Courser in English | PHILOSOPHY OF SCIENCE |
Program | Pendidikan Fisika |
SKS | 2 SKS |
RPS | 5 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah basic science dalam program studi pendidikan fisika yang dipergunakan dalam memberikan landasan berpikir mahasiswa untuk memahami dan menyusun karya tulis ilmiah. Mata kuliah ini memiliki lima bagian utama, yaitu: Manusia sebagai makhluk yang berpikir, Ruang lingkup filsafat ilmu; Sarana berpikir ilmiah dan Sains, Hakikat dan kegunaan ilmu serta paradigma fisika klasik dan modern.
Learning OutcomesSikap dan Tata Nilai:
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan bernegara. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri.
Pengetahuan:
Menguasai konsep teoritis dan prinsip-‐prinsip pokok filsafat sains.
Keterampilan Khusus:
Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium fisika, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif. Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam belajar fisika. Mampu mengkaji, merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran fisika berwawasan kearifan lokal.
Keterampilan Umum:
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya di bidang pembelajaran fisika, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
ReferencesKattshoff, Louis O..1992. Pengantar Filsafat. Jogyakarta : Tiara Wacana.
Suriasumantri, Jujun S. 2000. Filsafat Ilmu, Sebuah Pengantar Populer. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.
Soekadijo, R.G. 2001. Logika Dasar, Tradisional, Simbolik, dan Induktif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kuhn., T.S. 1993. Peran Paradigma dalam Revolusi Sains. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Klinken, G. v. 2004. Revolusi Fisika: Dari Alam Gaib ke Alam Nyata. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
Surya, Y. 2004. Fisika Untuk Semua. Jakarta: PT. Bina Sumber Daya MIPA.
Capra, F. 2007. The Turning Point. Titik Balik Peradaban: Sains, Masyarakat, dan Kebangkitan Kebudayaan. Yogyakarta: Jejak.
Carnap, R. 1994. An Introduction to The Philosophy of Science. New York: Dover Publication, Inc.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah basic science dalam program studi pendidikan fisika yang dipergunakan dalam memberikan landasan berpikir
mahasiswa untuk memahami dan menyusun karya tulis ilmiah. Mata kuliah ini terdiri dari empat bagian pokok yaitu filsafat ilmu, logika, peran
paradigma dalam revolusi sains dan sejarah fisika.
- Mahasiswa mampu memahami hakekat filsafat ilmu dan menerapkannya dalam penulisan karya tulis ilmiah.
- Mahasiswa mampu memahami konsep logika deduktif maupun induktif untuk mengembangkan cara berpikir logis dan ilmiah
- Mahasiswa mampu memahami peran paradigma dalam revolusi sains
- Mahasiswa mampu memahami cara berpikir fisikawan dalam menemukan teori-teori fisika.
- Kattshoff, Louis O..1992. Pengantar Filsafat. Jogyakarta : Tiara Wacana.
- Suriasumantri, Jujun S. 2000. Filsafat Ilmu, Sebuah Pengantar Populer. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.
- Soekadijo, R.G. 2001. Logika Dasar, Tradisional, Simbolik, dan Induktif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Kuhn., T.S. 1993. Peran Paradigma dalam Revolusi Sains. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Klinken, G. v. 2004. Revolusi Fisika: Dari Alam Gaib ke Alam Nyata. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
- Surya, Y. 2004. Fisika Untuk Semua. Jakarta: PT. Bina Sumber Daya MIPA.
- Capra, F. 2007. The Turning Point. Titik Balik Peradaban: Sains, Masyarakat, dan Kebangkitan Kebudayaan. Yogyakarta: Jejak.
- Carnap, R. 1994. An Introduction to The Philosophy of Science. New York: Dover Publication, Inc.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah basic science dalam program studi pendidikan fisika yang dipergunakan dalam memberikan landasan berpikir
mahasiswa untuk memahami dan menyusun karya tulis ilmiah. Mata kuliah ini terdiri dari empat bagian pokok yaitu filsafat ilmu, logika, peran
paradigma dalam revolusi sains dan sejarah fisika.
Mahasiswa mampu memahami hakekat filsafat ilmu dan menerapkannya dalam penulisan karya tulis ilmiah.
Mahasiswa mampu memahami konsep logika deduktif maupun induktif untuk mengembangkan cara berpikir logis dan ilmiah
Mahasiswa mampu memahami peran paradigma dalam revolusi sains
Mahasiswa mampu memahami cara berpikir fisikawan dalam menemukan teori-teori fisika.
Kattshoff, Louis O..1992. Pengantar Filsafat. Jogyakarta : Tiara Wacana.
Suriasumantri, Jujun S. 2000. Filsafat Ilmu, Sebuah Pengantar Populer. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.
Soekadijo, R.G. 2001. Logika Dasar, Tradisional, Simbolik, dan Induktif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kuhn., T.S. 1993. Peran Paradigma dalam Revolusi Sains. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Klinken, G. v. 2004. Revolusi Fisika: Dari Alam Gaib ke Alam Nyata. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
Surya, Y. 2004. Fisika Untuk Semua. Jakarta: PT. Bina Sumber Daya MIPA.
Capra, F. 2007. The Turning Point. Titik Balik Peradaban: Sains, Masyarakat, dan Kebangkitan Kebudayaan. Yogyakarta: Jejak.
Carnap, R. 1994. An Introduction to The Philosophy of Science. New York: Dover Publication, Inc.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah basic science dalam program studi pendidikan fisika yang dipergunakan dalam memberikan landasan berpikir mahasiswa untuk memahami dan menyusun karya tulis ilmiah. Mata kuliah ini terdiri dari empat bagian pokok yaitu filsafat ilmu, logika, peran paradigma dalam revolusi sains dan sejarah fisika.
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu memahami hakekat filsafat ilmu dan menerapkannya dalam penulisan karya tulis ilmiah.
- Mahasiswa mampu memahami konsep logika deduktif maupun induktif untuk mengembangkan cara berpikir logis dan ilmiah
- Mahasiswa mampu memahami peran paradigma dalam revolusi sains
- Mahasiswa mampu memahami cara berpikir fisikawan dalam menemukan teori-teori fisika.
- Kattshoff, Louis O..1992. Pengantar Filsafat. Jogyakarta : Tiara Wacana.
- Suriasumantri, Jujun S. 2000. Filsafat Ilmu, Sebuah Pengantar Populer. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.
- Soekadijo, R.G. 2001. Logika Dasar, Tradisional, Simbolik, dan Induktif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Kuhn., T.S. 1993. Peran Paradigma dalam Revolusi Sains. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Klinken, G. v. 2004. Revolusi Fisika: Dari Alam Gaib ke Alam Nyata. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
- Surya, Y. 2004. Fisika Untuk Semua. Jakarta: PT. Bina Sumber Daya MIPA.
- Capra, F. 2007. The Turning Point. Titik Balik Peradaban: Sains, Masyarakat, dan Kebangkitan Kebudayaan. Yogyakarta: Jejak.
- Carnap, R. 1994. An Introduction to The Philosophy of Science. New York: Dover Publication, Inc.
Details ...