Komunikasi dan Representasi Matematika, Curriculum : 2019


Courser in EnglishMATHEMATIC COMMUNICATION AND REPRESENTATION
ProgramPendidikan Dasar
SKS3 SKS
RPS3 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah Komunikasi dan representasi matematis memuat bahan kajian:

  1. Komunikasi Matematis
  2. Representasi Matematis
  3. Pemecahan Masalah
  4. Penalaran dan Pembuktian
  5. Koneksi Matematis
  6. Bilangan dan Operasi Bilangan
  7. Aljabar
  8. Geometri
  9. Pengukuran
  10. Analisis Data dan Probabilitas

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah komunikasi dan representasi matematika, mahasiswa mampu:

CPMK 1

Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi komunikasi matematis

CPMK 2

Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi representasi matematis

CPMK 3

Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi pemecahan masalah

CPMK 4

Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi penalaran dan pembuktian

CPMK 5

Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi koneksi matematis

CPMK 6

Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran terkait bilangan dan operasinya

CPMK 7

Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran terkait aljabar

CPMK 8

Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran terkait geometri dan pengukuran

CPMK 9

Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran terkait analisis data dan probabilitas

References

  1. National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: Author.
  2. Charlesworth, R dan Link, K.K. (1995). Math and Science for Young Children. Delmar Publishers
  3. Clements, D.H. dan Sarama, J. (2004). Enganging Young Children in Mathematics: Standards for Early Childhood Mathematics Edcation. London: Lawrence Erlbaum Associates
  4. Pound, L. (2008). Thinking and learning about mathematics in the early years. Routledge.
  5. Cross, C. T., Woods, T. A., & Schweingruber, H. E. (2009). Mathematics learning in early childhood: Paths toward excellence and equity. National Academies Press.
  6. Sarama, J., & Clements, D. H. (2009). Early childhood mathematics education research: Learning trajectories for young children. Routledge.
  7. Smith, S. S. (1998). Early Childhood Mathematics. Boston: Pearson, 2006.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini akan membahas tentang bagaimana mengembangkan dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfailitasi komunikasi matematis, representasi matematis, pemecahan masalah, matematis, penalaran dan pembuktian, koneksi matematis, yang terkait dengan materi bilangan dan operasinya, aljabar, geometri dan pengukuran, serta analisis dan probabilitas.

Learning Outcomes

CPMK 1: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi komunikasi matematis

CPMK 2: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi representasi matematis

CPMK 3: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi pemecahan masalah

CPMK 4: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi penalaran dan pembuktian

CPMK 5: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi koneksi matematis

CPMK 6: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran terkait bilangan dan operasinya

CPMK 7: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran terkait aljabar

CPMK 8: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran terkait geometri dan pengukuran

CPMK 9: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran terkait analisis data dan probabilitas

References

  1. National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: Author.
  2. Charlesworth, R dan Link, K.K. (1995). Math and Science for Young Children. Delmar Publishers
  3. Clements, D.H. dan Sarama, J. (2004). Enganging Young Children in Mathematics: Standards for Early Childhood Mathematics Edcation. London: Lawrence Erlbaum Associates
  4. Pound, L. (2008). Thinking and learning about mathematics in the early years. Routledge.
  5. Cross, C. T., Woods, T. A., & Schweingruber, H. E. (2009). Mathematics learning in early childhood: Paths toward excellence and equity. National Academies Press.
  6. Sarama, J., & Clements, D. H. (2009). Early childhood mathematics education research: Learning trajectories for young children. Routledge.
  7. Smith, S. S. (1998). Early Childhood Mathematics. Boston: Pearson, 2006.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini akan membahas tentang bagaimana mengembangkan dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfailitasi komunikasi matematis, representasi matematis, pemecahan masalah, matematis, penalaran dan pembuktian, koneksi matematis, yang terkait dengan materi bilangan dan operasinya, aljabar, geometri dan pengukuran, serta analisis dan probabilitas.

Learning Outcomes

CPMK 1: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi komunikasi matematis

CPMK 2: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi representasi matematis

CPMK 3: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi pemecahan masalah

CPMK 4: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi penalaran dan pembuktian

CPMK 5: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi koneksi matematis

CPMK 6: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran terkait bilangan dan operasinya

CPMK 7: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran terkait aljabar

CPMK 8: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran terkait geometri dan pengukuran

CPMK 9: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran terkait analisis data dan probabilitas

References

  1. National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: Author.
  2. Charlesworth, R dan Link, K.K. (1995). Math and Science for Young Children. Delmar Publishers
  3. Clements, D.H. dan Sarama, J. (2004). Enganging Young Children in Mathematics: Standards for Early Childhood Mathematics Edcation. London: Lawrence Erlbaum Associates
  4. Pound, L. (2008). Thinking and learning about mathematics in the early years. Routledge.
  5. Cross, C. T., Woods, T. A., & Schweingruber, H. E. (2009). Mathematics learning in early childhood: Paths toward excellence and equity. National Academies Press.
  6. Sarama, J., & Clements, D. H. (2009). Early childhood mathematics education research: Learning trajectories for young children. Routledge.
  7. Smith, S. S. (1998). Early Childhood Mathematics. Boston: Pearson, 2006.


Details ...