Bahasa Indonesia, Curriculum : 2015


Courser in EnglishIndonesian Language
ProgramArsitektur
SKS2 SKS
RPS3 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep-konsep kebahasaan dalam penggunaan Bahasa Indonesia baku untuk mendukung kajian atau laporan sesuai bidang ilmu yang ditekuni.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.

 

  1. Keterampilan Umum

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.

 

  1. Penguasaan Pengetahuan

Menguasai konsep-konsep dasar bahasa Indonesia.

 

  1. Keterampilan Khusus

Mampu menggunakan bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan sesuai bidang ilmu yang ditekuni.

References

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

Alwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Chaer, Abdul. 2011. Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo).

Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta Press.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Balai Pustaka.

Tim penulis. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi: Mahasiswa Strata Satu. Universitas PGRI Semarang.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah bahasa Indonesia memuat bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik secara lisan dan tulisan terutama dalam menyusun paragraf, esai, menulis akademik, serta menyajikannya secara akurat dan santun

Learning Outcomes

  1. Menggunakan bahasa Indonesia untuk memperkaya pikiran, gagasan, dan sikap ilmiah ke dalam berbagai bentuk karya ilmiah yang berkualitas (memenuhi syarat objektivitas, koherensi, kohesi, efektivitas, efisiensi, dan komunikatif)
  2.  Menyunting secara kritis berbagai karya ilmiah dan menyempurnakannya berdasarkan hasil suntingan
  3.  Memanfaatkan kemahiran dalam berbahasa Indonesia untuk mengembangkan kompetensi diri

References

  1. Dalman. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.
  2. Pusat Bahasa. 2016. Ejaan Bahasa Indonesia.
  3. Hs. Widjono. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Grasindo, 2008.
  4. Pusat Bahasa. KBBI


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep-konsep kebahasaan dalam penggunaan Bahasa Indonesia baku untuk mendukung kajian atau laporan sesuai bidang ilmu yang ditekuni.

Learning Outcomes

  • Sikap dan Tata Nilai

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari Bahasa Indonesia.

 

  • Keterampilan Umum

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.

 

  • Penguasaan Pengetahuan

Menguasai konsep-konsep dasar Bahasa Indonesia.

 

  • Keterampilan Khusus

Mampu menggunakan bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan sesuai bidang ilmu yang ditekuni.

 

References

Akhadiah, Sukarti, dkk. 1989. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Keraf, Gorys. 1980. Komposisi sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Ende-Flores:  Nusa Indah.

_______. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Ende-Flores: Nusa Indah.

_______. 1982. Argumentasi dan Narasi: Komposisi Lanjutan III. Jakarta: Gramedia.

Razak, Abdul. 1990. Kalimat Efektif: Struktur Gaya dan Variasi. Jakarta: Gramedia.

Sudjana, Nana. 1988. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru.

Sudjito. 1988. Kalimat Efektif. Bandung: Remadja Karya C.V.

_______. 1992. Kosa Kata Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

_______. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Ende-Flores: Nusa Indah.

Surono dkk. 2008.  Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Semarang: Fasindo.

KBBI Pusat Bahasa

EYD Pusat Bahasa


Details ...