Courser in English | Public Relations |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 15 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah hubungan masyarakat adalah mata kuliah yang mempelajari fungsi dan tugas humas dalam sebuah organisasi, lembaga, perusahaan, dan pemerintahan. Fungsi humas menjadi satu bagian yang selalu berkomunikasi kepada pihak dalam atau luar organisasi, baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global. Mata Kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa public relations adalah ilmu yang bertujuan untuk memelihara, membina dan menciptakan hubungan baik antara organisasi dengan public eksternal dengan menggunakan kemampuan atau skill public relation seperti kemampuan berbicara atau mengisi konten baik secara verbal maupun nonverbal dengan menggunakan semua sarana yang ada secara efektif dan efisien
Learning Outcomes
1.Mampu memahami konsep dasar humas, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan |
humas, kedudukan dan fungsi humas dalam organisasi, |
2.Memahami Publik dalam kegiatan Humas, |
3.Media internal dan media eksternal, |
4.Fungsi Humas Internal & Biro Konsultan Humas, |
5.Perencanaan & Citra sbg sasaran Humas, |
6.Budaya Organisasi, |
7.Opini Publik, |
8. Hubungan dengan pers, |
9. Pers Release, |
10. Sponsorship & Pameran, |
11. Etiket & Protokol dalam kegiatan Humas, |
12. Humas Internasional, |
13. Sistem Komunikasi Indonesia, baik secara kultur maupun struktur. |
1. Effendy. 1986. Hubungan Masyarakat: Suatu Studi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
2. Kuswantoro, Agung. 2015. Hubungan Masyarakat (Humas) : Teori dan Praktik. Semarang : Unnes.
3. Morissan. 2016. Manajemen Public Relations : Strategi Menjadi Humas Profesional .Jakarta : Prenada Media Group.
4. Rachmadi, F. 1992. Public Relations Dalam Teori dan Praktik. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
5. Ruslan, Rosady. 2007. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Jakarta : PT. RajaGrafindo.
6. Wahyu Nilasari, Betty. 2012. Humas Pemerintahan. Jakarta : Graha Ilmu.
7. Widjaja, A.W. 2002. Komunikasi: Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta : Bumi Aksara. 8. Cangara, Hafied. (2008). “Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Revisi”. PT
9. Suprapto, Tommy. (2009). “Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi”. PT Buku
10.Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta, 2008
11. Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro. Dasar-dasar Public Relations. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung, 2008
Details ...
Mata kuliah hubungan masyarakat adalah mata kuliah yang mempelajari fungsi dan tugas humas dalam sebuah organisasi, lembaga, perusahaan, dan pemerintahan. Fungsi humas menjadi satu bagian yang selalu berkomunikasi kepada pihak dalam atau luar organisasi, baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global. Mata Kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa public relations adalah ilmu yang bertujuan untuk memelihara, membina dan menciptakan hubungan baik antara organisasi dengan public eksternal dengan menggunakan kemampuan atau skill public relation seperti kemampuan berbicara atau mengisi konten baik secara verbal maupun nonverbal dengan menggunakan semua sarana yang ada secara efektif dan efisien
Learning Outcomes
1.Mampu memahami konsep dasar humas, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan |
humas, kedudukan dan fungsi humas dalam organisasi, |
2.Memahami Publik dalam kegiatan Humas, |
3.Media internal dan media eksternal, |
4.Fungsi Humas Internal & Biro Konsultan Humas, |
5.Perencanaan & Citra sbg sasaran Humas, |
6.Budaya Organisasi, |
7.Opini Publik, |
8. Hubungan dengan pers, |
9. Pers Release, |
10. Sponsorship & Pameran, |
11. Etiket & Protokol dalam kegiatan Humas, |
12. Humas Internasional, |
13. Sistem Komunikasi Indonesia, baik secara kultur maupun struktur. |
1. Effendy. 1986. Hubungan Masyarakat: Suatu Studi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
2. Kuswantoro, Agung. 2015. Hubungan Masyarakat (Humas) : Teori dan Praktik. Semarang : Unnes.
3. Morissan. 2016. Manajemen Public Relations : Strategi Menjadi Humas Profesional .Jakarta : Prenada Media Group.
4. Rachmadi, F. 1992. Public Relations Dalam Teori dan Praktik. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
5. Ruslan, Rosady. 2007. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Jakarta : PT. RajaGrafindo.
6. Wahyu Nilasari, Betty. 2012. Humas Pemerintahan. Jakarta : Graha Ilmu.
7. Widjaja, A.W. 2002. Komunikasi: Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta : Bumi Aksara. 8. Cangara, Hafied. (2008). “Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Revisi”. PT
9. Suprapto, Tommy. (2009). “Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi”. PT Buku
10.Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta, 2008
11. Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro. Dasar-dasar Public Relations. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung, 2008
Details ...
