Pembelajaran PKn SD, Curriculum : 2020


Courser in English-
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS19 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SD (Pembelajaran PKn SD) merupakan mata kuliah teori yang menyajikan tentang konsep, asas, prinsip-prinsip dan pendekatan terkait dengan pembelajaran PKn SD. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kurikulum, berbagai strategi pembelajaran PKn di sekolah dasar baik untuk pengembangan aspek kognitif, afektif, maupun spikomotor, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran PKn di SD

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewargane-garaan:SD

1.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.

1.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan memecahkan persoalan pembelajaran secara kontekstual dan operasional

3.1 Mahasiswa mampu mengelaborasi prinsip-prinsip dan teori pendidikan untuk diaplikasikan pada tiap model-model pembelajaran sesuai dengan konteks PKn SD

4.1 Mahasiswa mampu mengaplikasikan model pembelajaran sesuai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, sosial dan moral.

5.1 Mahasiswa menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar

6.1 Mahasiswa mampu merancang assessment atau penilaian secara operasional sesuai dengan model pembelajaran.

9.1 Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi sebagai upaya untuk mengoptimalkan potensi dalam pemanfaatan model-model pembelajaran di mata pelajaran PKn SD

References

1. Asmawi Zainul dan Noehi Nasution, 2005. Penilaian Hasil Pelajar. Jakarta:departemen Pendidikan Nasional

2. Dahar, Ratna Wilis. (1988). Teori-teori belajar. Bandung.

3. Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

4. Heiman, M. & Slomianko,J. (1987). Thinking skills instruction: Concepts and techniques. Washington DC.: A National Education Association Publication.

5. Lickona, T. (1992). Educating for Character. New york: Bantam Books.

6. McKeachie, WJ. et.all. (1994). Teaching tips: Strategies, research, and theory for college and university teachers. Toronto: D.C. Heath and Company.

7. Melvin Silbermen. 2004. Active Learning. Bandung: Nusamedia.

8. Merril,M.D. Teaching Concept : a design guide, New Yersey Ed. Technology Publ., 1978

9. Moore,Kenneth D. (2005). Effective instructional strategies: from theory to practice. London:Sage Publications

10. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

11. Rachmat, dkk. 2009. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratiorium PPKn UPI

12. Ringness, T. A. 1975. The affective domain in education. Boston: Litle Brown and Company.

13. Ruminiati. (2007). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Depdiknas

14. Sagala, Syaiful. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

15. Simon, S.B., Howe, L. and Howard,K. (1978). Values clarification: A handbook of practical strategies for teachers and students. New York: Dodd, Mead & Company

16. Winataputra, Udin S. (2005). Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: UT

17. Wuri Wuryandani dan Fathurrohman. 2012. Pembelajaran PKn SD. Yogyakarta: Ombak


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SD (Pembelajaran PKn SD) merupakan mata kuliah teori yang menyajikan tentang konsep, asas, prinsip-prinsip dan pendekatan terkait dengan pembelajaran PKn SD. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kurikulum, berbagai strategi pembelajaran PKn di sekolah dasar baik untuk pengembangan aspek kognitif, afektif, maupun spikomotor, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran PKn di SD

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewargane-garaan:SD

1.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.

1.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan memecahkan persoalan pembelajaran secara kontekstual dan operasional

3.1 Mahasiswa mampu mengelaborasi prinsip-prinsip dan teori pendidikan untuk diaplikasikan pada tiap model-model pembelajaran sesuai dengan konteks PKn SD

4.1 Mahasiswa mampu mengaplikasikan model pembelajaran sesuai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, sosial dan moral.

5.1 Mahasiswa menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar

6.1 Mahasiswa mampu merancang assessment atau penilaian secara operasional sesuai dengan model pembelajaran.

9.1 Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi sebagai upaya untuk mengoptimalkan potensi dalam pemanfaatan model-model pembelajaran di mata pelajaran PKn SD

References

1. Asmawi Zainul dan Noehi Nasution, 2005. Penilaian Hasil Pelajar. Jakarta:departemen Pendidikan Nasional

2. Dahar, Ratna Wilis. (1988). Teori-teori belajar. Bandung.

3. Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

4. Heiman, M. & Slomianko,J. (1987). Thinking skills instruction: Concepts and techniques. Washington DC.: A National Education Association Publication.

