Courser in English | - |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini; Sejarah Perkembangan Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini; Prinsip, Asas, Fungsi dan Layanan Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini; Urgensi Bimbungan dan Konseling di Sekolah; Perilaku Bermasalah Anak Usia Dini; Landasan dan Pendekatan dalam Bimbingan dan Konseling; Teori Psikoanalisis; Teori Berpusat Pada Person; Teori Emotif Behavior; Teori Realistis; Psikologi Konseling (Psikoterapi) di Lingkungan Pendidikan; Orangtua dan Guru sebagai Konselor Anak Usia Dini.
Learning OutcomesCPL Prodi yang Dibebankan pada Mata Kuliah
CPL 1: Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif tentang kaidah-kaidah psikologi dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling.
CPL 2: Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik pengubahan perilaku.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
CPMK1: Mampu bekerja sama untuk penguasaan kaidah-kaidah psikologi dengan memanfaatkan literaturliteratur ilmiah untuk pengembangan dan aplikasi ilmu (CPL1).
CPMK2: Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam penguasaan konsep bimbingan dan konseling anak usia dini, dan penerapannya pada pengubahan perilaku secara terukur (CPL2).
CPMK3: Mampu menguasai kerangka teoretik bimbingan konseling anak usia dini untuk membantu prognosis dan dianognis masalah sehingga mampu melakukan perubahan perilaku (CPL2)
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)
Sub-CPMK1: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar bimbingan dan konseling anak usia dini (C1, A3) (CPMK1).
Sub-CPMK2: Mahasiswa mampu membedakan Perilaku Bermasalah Anak Usia Dini (C4, A4) (CPMK2)
Sub-CPMK3: Mahasiswa mampu membedakan landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling (C2, A2) (CPMK3)
Sub-CPMK4: Mahasiswa mampu mengeksplorasi dan menggambarkan konsep dinamika kepribadian Psikoanalisis, Berpusat Pada Person, Emotif Behavior, dan Realistis (C2, A3) (CPMK4)
Sub-CPMK5: Mahasiswa mampu menganalisis Psikologi Konseling (Psikoterapi) di Lingkungan Pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) (C4, A5) (CPMK5)
Sub-CPMK6: Mahasiswa menguasai konsep Guru dan Orang Tua sebagai Konselor Anak Usia Dini dari perspektif Budaya Barat dan Indonesia (C3, A3) (CPMK6)
References- Asmani, J. M. (2010). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
- Fathur, R. (2012). Manajemen dan Pengembangan Program Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Rayon 111 Universitas Negeri Yogyakarta.
- Formiatno, L. (2010). Belajar Mendengarkan Menjadi Guru & Orangtua Sejati. Yogyakarta: Galang Press.
- Gichara, J. (2006). Mengatasi Perilaku Buruk Anak. Jakarta: Kawan Pustaka.
- Irham, M., & Wiyani, N. A. (2014). Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Rakhmawati, E, & Suyati, T. (2017). Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini. Semarang: UPGRIS Press.
- Risaldy, S., & Idris, M. H. (2015). Bimbingan dan Konseling: Implementasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.
- Suyadi. (2009). Bimbingan Konseling untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini; Sejarah Perkembangan Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini; Prinsip, Asas, Fungsi dan Layanan Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini; Urgensi Bimbungan dan Konseling di Sekolah; Perilaku Bermasalah Anak Usia Dini; Landasan dan Pendekatan dalam Bimbingan dan Konseling; Teori Psikoanalisis; Teori Berpusat Pada Person; Teori Emotif Behavior; Teori Realistis; Psikologi Konseling (Psikoterapi) di Lingkungan Pendidikan; Orangtua dan Guru sebagai Konselor Anak Usia Dini.
Learning OutcomesCPL Prodi yang Dibebankan pada Mata Kuliah
CPL 1: Mampu berpikir logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif tentang kaidah-kaidah psikologi dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling.
CPL 2: Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik pengubahan perilaku.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
CPMK1: Mampu bekerja sama untuk penguasaan kaidah-kaidah psikologi dengan memanfaatkan literaturliteratur ilmiah untuk pengembangan dan aplikasi ilmu (CPL1).
