Pembelajaran Apresiasi Prosa, Curriculum : 2010


Courser in EnglishWork Lab of Prose Appreciation
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS5 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

matakuliah ini mempelajari Konsep dasar apresiasi puisi, ciri-ciri, koponen, strategi, serta problematika, dan pemecahannya dalam pembe;lajaran apresiasi prosa fiksi

Learning Outcomes

Sikap : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pembelajaran sastra Keterampilan Umum : Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan prosa berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi Keterampilan Khusus : Mampu mengapresiasi sastra Indonesia baik secara lisan maupun tulis khususnya dalam bidang prosa dan pembelajarannya Penguasaan Pengetahuan : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam sastra khususnya prosa dalam kaitannya dengan pembelajaran

References

Djuanda, D. P.D. Iswara (2007) Apresiasi Sastra. Bahan Belajar Mandiri. Bandung: UPI Bandung

Gani, R. (1988) Pengajaran Sastra Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Jamaludin. 2003. Problematika, pembelajaran, Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Adi Cipta Kaya nusa

Sudjana, N. (1990) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya. ISBN: 979-514-000-0.

Suwardi Endraswari. 2002. Membaca, menulis, mengajarkan Sastra.Yogyakarta: Kuota Kembang.


Details ...
Course Descriptions

matakuliah ini mempelajari Konsep dasar apresiasi puisi, ciri-ciri, koponen, strategi, serta problematika, dan pemecahannya dalam pembe;lajaran apresiasi prosa fiksi

Learning Outcomes

Sikap : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pembelajaran sastra Keterampilan Umum : Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan prosa berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi Keterampilan Khusus : Mampu mengapresiasi sastra Indonesia baik secara lisan maupun tulis khususnya dalam bidang prosa dan pembelajarannya Penguasaan Pengetahuan : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam sastra khususnya prosa dalam kaitannya dengan pembelajaran

References

Djuanda, D. P.D. Iswara (2007) Apresiasi Sastra. Bahan Belajar Mandiri. Bandung: UPI Bandung

Gani, R. (1988) Pengajaran Sastra Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Jamaludin. 2003. Problematika, pembelajaran, Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Adi Cipta Kaya nusa

Sudjana, N. (1990) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya. ISBN: 979-514-000-0.

Suwardi Endraswari. 2002. Membaca, menulis, mengajarkan Sastra.Yogyakarta: Kuota Kembang.


Details ...
Course Descriptions

matakuliah ini mempelajari Konsep dasar apresiasi puisi, ciri-ciri, koponen, strategi, serta problematika, dan pemecahannya dalam pembe;lajaran apresiasi prosa fiksi

Learning Outcomes

Sikap : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pembelajaran sastra Keterampilan Umum : Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan prosa berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi Keterampilan Khusus : Mampu mengapresiasi sastra Indonesia baik secara lisan maupun tulis khususnya dalam bidang prosa dan pembelajarannya Penguasaan Pengetahuan : Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam sastra khususnya prosa dalam kaitannya dengan pembelajaran

References

Djuanda, D. P.D. Iswara (2007) Apresiasi Sastra. Bahan Belajar Mandiri. Bandung: UPI Bandung

Gani, R. (1988) Pengajaran Sastra Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Jamaludin. 2003. Problematika, pembelajaran, Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Adi Cipta Kaya nusa

Sudjana, N. (1990) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya. ISBN: 979-514-000-0.

Suwardi Endraswari. 2002. Membaca, menulis, mengajarkan Sastra.Yogyakarta: Kuota Kembang.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari konsep dasar apresiasi, ciri-ciri, komponen, struktur prosa yang dikaitkan dan memiliki relevansi dengan strategi serta ragam hal dalam pembelajaran, serta secara aplikatif menjadi proses pendalaman dalam mengatasi problematika, dan pemecahannya dalam pembelajaran apresiasi prosa di sekolah dan lembaga pendidikan secara meluas.

Learning Outcomes

Sikap                                      : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pembelajaran sastra

Keterampilan Umum           : Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan prosa berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

Keterampilan Khusus          : Mampu mengapresiasi sastra Indonesia baik secara lisan maupun tulis khususnya dalam bidang prosa dan pembelajarannya

Penguasaan Pengetahuan    :           Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam  sastra khususnya prosa dalam kaitannya dengan pembelajaran

References

Djuanda, D. P.D. Iswara (2007) Apresiasi Sastra. Bahan Belajar Mandiri. Bandung: UPI Bandung

Gani, R. (1988) Pengajaran Sastra Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Jamaludin. 2003. Problematika, pembelajaran, Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Adi Cipta Kaya nusa

Sudjana, N. (1990) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya. ISBN: 979-514-000-0.

Suwardi Endraswari. 2002. Membaca, menulis, mengajarkan Sastra.Yogyakarta: Kuota Kembang.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari konsep dasar apresiasi, ciri-ciri, komponen, struktur prosa yang dikaitkan dan memiliki relevansi dengan strategi serta ragam hal dalam pembelajaran, serta secara aplikatif menjadi proses pendalaman dalam mengatasi problematika, dan pemecahannya dalam pembelajaran apresiasi prosa di sekolah dan lembaga pendidikan secara meluas.

Learning Outcomes

Sikap                                      : Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pembelajaran sastra

Keterampilan Umum           : Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan prosa berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

Keterampilan Khusus          : Mampu mengapresiasi sastra Indonesia baik secara lisan maupun tulis khususnya dalam bidang prosa dan pembelajarannya

Penguasaan Pengetahuan    :           Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam  sastra khususnya prosa dalam kaitannya dengan pembelajaran

References

Djuanda, D. P.D. Iswara (2007) Apresiasi Sastra. Bahan Belajar Mandiri. Bandung: UPI Bandung

Gani, R. (1988) Pengajaran Sastra Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Jamaludin. 2003. Problematika, pembelajaran, Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Adi Cipta Kaya nusa

Sudjana, N. (1990) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya. ISBN: 979-514-000-0.

Suwardi Endraswari. 2002. Membaca, menulis, mengajarkan Sastra.Yogyakarta: Kuota Kembang.


Details ...