5. Lickona, T. (1992). Educating for Character. New york: Bantam Books.

6. McKeachie, WJ. et.all. (1994). Teaching tips: Strategies, research, and theory for college and university teachers. Toronto: D.C. Heath and Company.

7. Melvin Silbermen. 2004. Active Learning. Bandung: Nusamedia.

8. Merril,M.D. Teaching Concept : a design guide, New Yersey Ed. Technology Publ., 1978

9. Moore,Kenneth D. (2005). Effective instructional strategies: from theory to practice. London:Sage Publications

10. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

11. Rachmat, dkk. 2009. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratiorium PPKn UPI

12. Ringness, T. A. 1975. The affective domain in education. Boston: Litle Brown and Company.

13. Ruminiati. (2007). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Depdiknas

14. Sagala, Syaiful. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

15. Simon, S.B., Howe, L. and Howard,K. (1978). Values clarification: A handbook of practical strategies for teachers and students. New York: Dodd, Mead & Company

16. Winataputra, Udin S. (2005). Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: UT

17. Wuri Wuryandani dan Fathurrohman. 2012. Pembelajaran PKn SD. Yogyakarta: Ombak


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SD (Pembelajaran PKn SD) merupakan mata kuliah teori yang menyajikan tentang konsep, asas, prinsip-prinsip dan pendekatan terkait dengan pembelajaran PKn SD. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kurikulum, berbagai strategi pembelajaran PKn di sekolah dasar baik untuk pengembangan aspek kognitif, afektif, maupun spikomotor, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran PKn di SD

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewargane-garaan:SD

1.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.

1.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan memecahkan persoalan pembelajaran secara kontekstual dan operasional

3.1 Mahasiswa mampu mengelaborasi prinsip-prinsip dan teori pendidikan untuk diaplikasikan pada tiap model-model pembelajaran sesuai dengan konteks PKn SD

4.1 Mahasiswa mampu mengaplikasikan model pembelajaran sesuai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, sosial dan moral.

5.1 Mahasiswa menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar

6.1 Mahasiswa mampu merancang assessment atau penilaian secara operasional sesuai dengan model pembelajaran.

9.1 Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi sebagai upaya untuk mengoptimalkan potensi dalam pemanfaatan model-model pembelajaran di mata pelajaran PKn SD

References

1. Asmawi Zainul dan Noehi Nasution, 2005. Penilaian Hasil Pelajar. Jakarta:departemen Pendidikan Nasional

2. Dahar, Ratna Wilis. (1988). Teori-teori belajar. Bandung.

3. Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

4. Heiman, M. & Slomianko,J. (1987). Thinking skills instruction: Concepts and techniques. Washington DC.: A National Education Association Publication.

5. Lickona, T. (1992). Educating for Character. New york: Bantam Books.

6. McKeachie, WJ. et.all. (1994). Teaching tips: Strategies, research, and theory for college and university teachers. Toronto: D.C. Heath and Company.

7. Melvin Silbermen. 2004. Active Learning. Bandung: Nusamedia.

8. Merril,M.D. Teaching Concept : a design guide, New Yersey Ed. Technology Publ., 1978

9. Moore,Kenneth D. (2005). Effective instructional strategies: from theory to practice. London:Sage Publications

10. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

11. Rachmat, dkk. 2009. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratiorium PPKn UPI

12. Ringness, T. A. 1975. The affective domain in education. Boston: Litle Brown and Company.

13. Ruminiati. (2007). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Depdiknas

14. Sagala, Syaiful. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

15. Simon, S.B., Howe, L. and Howard,K. (1978). Values clarification: A handbook of practical strategies for teachers and students. New York: Dodd, Mead & Company

16. Winataputra, Udin S. (2005). Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: UT

17. Wuri Wuryandani dan Fathurrohman. 2012. Pembelajaran PKn SD. Yogyakarta: Ombak


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SD (Pembelajaran PKn SD) merupakan mata kuliah teori yang menyajikan tentang konsep, asas, prinsip-prinsip dan pendekatan terkait dengan pembelajaran PKn SD. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kurikulum, berbagai strategi pembelajaran PKn di sekolah dasar baik untuk pengembangan aspek kognitif, afektif, maupun spikomotor, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran PKn di SD

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewargane-garaan:SD

1.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.

