Kapita Selekta Fisika Sekolah I, Curriculum : 2015


Courser in EnglishCAPITA SELEKTA OF SCHOOL PHYSICS I
ProgramPendidikan Fisika
SKS2 SKS
RPS5 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah mempersiapkan mahasiswa calon guru pendidikan fisika yang mampu mengkaji materi fisika di sekolah khususnya pada jenjang sekolah menengah. Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan kompetensi profesional calon guru Fisika. Pengembangan kompetensi dibangun melalui pemahaman materi kinematika, dinamika, usaha dan kerja, momentum dan impuls, getaran harmonis, elastisitas dan Hukum Hooke

Learning Outcomes

Sikap

:

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri.

Pengetahuan

:

Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya

Keterampilan Khusus

:

Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran. Mampu mengkaji berbagai metoda pembelajaran fisika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji. Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam: b. Pembelajaran fisika

Keterampilan Umum

:

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika.

References

Halliday, D. dan Resnick, R.1991. Fisika (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Giancoli, D. 2001. Fisika (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Buku Fisika Pegangan Siswa dan Pegangan Guru sesuai dengan Kurikulum 2013


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah kapita selekta Fisika sekolah I mempersiapkan mahasiswa calon guru pendidikan fisika yang mampu mengkaji materi fisika di sekolah khususnya pada jenjang sekolah menengah. Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan kompetensi profesional calon guru Fisika. Pengembangan kompetensi dibangun melalui pemahaman materi kinematika, dinamika, usaha dan kerja, momentum dan impuls, getaran harmonis, elastisitas dan Hukum Hooke

Learning Outcomes

Sikap

:

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri.

Pengetahuan

:

Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya

Keterampilan Khusus

:

Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran. Mampu mengkaji berbagai metoda pembelajaran fisika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji. Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam: b. Pembelajaran fisika

Keterampilan Umum

:

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika.

References

Buku Sumber bagi Dosen LPTK: Pembelajaran IPA SMP di LPTK

Halliday, D. dan Resnick, R.1991. Fisika (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Giancoli, D. 2001. Fisika (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah kapita selekta Fisika sekolah I mempersiapkan mahasiswa calon guru pendidikan fisika yang mampu mengkaji materi fisika di sekolah khususnya pada jenjang sekolah menengah. Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan kompetensi profesional calon guru Fisika. Pengembangan kompetensi dibangun melalui pemahaman materi kinematika, dinamika, usaha dan kerja, momentum dan impuls, getaran harmonis, elastisitas dan Hukum Hooke

Learning Outcomes

Sikap

:

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri.

Pengetahuan

:

Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya

Keterampilan Khusus

:

Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran. Mampu mengkaji berbagai metoda pembelajaran fisika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji. Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam: b. Pembelajaran fisika

Keterampilan Umum

:

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika.

References

Buku Sumber bagi Dosen LPTK: Pembelajaran IPA SMP di LPTK

Halliday, D. dan Resnick, R.1991. Fisika (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Giancoli, D. 2001. Fisika (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan kompetensi profesional calon guru Fisika. Pengembangan kompetensi dibangun melalui pemahaman hakikat PMS, hakikat Fisika dan IPA, Sikap dan Kerja Ilmiah, Hakikat Pembelajaran Terpadu, PMS IPA SMP (Pesawat Sederhana, Listrik untuk Kehidupan, Melihat Indahnya Dunia, Energi untuk Kehidupan, Adaptasi Mahluk Hidup, Sistem Sonar, Sistem Navigasi, Pemanasan Global, dan PMS Fisika Sekolah Menengah (Kinematika Gerak, Dinamika Gerak, Usaha dan Energi, Impuls dan Momentum).

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu  mengaplikasikan konsep Fisika dalam pedagogik materi IPA dan Fisika sekolah menengah dengan memanfaatkan IPTEKS.

References

  1. Buku Sumber bagi Dosen LPTK: Pembelajaran IPA SMP di LPTK
  2. Halliday, D. dan Resnick, R.1991. Fisika (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
  3. Kimball, John W. 1989. Biologi (Terjemahan), Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
  4. Giancoli, D. 2001. Fisika (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
  5. Suroso, AY. Anna Permanasari. Kardiawarman. Ensiklopedi Sains dan Kehidupan.Jakarta: Tarity Samudra Berlian.
  6. Fogarty, Robin. 1991. Ten  Ways to Integrate Curriculum. Dalam  The Mindfull School:
  7. How to Integrate to Curricula. Platine III: Skilight Publishing. p. 55
  8. King, Kenneth P. Tanpa tahun. Examination Of The Science-Technology-Society Approach To The Curriculum.
  9. Page Keeley, Science Formative Assessment, Corwin and NSTA Press.
  10. Peraturan Menteri Pendidikan dan  Kebudayaan Nomor 68  Tahun 2013 tentang  Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
  11. Rezba, R.J., T. Auldridge, and L. Rhea. 1999.  Teaching & learning the basic science skills


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan kompetensi profesional calon guru Fisika. Pengembangan kompetensi dibangun melalui pemahaman hakikat PMS, hakikat Fisika dan IPA, Sikap dan Kerja Ilmiah, Hakikat Pembelajaran Terpadu, PMS IPA SMP (Pesawat Sederhana, Listrik untuk Kehidupan, Melihat Indahnya Dunia, Energi untuk Kehidupan, Adaptasi Mahluk Hidup, Sistem Sonar, Sistem Navigasi, Pemanasan Global, dan PMS Fisika Sekolah Menengah (Kinematika Gerak, Dinamika Gerak, Usaha dan Energi, Impuls dan Momentum).

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu  mengaplikasikan konsep Fisika dalam pedagogik materi IPA dan Fisika sekolah menengah dengan memanfaatkan IPTEKS.

 

References

  1. Buku Sumber bagi Dosen LPTK: Pembelajaran IPA SMP di LPTK
  2. Halliday, D. dan Resnick, R.1991. Fisika (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
  3. Kimball, John W. 1989. Biologi (Terjemahan), Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
  4. Giancoli, D. 2001. Fisika (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
  5. Suroso, AY. Anna Permanasari. Kardiawarman. Ensiklopedi Sains dan Kehidupan. Jakarta: Tarity Samudra Berlian.
  6. Fogarty, Robin. 1991. Ten  Ways to Integrate Curriculum. Dalam  The Mindfull School:
  7. How to Integrate to Curricula. Platine III: Skilight Publishing. p. 55
  8. King, Kenneth P. Tanpa tahun. Examination Of The Science-Technology-Society Approach To The Curriculum.
  9. Page Keeley, Science Formative Assessment, Corwin and NSTA Press.
  10. Peraturan Menteri Pendidikan dan  Kebudayaan Nomor 68  Tahun 2013 tentang  Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
  11. Rezba, R.J., T. Auldridge, and L. Rhea. 1999.  Teaching & learning the basic science skills.


Details ...