Courser in English | ASSESSMENT AND SUPERVISION OF NATURAL SCIENCES EDUCATION |
Program | Pendidikan IPA |
SKS | 3 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
mata kulaih ini mencakup kajian berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pembelajaran, meliputi: prinsip, sifat, fungsi, dan perana supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifan pelaksanaan program supervisi pengajaran, termasuk faktor-faktor penunjang dan penghambat untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi
Learning Outcomes
Sikap: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam evaluasi pembelajaran. |
Pengetahuan: Menguasai prinsip evaluasi pembelajaran. |
Pengetahuan: Menguasai prinsip taksonomi bloom dalam evaluasi pembelajaran. |
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan kisi-kisi soal tes dan non tes. |
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan instrumen penelitian. |
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik analisis data ujicoba. |
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik mengubah skor menjadi nilai. |
Keterampilan Umum: Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran. |
Keterampilan Khusus: Merencanakan, mengelola sumber daya dan mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif. |
- Mukhopadhay,M (2005). Total Quality Management in Education. London : Sage Publications Ltd.
- Sallis, Edward G. (2004). Total Quality Management in Education. London : Kogan Page Ltd.
- Satori, Djam’an (2016). Pengawasan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung : Penerbit Alfa-Beta
- Anderson, L.W. et al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
- Krathwohl, D.R. et al.(1964). A Taxonomy of Educational Objectives.Handbook 2 Affectie Domain. New Tork: Oxford Press.
- Popham, W. J. (2011). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know. Fourth edition. Boston: Allyn and Bacon.
- Rustaman, N.Y. (2015). Penilaian Pendidikan IPA. Draf Buku Teks Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.
- Stiggins, R.J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan College Publishing Company.
- Surapranata, S. & Hatta, M. (2004). Penilaian Portofolio Implementasi Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.
- The National Research Council. (1996). “Assessment in Science Education”. In National Science Education Standard. Washington D.C.: National Academy Press, pp. 75-101.
- Wulan, A.R. (2008). ”Inovasi penilaian kinerja melalui penggunaan rubrik sederhana”. Mimbar Pendidikan. ... - ...
- Zainul, A. (2001). Alternative Assessment. Jakarta: Pusat Antar Universitas (PAU) Universitas Terbuka.
- Sumber-sumber lain yang relevan.
Details ...
mata kulaih ini mencakup kajian berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pembelajaran, meliputi: prinsip, sifat, fungsi, dan perana supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifan pelaksanaan program supervisi pengajaran, termasuk faktor-faktor penunjang dan penghambat untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi
Learning Outcomes
Sikap: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam evaluasi pembelajaran. |
Pengetahuan: Menguasai prinsip evaluasi pembelajaran. |
Pengetahuan: Menguasai prinsip taksonomi bloom dalam evaluasi pembelajaran. |
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan kisi-kisi soal tes dan non tes. |
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan instrumen penelitian. |
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik analisis data ujicoba. |
Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik mengubah skor menjadi nilai. |
Keterampilan Umum: Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran. |
Keterampilan Khusus: Merencanakan, mengelola sumber daya dan mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif. |
- Mukhopadhay,M (2005). Total Quality Management in Education. London : Sage Publications Ltd.
- Sallis, Edward G. (2004). Total Quality Management in Education. London : Kogan Page Ltd.
- Satori, Djam’an (2016). Pengawasan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung : Penerbit Alfa-Beta
- Anderson, L.W. et al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
- Krathwohl, D.R. et al.(1964). A Taxonomy of Educational Objectives.Handbook 2 Affectie Domain. New Tork: Oxford Press.
- Popham, W. J. (2011). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know. Fourth edition. Boston: Allyn and Bacon.
- Rustaman, N.Y. (2015). Penilaian Pendidikan IPA. Draf Buku Teks Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.
- Stiggins, R.J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan College Publishing Company.
- Surapranata, S. & Hatta, M. (2004). Penilaian Portofolio Implementasi Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.
- The National Research Council. (1996). “Assessment in Science Education”. In National Science Education Standard. Washington D.C.: National Academy Press, pp. 75-101.
- Wulan, A.R. (2008). ”Inovasi penilaian kinerja melalui penggunaan rubrik sederhana”. Mimbar Pendidikan. ... - ...
- Zainul, A. (2001). Alternative Assessment. Jakarta: Pusat Antar Universitas (PAU) Universitas Terbuka.
- Sumber-sumber lain yang relevan.
Details ...