Courser in English | Indonesian Language Morphology |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 3 SKS |
RPS | 13 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membekali mahasiswa.
Learning OutcomesMahasiswa memahami mata kuliah ini.
References-
Details ...
MINGGU KE- |
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN |
BAHAN KAJIAN (MATERI PERKULIAHAN) |
BENTUK PEMBELAJARAN |
WAKTU BELAJAR (MENIT) |
KRITERIA PENILAIAN (INDIKATOR) |
BOBOT NILAI |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
TM |
TTI |
MANDIRI |
6 |
7 |
1
|
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian morfologi dan morfem |
Morfologi dan morfem |
Model discovery learning
|
100 |
100 |
120 |
ketepatan analisis |
19% |
2 |
Mahasiswa menjelaskan morf, alomorf, morfem, kata. |
1.morf, 2. Alomorf, 3. Morfem, 4. Kata. |
Kooperatif learning Penjelasan |
100 |
100 |
120 |
ketepatan analisis |
12% |
3, 4,5 |
Mahasiswa mampu membedakan morfem bebas dan terikat, utuh dan terbagi, asal dan dasar, unsur dan unsur langsung serta memberikan contoh-contohnya. |
1.Morfem bebas dan terikat, 2. Morfem utuh dan terbagi, 3. Asal dan dasar, 4. Unsur dan unsur langsung |
Kooperatif learning Penjelasan |
300 |
300 |
360 |
ketepatan analisis |
18% |
6,7,8
|
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip penentuan morfem, memberikan contoh, serta mngerjakan latihan penentuan morfem. |
Prinsip-prinsip penentuan morfem |
Model discovery learning Tanya jawab Penjelasan
|
400 |
400 |
480 |
ketepatan analisis |
12% |
9, 10, 11, 12,
|
Mahasiswa mampu mengidentifikasi bentuk, fungsi, makna afiks, reduplikasi, dan komposisi, serta menganalisis secara sistematis |
1.Afiksasi, 2. Reduplkasi, 3. komposisi |
Model discovery learning
|
400 |
400 |
480 |
ketepatan analisis |
7% |
13
|
UTS |
|
|
|
|
|
|
|
14,15
|
Mahasiswa mampu mengidentifikasi bentuk-bentuk reduplikasi |
Reduplikasi |
Discuvery learning |
200 |
200 |
240 |
ketepatan analisis |
12% |
16
|
Mahasiswa mampu menguraikan komposisi. |
Komposisi |
Discuvery learning |
100 |
100 |
120 |
Ketepatan analisis |
12% |
17
|
Mahasiswa mampu menjelaskan infleksi dan derivasi |
Infleksi dan derivasi
|
Discovery learning |
100 |
100 |
120 |
ketepatan analisis |
12% |
18
|
Mahasiswa mampu menjelaskan deverbal, denominal, deadjektival |
Deverbal, denominal, deadjektival
|
Discovery learning
|
100 |
100 |
120 |
ketepatan analisis |
7% |
19
|
Mahasiswa mampu menjelaskan morfofonemik |
Morfofonemik
|
Discovery learning
|
100 |
100 |
120 |
ketepatan analisis |
19% |
20,21
|
Mahasiswa mampu menemukan fungsi dan makna afiks di dalam kalimat |
Fungsi dan makna afiks
|
Discovery Learning |
200 |
200 |
240 |
ketepatan analisis |
|
22,23 |
Mahasiswa mampu menjelaskan kelas kata dalam kalimat |
Kelas kata |
Discovery learning
|
200 |
200 |
240 |
ketepatan analisis |
|
24
|
UAS |
|
|
|
|
|
|
|
Sikap Keterampilan Umum
Keterampilan Khusus Penguasaan Pengetahuan |
: : : : |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pengetahuan dan keilmuan tentang morfologi bahasa Indonesia secara mandiri. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dalam bidang morfologi bahasa Indonesia, berdasarkan hasil analisis. Terampil berbahasa Indonesia dalam hal morfologi kata, baik secara lisan maupun tulis. Menguasai konsep dan teori bidang morfologi bahasa Indonesia. |
Alwi, Hasan, dkk. 2006. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Kridalaksana, Harimurti. 1992. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Lapoliwa, Hans. 1992. Frasa Preposisi dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan, Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Ramlan, M. 1985. Morfologi: Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV Karyono.
Ramlan, M. 1991. Tata Bahasa Indonesia: Penggolongan Kata. Yogyakarta: Andi Offset.
Verhaar, J.W.M. 2004. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Details ...
