Courser in English | Innovation in Educational Playing Tools |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 5 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini mempelajari tentang alat bermain yang edukatif yang sesuai dengan kebutuhan anak yang dapat menstimulasi potensi perkembangan anak usia dini secara holistik integratif. Diawali dari pemilihan bahan, cara membuat dan cara menggunakan serta evaluasinya. APE yang dipilih berbasis kearifan lokal dan budaya setempat.
Learning OutcomesSetelah perkuliahan, mahasiswa dapat membuat dan menerapkan APE sesuai dengan Budaya lokal setempat dengan mempertimbangkan perkembangan dan kebutuhan anak.
References1.
Details ...
Mata Kuliah ini mempelajari tentang alat bermain yang edukatif yang sesuai dengan kebutuhan anak yang dapat menstimulasi potensi perkembangan anak usia dini secara holistik integratif. Diawali dari pemilihan bahan, cara membuat dan cara menggunakan serta evaluasinya. APE yang dipilih berbasis kearifan lokal dan budaya setempat.
Learning OutcomesSetelah perkuliahan, mahasiswa dapat membuat dan menerapkan APE sesuai dengan Budaya lokal setempat dengan mempertimbangkan perkembangan dan kebutuhan anak.
References1.
Details ...
Mata Kuliah ini mempelajari tentang alat bermain yang edukatif yang sesuai dengan kebutuhan anak yang dapat menstimulasi potensi perkembangan anak usia dini secara holistik integratif. Diawali dari pemilihan bahan, cara membuat dan cara menggunakan serta evaluasinya. APE yang dipilih berbasis kearifan lokal dan budaya setempat.
Learning OutcomesSetelah perkuliahan, mahasiswa dapat membuat dan menerapkan APE sesuai dengan Budaya lokal setempat dengan mempertimbangkan perkembangan dan kebutuhan anak.
References1.
Details ...
Bermain, dari segi pendidikan adalah kegiatan permainan menggunakan alat permainan yang mendidik serta alat yang bisa merangsang perkembangan aspek kognitif, sosial, emosi, dan fisik yang dimiliki anak. Oleh karena itu, dari sudut pandang pendidikan bermain sangat membutuhkan alat permainan yang mendidik. Dan alat permainan yang mendidik inilah yang kita sebut dengan alat permainan edukatif (APE).
Learning OutcomesUntuk memberi wacana baru pada pembelajaran anak
<>2.<>3.<>4.<>5.Pemanfaatan barang – barang bekas menjadi barang yang lebih berguna Untuk memberi wacana baru pada pembelajaran anak
References
Basyaruddin, Yosi, dan Abdillah Obid. 2004. Manhaj pendidikan Anak Muslim. Jakarta Selatan: Mustaqim.
Ismail, Andang . 2007. Education Games: Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.
Details ...
Bermain, dari segi pendidikan adalah kegiatan permainan menggunakan alat permainan yang mendidik serta alat yang bisa merangsang perkembangan aspek kognitif, sosial, emosi, dan fisik yang dimiliki anak. Oleh karena itu, dari sudut pandang pendidikan bermain sangat membutuhkan alat permainan yang mendidik. Dan alat permainan yang mendidik inilah yang kita sebut dengan alat permainan edukatif (APE).
Learning OutcomesUntuk memberi wacana baru pada pembelajaran anak
<>2.<>3.<>4.<>5.Pemanfaatan barang – barang bekas menjadi barang yang lebih berguna Untuk memberi wacana baru pada pembelajaran anak
References
Basyaruddin, Yosi, dan Abdillah Obid. 2004. Manhaj pendidikan Anak Muslim. Jakarta Selatan: Mustaqim.
Ismail, Andang . 2007. Education Games: Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.
Details ...