1.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan memecahkan persoalan pembelajaran secara kontekstual dan operasional

3.1 Mahasiswa mampu mengelaborasi prinsip-prinsip dan teori pendidikan untuk diaplikasikan pada tiap model-model pembelajaran sesuai dengan konteks PKn SD

4.1 Mahasiswa mampu mengaplikasikan model pembelajaran sesuai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, sosial dan moral.

5.1 Mahasiswa menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar

6.1 Mahasiswa mampu merancang assessment atau penilaian secara operasional sesuai dengan model pembelajaran.

9.1 Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi sebagai upaya untuk mengoptimalkan potensi dalam pemanfaatan model-model pembelajaran di mata pelajaran PKn SD

References

1. Asmawi Zainul dan Noehi Nasution, 2005. Penilaian Hasil Pelajar. Jakarta:departemen Pendidikan Nasional

2. Dahar, Ratna Wilis. (1988). Teori-teori belajar. Bandung.

3. Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

4. Heiman, M. & Slomianko,J. (1987). Thinking skills instruction: Concepts and techniques. Washington DC.: A National Education Association Publication.

5. Lickona, T. (1992). Educating for Character. New york: Bantam Books.

6. McKeachie, WJ. et.all. (1994). Teaching tips: Strategies, research, and theory for college and university teachers. Toronto: D.C. Heath and Company.

7. Melvin Silbermen. 2004. Active Learning. Bandung: Nusamedia.

8. Merril,M.D. Teaching Concept : a design guide, New Yersey Ed. Technology Publ., 1978

9. Moore,Kenneth D. (2005). Effective instructional strategies: from theory to practice. London:Sage Publications

10. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

11. Rachmat, dkk. 2009. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratiorium PPKn UPI

12. Ringness, T. A. 1975. The affective domain in education. Boston: Litle Brown and Company.

13. Ruminiati. (2007). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Depdiknas

14. Sagala, Syaiful. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

15. Simon, S.B., Howe, L. and Howard,K. (1978). Values clarification: A handbook of practical strategies for teachers and students. New York: Dodd, Mead & Company

16. Winataputra, Udin S. (2005). Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: UT

17. Wuri Wuryandani dan Fathurrohman. 2012. Pembelajaran PKn SD. Yogyakarta: Ombak


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SD (Pembelajaran PKn SD) merupakan mata kuliah teori yang menyajikan tentang konsep, asas, prinsip-prinsip dan pendekatan terkait dengan pembelajaran PKn SD. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kurikulum, berbagai strategi pembelajaran PKn di sekolah dasar baik untuk pengembangan aspek kognitif, afektif, maupun spikomotor, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran PKn di SD

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewargane-garaan:SD

1.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.

1.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan memecahkan persoalan pembelajaran secara kontekstual dan operasional

3.1 Mahasiswa mampu mengelaborasi prinsip-prinsip dan teori pendidikan untuk diaplikasikan pada tiap model-model pembelajaran sesuai dengan konteks PKn SD

4.1 Mahasiswa mampu mengaplikasikan model pembelajaran sesuai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, sosial dan moral.

5.1 Mahasiswa menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar

6.1 Mahasiswa mampu merancang assessment atau penilaian secara operasional sesuai dengan model pembelajaran.

9.1 Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi sebagai upaya untuk mengoptimalkan potensi dalam pemanfaatan model-model pembelajaran di mata pelajaran PKn SD

References

1. Asmawi Zainul dan Noehi Nasution, 2005. Penilaian Hasil Pelajar. Jakarta:departemen Pendidikan Nasional

2. Dahar, Ratna Wilis. (1988). Teori-teori belajar. Bandung.

3. Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

4. Heiman, M. & Slomianko,J. (1987). Thinking skills instruction: Concepts and techniques. Washington DC.: A National Education Association Publication.

