Courser in English | Proposal Seminar |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 8 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah seminar proposal dirancang untuk mempercepat penyelesaian studi mahasiswa. Melalui mata kuliah yang berbobot 2 SKS ini, mahasiswa diberi pemahaman dan wawasan mengenai bermacam-macam penelitian, selain itu diberikan pula teknik penulisan karya tulis ilmiah sesuai dengan panduan karya ilmiah yang diterbitkan fakultas. Dengan demikian pada akhir perkuliahan diharapkan mampu menghasilkan proposal penelitian skripsi.
Learning Outcomesmahasiswa mmapu menghasilkan penelitian dalam bidang pendidikan
References- Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
- Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta
Details ...
Mata kuliah seminar proposal dirancang untuk mempercepat penyelesaian studi mahasiswa. Melalui mata kuliah yang berbobot 2 sks ini, mahasiswa diberi pemahaman dan wawasan mengenai bermacam-macam penelitian, selain itu diberi pula teknik penulisan karya tulis ilmiah sesuai dengan panduan karya ilmiah yang diterbitkan fakultas. Dengan demikian pada akhir perkuliahan diharapkan mampu menghasilkan proposal penelitian skripsi.
Mahasiswa mampu menghasilkan penelittian dalam bidang pendidikan
ReferencesArikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta
Details ...
Mata kuliah penelitian pendidikan mengkaji konsep-konsep dasar metode penelitian PAUD secara lebih mendaalam khususnya tentang penyusunan dan penyajian proposal penelitian. Secara umum mata kuliah ini akan membahas (1) hal ihwal pengertian, jenis, karakteristik, dan perbedaan metode-metode penelitian; (2) memahami konsep dasar penelitian PAUD; (3) menentukan permasalahan, merumuskan masalah, tujuan serta menentukan hipotesis; (4) memahami dan menyusun kajian literature dan kerangka berpikir, (5) memahami prosedur penelitian dan menyusun instrumentasi penelitian, (6) menyusun proposal penelitian, dan (7) menyajikan proposal penelitian.
. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep penelitian pendidikan PAUD khususnya penyusunan proposal dan penyajiannya sehingga mahasiswa akan mampu menyusun perencanaan penelitian serta melaksanakan penelitian dengan tepat.
Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat: 1. memahami hal ihwal pengertian, jenis, karakteristik, dan perbedaan metode-metode penelitian; 2. memahami konsep dasar penelitian PAUD; 3. menentukan permasalahan, merumuskan masalah, tujuan serta menentukan hipotesis; 4. memahami dan menyusun kajian literatur, kerangka berpikir, dan hipotesis penelitian 5. memahami prosedur penelitian, menyusun instrumentasi penelitian, melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data penelitian 6. menyusun proposal penelitian 7. menyajikan proposal penelitian
ReferencesAbidin, Y. 2011. Penelitian Pendidikan dalam Gamitan Pendidikan Dasar dan PAUD. Bandung: HZAA Press. Alwasilah, A. C. 2008. Pokoknya Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya. Alwasilah, A. C. 2010. Pokoknya PTK. Jakarta: Pustaka Jaya. Arikunto, et.al. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara. Ary, Jacobs, dan Razavieh. (2000) Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. (Alih Bahasa : Arief Furchan). Surabaya : Usaha Nasional. Basrowi dan Suwandi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Berg, B.L. 2007. Qualitative Research Methods for the Social Sciences. Boston: Pearson. Borg Walter, R & Gall Joyce, P. (2003). Educational Research An Introduction. Sevent Edition. USA: Library of Congress Cataloging-inPublication Data. Brannen. 1997. Mixing Methods Qualitative and Quantitative Research diterjemahkan oleh Kurde. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cartwright Carol, A & Cartwright, GP. (1998). Developing Observation Skilsl. USA: Longman Inc.
