Courser in English | CLASSICAL GUIDANCE IMPLEMENTATION |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 3 SKS |
RPS | 6 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Matakuliah ini diselenggarakan secara virtual synchronous, independent asynchronous, dan coolaborative asynchronous. Implementasi bimbingan klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang perlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.
Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; menentukan topik bimbingan klasikal; melakukan analisis instruksional; mengembangkan materi, metode dan media. Selanjutnya menyusun dan menilai perangkat bimbingan klasikal. Kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal dengan pendekatan TPACK. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut bimbingan klasikal.
Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan media audio visual bimbingan klasikal berbasis TIK. Dalam penyelenggaraan pembelajaran daring Implementasi Bimbingan Klasikal ini juga menggunakan aplikasi daring berbasis TIK.
Luaran dari matakuliah ini adalah perangkat bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: materi, lembar kerja peserta didik, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaat pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mengkaji hakikat implementasi bimbingan klasikal serta mendeskripsikan tayangan video pelaksanaan bimbingan klasikal secara mandiri, bermutu dan terukur (S9, KU2, P7) |
CPMK2 |
Mengidentikasikan kebutuhan bimbingan klasikal, menentukan topik bimbingan klasikal, dan melakukan analisis instruksional berdasarkan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif berorientasi HOTs yang memandirikan dan bersifat preventif dan developmental secara mandiri, bermutu, terukur dan etika akademik (S2, KU2, KK8, P5). |
CPMK3 |
Menyusun dan menilai perangkat bimbingan klasikal dalam bidang bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan sesuai metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif secara bertanggung jawab, mandiri, bermutu, terukur, dan etika akademik (S2, KU2, KK10, P7) |
CPMK4 |
Mempraktikan ketrampilan dasar implementasi bimbingan klasikal sesuai di bidang keahliannya dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli secara bertanggung jawab, mandiri, bermutu, dan terukur (S9, KU2, KK11) |
CPMK5 |
Mempraktikkan pelaksanaan bimbingan klasikal sesuai di bidang keahliannya dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli secara bertanggung jawab, mandiri, bermutu, terukur, dan etika akademik (S2, KU2, KK11) |
CPMK6 |
Mengevaluasi, menganalisis hasil evaluasi, dan menindak lanjuti pelaksanaan bimbingan klasikal dan menyusun laporannya atas pencapaian hasil kerja kelompok yang menjadi tanggung jawabnya secara mandiri (S9, KU2, KU7, KK53, KK 55) |
1.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang. 2.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang. 3. Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit. 4. Sunawan. 2018. Perencanaan dan Evaluasi Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenris-tekdikti. 5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik |
|
Pendukung |
|
Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud. |
Details ...
Matakuliah ini diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Implementasi bimbingan klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang perlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.
Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; menentukan topik bimbingan klasikal; melakukan analisis instruksional; mengembangkan materi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), metode, media, dan instrumen evaluasi. Selanjutnya menyusun dan menilai perangkat bimbingan klasikal. Kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal dengan pendekatan TPACK. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan bimbingan klasikal.
Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan media audio visual bimbingan klasikal berbasis TIK. Dalam penyelenggaraan blended learning Implementasi Bimbingan Klasikal ini juga menggunakan aplikasi daring berbasis TIK.
Luaran dari matakuliah ini adalah perangkat (RPL) bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: materi, LKPD, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaatkan pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
|
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
|
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
|
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
|
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
|
Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan |
|
Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli |
|
Terampil mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya |
|
Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku |
|
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
|
Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling |
|
Utama |
|
|
1.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang. 2.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang. 3. Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit. 4. Sunawan. 2018. Perencanaan dan Evaluasi Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenris-tekdikti. 5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik 8. Direktorat SMA Dikdasmen Kemdikbud Ristek. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Kemdikbud Ristek. 9. Pusdatin Kemdikbud. 2021. Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR yang Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Pusdatin Kemdikbud. 10.Sugiyatno. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. 11. Direktori File UPI. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD). (http://file.upi.edu) |
||
Pendukung |
|
|
Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.
22. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning, Cased Based Learning dan Project Based Learning. |
Details ...
Matakuliah ini diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Implementasi bimbingan klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang perlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.
Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; menentukan topik bimbingan klasikal; melakukan analisis instruksional; mengembangkan materi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), metode, media, dan instrumen evaluasi. Selanjutnya menyusun dan menilai perangkat bimbingan klasikal. Kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal dengan pendekatan TPACK. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan bimbingan klasikal.
Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan media audio visual bimbingan klasikal berbasis TIK. Dalam penyelenggaraan blended learning Implementasi Bimbingan Klasikal ini juga menggunakan aplikasi daring berbasis TIK.
Luaran dari matakuliah ini adalah perangkat (RPL) bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: materi, LKPD, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaatkan pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
|
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
|
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
|
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
|
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
|
Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan |
|
Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli |
|
Terampil mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya |
|
Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku |
|
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
|
Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling |
|
Utama |
|
|
1.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang. 2.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang. 3. Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit. 4. Sunawan. 2018. Perencanaan dan Evaluasi Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenris-tekdikti. 5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik 8. Direktorat SMA Dikdasmen Kemdikbud Ristek. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Kemdikbud Ristek. 9. Pusdatin Kemdikbud. 2021. Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR yang Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Pusdatin Kemdikbud. 10.Sugiyatno. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. 11. Direktori File UPI. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD). (http://file.upi.edu) |
||
Pendukung |
|
|
Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.
22. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning, Cased Based Learning dan Project Based Learning. |
Details ...
Matakuliah ini diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Implementasi bimbingan klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang perlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.
Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; menentukan topik bimbingan klasikal; melakukan analisis instruksional; mengembangkan materi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), metode, media, dan instrumen evaluasi. Selanjutnya menyusun dan menilai perangkat bimbingan klasikal. Kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal dengan pendekatan TPACK. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan bimbingan klasikal.
Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan media audio visual bimbingan klasikal berbasis TIK. Dalam penyelenggaraan blended learning Implementasi Bimbingan Klasikal ini juga menggunakan aplikasi daring berbasis TIK.
Luaran dari matakuliah ini adalah perangkat (RPL) bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: materi, LKPD, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaatkan pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
|
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
|
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
|
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
|
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
|
Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan |
|
Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli |
|
Terampil mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya |
|
Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku |
|
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
|
Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling |
|
Utama |
|
|
1.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang. 2.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang. 3. Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit. 4. Sunawan. 2018. Perencanaan dan Evaluasi Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenris-tekdikti. 5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik 8. Direktorat SMA Dikdasmen Kemdikbud Ristek. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Kemdikbud Ristek. 9. Pusdatin Kemdikbud. 2021. Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR yang Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Pusdatin Kemdikbud. 10.Sugiyatno. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. 11. Direktori File UPI. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD). (http://file.upi.edu) |
||
Pendukung |
|
|
Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.
22. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning, Cased Based Learning dan Project Based Learning. |
Details ...
Matakuliah ini diselenggarakan dengan model pembelajaran blended learning yaitu perpaduan antara pembelajaran tatap muka (PTM) dengan pembelajaran daring (online). Implementasi bimbingan klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang perlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.
Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; menentukan topik bimbingan klasikal; melakukan analisis instruksional; mengembangkan materi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), metode, media, dan instrumen evaluasi. Selanjutnya menyusun dan menilai perangkat bimbingan klasikal. Kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal dengan pendekatan TPACK. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan bimbingan klasikal.
Mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan media audio visual bimbingan klasikal berbasis TIK. Dalam penyelenggaraan blended learning Implementasi Bimbingan Klasikal ini juga menggunakan aplikasi daring berbasis TIK.
