Courser in English | CAPITA SELEKTA OF SCHOOL PHYSICS I |
Program | Pendidikan Fisika |
SKS | 2 SKS |
RPS | 5 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah mempersiapkan mahasiswa calon guru pendidikan fisika yang mampu mengkaji materi fisika di sekolah khususnya pada jenjang sekolah menengah. Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan kompetensi profesional calon guru Fisika. Pengembangan kompetensi dibangun melalui pemahaman materi kinematika, dinamika, usaha dan kerja, momentum dan impuls, getaran harmonis, elastisitas dan Hukum Hooke
Learning Outcomes
Sikap |
: |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri. |
Pengetahuan |
: |
Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya |
Keterampilan Khusus |
: |
Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran. Mampu mengkaji berbagai metoda pembelajaran fisika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji. Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam: b. Pembelajaran fisika |
Keterampilan Umum |
: |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika. |
Halliday, D. dan Resnick, R.1991. Fisika (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Giancoli, D. 2001. Fisika (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Buku Fisika Pegangan Siswa dan Pegangan Guru sesuai dengan Kurikulum 2013
Details ...
Mata kuliah kapita selekta Fisika sekolah I mempersiapkan mahasiswa calon guru pendidikan fisika yang mampu mengkaji materi fisika di sekolah khususnya pada jenjang sekolah menengah. Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan kompetensi profesional calon guru Fisika. Pengembangan kompetensi dibangun melalui pemahaman materi kinematika, dinamika, usaha dan kerja, momentum dan impuls, getaran harmonis, elastisitas dan Hukum Hooke
Learning Outcomes
Sikap |
: |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri. |
Pengetahuan |
: |
Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya |
Keterampilan Khusus |
: |
Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran. Mampu mengkaji berbagai metoda pembelajaran fisika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji. Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam: b. Pembelajaran fisika |
Keterampilan Umum |
: |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika. |
Buku Sumber bagi Dosen LPTK: Pembelajaran IPA SMP di LPTK
Halliday, D. dan Resnick, R.1991. Fisika (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Giancoli, D. 2001. Fisika (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Details ...
Mata kuliah kapita selekta Fisika sekolah I mempersiapkan mahasiswa calon guru pendidikan fisika yang mampu mengkaji materi fisika di sekolah khususnya pada jenjang sekolah menengah. Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan kompetensi profesional calon guru Fisika. Pengembangan kompetensi dibangun melalui pemahaman materi kinematika, dinamika, usaha dan kerja, momentum dan impuls, getaran harmonis, elastisitas dan Hukum Hooke
Learning Outcomes
Sikap |
: |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri. |
Pengetahuan |
: |
Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya |
Keterampilan Khusus |
: |
Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran. Mampu mengkaji berbagai metoda pembelajaran fisika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji. Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam: b. Pembelajaran fisika |
Keterampilan Umum |
: |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika. |
Buku Sumber bagi Dosen LPTK: Pembelajaran IPA SMP di LPTK
Halliday, D. dan Resnick, R.1991. Fisika (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Giancoli, D. 2001. Fisika (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Details ...
Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan kompetensi profesional calon guru Fisika. Pengembangan kompetensi dibangun melalui pemahaman hakikat PMS, hakikat Fisika dan IPA, Sikap dan Kerja Ilmiah, Hakikat Pembelajaran Terpadu, PMS IPA SMP (Pesawat Sederhana, Listrik untuk Kehidupan, Melihat Indahnya Dunia, Energi untuk Kehidupan, Adaptasi Mahluk Hidup, Sistem Sonar, Sistem Navigasi, Pemanasan Global, dan PMS Fisika Sekolah Menengah (Kinematika Gerak, Dinamika Gerak, Usaha dan Energi, Impuls dan Momentum).
Learning OutcomesMahasiswa mampu mengaplikasikan konsep Fisika dalam pedagogik materi IPA dan Fisika sekolah menengah dengan memanfaatkan IPTEKS.
References- Buku Sumber bagi Dosen LPTK: Pembelajaran IPA SMP di LPTK
- Halliday, D. dan Resnick, R.1991. Fisika (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
- Kimball, John W. 1989. Biologi (Terjemahan), Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
- Giancoli, D. 2001. Fisika (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
- Suroso, AY. Anna Permanasari. Kardiawarman. Ensiklopedi Sains dan Kehidupan.Jakarta: Tarity Samudra Berlian.
- Fogarty, Robin. 1991. Ten Ways to Integrate Curriculum. Dalam The Mindfull School:
- How to Integrate to Curricula. Platine III: Skilight Publishing. p. 55
- King, Kenneth P. Tanpa tahun. Examination Of The Science-Technology-Society Approach To The Curriculum.
- Page Keeley, Science Formative Assessment, Corwin and NSTA Press.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
- Rezba, R.J., T. Auldridge, and L. Rhea. 1999. Teaching & learning the basic science skills
Details ...
Pembelajaran pada Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan kompetensi profesional calon guru Fisika. Pengembangan kompetensi dibangun melalui pemahaman hakikat PMS, hakikat Fisika dan IPA, Sikap dan Kerja Ilmiah, Hakikat Pembelajaran Terpadu, PMS IPA SMP (Pesawat Sederhana, Listrik untuk Kehidupan, Melihat Indahnya Dunia, Energi untuk Kehidupan, Adaptasi Mahluk Hidup, Sistem Sonar, Sistem Navigasi, Pemanasan Global, dan PMS Fisika Sekolah Menengah (Kinematika Gerak, Dinamika Gerak, Usaha dan Energi, Impuls dan Momentum).
Learning OutcomesMahasiswa mampu mengaplikasikan konsep Fisika dalam pedagogik materi IPA dan Fisika sekolah menengah dengan memanfaatkan IPTEKS.
References
- Buku Sumber bagi Dosen LPTK: Pembelajaran IPA SMP di LPTK
- Halliday, D. dan Resnick, R.1991. Fisika (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
- Kimball, John W. 1989. Biologi (Terjemahan), Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
- Giancoli, D. 2001. Fisika (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
- Suroso, AY. Anna Permanasari. Kardiawarman. Ensiklopedi Sains dan Kehidupan. Jakarta: Tarity Samudra Berlian.
- Fogarty, Robin. 1991. Ten Ways to Integrate Curriculum. Dalam The Mindfull School:
- How to Integrate to Curricula. Platine III: Skilight Publishing. p. 55
- King, Kenneth P. Tanpa tahun. Examination Of The Science-Technology-Society Approach To The Curriculum.
- Page Keeley, Science Formative Assessment, Corwin and NSTA Press.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
- Rezba, R.J., T. Auldridge, and L. Rhea. 1999. Teaching & learning the basic science skills.
Details ...