Mata kuliah hubungan masyarakat adalah mata kuliah yang mempelajari fungsi dan tugas humas dalam sebuah organisasi, lembaga, perusahaan, dan pemerintahan. Fungsi humas menjadi satu bagian yang selalu berkomunikasi kepada pihak dalam atau luar organisasi, baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global. Mata Kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa public relations adalah ilmu yang bertujuan untuk memelihara, membina dan menciptakan hubungan baik antara organisasi dengan public eksternal dengan menggunakan kemampuan atau skill public relation seperti kemampuan berbicara atau mengisi konten baik secara verbal maupun nonverbal dengan menggunakan semua sarana yang ada secara efektif dan efisien
Learning Outcomes
1.Mampu memahami konsep dasar humas, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan |
humas, kedudukan dan fungsi humas dalam organisasi, |
2.Memahami Publik dalam kegiatan Humas, |
3.Media internal dan media eksternal, |
4.Fungsi Humas Internal & Biro Konsultan Humas, |
5.Perencanaan & Citra sbg sasaran Humas, |
6.Budaya Organisasi, |
7.Opini Publik, |
8. Hubungan dengan pers, |
9. Pers Release, |
10. Sponsorship & Pameran, |
11. Etiket & Protokol dalam kegiatan Humas, |
12. Humas Internasional, |
13. Sistem Komunikasi Indonesia, baik secara kultur maupun struktur. |
1. Effendy. 1986. Hubungan Masyarakat: Suatu Studi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
2. Kuswantoro, Agung. 2015. Hubungan Masyarakat (Humas) : Teori dan Praktik. Semarang : Unnes.
3. Morissan. 2016. Manajemen Public Relations : Strategi Menjadi Humas Profesional .Jakarta : Prenada Media Group.
4. Rachmadi, F. 1992. Public Relations Dalam Teori dan Praktik. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
5. Ruslan, Rosady. 2007. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Jakarta : PT. RajaGrafindo.
6. Wahyu Nilasari, Betty. 2012. Humas Pemerintahan. Jakarta : Graha Ilmu.
7. Widjaja, A.W. 2002. Komunikasi: Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta : Bumi Aksara. 8. Cangara, Hafied. (2008). “Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Revisi”. PT
9. Suprapto, Tommy. (2009). “Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi”. PT Buku
10.Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta, 2008
11. Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro. Dasar-dasar Public Relations. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung, 2008
Details ...
Mata kuliah hubungan masyarakat adalah mata kuliah yang mempelajari fungsi dan tugas humas dalam sebuah organisasi, lembaga, perusahaan, dan pemerintahan. Fungsi humas menjadi satu bagian yang selalu berkomunikasi kepada pihak dalam atau luar organisasi, baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global. Mata Kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa public relations adalah ilmu yang bertujuan untuk memelihara, membina dan menciptakan hubungan baik antara organisasi dengan public eksternal dengan menggunakan kemampuan atau skill public relation seperti kemampuan berbicara atau mengisi konten baik secara verbal maupun nonverbal dengan menggunakan semua sarana yang ada secara efektif dan efisien
Learning Outcomes
1.Mampu memahami konsep dasar humas, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan |
humas, kedudukan dan fungsi humas dalam organisasi, |
2.Memahami Publik dalam kegiatan Humas, |
3.Media internal dan media eksternal, |
4.Fungsi Humas Internal & Biro Konsultan Humas, |
5.Perencanaan & Citra sbg sasaran Humas, |
6.Budaya Organisasi, |
7.Opini Publik, |
8. Hubungan dengan pers, |
9. Pers Release, |
10. Sponsorship & Pameran, |
11. Etiket & Protokol dalam kegiatan Humas, |
12. Humas Internasional, |
13. Sistem Komunikasi Indonesia, baik secara kultur maupun struktur. |
1. Effendy. 1986. Hubungan Masyarakat: Suatu Studi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
2. Kuswantoro, Agung. 2015. Hubungan Masyarakat (Humas) : Teori dan Praktik. Semarang : Unnes.
3. Morissan. 2016. Manajemen Public Relations : Strategi Menjadi Humas Profesional .Jakarta : Prenada Media Group.
4. Rachmadi, F. 1992. Public Relations Dalam Teori dan Praktik. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
5. Ruslan, Rosady. 2007. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Jakarta : PT. RajaGrafindo.
6. Wahyu Nilasari, Betty. 2012. Humas Pemerintahan. Jakarta : Graha Ilmu.
7. Widjaja, A.W. 2002. Komunikasi: Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta : Bumi Aksara. 8. Cangara, Hafied. (2008). “Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Revisi”. PT
9. Suprapto, Tommy. (2009). “Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi”. PT Buku
10.Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta, 2008
11. Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro. Dasar-dasar Public Relations. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung, 2008
Details ...
Mata Kuliah Kehumasan memberikan penjelasan pada mahasiswa
Kehumasan merupakan salah satu tangkai ilmu yang bertujuan untuk membuat dan mampu memiliki hubungan baik antara sebuah organisasi dengan masyarakat luar dengan kemampuan kehumasan seperti mamapu berkomunikasi secara efektif dan efesien dengan masyarakat atau media.
Learning Outcomes1. Mahasiswa mempunyai pemahaman halpengertian Kehumasan
2. Mahasiswa mempunyai pemahaman hal unsur-unsur Kehumasan
3. Mahasiswa mempunyai pemahaman hal fungsi Kehumasan
4. Mahasiswa mempunyai pemahaman hal proses Kehumasan
5. Mahasiswa mempunyai pemahaman halpendekatan Kehumasan
References1. Cangara, Hafied. (2008). “Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Revisi”. PT
2. Suprapto, Tommy. (2009). “Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi”. PT Buku
3. Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta, 2008
4. Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro. Dasar-dasar Public Relations. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung, 2008
Details ...
Mata Kuliah Kehumasan memberikan penjelasan pada mahasiswa
Kehumasan merupakan salah satu tangkai ilmu yang bertujuan untuk membuat dan mampu memiliki hubungan baik antara sebuah organisasi dengan masyarakat luar dengan kemampuan kehumasan seperti mamapu berkomunikasi secara efektif dan efesien dengan masyarakat atau media.
Learning Outcomes1. Mahasiswa mempunyai pemahaman halpengertian Kehumasan
2. Mahasiswa mempunyai pemahaman hal unsur-unsur Kehumasan
3. Mahasiswa mempunyai pemahaman hal fungsi Kehumasan
4. Mahasiswa mempunyai pemahaman hal proses Kehumasan
5. Mahasiswa mempunyai pemahaman halpendekatan Kehumasan
References1. Cangara, Hafied. (2008). “Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Revisi”. PT
2. Suprapto, Tommy. (2009). “Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi”. PT Buku
3. Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta, 2008
4. Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro. Dasar-dasar Public Relations. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung, 2008
Details ...
Mata Kuliah Kehumasan memberikan penjelasan pada mahasiswa
Kehumasan merupakan salah satu tangkai ilmu yang bertujuan untuk membuat dan mampu memiliki hubungan baik antara sebuah organisasi dengan masyarakat luar dengan kemampuan kehumasan seperti mamapu berkomunikasi secara efektif dan efesien dengan masyarakat atau media.
Learning Outcomes1. Mahasiswa mempunyai pemahaman halpengertian Kehumasan
2. Mahasiswa mempunyai pemahaman hal unsur-unsur Kehumasan
3. Mahasiswa mempunyai pemahaman hal fungsi Kehumasan
4. Mahasiswa mempunyai pemahaman hal proses Kehumasan
5. Mahasiswa mempunyai pemahaman halpendekatan Kehumasan
References1. Cangara, Hafied. (2008). “Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Revisi”. PT
2. Suprapto, Tommy. (2009). “Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi”. PT Buku
3. Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta, 2008
4. Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro. Dasar-dasar Public Relations. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung, 2008
Details ...
Mata Kuliah Kehumasan memberikan penjelasan pada mahasiswa
Kehumasan merupakan salah satu tangkai ilmu yang bertujuan untuk membuat dan mampu memiliki hubungan baik antara sebuah organisasi dengan masyarakat luar dengan kemampuan kehumasan seperti mamapu berkomunikasi secara efektif dan efesien dengan masyarakat atau media.
