Statistika Inferensial, Curriculum : 2010


Courser in EnglishInferential Statistics
ProgramManajemen Pendidikan
SKS2 SKS
RPS1 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Penaksiran parameter populasi, pengujian perbedaan dua nilai statistic antara lain nilai rata-rata, proporsi dan korelasi, analisis varian dan kovarian sederhana, regresi linier, dan beberapa teknik statistic nonparametrik. Mata kuliah ini juga mencakup latihan-latihan mengerjakan soal-soal di Lab. Komputer dengan menggunakan paket-paket program yang tersedia.

Learning Outcomes

CapaianPembelajaran MK:

Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang MahaEsa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
  3. Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  4. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  5. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  6. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

KeterampilanUmum

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan internasional berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara.
  2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya.
  3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argument saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
  4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan kedalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
  5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  6. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

KeterampilanKhusus

  1. Mampu merancang penelitian pendidikan dengan menggunakan pendekatan, jenis, dan metode penelitian yang relevan untuk memecahkan masalah pendidikan.
  2. Mampu melaksanakan penelitian pendidikan dengan menggunakan pendekatan, jenis, dan metode penelitian yang relevan untuk memecahkan masalah pendidikan.
  3. Mampu menyebarluaskan hasil penelitian melalui berbagai forum dan media ilmiah di tingkat nasional maupun internasional.

 

Pengetahuan

  1. Mengembangkan rancangan penelitian pendidikan berdasarkan filsafat ilmu, statistika, landasan pendidikan, metodologi penelitian, seminar usulan tesis, seminar hasil penelitian, penelitian dan penulisan tesis, dan penulisan karya ilmiah secara sistematis dengan menggunakan pendekatan, jenis, dan metode penelitian yang relevan untuk memecahkan masalah pendidikan.
  2. Mengembangkan model penelitian pendidikan berdasarkan filsafat ilmu, statistika, landasan pendidikan, metodologi penelitian, seminar usulan tesis, seminar hasil penelitian, penelitian dan penulisan tesis, dan penulisan karya ilmiah secara sistematis dengan menggunakan pendekatan, jenis, dan metode penelitian yang relevan untuk memecahkan masalah pendidikan.
  3. Menyebarluaskan hasil penelitian pendidikan melalui berbagai forum dan media ilmiah di tingkat nasional maupun internasional. Berdasarkan filsafat ilmu, statistika, landasan pendidikan, metodologi penelitian, seminar usulan tesis, seminar hasil penelitian, penelitian dan penulisan tesis, dan penulisan karya ilmiah secara sistematis dengan menggunakan pendekatan, jenis, dan metode penelitian yang relevan untuk memecahkan masalah pendidikan.

References

  1. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
  3. Kerlinger, F.N., 1998.  Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  4. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.
  5. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
  6. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
  7. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta
  8. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologidan Pendidikan. Malang: UMM Press
  9. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara. 
  10. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition.


Details ...