Courser in English | PGRI PRINCIPLES |
Program | Teknik Mesin - S1 |
SKS | 2 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Ke-PGRI-an adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan guru dalam partisipasinya merebut, mengisi kemerdekaan dan menumbuhkan rasa kebangsaan, serta perjuangan guru dan PGRI dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa, khususnya kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.
Learning Outcomes- Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
- Menumbuhkan pribadi yang tanggap terhadap sesama dan lingkungannya
- Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
- Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
- Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
- Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama
- Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
- M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
- Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
- Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
- Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta.
- AD/ART PGRI tahun 2013
- UU No. 20 Th 2003 tentang Sisdiknas
- UU No. 14 TH 2005 tentang Guru dan Dosen
- PP No. 74 TH 2008 tentang Guru
- UU Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan
Details ...
Ke-PGRI-an adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan guru dalam partisipasinya merebut, mengisi kemerdekaan dan menumbuhkan rasa kebangsaan, serta perjuangan guru dan PGRI dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa, khususnya kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.
Learning Outcomes- Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
- Menumbuhkan pribadi yang tanggap terhadap sesama dan lingkungannya
- Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
- Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
- Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
- Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama
- Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
- M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
- Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
- Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
- Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta.
- AD/ART PGRI tahun 2013
- UU No. 20 Th 2003 tentang Sisdiknas
- UU No. 14 TH 2005 tentang Guru dan Dosen
- PP No. 74 TH 2008 tentang Guru
- UU Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan
Details ...
Ke-PGRI-an adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan guru dalam partisipasinya merebut, mengisi kemerdekaan dan menumbuhkan rasa kebangsaan, serta perjuangan guru dan PGRI dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa, khususnya kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.
Learning Outcomes- Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
- Menumbuhkan pribadi yang tanggap terhadap sesama dan lingkungannya
- Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
- Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
- Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
- Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama
- Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
- M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
- Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
- Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
- Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta.
- AD/ART PGRI tahun 2013
- UU No. 20 Th 2003 tentang Sisdiknas
- UU No. 14 TH 2005 tentang Guru dan Dosen
- PP No. 74 TH 2008 tentang Guru
- UU Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan
Details ...