Courser in English | INTRODUCTION TO LINGUISTICS |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 11 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
|
MATA KULIAH PENGANTAR LINGUISTIK |
SEMESTER: GANJIL/GENAP |
TA: 2014/2015 |
KODE: .................. |
SKS: 2 SKS |
||||||||||||
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA |
DOSEN PENGAMPU |
|
|
: 1. Drs. Siswanto PHM., M.Pd. : 2. Soleh Amin, S.Pd, M.Pd. |
|||||||||||||
CAPAIAN PEMBELAJARAN:
Sikap
Keterampilan Umum
Keterampilan Khusus
Penguasaan Pengetahuan |
:
:
:
: |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi dasar-dasar linguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang kebahasaan
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan linguistik dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan.
Menguasai konsep-konsep dasar bahasa dan linguistik.
|
|||||||||||||||
MINGGU KE- |
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN |
BAHAN KAJIAN (MATERI PERKULIAHAN) |
BENTUK PEMBELAJARAN |
WAKTU BELAJAR (MENIT) |
KRITERIA PENILAIAN (INDIKATOR) |
BOBOT NILAI |
|||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
TM |
TTI |
MANDIRI |
6 |
7 |
|||||||||
1 |
Mahasiswa mampu memahami: a. bahasa dan faedahnya b. bahasa dan kenyataan c. pelaksanaan bahasa d. idiolek, dialek, dan bahasa |
Ikhwal Pendahuluan Linguistik |
Model discovery learning Tanya jawab Penjelasan
|
100 |
100 |
120 |
banyaknya kutipan acuan/unsur yang dibahas |
6% |
|||||||||
2 |
Mahasiswa mampu mendeskeisisikan hakikat bahasa |
Hakikat bahasa |
Kooperatif learning Penjelasan |
100 |
100 |
120 |
banyaknya kutipan acuan/unsur yang dibahas |
6% |
|||||||||
3 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan tipologi bahasa |
tipologi bahasa |
Kooperatif learning Penjelasan |
100 |
100 |
120 |
banyaknya kutipan acuan/unsur yang dibahas |
6% |
|||||||||
4 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan lingusitik dan objeknya |
lingusitik dan objeknya |
Model discovery learning Tanya jawab Penjelasan |
100 |
100 |
120 |
banyaknya kutipan acuan/unsur yang dibahas |
6% |
|||||||||
5, 6, 7 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan disiplin linguistik |
disiplin inguistik |
Model discovery learning Tanya jawab Penjelasan |
300 |
300 |
360 |
banyaknya kutipan acuan/unsur yang dibahas |
18% |
|||||||||
8, 10,11 |
Mahasiswa mampu mendekripsikan sejarah linghuistik |
sejarah linghuistik |
Model discovery learning Tanya jawab Penjelasan |
300 |
300 |
360 |
banyaknya kutipan acuan/unsur yang dibahas; ketepatan analisis |
18% |
|||||||||
9 |
UTS |
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
12 13,14,15 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan aliran/teori linguistik |
Aliran/teori tradisional, struktural, transformasi |
|
400 |
400 |
480 |
banyaknya kutipan acuan/unsur yang dibahas; ketepatan analisis |
24% |
|||||||||
16 |
UAS |
|
|
|
|
|
|
100% |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi dasar-dasar linguistik yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang kebahasaan
Mampu menerapkan teori, konsep, dan pendekatan linguistik dalam menyelesaikan permasalahan kebahasaan.
Menguasai konsep-konsep dasar bahasa dan linguistik.
ReferencesAlwasilah, A. Chaedar. 2005. Pengantar Penelitian Linguistik Terapan. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Crystal, David. 2008. A Dictionary of Linguistics and Phonetics. Blackwell: Blackwell Publishing Ltd.
Crystal, David. 2005. How Language Works: How Babies Babble, Words Change Meaning, and Languages Live or Die. New York: Penguin Books Inc.
Kentjono, Djoko. 1997. Dasar-dasar Linguistik Umum. Fakultas Sastra Universitas Indonesia. (Mimeo)
Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Pengantar ke dalam Pengantar Linguistik Umum. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo)
Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo)
Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kushartanti, Dkk. 2005. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Siswanto PHM., dkk. 2016. Pengantar Linguistik Umum. Yogyakarta: Media Pustaka.
Sudaryanto. 1996. Linguistik: Identitasnya, Cara Penanganannya Objeknya, dan Hasil Kajiannya. Yogyakarta: Dutawacana University Press.
Sudaryanto. 1995. Linguistik: Esai tentang Bahasa dan Pengantar ke dalam Ilmu Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Verhaar, J.W.M. 2004. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Details ...