Ke PGRI an, Curriculum : 2015


Courser in EnglishPGRI PRINCIPLES
ProgramTeknik Mesin - S1
SKS2 SKS
RPS3 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Ke-PGRI-an adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan guru dalam partisipasinya merebut, mengisi kemerdekaan dan menumbuhkan rasa kebangsaan, serta perjuangan guru dan PGRI dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah  ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa, khususnya  kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.

Learning Outcomes

  1. Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
  2. Menumbuhkan pribadi yang tanggap terhadap sesama dan lingkungannya
  3. Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
  4. Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
  5. Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
  6. Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama

References

  1. Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
  2. M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
  3. Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
  4. Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
  5. Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta.
  6.  AD/ART PGRI tahun 2013
  7. UU No. 20 Th 2003 tentang Sisdiknas
  8. UU No. 14 TH 2005 tentang Guru dan Dosen
  9. PP No. 74 TH 2008 tentang Guru
  10. UU Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan


Details ...
Course Descriptions

Ke-PGRI-an adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan guru dalam partisipasinya merebut, mengisi kemerdekaan dan menumbuhkan rasa kebangsaan, serta perjuangan guru dan PGRI dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah  ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa, khususnya  kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.

Learning Outcomes

  1. Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
  2. Menumbuhkan pribadi yang tanggap terhadap sesama dan lingkungannya
  3. Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
  4. Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
  5. Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
  6. Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama

References

  1. Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
  2. M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
  3. Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
  4. Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
  5. Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta.
  6.  AD/ART PGRI tahun 2013
  7. UU No. 20 Th 2003 tentang Sisdiknas
  8. UU No. 14 TH 2005 tentang Guru dan Dosen
  9. PP No. 74 TH 2008 tentang Guru
  10. UU Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan


Details ...
Course Descriptions

Ke-PGRI-an adalah mata kuliah yang difokuskan pada proses memahami, menghayati, mengamalkan, dan melestarikan nilai-nilai perjuangan guru dalam partisipasinya merebut, mengisi kemerdekaan dan menumbuhkan rasa kebangsaan, serta perjuangan guru dan PGRI dalam mengisi kemerdekaan. Mata kuliah  ke-PGRI-an juga menjadi sumber nilai dan pedoman dalam ikut serta mengembangkan kepribadian mahasiswa, khususnya  kepribadian sebagai calon kader PGRI yang cerdas, handal dan loyal terhadap perjuangan PGRI.

Learning Outcomes

  1. Menumbuhkan sikap disiplin, kompetitif, dan professional
  2. Menumbuhkan pribadi yang tanggap terhadap sesama dan lingkungannya
  3. Menumbuhkan pribadi yang tangguh, ulet, dan tidak mudah putus asa
  4. Menumbuhkan pribadi yang takwa, taat, dan toleran
  5. Menumbuhkan pribadi jujur dan memiliki integritas serta jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45 yang meliputi: nilai rela berkorban, nasionalisme, dan persatuan
  6. Menumbuhkan jiwa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerjasama

References

  1. Slamet, I. dkk. (1991). Jatidiri PGRI, YPLP-PGRI Pusat
  2. M. Rusli Yunus, dkk. (2003) Perjalanan PGRI (1945-2003) Jakarta
  3. Taruna, SH, dkk. (2007), Pendidikan Sejarah Perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PSP PGRI), IKIP PGRI Semarang Press, Semarang
  4. Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. (2008). Profesi Kependidikan. Alfabeta, Bandung.
  5. Roestopo, dkk.(2012), Pendidikan Sejarah Perjuangan Dan Jatidiri PGRI Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit YPLP/PPLP PGRI Pusat (2012), Jakarta.
  6.  AD/ART PGRI tahun 2013
  7. UU No. 20 Th 2003 tentang Sisdiknas
  8. UU No. 14 TH 2005 tentang Guru dan Dosen
  9. PP No. 74 TH 2008 tentang Guru
  10. UU Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan


Details ...