Courser in English | Educational Physics Laboratory |
Program | Pendidikan Fisika |
SKS | 2 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengeksplorasi percobaan fisika untuk siswa di sekolah menengah dengan menggunakan alat-alat yang ada di laboratorium fisika. Dalam perkuliahan ini mahasiswa mempelajari, mengembangkan, membuat pedoman praktikum, membuat lembar kegiatan siswa, merancang dan membuat alat-alat fisika untuk demonstrasi atau praktikum yang berhubungan dengan konsep mekanika, termodinamika, listrik magnet, gelombang dan optik. Perkuliahan dilaksanakan menggunakan pendekatan konseptual dan kontekstual dengan metoda demonstrasi, praktek, diskusi, tanya jawab, dan ceramah. Media perkuliahan meliputi power point dan alat peraga fisika. Tahap penguasaan mahasiswa dievaluasi melalui tugas-tugas berupa makalah, produk alat, dan presentasi.Dalam mata kuliah ini mahasiswa bereksplorasi merencanakan percobaan fisika untuk siswa di sekolah menengah dengan menggunakan alat-alat yang ada di laboratorium fisika. Dalam perkuliahan ini mahasiswa mempelajari, mengembangkan, membuat pedoman praktikum, membuat lembar kegiatan siswa, merancang dan membuat alat-alat fisika untuk demonstrasi atau praktikum yang berhubungan dengan konsep mekanika, termodinamika, listrik magnet, gelombang dan optik. Perkuliahan dilaksanakan menggunakan pendekatan konseptual dan kontekstual dengan metoda demonstrasi, praktek, diskusi, tanya jawab, dan ceramah. Media perkuliahan meliputi power point dan alat peraga fisika. Tahap penguasaan mahasiswa dievaluasi melalui tugas-tugas berupa makalah, produk alat, dan presentasi.
Learning Outcomescapaian pembelajarn ini adalah mahasiswa mampu menggunakan dan memelihara alat-alat yang terdapat dalam kit fisika, mendesain dan membuat alat peraga fisika, mengembangkan pedoman praktikum dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Selain itu, agar mahasiswa mampu merancang, membuat dan menggunakan alat buatan sendiri pada pembelajaran fisika di sekolah menengah.
ReferencesHadiat. 1984. Pedoman Pengelolaan Laboratorium IPA. Jakarta : Depdikbud.
nur khoiri, Susilawati, 2015, pengeloalaan laboratorium Fisika Pendidikan, lontar media Universitas PGRI Semarang
Nyeneng,I Dewa Putu.2011. Materi Pokok Pengelolaan Laboratorium IPA. Bandarlampung : Universitas Lampung.
Kancono . 2010. Manajemen Laboratorium IPA. Bengkulu : Unit Penerbitan FKIP UNIB.
Details ...
Mata kuliah ini mengeksplorasi percobaan fisika untuk siswa di sekolah menengah dengan menggunakan alat-alat yang ada di laboratorium fisika. Dalam perkuliahan ini mahasiswa mempelajari, mengembangkan, membuat pedoman praktikum, membuat lembar kegiatan siswa, merancang dan membuat alat-alat fisika untuk demonstrasi atau praktikum yang berhubungan dengan konsep mekanika, termodinamika, listrik magnet, gelombang dan optik. Perkuliahan dilaksanakan menggunakan pendekatan konseptual dan kontekstual dengan metoda demonstrasi, praktek, diskusi, tanya jawab, dan ceramah. Media perkuliahan meliputi power point dan alat peraga fisika. Tahap penguasaan mahasiswa dievaluasi melalui tugas-tugas berupa makalah, produk alat, dan presentasi.Dalam mata kuliah ini mahasiswa bereksplorasi merencanakan percobaan fisika untuk siswa di sekolah menengah dengan menggunakan alat-alat yang ada di laboratorium fisika. Dalam perkuliahan ini mahasiswa mempelajari, mengembangkan, membuat pedoman praktikum, membuat lembar kegiatan siswa, merancang dan membuat alat-alat fisika untuk demonstrasi atau praktikum yang berhubungan dengan konsep mekanika, termodinamika, listrik magnet, gelombang dan optik. Perkuliahan dilaksanakan menggunakan pendekatan konseptual dan kontekstual dengan metoda demonstrasi, praktek, diskusi, tanya jawab, dan ceramah. Media perkuliahan meliputi power point dan alat peraga fisika. Tahap penguasaan mahasiswa dievaluasi melalui tugas-tugas berupa makalah, produk alat, dan presentasi.
Learning Outcomescapaian pembelajarn ini adalah mahasiswa mampu menggunakan dan memelihara alat-alat yang terdapat dalam kit fisika, mendesain dan membuat alat peraga fisika, mengembangkan pedoman praktikum dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Selain itu, agar mahasiswa mampu merancang, membuat dan menggunakan alat buatan sendiri pada pembelajaran fisika di sekolah menengah.
ReferencesHadiat. 1984. Pedoman Pengelolaan Laboratorium IPA. Jakarta : Depdikbud.
nur khoiri, Susilawati, 2015, pengeloalaan laboratorium Fisika Pendidikan, lontar media Universitas PGRI Semarang
Nyeneng,I Dewa Putu.2011. Materi Pokok Pengelolaan Laboratorium IPA. Bandarlampung : Universitas Lampung.
Kancono . 2010. Manajemen Laboratorium IPA. Bengkulu : Unit Penerbitan FKIP UNIB.
Details ...
Dalam mata kuliah ini mahasiswa bereksplorasi merencanakan percobaan fisika untuk siswa di sekolah menengah dengan menggunakan alat-alat yang ada di laboratorium fisika. Dalam perkuliahan ini mahasiswa mempelajari, mengembangkan, membuat pedoman praktikum, membuat lembar kegiatan siswa, merancang dan membuat alat-alat fisika untuk demonstrasi atau praktikum yang berhubungan dengan konsep mekanika, termodinamika, listrik magnet, gelombang dan optik. Perkuliahan dilaksanakan menggunakan pendekatan konseptual dan kontekstual dengan metoda demonstrasi, praktek, diskusi, tanya jawab, dan ceramah. Media perkuliahan meliputi power point dan alat peraga fisika. Tahap penguasaan mahasiswa dievaluasi melalui tugas-tugas berupa makalah, produk alat, dan presentasi.
Learning OutcomesTujuan perkuliahan ini agar mahasiswa mampu menggunakan dan memelihara alat-alat yang terdapat dalam kit fisika, mendesain dan membuat alat peraga fisika, mengembangkan pedoman praktikum dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Selain itu, agar mahasiswa mampu merancang, membuat dan menggunakan alat buatan sendiri pada pembelajaran fisika di sekolah menengah.
ReferencesDiktat Laboratorium Fisika
Fred Grover dan Peter Wallace (1979), Laboratory Management and Organization, Butterworth & Co (publisher Ltd.), London.
G.L. Squires (1986), Practical Physics, J.W. Arrowsmith Ltd., Bristol.
Panduan Percobaan Kit Fisika Sekolah
Details ...