Evaluasi Pembelajaran Ekonomi, Curriculum : 2015


Courser in EnglishECONOMICS LEARNING EVALUATION
ProgramPendidikan Ekonomi
SKS2 SKS
RPS4 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah evaluasi pembelajaran berisi empat pokok bahasan yaitu, (1) konsep hasil belajar, (2) perencanaan pengukuran hasil belajar, (3) pelaksanaan pengekuran hasil belajar, serta (4) pelaporan hasil belajar. Melalui pemahanan mengenai empat pokok bahasan tersebut mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam melakukan asesmen, pengukuran, penilaian serta evaluasi.

Learning Outcomes

  1. Ranah sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegaram dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Ranah ketrampilan umum
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  8. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal.
  1. Ranah keterampilan umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesauan pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  5. Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  6. Mampu mendokumnetasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  1. Ranah ketrampilan khusus
  1. Mampu merencanakan mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran evaluasi pembelajaran secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik dan keilmuan evaluasi pembelajaran serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup.
  2. Mampu menerapkan dan menganalisis teori hasil belajar dalam kehidupan nyata.
  3. Mampu menganalisis dan menginterpretasi dan menyusun laporan hasil belajar, baik secara individu maupun dalam tim di dunia kerja.
  4. Mampu memanfaatkan dan mengaplikasikan perangkat serta program teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran evaluasi pembelajaran.
  5. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian sesuai kaidah penelitian ilmiah untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah dibudang pendidikan evaluasi pembelajaran serta mempublikasikan hasilnya dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  6. Mampu menciptakan usaha yang sesuai dengan pengembangan dunia bisnis.
  7. Mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen dan pengelolaan organisasi dibidang pendidikan dan non kependidikan.
  1. Ranah pengetahuan
  1. Menguasai konsep teoritis pedagogik-didaktik untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menegah bidang evaluasi pembelajaran (SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK) yang berorientasi pada kecakapan hidup.
  2. Menguasai konsep teoritis evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan ilmu pendidikan kekinian.
  3. Menguasai konsep teoritis akuntansi keuangan yang mendukung pembelajaran akuntansi di SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK serta untuk studi lanjut.
  4. Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran evaluasi pembelajaran.
  5. Menguasai pendekatan dan metodologi penelitian sesuai dengan kaida penelitian ilmiah untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah dibidang evaluasi pembelajaran serta mempublikasikan hasilnya dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  6. Menguasai konsep kewirausahaan, perkembangan dunia bisnis dan manajemen pemasaran serta kepemimpinan yang mendukung terciptanya wirausaha unggul.

References

Abdul Majid. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Asep Jihad dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Zaenal Arifin. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Driscoll, M.P. 1994. Psycology of learning for instruction. Boston: Allyn & Bacon.

Robert E. Slavin. 2005. Educational Psychology_ Theory and Practice (8th Edition)-Allyn & Bacon

Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories: an educational perspective. (6th Edition)-Allyn & Bacon)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah evaluasi pembelajaran berisi empat pokok bahasan yaitu, (1) konsep hasil belajar, (2) perencanaan pengukuran hasil belajar, (3) pelaksanaan pengekuran hasil belajar, serta (4) pelaporan hasil belajar. Melalui pemahanan mengenai empat pokok bahasan tersebut mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam melakukan asesmen, pengukuran, penilaian serta evaluasi.

Learning Outcomes

  1. Ranah sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegaram dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Ranah ketrampilan umum
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  8. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal.
  1. Ranah keterampilan umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesauan pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  5. Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  6. Mampu mendokumnetasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  1. Ranah ketrampilan khusus
  1. Mampu merencanakan mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran evaluasi pembelajaran secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik dan keilmuan evaluasi pembelajaran serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup.
  2. Mampu menerapkan dan menganalisis teori hasil belajar dalam kehidupan nyata.
  3. Mampu menganalisis dan menginterpretasi dan menyusun laporan hasil belajar, baik secara individu maupun dalam tim di dunia kerja.
  4. Mampu memanfaatkan dan mengaplikasikan perangkat serta program teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran evaluasi pembelajaran.
  5. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian sesuai kaidah penelitian ilmiah untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah dibudang pendidikan evaluasi pembelajaran serta mempublikasikan hasilnya dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  6. Mampu menciptakan usaha yang sesuai dengan pengembangan dunia bisnis.
  7. Mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen dan pengelolaan organisasi dibidang pendidikan dan non kependidikan.
  1. Ranah pengetahuan
  1. Menguasai konsep teoritis pedagogik-didaktik untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menegah bidang evaluasi pembelajaran (SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK) yang berorientasi pada kecakapan hidup.
  2. Menguasai konsep teoritis evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan ilmu pendidikan kekinian.
  3. Menguasai konsep teoritis akuntansi keuangan yang mendukung pembelajaran akuntansi di SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK serta untuk studi lanjut.
  4. Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran evaluasi pembelajaran.
  5. Menguasai pendekatan dan metodologi penelitian sesuai dengan kaida penelitian ilmiah untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah dibidang evaluasi pembelajaran serta mempublikasikan hasilnya dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  6. Menguasai konsep kewirausahaan, perkembangan dunia bisnis dan manajemen pemasaran serta kepemimpinan yang mendukung terciptanya wirausaha unggul.

References

Abdul Majid. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Asep Jihad dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Zaenal Arifin. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Driscoll, M.P. 1994. Psycology of learning for instruction. Boston: Allyn & Bacon.