5. Lickona, T. (1992). Educating for Character. New york: Bantam Books.

6. McKeachie, WJ. et.all. (1994). Teaching tips: Strategies, research, and theory for college and university teachers. Toronto: D.C. Heath and Company.

7. Melvin Silbermen. 2004. Active Learning. Bandung: Nusamedia.

8. Merril,M.D. Teaching Concept : a design guide, New Yersey Ed. Technology Publ., 1978

9. Moore,Kenneth D. (2005). Effective instructional strategies: from theory to practice. London:Sage Publications

10. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

11. Rachmat, dkk. 2009. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratiorium PPKn UPI

12. Ringness, T. A. 1975. The affective domain in education. Boston: Litle Brown and Company.

13. Ruminiati. (2007). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Depdiknas

14. Sagala, Syaiful. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

15. Simon, S.B., Howe, L. and Howard,K. (1978). Values clarification: A handbook of practical strategies for teachers and students. New York: Dodd, Mead & Company

16. Winataputra, Udin S. (2005). Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: UT

17. Wuri Wuryandani dan Fathurrohman. 2012. Pembelajaran PKn SD. Yogyakarta: Ombak


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SD (Pembelajaran PKn SD) merupakan mata kuliah teori yang menyajikan tentang konsep, asas, prinsip-prinsip dan pendekatan terkait dengan pembelajaran PKn SD. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kurikulum, berbagai strategi pembelajaran PKn di sekolah dasar baik untuk pengembangan aspek kognitif, afektif, maupun spikomotor, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran PKn di SD

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewargane-garaan:SD

1.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.

1.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan memecahkan persoalan pembelajaran secara kontekstual dan operasional

3.1 Mahasiswa mampu mengelaborasi prinsip-prinsip dan teori pendidikan untuk diaplikasikan pada tiap model-model pembelajaran sesuai dengan konteks PKn SD

4.1 Mahasiswa mampu mengaplikasikan model pembelajaran sesuai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, sosial dan moral.

5.1 Mahasiswa menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar

6.1 Mahasiswa mampu merancang assessment atau penilaian secara operasional sesuai dengan model pembelajaran.

9.1 Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi sebagai upaya untuk mengoptimalkan potensi dalam pemanfaatan model-model pembelajaran di mata pelajaran PKn SD

References

1. Asmawi Zainul dan Noehi Nasution, 2005. Penilaian Hasil Pelajar. Jakarta:departemen Pendidikan Nasional

2. Dahar, Ratna Wilis. (1988). Teori-teori belajar. Bandung.

3. Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

4. Heiman, M. & Slomianko,J. (1987). Thinking skills instruction: Concepts and techniques. Washington DC.: A National Education Association Publication.

5. Lickona, T. (1992). Educating for Character. New york: Bantam Books.

6. McKeachie, WJ. et.all. (1994). Teaching tips: Strategies, research, and theory for college and university teachers. Toronto: D.C. Heath and Company.

7. Melvin Silbermen. 2004. Active Learning. Bandung: Nusamedia.

8. Merril,M.D. Teaching Concept : a design guide, New Yersey Ed. Technology Publ., 1978

9. Moore,Kenneth D. (2005). Effective instructional strategies: from theory to practice. London:Sage Publications

10. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

11. Rachmat, dkk. 2009. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratiorium PPKn UPI

12. Ringness, T. A. 1975. The affective domain in education. Boston: Litle Brown and Company.

13. Ruminiati. (2007). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Depdiknas

14. Sagala, Syaiful. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

15. Simon, S.B., Howe, L. and Howard,K. (1978). Values clarification: A handbook of practical strategies for teachers and students. New York: Dodd, Mead & Company

16. Winataputra, Udin S. (2005). Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: UT

17. Wuri Wuryandani dan Fathurrohman. 2012. Pembelajaran PKn SD. Yogyakarta: Ombak


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SD (Pembelajaran PKn SD) merupakan mata kuliah teori yang menyajikan tentang konsep, asas, prinsip-prinsip dan pendekatan terkait dengan pembelajaran PKn SD. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kurikulum, berbagai strategi pembelajaran PKn di sekolah dasar baik untuk pengembangan aspek kognitif, afektif, maupun spikomotor, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran PKn di SD

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewargane-garaan:SD

1.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.

