Courser in English | Planning of Workshop and Training Programs |
Program | Manajemen Pendidikan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tatacara perancangan dan pengembangan personel memakai model CEM (Critical Events Model), mencakup identifikasi kebutuhan, penentuan tujuan, organisasi kurikulum termasuk strategi penyampaian dalam lingkungan pembelajaran, dalam penyelenggaraan penataran dan pelatihan. Pada akhir kegiatan di kelas mahasiswa diharapkan merencanakan dan mengimplementasi suatu program penataran dan pelatihan dalam situasi pembelajaran di lapangan untuk kelompok teknisi dan administrator pendidikan dan akhirnya membuat laporan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi jenis-jenis Penataran dan Pelatihan berdasar teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan
ReferencesBray,Tony (2009).The Training Design Manual:The Complete Practical Guide to Creating Effective and Successful Training Programme.Kagan Publisher,2nd Edition.USA
Danim, Sudarwan. 2008. Kinerja Staf dan Organisasi. Bandung: Penerbit Pustaka Setia
Heinich, R., Molenda, M., & Russel, J.D. 1993. Instructional Media and the New Technologies of Instruction, 4th ed. New York: Macmillan Publishing Company.
Lembaga Administrasi Negara – RI. 2003. Analisis Kebutuhan Diklat. LAN-RI. Jakarta.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2011. Perencanaan, Analisis, Tujuan dan Jenis dari Pelatihan, (Online), (http://vibizmanagement.com/column/index/category/strategic_management/2285,
Papu, Johanes. 2002. Analisis Kebutuhan Pelatihan, (Online), (http://www.e-psikologi.com/epsi/industri_detail.asp?id=129
Rina. 2011. Human Resource Management, (Online), (http://blog.stie-mce.ac.id/rina/2011/05/03/training-2-needs-assessment-of-training/,
Roesminingsih, Erny. 2009. Pedoman Model dan Paket Pelatihan Peningkatan Mutu Guru dalam Prespektif Manajemen Strategik.
Santoso, Budi. Training Need Assessment, (Online), (http://www.terangi.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=120%3Atraining-need-assessment&catid=64%3Apendidikan&Itemid=52&lang=id,
Wallace, Mike. 1991. School-Centered Management Training. London: Paul Chapman Publishing Ltd
Weis, Joseph.1992. 5-Phase Project Management:A Practical Planning and Implementation Guide, Cambridge Univ Press.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tatacara perancangan dan pengembangan personel memakai model CEM (Critical Events Model), mencakup identifikasi kebutuhan, penentuan tujuan, organisasi kurikulum termasuk strategi penyampaian dalam lingkungan pembelajaran, dalam penyelenggaraan penataran dan pelatihan. Pada akhir kegiatan di kelas mahasiswa diharapkan merencanakan dan mengimplementasi suatu program penataran dan pelatihan dalam situasi pembelajaran di lapangan untuk kelompok teknisi dan administrator pendidikan dan akhirnya membuat laporan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi jenis-jenis Penataran dan Pelatihan berdasar teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan
ReferencesBray,Tony (2009).The Training Design Manual:The Complete Practical Guide to Creating Effective and Successful Training Programme.Kagan Publisher,2nd Edition.USA
Danim, Sudarwan. 2008. Kinerja Staf dan Organisasi. Bandung: Penerbit Pustaka Setia
Heinich, R., Molenda, M., & Russel, J.D. 1993. Instructional Media and the New Technologies of Instruction, 4th ed. New York: Macmillan Publishing Company.
Lembaga Administrasi Negara – RI. 2003. Analisis Kebutuhan Diklat. LAN-RI. Jakarta.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2011. Perencanaan, Analisis, Tujuan dan Jenis dari Pelatihan, (Online), (http://vibizmanagement.com/column/index/category/strategic_management/2285,
Papu, Johanes. 2002. Analisis Kebutuhan Pelatihan, (Online), (http://www.e-psikologi.com/epsi/industri_detail.asp?id=129
Rina. 2011. Human Resource Management, (Online), (http://blog.stie-mce.ac.id/rina/2011/05/03/training-2-needs-assessment-of-training/,
Roesminingsih, Erny. 2009. Pedoman Model dan Paket Pelatihan Peningkatan Mutu Guru dalam Prespektif Manajemen Strategik.
Santoso, Budi. Training Need Assessment, (Online), (http://www.terangi.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=120%3Atraining-need-assessment&catid=64%3Apendidikan&Itemid=52&lang=id,
Wallace, Mike. 1991. School-Centered Management Training. London: Paul Chapman Publishing Ltd
Weis, Joseph.1992. 5-Phase Project Management:A Practical Planning and Implementation Guide, Cambridge Univ Press.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tatacara perancangan dan pengembangan personel memakai model CEM (Critical Events Model), mencakup identifikasi kebutuhan, penentuan tujuan, organisasi kurikulum termasuk strategi penyampaian dalam lingkungan pembelajaran, dalam penyelenggaraan penataran dan pelatihan. Pada akhir kegiatan di kelas mahasiswa diharapkan merencanakan dan mengimplementasi suatu program penataran dan pelatihan dalam situasi pembelajaran di lapangan untuk kelompok teknisi dan administrator pendidikan dan akhirnya membuat laporan.
Learning OutcomesMahasiswa mampu merencanakan, mengelola dan mengidentifikasi jenis-jenis Penataran dan Pelatihan berdasar teori, konsep, dan prinsip manajemen pendidikan untuk memberi solusi/mememecahkan masalah-masalah pada lembaga pendidikan/institusi pendidikan/satuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan
- Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secaramandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
- Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
- Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
- Pengetahuan :Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikanuntuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikansecara sistematis.
Bray,Tony (2009).The Training Design Manual:The Complete Practical Guide to Creating Effective and Successful Training Programme.Kagan Publisher,2nd Edition.USA
Danim, Sudarwan. 2008. Kinerja Staf dan Organisasi. Bandung: Penerbit Pustaka Setia
Heinich, R., Molenda, M., & Russel, J.D. 1993. Instructional Media and the New Technologies of Instruction, 4th ed. New York: Macmillan Publishing Company.
Lembaga Administrasi Negara – RI. 2003. Analisis Kebutuhan Diklat. LAN-RI. Jakarta.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2011. Perencanaan, Analisis, Tujuan dan Jenis dari Pelatihan, (Online), (http://vibizmanagement.com/column/index/category/strategic_management/2285,
Papu, Johanes. 2002. Analisis Kebutuhan Pelatihan, (Online), (http://www.e-psikologi.com/epsi/industri_detail.asp? id=129
Rina. 2011. Human Resource Management, (Online), (http://blog.stie-mce.ac.id/rina/2011/05/03/training-2-needs-assessment-of-training/,
Roesminingsih, Erny. 2009. Pedoman Model dan Paket Pelatihan Peningkatan Mutu Guru dalam Prespektif Manajemen Strategik.
Santoso, Budi. Training Need Assessment, (Online), (http://www.terangi.or.id/index.php?option=com_content&view=article&id=120%3Atraining-need-assessment&catid=64%3Apendidikan&Itemid=52&lang=id,
Wallace, Mike. 1991. School-Centered Management Training. London: Paul Chapman Publishing Ltd
Weis, Joseph.1992. 5-Phase Project Management:A Practical Planning and Implementation Guide, Cambridge Univ Press.
Details ...