Robert E. Slavin. 2005. Educational Psychology_ Theory and Practice (8th Edition)-Allyn & Bacon

Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories: an educational perspective. (6th Edition)-Allyn & Bacon)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah evaluasi pembelajaran berisi empat pokok bahasan yaitu, (1) konsep hasil belajar, (2) perencanaan pengukuran hasil belajar, (3) pelaksanaan pengekuran hasil belajar, serta (4) pelaporan hasil belajar. Melalui pemahanan mengenai empat pokok bahasan tersebut mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam melakukan asesmen, pengukuran, penilaian serta evaluasi.

Learning Outcomes

  1. Ranah sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegaram dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Ranah ketrampilan umum
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  8. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal.
  1. Ranah keterampilan umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesauan pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  5. Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  6. Mampu mendokumnetasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  1. Ranah ketrampilan khusus
  1. Mampu merencanakan mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran evaluasi pembelajaran secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik dan keilmuan evaluasi pembelajaran serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup.
  2. Mampu menerapkan dan menganalisis teori hasil belajar dalam kehidupan nyata.
  3. Mampu menganalisis dan menginterpretasi dan menyusun laporan hasil belajar, baik secara individu maupun dalam tim di dunia kerja.
  4. Mampu memanfaatkan dan mengaplikasikan perangkat serta program teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran evaluasi pembelajaran.
  5. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian sesuai kaidah penelitian ilmiah untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah dibudang pendidikan evaluasi pembelajaran serta mempublikasikan hasilnya dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  6. Mampu menciptakan usaha yang sesuai dengan pengembangan dunia bisnis.
  7. Mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen dan pengelolaan organisasi dibidang pendidikan dan non kependidikan.
  1. Ranah pengetahuan
  1. Menguasai konsep teoritis pedagogik-didaktik untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menegah bidang evaluasi pembelajaran (SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK) yang berorientasi pada kecakapan hidup.
  2. Menguasai konsep teoritis evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan ilmu pendidikan kekinian.
  3. Menguasai konsep teoritis akuntansi keuangan yang mendukung pembelajaran akuntansi di SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK serta untuk studi lanjut.
  4. Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran evaluasi pembelajaran.
  5. Menguasai pendekatan dan metodologi penelitian sesuai dengan kaida penelitian ilmiah untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah dibidang evaluasi pembelajaran serta mempublikasikan hasilnya dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  6. Menguasai konsep kewirausahaan, perkembangan dunia bisnis dan manajemen pemasaran serta kepemimpinan yang mendukung terciptanya wirausaha unggul.

References

Abdul Majid. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Asep Jihad dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Zaenal Arifin. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Driscoll, M.P. 1994. Psycology of learning for instruction. Boston: Allyn & Bacon.

Robert E. Slavin. 2005. Educational Psychology_ Theory and Practice (8th Edition)-Allyn & Bacon

Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories: an educational perspective. (6th Edition)-Allyn & Bacon)


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah evaluasi pembelajaran berisi empat pokok bahasan yaitu, (1) konsep hasil belajar, (2) perencanaan pengukuran hasil belajar, (3) pelaksanaan pengekuran hasil belajar, serta (4) pelaporan hasil belajar. Melalui pemahanan mengenai empat pokok bahasan tersebut mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam melakukan asesmen, pengukuran, penilaian serta evaluasi.

Learning Outcomes

  1. Ranah sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegaram dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Ranah ketrampilan umum
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  8. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal.
  1. Ranah keterampilan umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesauan pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  5. Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  6. Mampu mendokumnetasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  1. Ranah ketrampilan khusus
  1. Mampu merencanakan mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran evaluasi pembelajaran secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik dan keilmuan evaluasi pembelajaran serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup.
  2. Mampu menerapkan dan menganalisis teori hasil belajar dalam kehidupan nyata.
  3. Mampu menganalisis dan menginterpretasi dan menyusun laporan hasil belajar, baik secara individu maupun dalam tim di dunia kerja.
  4. Mampu memanfaatkan dan mengaplikasikan perangkat serta program teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran evaluasi pembelajaran.
  5. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian sesuai kaidah penelitian ilmiah untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah dibudang pendidikan evaluasi pembelajaran serta mempublikasikan hasilnya dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  6. Mampu menciptakan usaha yang sesuai dengan pengembangan dunia bisnis.
  7. Mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen dan pengelolaan organisasi dibidang pendidikan dan non kependidikan.
  1. Ranah pengetahuan
  1. Menguasai konsep teoritis pedagogik-didaktik untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menegah bidang evaluasi pembelajaran (SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK) yang berorientasi pada kecakapan hidup.
  2. Menguasai konsep teoritis evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan ilmu pendidikan kekinian.
  3. Menguasai konsep teoritis akuntansi keuangan yang mendukung pembelajaran akuntansi di SMP/MTs, SMA/MA dan SMK/MAK serta untuk studi lanjut.
  4. Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran evaluasi pembelajaran.
  5. Menguasai pendekatan dan metodologi penelitian sesuai dengan kaida penelitian ilmiah untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah dibidang evaluasi pembelajaran serta mempublikasikan hasilnya dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  6. Menguasai konsep kewirausahaan, perkembangan dunia bisnis dan manajemen pemasaran serta kepemimpinan yang mendukung terciptanya wirausaha unggul.

References

Abdul Majid. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Asep Jihad dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Zaenal Arifin. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Driscoll, M.P. 1994. Psycology of learning for instruction. Boston: Allyn & Bacon.

Robert E. Slavin. 2005. Educational Psychology_ Theory and Practice (8th Edition)-Allyn & Bacon

Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories: an educational perspective. (6th Edition)-Allyn & Bacon)


Details ...