Luaran dari matakuliah ini adalah perangkat (RPL) bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: materi, LKPD, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaatkan pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
|
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
|
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
|
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
|
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
|
Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan |
|
Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli |
|
Terampil mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya |
|
Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku |
|
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
|
Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling |
|
Utama |
|
|
1.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang. 2.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang. 3. Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit. 4. Sunawan. 2018. Perencanaan dan Evaluasi Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenris-tekdikti. 5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik 8. Direktorat SMA Dikdasmen Kemdikbud Ristek. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Kemdikbud Ristek. 9. Pusdatin Kemdikbud. 2021. Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR yang Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Pusdatin Kemdikbud. 10.Sugiyatno. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. 11. Direktori File UPI. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD). (http://file.upi.edu) |
||
Pendukung |
|
|
Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.
22. Jurnal-jurnal tentang Blended Learning, Cased Based Learning dan Project Based Learning. |
Details ...
Matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan Profil Pelajar Pancasila, teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Mempertimbangkan Standar Kompetensi Kemandiran Peserta Didik (SKKPD) dalam merumuskan Capaian Layanan. Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang pierlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.
Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; menentukan topik bimbingan klasikal; melakukan analisis instruksional; mengembangkan materi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), metode, media, dan instrumen evaluasi. Selanjutnya menyusun dan menilai perangkat bimbingan klasikal. Kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal dengan pendekatan TPACK. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan bimbingan klasikal.
Mahasiswa diharapkan dapat menggunakan metode inovatif (antara lain: problem solving dan project based learning) serta emanfaatkan media audio visual bimbingan klasikal berbasis TIK.
Luaran dari matakuliah ini adalah (RPL) bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: materi, LKPD, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaatkan pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
CPL1-S2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
CPL1-S9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
CPL2-KU2 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
CPL2-KU7 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
CPL3-KK8 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL3-KK10 |
Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan |
CPL3-KK11 |
Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli |
CPL3-KK53 |
Terampil mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya |
CPL3-KK55 |
Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku |
CPL4-P5 |
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL4-P7 |
Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling |
Utama |
|
|
1.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang. 2.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang. 3. Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit. 4. Sunawan. 2018. Perencanaan dan Evaluasi Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenris-tekdikti. 5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik 8. Direktorat SMA Dikdasmen Kemdikbud Ristek. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Kemdikbud Ristek. 9. Pusdatin Kemdikbud. 2021. Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR yang Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Pusdatin Kemdikbud. 10.Sugiyatno. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. 11. Direktori File UPI. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD). (http://file.upi.edu) |
||
Pendukung |
|
|
Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.
pada Kurikulum Merdeka. 22. Jurnal-jurnal tentang Probem Based Learning dan Project Based Learning. |
Details ...
Matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan Profil Pelajar Pancasila, teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Mempertimbangkan Standar Kompetensi Kemandiran Peserta Didik (SKKPD) dalam merumuskan Capaian Layanan. Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang pierlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.
Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; menentukan topik bimbingan klasikal; melakukan analisis instruksional; mengembangkan materi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), metode, media, dan instrumen evaluasi. Selanjutnya menyusun dan menilai perangkat bimbingan klasikal. Kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal dengan pendekatan TPACK. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan bimbingan klasikal.
Mahasiswa diharapkan dapat menggunakan metode inovatif (antara lain: problem solving dan project based learning) serta emanfaatkan media audio visual bimbingan klasikal berbasis TIK.
Luaran dari matakuliah ini adalah (RPL) bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: materi, LKPD, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaatkan pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
CPL1-S2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
CPL1-S9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
CPL2-KU2 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
CPL2-KU7 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
CPL3-KK8 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL3-KK10 |
Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan |
CPL3-KK11 |
Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli |
CPL3-KK53 |
Terampil mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya |
CPL3-KK55 |
Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku |
CPL4-P5 |
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL4-P7 |
Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling |
Utama |
|
|
1.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang. 2.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang. 3. Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit. 4. Sunawan. 2018. Perencanaan dan Evaluasi Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenris-tekdikti. 5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik 8. Direktorat SMA Dikdasmen Kemdikbud Ristek. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Kemdikbud Ristek. 9. Pusdatin Kemdikbud. 2021. Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR yang Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Pusdatin Kemdikbud. 10.Sugiyatno. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. 11. Direktori File UPI. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD). (http://file.upi.edu) |
||
Pendukung |
|
|
Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.
pada Kurikulum Merdeka. 22. Jurnal-jurnal tentang Probem Based Learning dan Project Based Learning. |
Details ...
Matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan Profil Pelajar Pancasila, teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Mempertimbangkan Standar Kompetensi Kemandiran Peserta Didik (SKKPD) dalam merumuskan Capaian Layanan. Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang pierlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.
Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; menentukan topik bimbingan klasikal; melakukan analisis instruksional; mengembangkan materi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), metode, media, dan instrumen evaluasi. Selanjutnya menyusun dan menilai perangkat bimbingan klasikal. Kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal dengan pendekatan TPACK. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan bimbingan klasikal.
Mahasiswa diharapkan dapat menggunakan metode inovatif (antara lain: problem solving dan project based learning) serta emanfaatkan media audio visual bimbingan klasikal berbasis TIK.
Luaran dari matakuliah ini adalah (RPL) bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: materi, LKPD, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaatkan pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
CPL1-S2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
CPL1-S9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
CPL2-KU2 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
CPL2-KU7 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
CPL3-KK8 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL3-KK10 |
Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan |
CPL3-KK11 |
Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli |
CPL3-KK53 |
Terampil mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya |
CPL3-KK55 |
Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku |
CPL4-P5 |
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL4-P7 |
Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling |
Utama |
|
|
1.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang. 2.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang. 3. Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit. 4. Sunawan. 2018. Perencanaan dan Evaluasi Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenris-tekdikti. 5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik 8. Direktorat SMA Dikdasmen Kemdikbud Ristek. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Kemdikbud Ristek. 9. Pusdatin Kemdikbud. 2021. Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR yang Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Pusdatin Kemdikbud. 10.Sugiyatno. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. 11. Direktori File UPI. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD). (http://file.upi.edu) |
||
Pendukung |
|
|
Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.
pada Kurikulum Merdeka. 22. Jurnal-jurnal tentang Probem Based Learning dan Project Based Learning. |
Details ...
Matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan Profil Pelajar Pancasila, teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Mempertimbangkan Standar Kompetensi Kemandiran Peserta Didik (SKKPD) dalam merumuskan Capaian Layanan. Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang pierlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.
Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; menentukan topik bimbingan klasikal; melakukan analisis instruksional; mengembangkan materi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), metode, media, dan instrumen evaluasi. Selanjutnya menyusun dan menilai perangkat bimbingan klasikal. Kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal dengan pendekatan TPACK. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan bimbingan klasikal.
Mahasiswa diharapkan dapat menggunakan metode inovatif (antara lain: problem solving dan project based learning) serta emanfaatkan media audio visual bimbingan klasikal berbasis TIK.
Luaran dari matakuliah ini adalah (RPL) bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: materi, LKPD, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaatkan pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
CPL1-S2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
CPL1-S9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
CPL2-KU2 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
CPL2-KU7 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
CPL3-KK8 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL3-KK10 |
Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan |
CPL3-KK11 |
Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli |
CPL3-KK53 |
Terampil mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya |
CPL3-KK55 |
Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku |
CPL4-P5 |
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL4-P7 |
Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling |
Utama |
|
|
1.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang. 2.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang. 3. Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit. 4. Sunawan. 2018. Perencanaan dan Evaluasi Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenris-tekdikti. 5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik 8. Direktorat SMA Dikdasmen Kemdikbud Ristek. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Kemdikbud Ristek. 9. Pusdatin Kemdikbud. 2021. Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR yang Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Pusdatin Kemdikbud. 10.Sugiyatno. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. 11. Direktori File UPI. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD). (http://file.upi.edu) |
||
Pendukung |
|
|
Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.
pada Kurikulum Merdeka. 22. Jurnal-jurnal tentang Probem Based Learning dan Project Based Learning. |
Details ...
Matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal, tidak hanya sekedar simulasi bimbingan klasikal, namun juga mempraktikkan memadukan Profil Pelajar Pancasila, teknologi, konten dan pedagogi (TPACK) yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Mempertimbangkan Standar Kompetensi Kemandiran Peserta Didik (SKKPD) dalam merumuskan Capaian Layanan. Semuanya muncul sebagai sebuah kesatuan konsep yang pierlu dipraktikkan secara holistik dan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada mahasiswa.
Secara lebih spesifik, matakuliah Implementasi Bimbingan Klasikal ini diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan bimbingan klasikal; menentukan topik bimbingan klasikal; melakukan analisis instruksional; mengembangkan materi, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), metode, media, dan instrumen evaluasi. Selanjutnya menyusun dan menilai perangkat bimbingan klasikal. Kemudian mempraktikkan ketrampilan dasar dan pelaksanaan bimbingan klasikal dengan pendekatan TPACK. Diakhiri dengan melakukan evaluasi, analisis hasil evaluasi, dan tindak lanjut serta menyusun laporan pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan bimbingan klasikal.
Mahasiswa diharapkan dapat menggunakan metode inovatif (antara lain: problem solving dan project based learning) serta emanfaatkan media audio visual bimbingan klasikal berbasis TIK.
Luaran dari matakuliah ini adalah (RPL) bimbingan klasikal dengan berbagai lampirannya berupa: materi, LKPD, media, instrumen proses dan hasil bimbingan klasikal. Perangkat bimbingan klasikal ini bisa dimanfaatkan pada saat mahasiswa Magang 3. Media bimbingan klasikal dalam bentuk video dan poster dapat dipamerkan dan dilombakan.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
CPL1-S2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
CPL1-S9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
CPL2-KU2 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
CPL2-KU7 |
Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
CPL3-KK8 |
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling. komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL3-KK10 |
Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan |
CPL3-KK11 |
Terampil melaksanakan bimbingan kelompok, klasikal dan kelas besar (antar kelas) dengan menggunakan berbagai metode dan teknik, serta multimedia yang relevan dengan kebutuhan peserta didik/konseli |
CPL3-KK53 |
Terampil mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya |
CPL3-KK55 |
Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai aturan yang berlaku |
CPL4-P5 |
Menguasai teori konsep, metode dan prosedur manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preserveratif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan |
CPL4-P7 |
Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling |
Utama |
|
|
1.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. 2005. Pembelajaran Mikro (Micro-teaching). Semarang: UPT PPL IKIP PGRI Semarang. 2.Retnaningdyastuti, Sri Rejeki M.Th. dan G. Rohastono Ajie. 2009. Bimbingan Klasikal. Semarang: IKIP PGRI Semarang. 3. Fara, Elly Leo. 2017. Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan. Bandung: Rasi Terbit. 4. Sunawan. 2018. Perencanaan dan Evaluasi Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenris-tekdikti. 5. Sunawan. 2018. Metode Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 6. Sunawan. 2018. Media Bimbingan Klasikal. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. 7. Sunawan. 2018. Manajemen Kelas. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdik 8. Direktorat SMA Dikdasmen Kemdikbud Ristek. 2021. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Jakarta: Kemdikbud Ristek. 9. Pusdatin Kemdikbud. 2021. Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif dalam BDR yang Memanfaatkan Rumah Belajar. Jakarta: Pusdatin Kemdikbud. 10.Sugiyatno. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik. Yogyakarta: Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. 11. Direktori File UPI. Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD). (http://file.upi.edu) |
||
Pendukung |
|
|
Kemdikbud. 2020. Penyesuaian Kebijakan di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.
pada Kurikulum Merdeka. 22. Jurnal-jurnal tentang Probem Based Learning dan Project Based Learning. |
Details ...