CPMK2: Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam penguasaan konsep bimbingan dan konseling anak usia dini, dan penerapannya pada pengubahan perilaku secara terukur (CPL2).
CPMK3: Mampu menguasai kerangka teoretik bimbingan konseling anak usia dini untuk membantu prognosis dan dianognis masalah sehingga mampu melakukan perubahan perilaku (CPL2)
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)
Sub-CPMK1: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar bimbingan dan konseling anak usia dini (C1, A3) (CPMK1).
Sub-CPMK2: Mahasiswa mampu membedakan Perilaku Bermasalah Anak Usia Dini (C4, A4) (CPMK2)
Sub-CPMK3: Mahasiswa mampu membedakan landasan dan pendekatan dalam bimbingan dan konseling (C2, A2) (CPMK3)
Sub-CPMK4: Mahasiswa mampu mengeksplorasi dan menggambarkan konsep dinamika kepribadian Psikoanalisis, Berpusat Pada Person, Emotif Behavior, dan Realistis (C2, A3) (CPMK4)
Sub-CPMK5: Mahasiswa mampu menganalisis Psikologi Konseling (Psikoterapi) di Lingkungan Pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) (C4, A5) (CPMK5)
Sub-CPMK6: Mahasiswa menguasai konsep Guru dan Orang Tua sebagai Konselor Anak Usia Dini dari perspektif Budaya Barat dan Indonesia (C3, A3) (CPMK6)
References- Asmani, J. M. (2010). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
- Fathur, R. (2012). Manajemen dan Pengembangan Program Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Rayon 111 Universitas Negeri Yogyakarta.
- Formiatno, L. (2010). Belajar Mendengarkan Menjadi Guru & Orangtua Sejati. Yogyakarta: Galang Press.
- Gichara, J. (2006). Mengatasi Perilaku Buruk Anak. Jakarta: Kawan Pustaka.
- Irham, M., & Wiyani, N. A. (2014). Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Rakhmawati, E, & Suyati, T. (2017). Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini. Semarang: UPGRIS Press.
- Risaldy, S., & Idris, M. H. (2015). Bimbingan dan Konseling: Implementasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.
- Suyadi. (2009). Bimbingan Konseling untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
Details ...
- Mata kuliah Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru–Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dengan bobot 2 SKS.
- Mata kuliah ini mengkaji (a) Perkembangan Anak Usia Dini; (b) Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini; (c) Sejarah Perkembangan Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini; (d) Azaz, Fungsi dan Layanan Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini; (e) Urgensi Bimbungan dan Konseling di Sekolah; (f) Landasan dan Pendekatan dalam Bimbingan dan Konseling; (g) Perilaku Bermasalah Anak Usia Dini, (h) Teori Psikoanalisis, (i) Teori Berpusat Pada Person; (j) Teori Emotif Behavior; (k) Teori Realistis; (l) Kualifikasi dan Peran Konselor; dan (m) Orangtua dan Guru sebagai Konselor Anak Usia Dini.
- Luaran dari mata kuliah ini adalah Bahan Ajar Bimbingan Anak Usia Dini.
