Morfologi Bahasa Indonesia, Curriculum : 2015


Courser in EnglishIndonesian Language Morphology
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS3 SKS
RPS13 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membekali mahasiswa.

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami mata kuliah ini.

References

-


Details ...
Course Descriptions

MINGGU KE-

KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN

BAHAN KAJIAN

(MATERI PERKULIAHAN)

BENTUK PEMBELAJARAN

WAKTU BELAJAR (MENIT)

KRITERIA PENILAIAN (INDIKATOR)

BOBOT NILAI

1

2

3

4

TM

TTI

MANDIRI

6

7

1

 

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian morfologi dan morfem

Morfologi dan morfem

Model discovery learning

 

100

100

120

ketepatan analisis

19%

2

Mahasiswa menjelaskan  morf, alomorf, morfem, kata.

1.morf,

 2. Alomorf,

 3. Morfem,

 4. Kata.

Kooperatif learning

Penjelasan

100

100

120

ketepatan analisis

12%

3, 4,5

Mahasiswa mampu membedakan morfem bebas dan terikat, utuh dan terbagi, asal dan dasar, unsur dan unsur langsung serta memberikan contoh-contohnya.

1.Morfem bebas dan terikat, 2. Morfem utuh dan terbagi, 3. Asal dan dasar, 4. Unsur dan unsur langsung

Kooperatif learning

Penjelasan

300

300

360

ketepatan analisis

18%

6,7,8

 

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip penentuan morfem,  memberikan contoh, serta mngerjakan latihan penentuan morfem.

Prinsip-prinsip penentuan morfem

Model discovery learning

Tanya jawab

Penjelasan

 

400

400

480

ketepatan analisis

12%

9, 10, 11, 12,

 

Mahasiswa mampu mengidentifikasi bentuk, fungsi, makna afiks, reduplikasi, dan komposisi, serta menganalisis secara sistematis

1.Afiksasi,

 2. Reduplkasi, 3. komposisi

Model discovery learning

 

400

400

480

ketepatan analisis

7%

13

 

UTS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14,15

 

Mahasiswa mampu mengidentifikasi bentuk-bentuk reduplikasi

Reduplikasi

Discuvery learning

200

200

240

ketepatan analisis

12%

16

 

Mahasiswa mampu menguraikan komposisi.

Komposisi

Discuvery learning

100

100

120

Ketepatan analisis

         12%

17

 

Mahasiswa mampu menjelaskan infleksi dan derivasi

Infleksi dan derivasi

 

Discovery learning

100

100

120

ketepatan analisis

12%

18

 

Mahasiswa mampu menjelaskan deverbal, denominal, deadjektival

Deverbal, denominal, deadjektival

 

Discovery learning

 

100

100

120

ketepatan analisis

7%

19

 

Mahasiswa mampu menjelaskan morfofonemik

Morfofonemik

 

Discovery learning

 

100

100

120

ketepatan analisis

19%

 

20,21

 

 

Mahasiswa mampu menemukan fungsi dan makna afiks di dalam kalimat

Fungsi dan makna afiks

 

Discovery Learning

200

200

240

ketepatan analisis

  1. Teori 40 %
  2. Praktik 60%

22,23

Mahasiswa mampu menjelaskan kelas kata dalam kalimat

Kelas kata

Discovery learning

 

200

200

240

ketepatan analisis

  1.  

24

 

UAS

 

 

 

 

 

 

  1.  

Learning Outcomes

Sikap  

Keterampilan Umum          

 

Keterampilan Khusus          

Penguasaan Pengetahuan 

:

:

:

:

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pengetahuan dan keilmuan tentang morfologi bahasa Indonesia secara mandiri.

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dalam bidang morfologi bahasa Indonesia, berdasarkan hasil analisis.

Terampil berbahasa Indonesia dalam hal morfologi kata, baik secara lisan maupun tulis.

Menguasai konsep dan teori bidang morfologi bahasa Indonesia.

References

Alwi, Hasan, dkk. 2006. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.  Jakarta: Balai Pustaka.

Kridalaksana, Harimurti. 1992. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lapoliwa, Hans. 1992. Frasa Preposisi dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan, Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ramlan, M. 1985. Morfologi: Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV Karyono.

Ramlan, M. 1991. Tata Bahasa Indonesia: Penggolongan Kata. Yogyakarta: Andi Offset.

Verhaar, J.W.M. 2004. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Details ...
Course Descriptions

MINGGU KE-

KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN

BAHAN KAJIAN

(MATERI PERKULIAHAN)

BENTUK PEMBELAJARAN

WAKTU BELAJAR (MENIT)

KRITERIA PENILAIAN (INDIKATOR)

BOBOT NILAI

1

2

3

4

TM

TTI

MANDIRI

6

7

1

 

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian morfologi dan morfem

Morfologi dan morfem

Model discovery learning

 

100

100

120

ketepatan analisis

19%

2

Mahasiswa menjelaskan  morf, alomorf, morfem, kata.

1.morf,

 2. Alomorf,

 3. Morfem,

 4. Kata.

Kooperatif learning

Penjelasan

100

100

120

ketepatan analisis

12%

3, 4,5

Mahasiswa mampu membedakan morfem bebas dan terikat, utuh dan terbagi, asal dan dasar, unsur dan unsur langsung serta memberikan contoh-contohnya.

1.Morfem bebas dan terikat, 2. Morfem utuh dan terbagi, 3. Asal dan dasar, 4. Unsur dan unsur langsung

Kooperatif learning

Penjelasan

300

300

360

ketepatan analisis

18%

6,7,8

 

Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip penentuan morfem,  memberikan contoh, serta mngerjakan latihan penentuan morfem.

