberikan dengan komposisi antara pemberian teori dan praktikum (2:1) yang meliputi: (1) landasan, konsep, dan prinsip kurikulum; (2) landasan filosofi kurikulum 2013, (3) permendikbud tentang kurikulum 2013, (4) strategi implementasi kurikulum (5)pendekatan saintifik(6) model pembelajaran, (7) penilaian otentik, (8) analsis buku guru dan buku siswa, (9) penyusunan silabus dan RPP.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan menelaahkurikulum 2013 serta mampu menerapkannya dalam pembuatan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran Fisika di sekolah.
References- Kurikulum 2013, SKL,SNP dan SPN (edisi revisi 2014, 2015, dan 2016)
- Hamalik, Umar. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
- Nasution, S. 2003. Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
- Nasution, S. 2006. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
- Soetotp, Hendyat dan Wasty Soemanto. 1986. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum: sebagai Substansi Problem Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
- Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Details ...
Mata kuliah Telaah Kurikulum Pendidikan Fisika ini diberikan dengan komposisi antara pemberian teori dan praktikum (2:1) yang meliputi: (1) landasan, konsep, dan prinsip kurikulum; (2) landasan filosofi kurikulum 2013, (3) permendikbud tentang kurikulum 2013, (4) strategi implementasi kurikulum (5)pendekatan saintifik(6) model pembelajaran, (7) penilaian otentik, (8) analsis buku guru dan buku siswa, (9) penyusunan silabus dan RPP.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan menelaahkurikulum 2013 serta mampu menerapkannya dalam pembuatan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran Fisika di sekolah.
References- Kurikulum 2013, SKL,SNP dan SPN (edisi revisi 2014, 2015, dan 2016)
- Hamalik, Umar. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
- Nasution, S. 2003. Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
- Nasution, S. 2006. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
- Soetotp, Hendyat dan Wasty Soemanto. 1986. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum: sebagai Substansi Problem Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
- Sukmadinata, Nana Saodih. 2005. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Details ...