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Program Studi yang dibebankan pada MK |
|
Sikap (S) |
|
|
Pengetahuan (P) |
|
|
Keterampilan Umum (KU) |
|
|
Ketrampilan Khusus (KK) |
|
|
CPMK |
||
Setelah menempuh mata kuliah Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini, mahasiswa diharapkan mampu: |
||
CPMK-1 |
Mengidentifikasi Perkembangan Anak Usia Dini; Konsep Dasar BK AUD; Sejarah Perkembangan BK AUD; Azaz, Fungsi, dan Layanan Bimbingan dan Konseling; serta menjelaskan materi secara jelas (S-5, S-6, S-9; P-7, P-8, P-9; KU-1, KU-7, KU-9; KK-1, KK-2, KK-7, KK-14). |
|
CPMK-2 |
Mengemukakan Urgensi BK di Sekolah; Landasan Pendekatan dalam BK, serta membedakan secara tepat (S-6, P-8, P-9; KU-1, K-2, K-11, KU-5; KK5, KK8, KK6). |
|
CPMK-3 |
Menganalisis Perilaku Bermasalah AUD serta menemukan contoh secara tepat (S-6, S-9; P-4, P-8; KU-1, KK-1, KK-9). |
|
CPMK-4 |
Mengklasifikasikan Teori Psikoanalisis; Teori Berpusat Pada Person; Teori Emotif Behavior; Teori Realistis, serta menemukan contoh secara tepat (S-6, S-9; P-4, P-8; KU-1, KK-1, KK-9). |
|
|
CPMK-5 |
Menerapkan Kualifikasi dan Peran Konselor, serta memberikan contoh secara benar (S-8; P-4, P-7; KU-1, KK-8). |
CPMK-6 |
Merancang Tugas Orangtua dan Guru sebagai Konselor Anak Usia Dini, serta memberikan contoh dengan penuh tanggung jawab (S-2, S-8; P-9, P-10; KU-1, K-9; KK-1, KK-7, KK-8). |
Pustaka |
Utama |
Rakhmawati, E, & Suyati, T. (2017). Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini. Semarang: UPGRIS Press. |
|
Pendukung |
|
|
Details ...
- Mata kuliah Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru–Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dengan bobot 2 SKS.
- Mata kuliah ini mengkaji (a) Perkembangan Anak Usia Dini; (b) Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini; (c) Sejarah Perkembangan Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini; (d) Azaz, Fungsi dan Layanan Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini; (e) Urgensi Bimbungan dan Konseling di Sekolah; (f) Landasan dan Pendekatan dalam Bimbingan dan Konseling; (g) Perilaku Bermasalah Anak Usia Dini, (h) Teori Psikoanalisis, (i) Teori Berpusat Pada Person; (j) Teori Emotif Behavior; (k) Teori Realistis; (l) Kualifikasi dan Peran Konselor; dan (m) Orangtua dan Guru sebagai Konselor Anak Usia Dini.
- Luaran dari mata kuliah ini adalah Bahan Ajar Bimbingan Anak Usia Dini.
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Program Studi yang dibebankan pada MK |
|
Sikap (S) |
|
|
Pengetahuan (P) |
|
|
Keterampilan Umum (KU) |
|
|
Ketrampilan Khusus (KK) |
|
|
CPMK |
||
Setelah menempuh mata kuliah Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini, mahasiswa diharapkan mampu: |
||
CPMK-1 |
Mengidentifikasi Perkembangan Anak Usia Dini; Konsep Dasar BK AUD; Sejarah Perkembangan BK AUD; Azaz, Fungsi, dan Layanan Bimbingan dan Konseling; serta menjelaskan materi secara jelas (S-5, S-6, S-9; P-7, P-8, P-9; KU-1, KU-7, KU-9; KK-1, KK-2, KK-7, KK-14). |
|
CPMK-2 |
Mengemukakan Urgensi BK di Sekolah; Landasan Pendekatan dalam BK, serta membedakan secara tepat (S-6, P-8, P-9; KU-1, K-2, K-11, KU-5; KK5, KK8, KK6). |
|
CPMK-3 |
Menganalisis Perilaku Bermasalah AUD serta menemukan contoh secara tepat (S-6, S-9; P-4, P-8; KU-1, KK-1, KK-9). |
|
CPMK-4 |
Mengklasifikasikan Teori Psikoanalisis; Teori Berpusat Pada Person; Teori Emotif Behavior; Teori Realistis, serta menemukan contoh secara tepat (S-6, S-9; P-4, P-8; KU-1, KK-1, KK-9). |
|
|
CPMK-5 |
Menerapkan Kualifikasi dan Peran Konselor, serta memberikan contoh secara benar (S-8; P-4, P-7; KU-1, KK-8). |
CPMK-6 |
Merancang Tugas Orangtua dan Guru sebagai Konselor Anak Usia Dini, serta memberikan contoh dengan penuh tanggung jawab (S-2, S-8; P-9, P-10; KU-1, K-9; KK-1, KK-7, KK-8). |
Pustaka |
Utama |
Rakhmawati, E, & Suyati, T. (2017). Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini. Semarang: UPGRIS Press. |
|
Pendukung |
|
|
Details ...