Craswell. 2007. Design of Qualitative Research. New York: MCGRAWHILL INC Cresswell, J.W. 1998. Qualitative Inquiry and Research Desain: Choosing among Five Tradition. California: Sage Publications. Cresswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conductiong, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New York: Pearson Merril Prentice Hall. Cresswell, J.W.2007. Mix Method. London: SAGE Publicational. Cresswell, J.W.2010. Research Design: Qualitative & Quantitative Approaches. London: SAGE Publicational. Denzin, N.K. and Lincoln, Y.S. 2009. Handbook of Qualitative Research. Terjemahan oleh Dariyatno dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Fraenkel, Jack R. dan Norman E. Wallen. 2009. How to Design and Evaluate Research. Sevent Edition Singapore: mcGraw-Hill Inc. Gall, M.D. et al. 2001. Educational Research: an Introduction. New York: Allyn and Bacon. Hopkins, D. (2008). A Teacher’s guide to Classroom Reseach. Buckingham: Open University Press. Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP Press Kasbuloh. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas Krathwohl, D.R. 1998. Methods of Educational & Social Science Research An Integrated Approach. New York: Longman. Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. Macintyre, C. 2002. The Art of Action Research in the Classroom. London: David Fulton Publishers. Madya, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta. Maxwell. 1996. Qualitative Research Design: an Interactive Approach. California: Sage Publications McMillan, J.H dan Schumacher, S. (2001). Research in Education: A Conceptual Intro-duction (5th ed.), US, Longman.Inc. McMillan. 2008. Educational Research: Fundamental for the Consumer. New York: Pearson Merril Prentice Hall. McNiff and Whitehead. 2006. All You Need to Know about Action Research: an Introduction. London: Sage Publications. Miller, C. 2001. Action Research. Florida: South Florida Center for Educational Leaders Mills Geoffrey, E. (2000). Actioan Research: A Guide For The Teacher Researcher. New Jersey. Colombus, Ohio: Merrill, an Imprint Prentice Hall. Moleong, L. J. 2001. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosydakarya. Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda Karya. Muslich, M. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nunan, D. 1989. Research Methods in Language Learning. New York: Cambridge University Press. O’ Brien, R. 1998. An Overview of the Methodological Approach of Action Research. Toronto: University of Toronto O’Donoghue dan Punch. 2003. Qualitative Educational Research in Action. London: RoutledgeFalmer. Rochyati. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda Satori dan Komariah. 2009. Metodologi Penelitian Kualitiatif. Bandung: Alfabeta. Silverman, David. 2005. Doing Qualitative Research. London: Sage Publications. Stake, R.E. 1995. The Art of Case Study Research. Thousand Oaks, CA: Sage Publications. Sugiyono 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 1997. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Sukidin, et.al. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendikia Sukmadinata, N. S.. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Suparno. 2008. Riset Tindakan untuk Pendidik. Jakarta: Grasindo Susilo, et.al. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia Publishing. Syamsudin dan Damaianti. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Rosda Karya. Wallace, M.J. 2000. Action Research for Language Classroom. New York: Cambridge University Press. Wardhani dan Wihardit. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: UT Whitehead and McNiff. 2006. Action Research: Living Theory. London: Sage Publications.
Details ...
Mata kuliah penelitian pendidikan mengkaji konsep-konsep dasar metode penelitian PAUD secara lebih mendaalam khususnya tentang penyusunan dan penyajian proposal penelitian. Secara umum mata kuliah ini akan membahas (1) hal ihwal pengertian, jenis, karakteristik, dan perbedaan metode-metode penelitian; (2) memahami konsep dasar penelitian PAUD; (3) menentukan permasalahan, merumuskan masalah, tujuan serta menentukan hipotesis; (4) memahami dan menyusun kajian literature dan kerangka berpikir, (5) memahami prosedur penelitian dan menyusun instrumentasi penelitian, (6) menyusun proposal penelitian, dan (7) menyajikan proposal penelitian.
. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep penelitian pendidikan PAUD khususnya penyusunan proposal dan penyajiannya sehingga mahasiswa akan mampu menyusun perencanaan penelitian serta melaksanakan penelitian dengan tepat.
Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat: 1. memahami hal ihwal pengertian, jenis, karakteristik, dan perbedaan metode-metode penelitian; 2. memahami konsep dasar penelitian PAUD; 3. menentukan permasalahan, merumuskan masalah, tujuan serta menentukan hipotesis; 4. memahami dan menyusun kajian literatur, kerangka berpikir, dan hipotesis penelitian 5. memahami prosedur penelitian, menyusun instrumentasi penelitian, melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data penelitian 6. menyusun proposal penelitian 7. menyajikan proposal penelitian
ReferencesAbidin, Y. 2011. Penelitian Pendidikan dalam Gamitan Pendidikan Dasar dan PAUD. Bandung: HZAA Press. Alwasilah, A. C. 2008. Pokoknya Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya. Alwasilah, A. C. 2010. Pokoknya PTK. Jakarta: Pustaka Jaya. Arikunto, et.al. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara. Ary, Jacobs, dan Razavieh. (2000) Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. (Alih Bahasa : Arief Furchan). Surabaya : Usaha Nasional. Basrowi dan Suwandi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia Berg, B.L. 2007. Qualitative Research Methods for the Social Sciences. Boston: Pearson. Borg Walter, R & Gall Joyce, P. (2003). Educational Research An Introduction. Sevent Edition. USA: Library of Congress Cataloging-inPublication Data. Brannen. 1997. Mixing Methods Qualitative and Quantitative Research diterjemahkan oleh Kurde. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cartwright Carol, A & Cartwright, GP. (1998). Developing Observation Skilsl. USA: Longman Inc.
Craswell. 2007. Design of Qualitative Research. New York: MCGRAWHILL INC Cresswell, J.W. 1998. Qualitative Inquiry and Research Desain: Choosing among Five Tradition. California: Sage Publications. Cresswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conductiong, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New York: Pearson Merril Prentice Hall. Cresswell, J.W.2007. Mix Method. London: SAGE Publicational. Cresswell, J.W.2010. Research Design: Qualitative & Quantitative Approaches. London: SAGE Publicational. Denzin, N.K. and Lincoln, Y.S. 2009. Handbook of Qualitative Research. Terjemahan oleh Dariyatno dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Fraenkel, Jack R. dan Norman E. Wallen. 2009. How to Design and Evaluate Research. Sevent Edition Singapore: mcGraw-Hill Inc. Gall, M.D. et al. 2001. Educational Research: an Introduction. New York: Allyn and Bacon. Hopkins, D. (2008). A Teacher’s guide to Classroom Reseach. Buckingham: Open University Press. Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP Press Kasbuloh. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas Krathwohl, D.R. 1998. Methods of Educational & Social Science Research An Integrated Approach. New York: Longman. Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. Macintyre, C. 2002. The Art of Action Research in the Classroom. London: David Fulton Publishers. Madya, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta. Maxwell. 1996. Qualitative Research Design: an Interactive Approach. California: Sage Publications McMillan, J.H dan Schumacher, S. (2001). Research in Education: A Conceptual Intro-duction (5th ed.), US, Longman.Inc. McMillan. 2008. Educational Research: Fundamental for the Consumer. New York: Pearson Merril Prentice Hall. McNiff and Whitehead. 2006. All You Need to Know about Action Research: an Introduction. London: Sage Publications. Miller, C. 2001. Action Research. Florida: South Florida Center for Educational Leaders Mills Geoffrey, E. (2000). Actioan Research: A Guide For The Teacher Researcher. New Jersey. Colombus, Ohio: Merrill, an Imprint Prentice Hall. Moleong, L. J. 2001. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosydakarya. Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda Karya. Muslich, M. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nunan, D. 1989. Research Methods in Language Learning. New York: Cambridge University Press. O’ Brien, R. 1998. An Overview of the Methodological Approach of Action Research. Toronto: University of Toronto O’Donoghue dan Punch. 2003. Qualitative Educational Research in Action. London: RoutledgeFalmer. Rochyati. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda Satori dan Komariah. 2009. Metodologi Penelitian Kualitiatif. Bandung: Alfabeta. Silverman, David. 2005. Doing Qualitative Research. London: Sage Publications. Stake, R.E. 1995. The Art of Case Study Research. Thousand Oaks, CA: Sage Publications. Sugiyono 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 1997. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Sukidin, et.al. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendikia Sukmadinata, N. S.. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Suparno. 2008. Riset Tindakan untuk Pendidik. Jakarta: Grasindo Susilo, et.al. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia Publishing. Syamsudin dan Damaianti. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Rosda Karya. Wallace, M.J. 2000. Action Research for Language Classroom. New York: Cambridge University Press. Wardhani dan Wihardit. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: UT Whitehead and McNiff. 2006. Action Research: Living Theory. London: Sage Publications.
