Asesmen dan Supervisi pendidikan IPA, Curriculum : 2019


Courser in EnglishASSESSMENT AND SUPERVISION OF NATURAL SCIENCES EDUCATION
ProgramPendidikan IPA
SKS3 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

mata kulaih ini mencakup kajian berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pembelajaran, meliputi: prinsip, sifat, fungsi, dan perana supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifan pelaksanaan program supervisi pengajaran, termasuk faktor-faktor penunjang dan penghambat untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi

Learning Outcomes

Sikap: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam evaluasi pembelajaran.

Pengetahuan: Menguasai prinsip evaluasi pembelajaran.

Pengetahuan: Menguasai prinsip taksonomi bloom dalam evaluasi pembelajaran.

Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan kisi-kisi soal tes dan non tes.

Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan instrumen penelitian.

Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik analisis data ujicoba.

Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik mengubah skor menjadi nilai.

Keterampilan Umum: Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran.

Keterampilan Khusus: Merencanakan, mengelola sumber daya dan mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.

References

  1. Mukhopadhay,M (2005). Total Quality Management in Education. London : Sage Publications Ltd.
  2. Sallis, Edward G. (2004). Total Quality Management in Education. London : Kogan Page Ltd.
  3. Satori, Djam’an (2016). Pengawasan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung : Penerbit Alfa-Beta
  4. Anderson, L.W. et  al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
  5. Krathwohl, D.R. et al.(1964). A Taxonomy of Educational Objectives.Handbook 2 Affectie Domain. New Tork: Oxford Press.
  6. Popham, W. J. (2011). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know.  Fourth edition. Boston: Allyn and Bacon.
  7. Rustaman, N.Y.  (2015). Penilaian Pendidikan IPA. Draf Buku Teks Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.
  8. Stiggins, R.J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan College Publishing Company.
  9. Surapranata, S. & Hatta, M. (2004). Penilaian Portofolio Implementasi Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.
  10. The National Research Council. (1996). “Assessment in Science Education”. In National Science Education Standard. Washington D.C.: National Academy Press, pp. 75-101.
  11. Wulan, A.R. (2008). ”Inovasi penilaian kinerja melalui penggunaan rubrik sederhana”. Mimbar Pendidikan. ... - ...
  12. Zainul, A. (2001). Alternative Assessment. Jakarta: Pusat Antar Universitas (PAU) Universitas Terbuka.
  13. Sumber-sumber lain yang relevan.


Details ...
Course Descriptions

mata kulaih ini mencakup kajian berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan supervisi pembelajaran, meliputi: prinsip, sifat, fungsi, dan perana supervisi ditinjau dari berbagai model dan pendekatan. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifan pelaksanaan program supervisi pengajaran, termasuk faktor-faktor penunjang dan penghambat untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi

Learning Outcomes

Sikap: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam evaluasi pembelajaran.

Pengetahuan: Menguasai prinsip evaluasi pembelajaran.

Pengetahuan: Menguasai prinsip taksonomi bloom dalam evaluasi pembelajaran.

Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan kisi-kisi soal tes dan non tes.

Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik perencanaan instrumen penelitian.

Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik analisis data ujicoba.

Pengetahuan: Menguasai prinsip dan teknik mengubah skor menjadi nilai.

Keterampilan Umum: Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam mengembangkan instrumen untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural demi tercapainya tujuan pembelajaran.

Keterampilan Khusus: Merencanakan, mengelola sumber daya dan mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.

References

  1. Mukhopadhay,M (2005). Total Quality Management in Education. London : Sage Publications Ltd.
  2. Sallis, Edward G. (2004). Total Quality Management in Education. London : Kogan Page Ltd.
  3. Satori, Djam’an (2016). Pengawasan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung : Penerbit Alfa-Beta
  4. Anderson, L.W. et  al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
  5. Krathwohl, D.R. et al.(1964). A Taxonomy of Educational Objectives.Handbook 2 Affectie Domain. New Tork: Oxford Press.
  6. Popham, W. J. (2011). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know.  Fourth edition. Boston: Allyn and Bacon.
  7. Rustaman, N.Y.  (2015). Penilaian Pendidikan IPA. Draf Buku Teks Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia.
  8. Stiggins, R.J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. New York: Macmillan College Publishing Company.
  9. Surapranata, S. & Hatta, M. (2004). Penilaian Portofolio Implementasi Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.
  10. The National Research Council. (1996). “Assessment in Science Education”. In National Science Education Standard. Washington D.C.: National Academy Press, pp. 75-101.
  11. Wulan, A.R. (2008). ”Inovasi penilaian kinerja melalui penggunaan rubrik sederhana”. Mimbar Pendidikan. ... - ...
  12. Zainul, A. (2001). Alternative Assessment. Jakarta: Pusat Antar Universitas (PAU) Universitas Terbuka.
  13. Sumber-sumber lain yang relevan.


Details ...