Courser in English | - |
Program | Pendidikan Ekonomi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Simulasi digital adalah mata kuliah yang mempelajari lingkungan belajar online daring. Melalui proses pengajaran yang dilakukan, mahasiswa calon guru diharapkan dapat mengenal, memanipulasi dan menggunakan berbagai sumberdaya (aplikasi) berbasis teknologi untuk menyelenggarakan pengajaran bidang ekonomi Pengetahuan yang diajarkan dalam mata kuliah ini mencakup, (1) pengenalan lingkungan belajar online daring, (2) perencanaan pengajaran di lingkungan daring, (3) pengaksesan referensi yang relevan, (4) pembuatan media pengajaran inovatif, (5) prosedur evaluasi dalam pengajaran. Pengetahuan tersebut nantinya dapat digunakan untuk mendukung keterampilan mengajar bidang ekonomi dan akuntansi. Melalui pengetahuan dan keterampilan tersebut, mahasiswa diharapkan dapat menjadi guru profesional.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan mengenai lingkungan belajar online daring sehingga dapat digunakan untuk melakukan perencanaan pengajaran di lingkungan daring. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat (1) mengakses referensi yang relevan dalam bentuk ebook maupun jurnal ilmiah dari sumber yang terpercaya, (2) membuat media pengajaran inovatif, (3) mensimulasikan prosedur evaluasi dalam pengajaran berbasis teknologi.
ReferencesRahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, K., & Yunus, Y. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116-126.
Winatha, K. R. (2018). Pengembangan e-modul interaktif berbasis proyek mata pelajaran simulasi digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2).
Sefriani, R., & Veri, J. (2018). Pengembangan mobile learning berbasis client server pada mata pelajaran simulasi digital. Jurnal KomtekInfo, 5(3), 61-71.
Setiawan, D. F., & Yunus, M. (2020). Pengintegrasian Quizizz Di Kelas Akuntansi Serta Dampaknya Terhadap Orientasi Target Nilai Tugas Dan Efikasi Diri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 5(1).
Details ...
Simulasi digital adalah mata kuliah yang mempelajari lingkungan belajar online daring. Melalui proses pengajaran yang dilakukan, mahasiswa calon guru diharapkan dapat mengenal, memanipulasi dan menggunakan berbagai sumberdaya (aplikasi) berbasis teknologi untuk menyelenggarakan pengajaran bidang ekonomi Pengetahuan yang diajarkan dalam mata kuliah ini mencakup, (1) pengenalan lingkungan belajar online daring, (2) perencanaan pengajaran di lingkungan daring, (3) pengaksesan referensi yang relevan, (4) pembuatan media pengajaran inovatif, (5) prosedur evaluasi dalam pengajaran. Pengetahuan tersebut nantinya dapat digunakan untuk mendukung keterampilan mengajar bidang ekonomi dan akuntansi. Melalui pengetahuan dan keterampilan tersebut, mahasiswa diharapkan dapat menjadi guru profesional.
Learning OutcomesSetelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan mengenai lingkungan belajar online daring sehingga dapat digunakan untuk melakukan perencanaan pengajaran di lingkungan daring. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat (1) mengakses referensi yang relevan dalam bentuk ebook maupun jurnal ilmiah dari sumber yang terpercaya, (2) membuat media pengajaran inovatif, (3) mensimulasikan prosedur evaluasi dalam pengajaran berbasis teknologi.
ReferencesRahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, K., & Yunus, Y. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116-126.
Winatha, K. R. (2018). Pengembangan e-modul interaktif berbasis proyek mata pelajaran simulasi digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2).
Sefriani, R., & Veri, J. (2018). Pengembangan mobile learning berbasis client server pada mata pelajaran simulasi digital. Jurnal KomtekInfo, 5(3), 61-71.
Setiawan, D. F., & Yunus, M. (2020). Pengintegrasian Quizizz Di Kelas Akuntansi Serta Dampaknya Terhadap Orientasi Target Nilai Tugas Dan Efikasi Diri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 5(1).
Details ...