Details ...
Mata kuliah Seminar Penulisan Kaya Ilmiah ini dirancang untuk mempercepat penyelesaian studi mahasiswa. Melalui mata kuliah yang berbobot 3 Sks ini, mahasiswa diberi pemahaman dan wawasan mengenai penelitian sejarah dan penelitian pendidikan sejarah, sesuai dengan penelitian pilihannya. Selain itu, diberikan pula teknik penulisan karya ilmiah sesuai dengan Panduan Penuisan Karya Ilmiah yang diterbitkan UPI. Dengan demikian, pada akhir perkuliahan diharapkan mampu menghasilkan proposal penelitian skripsi.
Learning OutcomesMelalui pengalaman belajar yang dikembangkan dalam perkuliahan Seminar Penulisan Karya Ilmiah, mahasiswa calon guru Sejarah diharapkan memiliki:
- Pemahaman dan wawasan tentang penelitian sejarah.
- Pemahaman dan wawasan tentang penelitian pendidikan sejarah.
- Pemahaman dan wawasan tentang penentuan topik penelitian.
- Kemampuan mengkaji dan menganalisis judulpenelitian.
- Pemahaman dan wawasan latar belakang.
- Kemampuan mengkaji dan menganalisis masalah penelitian.
- Kemampuan mengkaji dan menganalisis tujuan penelitian
- Kemampuan mengkaji dan menganalisis manfaat penelitian
- Kemampuan mengkaji dan menganalisis tinjauan pustaka
- Kemampuan mengkaji dan menganalisis metodologi penelitian.
- Kemampuan mengkaji dan menganalisis sistematika penulisan skripsi.
- Kemampuan mengkaji dan menganalisis daftar pustaka.
- Kemampuan menyajikan proposal peneitian.
Gottschalk, L. Mengerti Sejarah. (1982).Terj. Nugroho Notosusanto. Jakarta: UI Press.
Ismaun (2004). Pengantar Sejarah Sebagai Ilmu dan Wahana Pendidikan. Bandung:
Jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS UPI.
Kartodirdjo, Sartono (1992), Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Jakarta:
Gramedia.
Koentjaraningrat. (1998). Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta:
Moleong, L.J. (1998). Metode Penelitian Sosial. Jakarta
Sjamsuddin,Helius. (2007). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
UPI (2010), Buku Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Universitas Pendidikan
Indonesia.
Details ...
Mata kuliah Seminar Penulisan Kaya Ilmiah ini dirancang untuk mempercepat penyelesaian studi mahasiswa. Melalui mata kuliah yang berbobot 3 Sks ini, mahasiswa diberi pemahaman dan wawasan mengenai penelitian sejarah dan penelitian pendidikan sejarah, sesuai dengan penelitian pilihannya. Selain itu, diberikan pula teknik penulisan karya ilmiah sesuai dengan Panduan Penuisan Karya Ilmiah yang diterbitkan UPI. Dengan demikian, pada akhir perkuliahan diharapkan mampu menghasilkan proposal penelitian skripsi.