Learning Outcomes1. Mahasiswa mempunyai pemahaman halpengertian Kehumasan
2. Mahasiswa mempunyai pemahaman hal unsur-unsur Kehumasan
3. Mahasiswa mempunyai pemahaman hal fungsi Kehumasan
4. Mahasiswa mempunyai pemahaman hal proses Kehumasan
5. Mahasiswa mempunyai pemahaman halpendekatan Kehumasan
References1. Cangara, Hafied. (2008). “Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Revisi”. PT
2. Suprapto, Tommy. (2009). “Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi”. PT Buku
3. Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta, 2008
4. Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro. Dasar-dasar Public Relations. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung, 2008
Details ...
Mata Kuliah Kehumasan memberikan penjelasan pada mahasiswa
Kehumasan merupakan salah satu tangkai ilmu yang bertujuan untuk membuat dan mampu memiliki hubungan baik antara sebuah organisasi dengan masyarakat luar dengan kemampuan kehumasan seperti mamapu berkomunikasi secara efektif dan efesien dengan masyarakat atau media.
Learning Outcomes1. Mahasiswa mempunyai pemahaman halpengertian Kehumasan
2. Mahasiswa mempunyai pemahaman hal unsur-unsur Kehumasan
3. Mahasiswa mempunyai pemahaman hal fungsi Kehumasan
4. Mahasiswa mempunyai pemahaman hal proses Kehumasan
5. Mahasiswa mempunyai pemahaman halpendekatan Kehumasan
References1. Cangara, Hafied. (2008). “Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Revisi”. PT
2. Suprapto, Tommy. (2009). “Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi”. PT Buku
3. Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta, 2008
4. Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro. Dasar-dasar Public Relations. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung, 2008
Details ...
Mata Kuliah Kehumasan memberikan penjelasan pada mahasiswa
Kehumasan merupakan salah satu tangkai ilmu yang bertujuan untuk membuat dan mampu memiliki hubungan baik antara sebuah organisasi dengan masyarakat luar dengan kemampuan kehumasan seperti mamapu berkomunikasi secara efektif dan efesien dengan masyarakat atau media.
Learning Outcomes1. Mahasiswa mempunyai pemahaman halpengertian Kehumasan
2. Mahasiswa mempunyai pemahaman hal unsur-unsur Kehumasan
3. Mahasiswa mempunyai pemahaman hal fungsi Kehumasan
4. Mahasiswa mempunyai pemahaman hal proses Kehumasan
5. Mahasiswa mempunyai pemahaman halpendekatan Kehumasan
References1. Cangara, Hafied. (2008). “Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Revisi”. PT
2. Suprapto, Tommy. (2009). “Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi”. PT Buku
3. Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta, 2008
4. Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro. Dasar-dasar Public Relations. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung, 2008
Details ...
Kajian terhadap komponen komponen dasar pengetahuan dan kegiatan kehumasan
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN: Sikap
Keterampilan Umum
Keterampilan Khusus
Penguasaan Pengetahuan |
:
:
:
: |
Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; Terampil berkomunikasi lisan secara massal.
Menguasai teknik komunikasi massa.
|
Refferensi :1.Komunikasi & Humas –Drs.AW.Widjaya-Bumi Aksara-Jkt-1993
2.HUMAS (Fungsi & Perannya dlmmajemen-Drs.R.Sudiro Muntahar
3.Materi Pokok Hubungan Masyarakat-Modul-Novel Ali
4.HUBUNGAN MASYARAKAT (Prinsip,kasus,dan masalah)-H.Frazier Moore
5.This is PR- Allan Scott & Doug Newton
Details ...
Kajian terhadap komponen komponen dasar pengetahuan dan kegiatan kehumasan
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN: Sikap
Keterampilan Umum
Keterampilan Khusus
Penguasaan Pengetahuan |
:
:
:
: |
Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; Terampil berkomunikasi lisan secara massal.
Menguasai teknik komunikasi massa.
|
Refferensi :1.Komunikasi & Humas –Drs.AW.Widjaya-Bumi Aksara-Jkt-1993
2.HUMAS (Fungsi & Perannya dlmmajemen-Drs.R.Sudiro Muntahar
3.Materi Pokok Hubungan Masyarakat-Modul-Novel Ali
4.HUBUNGAN MASYARAKAT (Prinsip,kasus,dan masalah)-H.Frazier Moore
5.This is PR- Allan Scott & Doug Newton
Details ...