Courser in English | MATHEMATIC COMMUNICATION AND REPRESENTATION |
Program | Pendidikan Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah Komunikasi dan representasi matematis memuat bahan kajian:
- Komunikasi Matematis
- Representasi Matematis
- Pemecahan Masalah
- Penalaran dan Pembuktian
- Koneksi Matematis
- Bilangan dan Operasi Bilangan
- Aljabar
- Geometri
- Pengukuran
- Analisis Data dan Probabilitas
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah komunikasi dan representasi matematika, mahasiswa mampu:
CPMK 1 |
Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi komunikasi matematis |
CPMK 2 |
Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi representasi matematis |
CPMK 3 |
Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi pemecahan masalah |
CPMK 4 |
Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi penalaran dan pembuktian |
CPMK 5 |
Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi koneksi matematis |
CPMK 6 |
Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran terkait bilangan dan operasinya |
CPMK 7 |
Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran terkait aljabar |
CPMK 8 |
Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran terkait geometri dan pengukuran |
CPMK 9 |
Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran terkait analisis data dan probabilitas |
- National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: Author.
- Charlesworth, R dan Link, K.K. (1995). Math and Science for Young Children. Delmar Publishers
- Clements, D.H. dan Sarama, J. (2004). Enganging Young Children in Mathematics: Standards for Early Childhood Mathematics Edcation. London: Lawrence Erlbaum Associates
- Pound, L. (2008). Thinking and learning about mathematics in the early years. Routledge.
- Cross, C. T., Woods, T. A., & Schweingruber, H. E. (2009). Mathematics learning in early childhood: Paths toward excellence and equity. National Academies Press.
- Sarama, J., & Clements, D. H. (2009). Early childhood mathematics education research: Learning trajectories for young children. Routledge.
- Smith, S. S. (1998). Early Childhood Mathematics. Boston: Pearson, 2006.
Details ...
Mata kuliah ini akan membahas tentang bagaimana mengembangkan dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfailitasi komunikasi matematis, representasi matematis, pemecahan masalah, matematis, penalaran dan pembuktian, koneksi matematis, yang terkait dengan materi bilangan dan operasinya, aljabar, geometri dan pengukuran, serta analisis dan probabilitas.
Learning OutcomesCPMK 1: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi komunikasi matematis
CPMK 2: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi representasi matematis
CPMK 3: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi pemecahan masalah
CPMK 4: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi penalaran dan pembuktian
CPMK 5: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi koneksi matematis
CPMK 6: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran terkait bilangan dan operasinya
CPMK 7: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran terkait aljabar
CPMK 8: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran terkait geometri dan pengukuran
CPMK 9: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran terkait analisis data dan probabilitas
References- National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: Author.
- Charlesworth, R dan Link, K.K. (1995). Math and Science for Young Children. Delmar Publishers
- Clements, D.H. dan Sarama, J. (2004). Enganging Young Children in Mathematics: Standards for Early Childhood Mathematics Edcation. London: Lawrence Erlbaum Associates
- Pound, L. (2008). Thinking and learning about mathematics in the early years. Routledge.
- Cross, C. T., Woods, T. A., & Schweingruber, H. E. (2009). Mathematics learning in early childhood: Paths toward excellence and equity. National Academies Press.
- Sarama, J., & Clements, D. H. (2009). Early childhood mathematics education research: Learning trajectories for young children. Routledge.
- Smith, S. S. (1998). Early Childhood Mathematics. Boston: Pearson, 2006.
Details ...
Mata kuliah ini akan membahas tentang bagaimana mengembangkan dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfailitasi komunikasi matematis, representasi matematis, pemecahan masalah, matematis, penalaran dan pembuktian, koneksi matematis, yang terkait dengan materi bilangan dan operasinya, aljabar, geometri dan pengukuran, serta analisis dan probabilitas.
Learning OutcomesCPMK 1: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi komunikasi matematis
CPMK 2: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi representasi matematis
CPMK 3: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi pemecahan masalah
CPMK 4: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi penalaran dan pembuktian
CPMK 5: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi koneksi matematis
CPMK 6: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran terkait bilangan dan operasinya
CPMK 7: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran terkait aljabar
CPMK 8: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran terkait geometri dan pengukuran
CPMK 9: Mengembangkan, dan mengevaluasi aktivitas pembelajaran terkait analisis data dan probabilitas
References- National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: Author.
- Charlesworth, R dan Link, K.K. (1995). Math and Science for Young Children. Delmar Publishers
- Clements, D.H. dan Sarama, J. (2004). Enganging Young Children in Mathematics: Standards for Early Childhood Mathematics Edcation. London: Lawrence Erlbaum Associates
- Pound, L. (2008). Thinking and learning about mathematics in the early years. Routledge.
- Cross, C. T., Woods, T. A., & Schweingruber, H. E. (2009). Mathematics learning in early childhood: Paths toward excellence and equity. National Academies Press.
- Sarama, J., & Clements, D. H. (2009). Early childhood mathematics education research: Learning trajectories for young children. Routledge.
- Smith, S. S. (1998). Early Childhood Mathematics. Boston: Pearson, 2006.
Details ...