MINGGU KE- |
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN |
BAHAN KAJIAN (MATERI PERKULIAHAN) |
BENTUK PEMBELAJARAN |
WAKTU BELAJAR (MENIT) |
KRITERIA PENILAIAN (INDIKATOR) |
BOBOT NILAI |
||
1 |
2 |
3 |
4 |
TM |
TTI |
MANDIRI |
6 |
7 |
1
|
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian morfologi dan morfem |
Morfologi dan morfem |
Model discovery learning
|
100 |
100 |
120 |
ketepatan analisis |
19% |
2 |
Mahasiswa menjelaskan morf, alomorf, morfem, kata. |
1.morf, 2. Alomorf, 3. Morfem, 4. Kata. |
Kooperatif learning Penjelasan |
100 |
100 |
120 |
ketepatan analisis |
12% |
3, 4,5 |
Mahasiswa mampu membedakan morfem bebas dan terikat, utuh dan terbagi, asal dan dasar, unsur dan unsur langsung serta memberikan contoh-contohnya. |
1.Morfem bebas dan terikat, 2. Morfem utuh dan terbagi, 3. Asal dan dasar, 4. Unsur dan unsur langsung |
Kooperatif learning Penjelasan |
300 |
300 |
360 |
ketepatan analisis |
18% |
6,7,8
|
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip penentuan morfem, memberikan contoh, serta mngerjakan latihan penentuan morfem. |
Prinsip-prinsip penentuan morfem |
Model discovery learning Tanya jawab Penjelasan
|
400 |
400 |
480 |
ketepatan analisis |
12% |
9, 10, 11, 12,
|
Mahasiswa mampu mengidentifikasi bentuk, fungsi, makna afiks, reduplikasi, dan komposisi, serta menganalisis secara sistematis |
1.Afiksasi, 2. Reduplkasi, 3. komposisi |
Model discovery learning
|
400 |
400 |
480 |
ketepatan analisis |
7% |
13
|
UTS |
|
|
|
|
|
|
|
14,15
|
Mahasiswa mampu mengidentifikasi bentuk-bentuk reduplikasi |
Reduplikasi |
Discuvery learning |
200 |
200 |
240 |
ketepatan analisis |
12% |
16
|
Mahasiswa mampu menguraikan komposisi. |
Komposisi |
Discuvery learning |
100 |
100 |
120 |
Ketepatan analisis |
12% |
17
|
Mahasiswa mampu menjelaskan infleksi dan derivasi |
Infleksi dan derivasi
|
Discovery learning |
100 |
100 |
120 |
ketepatan analisis |
12% |
18
|
Mahasiswa mampu menjelaskan deverbal, denominal, deadjektival |
Deverbal, denominal, deadjektival
|
Discovery learning
|
100 |
100 |
120 |
ketepatan analisis |
7% |
19
|
Mahasiswa mampu menjelaskan morfofonemik |
Morfofonemik
|
Discovery learning
|
100 |
100 |
120 |
ketepatan analisis |
19% |
20,21
|
Mahasiswa mampu menemukan fungsi dan makna afiks di dalam kalimat |
Fungsi dan makna afiks
|
Discovery Learning |
200 |
200 |
240 |
ketepatan analisis |
|
22,23 |
Mahasiswa mampu menjelaskan kelas kata dalam kalimat |
Kelas kata |
Discovery learning
|
200 |
200 |
240 |
ketepatan analisis |
|
24
|
UAS |
|
|
|
|
|
|
|
Sikap Keterampilan Umum
Keterampilan Khusus Penguasaan Pengetahuan |
: : : : |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pengetahuan dan keilmuan tentang morfologi bahasa Indonesia secara mandiri. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dalam bidang morfologi bahasa Indonesia, berdasarkan hasil analisis. Terampil berbahasa Indonesia dalam hal morfologi kata, baik secara lisan maupun tulis. Menguasai konsep dan teori bidang morfologi bahasa Indonesia. |
Alwi, Hasan, dkk. 2006. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Kridalaksana, Harimurti. 1992. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Lapoliwa, Hans. 1992. Frasa Preposisi dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan, Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Ramlan, M. 1985. Morfologi: Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV Karyono.
Ramlan, M. 1991. Tata Bahasa Indonesia: Penggolongan Kata. Yogyakarta: Andi Offset.
Verhaar, J.W.M. 2004. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Details ...
Morfologi bahasa Indonesia merupakan matakuliah yang sangat fundamental dalam membentuk pemahaman calon guru bahasa Indonesia terhadap seluk-beluk kata. Oleh sebab itu, matakuliah ini terdiri atas 3 SKS.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN: Sikap
Keterampilan Umum
Keterampilan Khusus
Penguasaan Pengetahuan |
:
:
:
: |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pengetahuan dan keilmuan tentang morfologi bahasa Indonesia secara mandiri.
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dalam bidang morfologi bahasa Indonesia, berdasarkan hasil analisis.
Terampil berbahasa Indonesia dalam hal morfologi kata, baik secara lisan maupun tulis.
Menguasai konsep dan teori bidang morfologi bahasa Indonesia. |
Alwi, Hasan, dkk. 2006. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Kridalaksana, Harimurti. 1992. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Lapoliwa, Hans. 1992. Frasa Preposisi dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan, Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Ramlan, M. 1985. Morfologi: Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV Karyono.
Ramlan, M. 1991. Tata Bahasa Indonesia: Penggolongan Kata. Yogyakarta: Andi Offset.
Siswanto, dkk. 2013. Morfologi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta:
Verhaar, J.W.M. 2004. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Details ...
Morfologi bahasa Indonesia merupakan matakuliah yang sangat fundamental dalam membentuk pemahaman calon guru bahasa Indonesia terhadap seluk-beluk kata. Oleh sebab itu, matakuliah ini terdiri atas 3 SKS.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN: Sikap
Keterampilan Umum
Keterampilan Khusus
Penguasaan Pengetahuan |
:
:
:
: |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pengetahuan dan keilmuan tentang morfologi bahasa Indonesia secara mandiri.
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dalam bidang morfologi bahasa Indonesia, berdasarkan hasil analisis.
Terampil berbahasa Indonesia dalam hal morfologi kata, baik secara lisan maupun tulis.
Menguasai konsep dan teori bidang morfologi bahasa Indonesia. |
Alwi, Hasan, dkk. 2006. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Kridalaksana, Harimurti. 1992. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Lapoliwa, Hans. 1992. Frasa Preposisi dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan, Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Ramlan, M. 1985. Morfologi: Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV Karyono.
Ramlan, M. 1991. Tata Bahasa Indonesia: Penggolongan Kata. Yogyakarta: Andi Offset.
Siswanto, dkk. 2013. Morfologi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta:
Verhaar, J.W.M. 2004. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Details ...