Courser in English | ETHICS OF EDUCATIONAL PROFESSION |
Program | Pendidikan Ekonomi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah Etika Profesi Kependidikan membahas tentang konsep dasar etika dan etika profesi guru, Memahami gambaran tentang sosok guru sebagai pendidik, pembimbing dan sebagai tenaga profesional, Memahami kompetensi yang harus dimiliki sosok guru sebagai tenaga profesional, Menganalisis dan menilai kedudukan guru di Indonesia sesuai dengan UU Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2005, Merumuskan pengembangan kompetensi dan profesi guru hubungannya dengan kode etik guru yang harus dibangunMata Kuliah Etika Profesi Kependidikan membahas tentang konsep dasar etika dan etika profesi guru, Memahami gambaran tentang sosok guru sebagai pendidik, pembimbing dan sebagai tenaga profesional, Memahami kompetensi yang harus dimiliki sosok guru sebagai tenaga profesional, Menganalisis dan menilai kedudukan guru di Indonesia sesuai dengan UU Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2005, Merumuskan pengembangan kompetensi dan profesi guru hubungannya dengan kode etik guru yang harus dibangunMata Kuliah Etika Profesi Kependidikan membahas tentang konsep dasar etika dan etika profesi guru, Memahami gambaran tentang sosok guru sebagai pendidik, pembimbing dan sebagai tenaga profesional, Memahami kompetensi yang harus dimiliki sosok guru sebagai tenaga profesional, Menganalisis dan menilai kedudukan guru di Indonesia sesuai dengan UU Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2005, Merumuskan pengembangan kompetensi dan profesi guru hubungannya dengan kode etik guru yang harus dibangun
Learning OutcomesMahasiswa mampu Memahami konsep dasar etika dan etika profesi guru, Memahami gambaran tentang sosok guru sebagai pendidik, pembimbing dan sebagai tenaga profesional, Memahami kompetensi yang harus dimiliki sosok guru sebagai tenaga profesional, Menganalisis dan menilai kedudukan guru di Indonesia sesuai dengan UU Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2005, Merumuskan pengembangan kompetensi dan profesi guru hubungannya dengan kode etik guru yang harus dibangun
References
1. A.M., Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo.
2. Danim, Sudarwan dan Khairil. 2010. Profesi Kependidikan. Bandung : Alfabeta.
3. Graham, Gordon. 2015. Teori-teori Etika. Bandung : Nusa Media
4. Wiyani, Novan Ardy. 2015. Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta : Gava Media.
5. UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
6. PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Kompetensi Guru)
7. Sagala, Syaiful. 2013. Etika dan Moralitas Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
8. Rusyan, Tabrani dan Hamijaya. 1992. Profesionalisame Tenaga Kependidikan. Jakarta : Nine Karya Jaya.
9. Rahayu, Endang Sadbudhy dan I Made Nuryata. 2010. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta : Sekarmita.
10. Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : Bumi Aksara
11. Bertens, K. 2013. Etika. Yogyakarta: Kanisius
12. Sahlberg, Pasi. 2014. Finish Lesson. Bandung: Kaifa (Chapter 3, pp159-202)
Details ...
Mata Kuliah Etika Profesi Kependidikan membahas tentang konsep dasar etika dan etika profesi guru, Memahami gambaran tentang sosok guru sebagai pendidik, pembimbing dan sebagai tenaga profesional, Memahami kompetensi yang harus dimiliki sosok guru sebagai tenaga profesional, Menganalisis dan menilai kedudukan guru di Indonesia sesuai dengan UU Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2005, Merumuskan pengembangan kompetensi dan profesi guru hubungannya dengan kode etik guru yang harus dibangunMata Kuliah Etika Profesi Kependidikan membahas tentang konsep dasar etika dan etika profesi guru, Memahami gambaran tentang sosok guru sebagai pendidik, pembimbing dan sebagai tenaga profesional, Memahami kompetensi yang harus dimiliki sosok guru sebagai tenaga profesional, Menganalisis dan menilai kedudukan guru di Indonesia sesuai dengan UU Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2005, Merumuskan pengembangan kompetensi dan profesi guru hubungannya dengan kode etik guru yang harus dibangunMata Kuliah Etika Profesi Kependidikan membahas tentang konsep dasar etika dan etika profesi guru, Memahami gambaran tentang sosok guru sebagai pendidik, pembimbing dan sebagai tenaga profesional, Memahami kompetensi yang harus dimiliki sosok guru sebagai tenaga profesional, Menganalisis dan menilai kedudukan guru di Indonesia sesuai dengan UU Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2005, Merumuskan pengembangan kompetensi dan profesi guru hubungannya dengan kode etik guru yang harus dibangun
Learning OutcomesMahasiswa mampu Memahami konsep dasar etika dan etika profesi guru, Memahami gambaran tentang sosok guru sebagai pendidik, pembimbing dan sebagai tenaga profesional, Memahami kompetensi yang harus dimiliki sosok guru sebagai tenaga profesional, Menganalisis dan menilai kedudukan guru di Indonesia sesuai dengan UU Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2005, Merumuskan pengembangan kompetensi dan profesi guru hubungannya dengan kode etik guru yang harus dibangun
References
1. A.M., Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo.
2. Danim, Sudarwan dan Khairil. 2010. Profesi Kependidikan. Bandung : Alfabeta.
3. Graham, Gordon. 2015. Teori-teori Etika. Bandung : Nusa Media
4. Wiyani, Novan Ardy. 2015. Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta : Gava Media.
5. UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
6. PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Kompetensi Guru)
7. Sagala, Syaiful. 2013. Etika dan Moralitas Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
8. Rusyan, Tabrani dan Hamijaya. 1992. Profesionalisame Tenaga Kependidikan. Jakarta : Nine Karya Jaya.
9. Rahayu, Endang Sadbudhy dan I Made Nuryata. 2010. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta : Sekarmita.
10. Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : Bumi Aksara
11. Bertens, K. 2013. Etika. Yogyakarta: Kanisius
12. Sahlberg, Pasi. 2014. Finish Lesson. Bandung: Kaifa (Chapter 3, pp159-202)
Details ...