1.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan memecahkan persoalan pembelajaran secara kontekstual dan operasional

3.1 Mahasiswa mampu mengelaborasi prinsip-prinsip dan teori pendidikan untuk diaplikasikan pada tiap model-model pembelajaran sesuai dengan konteks PKn SD

4.1 Mahasiswa mampu mengaplikasikan model pembelajaran sesuai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, sosial dan moral.

5.1 Mahasiswa menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar

6.1 Mahasiswa mampu merancang assessment atau penilaian secara operasional sesuai dengan model pembelajaran.

9.1 Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi sebagai upaya untuk mengoptimalkan potensi dalam pemanfaatan model-model pembelajaran di mata pelajaran PKn SD

References

1. Asmawi Zainul dan Noehi Nasution, 2005. Penilaian Hasil Pelajar. Jakarta:departemen Pendidikan Nasional

2. Dahar, Ratna Wilis. (1988). Teori-teori belajar. Bandung.

3. Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

4. Heiman, M. & Slomianko,J. (1987). Thinking skills instruction: Concepts and techniques. Washington DC.: A National Education Association Publication.

5. Lickona, T. (1992). Educating for Character. New york: Bantam Books.

6. McKeachie, WJ. et.all. (1994). Teaching tips: Strategies, research, and theory for college and university teachers. Toronto: D.C. Heath and Company.

7. Melvin Silbermen. 2004. Active Learning. Bandung: Nusamedia.

8. Merril,M.D. Teaching Concept : a design guide, New Yersey Ed. Technology Publ., 1978

9. Moore,Kenneth D. (2005). Effective instructional strategies: from theory to practice. London:Sage Publications

10. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

11. Rachmat, dkk. 2009. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratiorium PPKn UPI

12. Ringness, T. A. 1975. The affective domain in education. Boston: Litle Brown and Company.

13. Ruminiati. (2007). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Depdiknas

14. Sagala, Syaiful. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

15. Simon, S.B., Howe, L. and Howard,K. (1978). Values clarification: A handbook of practical strategies for teachers and students. New York: Dodd, Mead & Company

16. Winataputra, Udin S. (2005). Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: UT

17. Wuri Wuryandani dan Fathurrohman. 2012. Pembelajaran PKn SD. Yogyakarta: Ombak


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SD (Pembelajaran PKn SD) merupakan mata kuliah teori yang menyajikan tentang konsep, asas, prinsip-prinsip dan pendekatan terkait dengan pembelajaran PKn SD. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kurikulum, berbagai strategi pembelajaran PKn di sekolah dasar baik untuk pengembangan aspek kognitif, afektif, maupun spikomotor, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran PKn di SD

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewargane-garaan:SD

1.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.

1.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan memecahkan persoalan pembelajaran secara kontekstual dan operasional

3.1 Mahasiswa mampu mengelaborasi prinsip-prinsip dan teori pendidikan untuk diaplikasikan pada tiap model-model pembelajaran sesuai dengan konteks PKn SD

4.1 Mahasiswa mampu mengaplikasikan model pembelajaran sesuai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, sosial dan moral.

5.1 Mahasiswa menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar

6.1 Mahasiswa mampu merancang assessment atau penilaian secara operasional sesuai dengan model pembelajaran.

9.1 Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi sebagai upaya untuk mengoptimalkan potensi dalam pemanfaatan model-model pembelajaran di mata pelajaran PKn SD

References

1. Asmawi Zainul dan Noehi Nasution, 2005. Penilaian Hasil Pelajar. Jakarta:departemen Pendidikan Nasional

2. Dahar, Ratna Wilis. (1988). Teori-teori belajar. Bandung.

3. Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

4. Heiman, M. & Slomianko,J. (1987). Thinking skills instruction: Concepts and techniques. Washington DC.: A National Education Association Publication.

