Courser in English | Basic Concept of Moral Education |
Program | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang pokok-pokok pengertian moral; hubungan antara nilai, norma, dan moral; komponen-komponen moral; teori perkembangan moral; aliran-aliran filsafat moral; strategi pembelajaran moral; dan pendidikan moral di Indonesia. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami, menganalisis, dan menyikapi berbagai persoalan nilai dan moral yang berkembang di tengah-tengah masyarakat, khususnya di Indonesia. Mata kuliah ini membahas tema-tema pilihan tentang nilai dan moral yang menjadi permasalahan aktual dan problematik yang menjadi pilihan mahasiswa. Pengkajian dilakukan melalui pemaparan konsep, diskusi, studi kasus, dan penugasan baik secara individu maupun kelompok.
Learning Outcomes
mahasiswa mampu mengetahui pentingnya bermoral sesuai dengan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat
ReferencesDarmadi, Hamid. 2009. Dasar Konsep Pendidikan Moral: Landasan Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hersh, R.H.,Miller, J.P. & Fielding,G.D. 1980. Models of Moral Education. New York: Longmanjnc.
Hidayatullah, M. Furqan, 2010. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka
Joyce, B & Weil, M. 1980. Models of Teaching. New Jersey:
Prentice-Hall Jnc. Johnston, D. Kay. 2006. Education for A Caring Society: Classroom Relationships And Moral Action. New York:
Teachers College, Columbia University. Halstead, J. Mark, & Mark A. Pike. 2006. Citizenship and Moral Education. New York:
Routledge. Khan, D, Yahya, 2010. Pendidikan Karakter berbasis Potensi Diri Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang pokok-pokok pengertian moral; hubungan antara nilai, norma, dan moral; komponen-komponen moral; teori perkembangan moral; aliran-aliran filsafat moral; strategi pembelajaran moral; dan pendidikan moral di Indonesia. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami, menganalisis, dan menyikapi berbagai persoalan nilai dan moral yang berkembang di tengah-tengah masyarakat, khususnya di Indonesia. Mata kuliah ini membahas tema-tema pilihan tentang nilai dan moral yang menjadi permasalahan aktual dan problematik yang menjadi pilihan mahasiswa. Pengkajian dilakukan melalui pemaparan konsep, diskusi, studi kasus, dan penugasan baik secara individu maupun kelompok.
Learning Outcomes
mahasiswa mampu mengetahui pentingnya bermoral sesuai dengan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat
ReferencesDarmadi, Hamid. 2009. Dasar Konsep Pendidikan Moral: Landasan Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hersh, R.H.,Miller, J.P. & Fielding,G.D. 1980. Models of Moral Education. New York: Longmanjnc.
Hidayatullah, M. Furqan, 2010. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka
Joyce, B & Weil, M. 1980. Models of Teaching. New Jersey:
Prentice-Hall Jnc. Johnston, D. Kay. 2006. Education for A Caring Society: Classroom Relationships And Moral Action. New York:
Teachers College, Columbia University. Halstead, J. Mark, & Mark A. Pike. 2006. Citizenship and Moral Education. New York:
Routledge. Khan, D, Yahya, 2010. Pendidikan Karakter berbasis Potensi Diri Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang pokok-pokok pengertian moral; hubungan antara nilai, norma, dan moral; komponen-komponen moral; teori perkembangan moral; aliran-aliran filsafat moral; strategi pembelajaran moral; dan pendidikan moral di Indonesia. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami, menganalisis, dan menyikapi berbagai persoalan nilai dan moral yang berkembang di tengah-tengah masyarakat, khususnya di Indonesia. Mata kuliah ini membahas tema-tema pilihan tentang nilai dan moral yang menjadi permasalahan aktual dan problematik yang menjadi pilihan mahasiswa. Pengkajian dilakukan melalui pemaparan konsep, diskusi, studi kasus, dan penugasan baik secara individu maupun kelompok.
Learning Outcomes
mahasiswa mampu mengetahui pentingnya bermoral sesuai dengan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat
ReferencesDarmadi, Hamid. 2009. Dasar Konsep Pendidikan Moral: Landasan Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hersh, R.H.,Miller, J.P. & Fielding,G.D. 1980. Models of Moral Education. New York: Longmanjnc.
Hidayatullah, M. Furqan, 2010. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka
Joyce, B & Weil, M. 1980. Models of Teaching. New Jersey:
Prentice-Hall Jnc. Johnston, D. Kay. 2006. Education for A Caring Society: Classroom Relationships And Moral Action. New York:
Teachers College, Columbia University. Halstead, J. Mark, & Mark A. Pike. 2006. Citizenship and Moral Education. New York:
Routledge. Khan, D, Yahya, 2010. Pendidikan Karakter berbasis Potensi Diri Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi
Details ...