Prinsip-prinsip penentuan morfem

Model discovery learning

Tanya jawab

Penjelasan

 

400

400

480

ketepatan analisis

12%

9, 10, 11, 12,

 

Mahasiswa mampu mengidentifikasi bentuk, fungsi, makna afiks, reduplikasi, dan komposisi, serta menganalisis secara sistematis

1.Afiksasi,

 2. Reduplkasi, 3. komposisi

Model discovery learning

 

400

400

480

ketepatan analisis

7%

13

 

UTS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14,15

 

Mahasiswa mampu mengidentifikasi bentuk-bentuk reduplikasi

Reduplikasi

Discuvery learning

200

200

240

ketepatan analisis

12%

16

 

Mahasiswa mampu menguraikan komposisi.

Komposisi

Discuvery learning

100

100

120

Ketepatan analisis

         12%

17

 

Mahasiswa mampu menjelaskan infleksi dan derivasi

Infleksi dan derivasi

 

Discovery learning

100

100

120

ketepatan analisis

12%

18

 

Mahasiswa mampu menjelaskan deverbal, denominal, deadjektival

Deverbal, denominal, deadjektival

 

Discovery learning

 

100

100

120

ketepatan analisis

7%

19

 

Mahasiswa mampu menjelaskan morfofonemik

Morfofonemik

 

Discovery learning

 

100

100

120

ketepatan analisis

19%

 

20,21

 

 

Mahasiswa mampu menemukan fungsi dan makna afiks di dalam kalimat

Fungsi dan makna afiks

 

Discovery Learning

200

200

240

ketepatan analisis

  1. Teori 40 %
  2. Praktik 60%

22,23

Mahasiswa mampu menjelaskan kelas kata dalam kalimat

Kelas kata

Discovery learning

 

200

200

240

ketepatan analisis

  1.  

24

 

UAS

 

 

 

 

 

 

  1.  

Learning Outcomes

Sikap  

Keterampilan Umum          

 

Keterampilan Khusus          

Penguasaan Pengetahuan 

:

:

:

:

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pengetahuan dan keilmuan tentang morfologi bahasa Indonesia secara mandiri.

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dalam bidang morfologi bahasa Indonesia, berdasarkan hasil analisis.

Terampil berbahasa Indonesia dalam hal morfologi kata, baik secara lisan maupun tulis.

Menguasai konsep dan teori bidang morfologi bahasa Indonesia.

References

Alwi, Hasan, dkk. 2006. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.  Jakarta: Balai Pustaka.

Kridalaksana, Harimurti. 1992. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lapoliwa, Hans. 1992. Frasa Preposisi dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan, Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ramlan, M. 1985. Morfologi: Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV Karyono.

Ramlan, M. 1991. Tata Bahasa Indonesia: Penggolongan Kata. Yogyakarta: Andi Offset.

Verhaar, J.W.M. 2004. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Morfologi bahasa Indonesia merupakan matakuliah yang sangat fundamental dalam membentuk pemahaman calon guru bahasa Indonesia terhadap seluk-beluk kata. Oleh sebab itu, matakuliah ini terdiri atas 3 SKS. 

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

Sikap    

 

Keterampilan Umum          

 

Keterampilan Khusus          

 

Penguasaan Pengetahuan 

 

:

 

:

 

:

 

:

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pengetahuan dan keilmuan tentang morfologi bahasa Indonesia secara mandiri.

 

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dalam bidang morfologi bahasa Indonesia, berdasarkan hasil analisis.

 

Terampil berbahasa Indonesia dalam hal morfologi kata, baik secara lisan maupun tulis.

 

Menguasai konsep dan teori bidang morfologi bahasa Indonesia.

References

Alwi, Hasan, dkk. 2006. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.  Jakarta: Balai Pustaka.

Kridalaksana, Harimurti. 1992. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lapoliwa, Hans. 1992. Frasa Preposisi dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan, Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ramlan, M. 1985. Morfologi: Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV Karyono.

Ramlan, M. 1991. Tata Bahasa Indonesia: Penggolongan Kata. Yogyakarta: Andi Offset.

Siswanto, dkk. 2013. Morfologi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: 

Verhaar, J.W.M. 2004. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Morfologi bahasa Indonesia merupakan matakuliah yang sangat fundamental dalam membentuk pemahaman calon guru bahasa Indonesia terhadap seluk-beluk kata. Oleh sebab itu, matakuliah ini terdiri atas 3 SKS. 

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

Sikap    

 

Keterampilan Umum          

 

Keterampilan Khusus          

 

Penguasaan Pengetahuan 

 

:

 

:

 

:

 

:

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pengetahuan dan keilmuan tentang morfologi bahasa Indonesia secara mandiri.

 

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dalam bidang morfologi bahasa Indonesia, berdasarkan hasil analisis.

 

Terampil berbahasa Indonesia dalam hal morfologi kata, baik secara lisan maupun tulis.

 

Menguasai konsep dan teori bidang morfologi bahasa Indonesia.

References

Alwi, Hasan, dkk. 2006. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.  Jakarta: Balai Pustaka.

Kridalaksana, Harimurti. 1992. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lapoliwa, Hans. 1992. Frasa Preposisi dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan, Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ramlan, M. 1985. Morfologi: Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV Karyono.

Ramlan, M. 1991. Tata Bahasa Indonesia: Penggolongan Kata. Yogyakarta: Andi Offset.

Siswanto, dkk. 2013. Morfologi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: 

Verhaar, J.W.M. 2004. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.


Details ...