5. Lickona, T. (1992). Educating for Character. New york: Bantam Books.

6. McKeachie, WJ. et.all. (1994). Teaching tips: Strategies, research, and theory for college and university teachers. Toronto: D.C. Heath and Company.

7. Melvin Silbermen. 2004. Active Learning. Bandung: Nusamedia.

8. Merril,M.D. Teaching Concept : a design guide, New Yersey Ed. Technology Publ., 1978

9. Moore,Kenneth D. (2005). Effective instructional strategies: from theory to practice. London:Sage Publications

10. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

11. Rachmat, dkk. 2009. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratiorium PPKn UPI

12. Ringness, T. A. 1975. The affective domain in education. Boston: Litle Brown and Company.

13. Ruminiati. (2007). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Depdiknas

14. Sagala, Syaiful. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

15. Simon, S.B., Howe, L. and Howard,K. (1978). Values clarification: A handbook of practical strategies for teachers and students. New York: Dodd, Mead & Company

16. Winataputra, Udin S. (2005). Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: UT

17. Wuri Wuryandani dan Fathurrohman. 2012. Pembelajaran PKn SD. Yogyakarta: Ombak


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SD (Pembelajaran PKn SD) merupakan mata kuliah teori yang menyajikan tentang konsep, asas, prinsip-prinsip dan pendekatan terkait dengan pembelajaran PKn SD. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kurikulum, berbagai strategi pembelajaran PKn di sekolah dasar baik untuk pengembangan aspek kognitif, afektif, maupun spikomotor, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran PKn di SD

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewargane-garaan:SD

1.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.

1.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan memecahkan persoalan pembelajaran secara kontekstual dan operasional

3.1 Mahasiswa mampu mengelaborasi prinsip-prinsip dan teori pendidikan untuk diaplikasikan pada tiap model-model pembelajaran sesuai dengan konteks PKn SD

4.1 Mahasiswa mampu mengaplikasikan model pembelajaran sesuai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, sosial dan moral.

5.1 Mahasiswa menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar

6.1 Mahasiswa mampu merancang assessment atau penilaian secara operasional sesuai dengan model pembelajaran.

9.1 Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi sebagai upaya untuk mengoptimalkan potensi dalam pemanfaatan model-model pembelajaran di mata pelajaran PKn SD

References

1. Asmawi Zainul dan Noehi Nasution, 2005. Penilaian Hasil Pelajar. Jakarta:departemen Pendidikan Nasional

2. Dahar, Ratna Wilis. (1988). Teori-teori belajar. Bandung.

3. Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

4. Heiman, M. & Slomianko,J. (1987). Thinking skills instruction: Concepts and techniques. Washington DC.: A National Education Association Publication.

5. Lickona, T. (1992). Educating for Character. New york: Bantam Books.

6. McKeachie, WJ. et.all. (1994). Teaching tips: Strategies, research, and theory for college and university teachers. Toronto: D.C. Heath and Company.

7. Melvin Silbermen. 2004. Active Learning. Bandung: Nusamedia.

8. Merril,M.D. Teaching Concept : a design guide, New Yersey Ed. Technology Publ., 1978

9. Moore,Kenneth D. (2005). Effective instructional strategies: from theory to practice. London:Sage Publications

10. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

11. Rachmat, dkk. 2009. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratiorium PPKn UPI

12. Ringness, T. A. 1975. The affective domain in education. Boston: Litle Brown and Company.

13. Ruminiati. (2007). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Depdiknas

14. Sagala, Syaiful. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

15. Simon, S.B., Howe, L. and Howard,K. (1978). Values clarification: A handbook of practical strategies for teachers and students. New York: Dodd, Mead & Company

16. Winataputra, Udin S. (2005). Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: UT

17. Wuri Wuryandani dan Fathurrohman. 2012. Pembelajaran PKn SD. Yogyakarta: Ombak


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SD (Pembelajaran PKn SD) merupakan mata kuliah teori yang menyajikan tentang konsep, asas, prinsip-prinsip dan pendekatan terkait dengan pembelajaran PKn SD. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kurikulum, berbagai strategi pembelajaran PKn di sekolah dasar baik untuk pengembangan aspek kognitif, afektif, maupun spikomotor, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran PKn di SD

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewargane-garaan:SD

1.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.