Learning OutcomesMelalui pengalaman belajar yang dikembangkan dalam perkuliahan Seminar Penulisan Karya Ilmiah, mahasiswa calon guru Sejarah diharapkan memiliki:
- Pemahaman dan wawasan tentang penelitian sejarah.
- Pemahaman dan wawasan tentang penelitian pendidikan sejarah.
- Pemahaman dan wawasan tentang penentuan topik penelitian.
- Kemampuan mengkaji dan menganalisis judulpenelitian.
- Pemahaman dan wawasan latar belakang.
- Kemampuan mengkaji dan menganalisis masalah penelitian.
- Kemampuan mengkaji dan menganalisis tujuan penelitian
- Kemampuan mengkaji dan menganalisis manfaat penelitian
- Kemampuan mengkaji dan menganalisis tinjauan pustaka
- Kemampuan mengkaji dan menganalisis metodologi penelitian.
- Kemampuan mengkaji dan menganalisis sistematika penulisan skripsi.
- Kemampuan mengkaji dan menganalisis daftar pustaka.
- Kemampuan menyajikan proposal peneitian.
Gottschalk, L. Mengerti Sejarah. (1982).Terj. Nugroho Notosusanto. Jakarta: UI Press.
Ismaun (2004). Pengantar Sejarah Sebagai Ilmu dan Wahana Pendidikan. Bandung:
Jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS UPI.
Kartodirdjo, Sartono (1992), Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Jakarta:
Gramedia.
Koentjaraningrat. (1998). Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta:
Moleong, L.J. (1998). Metode Penelitian Sosial. Jakarta
Sjamsuddin,Helius. (2007). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
UPI (2010), Buku Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Universitas Pendidikan
Indonesia.
Details ...
Mata kuliah Seminar Penulisan Kaya Ilmiah ini dirancang untuk mempercepat penyelesaian studi mahasiswa. Melalui mata kuliah yang berbobot 3 Sks ini, mahasiswa diberi pemahaman dan wawasan mengenai penelitian sejarah dan penelitian pendidikan sejarah, sesuai dengan penelitian pilihannya. Selain itu, diberikan pula teknik penulisan karya ilmiah sesuai dengan Panduan Penuisan Karya Ilmiah yang diterbitkan UPI. Dengan demikian, pada akhir perkuliahan diharapkan mampu menghasilkan proposal penelitian skripsi.
Learning OutcomesMelalui pengalaman belajar yang dikembangkan dalam perkuliahan Seminar Penulisan Karya Ilmiah, mahasiswa calon guru Sejarah diharapkan memiliki:
- Pemahaman dan wawasan tentang penelitian sejarah.
- Pemahaman dan wawasan tentang penelitian pendidikan sejarah.
- Pemahaman dan wawasan tentang penentuan topik penelitian.
- Kemampuan mengkaji dan menganalisis judulpenelitian.
- Pemahaman dan wawasan latar belakang.
- Kemampuan mengkaji dan menganalisis masalah penelitian.
- Kemampuan mengkaji dan menganalisis tujuan penelitian
- Kemampuan mengkaji dan menganalisis manfaat penelitian
- Kemampuan mengkaji dan menganalisis tinjauan pustaka
- Kemampuan mengkaji dan menganalisis metodologi penelitian.
- Kemampuan mengkaji dan menganalisis sistematika penulisan skripsi.
- Kemampuan mengkaji dan menganalisis daftar pustaka.
- Kemampuan menyajikan proposal peneitian.
Gottschalk, L. Mengerti Sejarah. (1982).Terj. Nugroho Notosusanto. Jakarta: UI Press.
Ismaun (2004). Pengantar Sejarah Sebagai Ilmu dan Wahana Pendidikan. Bandung:
Jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS UPI.
Kartodirdjo, Sartono (1992), Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Jakarta:
Gramedia.
Koentjaraningrat. (1998). Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta:
Moleong, L.J. (1998). Metode Penelitian Sosial. Jakarta
Sjamsuddin,Helius. (2007). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
UPI (2010), Buku Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Universitas Pendidikan
Indonesia.
Details ...