1.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan memecahkan persoalan pembelajaran secara kontekstual dan operasional

3.1 Mahasiswa mampu mengelaborasi prinsip-prinsip dan teori pendidikan untuk diaplikasikan pada tiap model-model pembelajaran sesuai dengan konteks PKn SD

4.1 Mahasiswa mampu mengaplikasikan model pembelajaran sesuai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, sosial dan moral.

5.1 Mahasiswa menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar

6.1 Mahasiswa mampu merancang assessment atau penilaian secara operasional sesuai dengan model pembelajaran.

9.1 Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi sebagai upaya untuk mengoptimalkan potensi dalam pemanfaatan model-model pembelajaran di mata pelajaran PKn SD

References

1. Asmawi Zainul dan Noehi Nasution, 2005. Penilaian Hasil Pelajar. Jakarta:departemen Pendidikan Nasional

2. Dahar, Ratna Wilis. (1988). Teori-teori belajar. Bandung.

3. Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

4. Heiman, M. & Slomianko,J. (1987). Thinking skills instruction: Concepts and techniques. Washington DC.: A National Education Association Publication.

5. Lickona, T. (1992). Educating for Character. New york: Bantam Books.

6. McKeachie, WJ. et.all. (1994). Teaching tips: Strategies, research, and theory for college and university teachers. Toronto: D.C. Heath and Company.

7. Melvin Silbermen. 2004. Active Learning. Bandung: Nusamedia.

8. Merril,M.D. Teaching Concept : a design guide, New Yersey Ed. Technology Publ., 1978

9. Moore,Kenneth D. (2005). Effective instructional strategies: from theory to practice. London:Sage Publications

10. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

11. Rachmat, dkk. 2009. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratiorium PPKn UPI

12. Ringness, T. A. 1975. The affective domain in education. Boston: Litle Brown and Company.

13. Ruminiati. (2007). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Depdiknas

14. Sagala, Syaiful. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

15. Simon, S.B., Howe, L. and Howard,K. (1978). Values clarification: A handbook of practical strategies for teachers and students. New York: Dodd, Mead & Company

16. Winataputra, Udin S. (2005). Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: UT

17. Wuri Wuryandani dan Fathurrohman. 2012. Pembelajaran PKn SD. Yogyakarta: Ombak


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SD (Pembelajaran PKn SD) merupakan mata kuliah teori yang menyajikan tentang konsep, asas, prinsip-prinsip dan pendekatan terkait dengan pembelajaran PKn SD. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kurikulum, berbagai strategi pembelajaran PKn di sekolah dasar baik untuk pengembangan aspek kognitif, afektif, maupun spikomotor, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran PKn di SD

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewargane-garaan:SD

1.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.

1.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan memecahkan persoalan pembelajaran secara kontekstual dan operasional

3.1 Mahasiswa mampu mengelaborasi prinsip-prinsip dan teori pendidikan untuk diaplikasikan pada tiap model-model pembelajaran sesuai dengan konteks PKn SD

4.1 Mahasiswa mampu mengaplikasikan model pembelajaran sesuai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, sosial dan moral.

5.1 Mahasiswa menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar

6.1 Mahasiswa mampu merancang assessment atau penilaian secara operasional sesuai dengan model pembelajaran.

9.1 Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi sebagai upaya untuk mengoptimalkan potensi dalam pemanfaatan model-model pembelajaran di mata pelajaran PKn SD

References

1. Asmawi Zainul dan Noehi Nasution, 2005. Penilaian Hasil Pelajar. Jakarta:departemen Pendidikan Nasional

2. Dahar, Ratna Wilis. (1988). Teori-teori belajar. Bandung.

3. Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

4. Heiman, M. & Slomianko,J. (1987). Thinking skills instruction: Concepts and techniques. Washington DC.: A National Education Association Publication.

5. Lickona, T. (1992). Educating for Character. New york: Bantam Books.

6. McKeachie, WJ. et.all. (1994). Teaching tips: Strategies, research, and theory for college and university teachers. Toronto: D.C. Heath and Company.

7. Melvin Silbermen. 2004. Active Learning. Bandung: Nusamedia.

8. Merril,M.D. Teaching Concept : a design guide, New Yersey Ed. Technology Publ., 1978

9. Moore,Kenneth D. (2005). Effective instructional strategies: from theory to practice. London:Sage Publications

10. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

11. Rachmat, dkk. 2009. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratiorium PPKn UPI

12. Ringness, T. A. 1975. The affective domain in education. Boston: Litle Brown and Company.

13. Ruminiati. (2007). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Depdiknas

14. Sagala, Syaiful. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

15. Simon, S.B., Howe, L. and Howard,K. (1978). Values clarification: A handbook of practical strategies for teachers and students. New York: Dodd, Mead & Company

16. Winataputra, Udin S. (2005). Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: UT

17. Wuri Wuryandani dan Fathurrohman. 2012. Pembelajaran PKn SD. Yogyakarta: Ombak


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SD (Pembelajaran PKn SD) merupakan mata kuliah teori yang menyajikan tentang konsep, asas, prinsip-prinsip dan pendekatan terkait dengan pembelajaran PKn SD. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kurikulum, berbagai strategi pembelajaran PKn di sekolah dasar baik untuk pengembangan aspek kognitif, afektif, maupun spikomotor, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran PKn di SD

Learning Outcomes

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Pendidikan Kewargane-garaan:SD

1.1 Mahasiswa mampu menganalisis dan mengolah data secara teoretis dan faktual terkait materi-materi perkuliahan.

1.2 Mahasiswa mampu menganalisis dan memecahkan persoalan pembelajaran secara kontekstual dan operasional

3.1 Mahasiswa mampu mengelaborasi prinsip-prinsip dan teori pendidikan untuk diaplikasikan pada tiap model-model pembelajaran sesuai dengan konteks PKn SD

4.1 Mahasiswa mampu mengaplikasikan model pembelajaran sesuai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, sosial dan moral.

5.1 Mahasiswa menguasai pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar

6.1 Mahasiswa mampu merancang assessment atau penilaian secara operasional sesuai dengan model pembelajaran.

9.1 Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi sebagai upaya untuk mengoptimalkan potensi dalam pemanfaatan model-model pembelajaran di mata pelajaran PKn SD

References

1. Asmawi Zainul dan Noehi Nasution, 2005. Penilaian Hasil Pelajar. Jakarta:departemen Pendidikan Nasional

2. Dahar, Ratna Wilis. (1988). Teori-teori belajar. Bandung.

3. Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

4. Heiman, M. & Slomianko,J. (1987). Thinking skills instruction: Concepts and techniques. Washington DC.: A National Education Association Publication.

5. Lickona, T. (1992). Educating for Character. New york: Bantam Books.

6. McKeachie, WJ. et.all. (1994). Teaching tips: Strategies, research, and theory for college and university teachers. Toronto: D.C. Heath and Company.

7. Melvin Silbermen. 2004. Active Learning. Bandung: Nusamedia.

8. Merril,M.D. Teaching Concept : a design guide, New Yersey Ed. Technology Publ., 1978

9. Moore,Kenneth D. (2005). Effective instructional strategies: from theory to practice. London:Sage Publications

10. Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

11. Rachmat, dkk. 2009. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratiorium PPKn UPI

12. Ringness, T. A. 1975. The affective domain in education. Boston: Litle Brown and Company.

13. Ruminiati. (2007). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Depdiknas

14. Sagala, Syaiful. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

15. Simon, S.B., Howe, L. and Howard,K. (1978). Values clarification: A handbook of practical strategies for teachers and students. New York: Dodd, Mead & Company

16. Winataputra, Udin S. (2005). Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: UT

17. Wuri Wuryandani dan Fathurrohman. 2012. Pembelajaran PKn SD. Yogyakarta: Ombak

 


Details ...