Courser in English | Evaluation and Supervision of Guidance and Counseling |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini merupakan dasar-dasar evaluasi dan supervisi di bidang pendidikan dan BK yang membahas tentang: konsep dasar, jenis, model dan latihan penyusunan instrumen BK, konsep dasar supervisi BK, dan menggunakan hasil evaluasi BK untuk perbaikan dan pengembangan program BK
Learning OutcomesI. Sikap
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
II. Ketrampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi evaluasi dan supervisi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam bidang BK;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam evaluasi dan supervisi BK;
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang evaluasi dan supervisi BK, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
- Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pelaksanaan evaluasi dan supervisi BK secara mandiri;
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil evaluasi dan supervisi BK untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
III. Ketrampilan Khusus
- Mampu menerapkan landasan filosofis, pendidikan, psikologi, sosiologi yang mendasari praksis evaluasi dan supervisi BK;
- Mampu memadukan penemuan-penemuan baru ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan, psikologi, sosiologi, dan BK, sebagai dasar penyelenggaraan evaluasi dan supervisi BK;
- Mampu menggunakan teknologi informasi untuk pengembangan mutu evaluasi dan supervisi BK;
- Menggunakan hasil evaluasi BK untuk perbaikan dan pengembangan program BK;
- Mampu berkomunikasi intrapersonal dan interpersonal secara efektif dalam pelaksanaan evaluasi dan supervisi BK;
- Mampu menampilkan keterampilan penerapan berbagai pendekatan dalam evaluasi dan supervisi BK;
- Mampu membuat laporan pelaksanaan evaluasi dan supervisi BK.
- Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik evaluasi dan supervisi BK;
- Menguasai pengetahuan program BK;
- Menguasai prinsip-prinsip organisasi dan manajemen BK;
- Menguasai konsep teoretis ilmu komunikasi antar pribadi;
- Menguasai konsep dan teknik pengembangan program pelayanan BK;
- Menguasai permasalahan-permasalahan serta pemecahannya dalam bidang evaluasi dan superivsi BK;
- Menguasai konsep norma dan etika yang dibutuhkan dalam evaluasi dan supervisi BK;
- Menguasai konsep teoretis tentang kompetensi konselor;
- Menguasai konsep teoretis tentang hakikat kerja.
1. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
2. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.
3. Kemendiknas. 2010. Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Jakarta: Kemendiknas.
4. Masaong, Abd Kadim. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembngan Kapasitas Guru. Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.
5. Nurihsan, Achmad Juntika dan Akur Sudianto. 2005. Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Gramedia.
6. Winkel, W.S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
7. Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan dasar-dasar evaluasi dan supervisi di bidang pendidikan dan BK yang membahas tentang: konsep dasar, jenis, model dan latihan penyusunan instrumen BK, konsep dasar supervisi BK, dan menggunakan hasil evaluasi BK untuk perbaikan dan pengembangan program BK
Learning OutcomesI. Sikap
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
II. Ketrampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi evaluasi dan supervisi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dalam bidang BK;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam evaluasi dan supervisi BK;
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang evaluasi dan supervisi BK, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
- Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pelaksanaan evaluasi dan supervisi BK secara mandiri;
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil evaluasi dan supervisi BK untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
III. Ketrampilan Khusus
- Mampu menerapkan landasan filosofis, pendidikan, psikologi, sosiologi yang mendasari praksis evaluasi dan supervisi BK;
- Mampu memadukan penemuan-penemuan baru ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan, psikologi, sosiologi, dan BK, sebagai dasar penyelenggaraan evaluasi dan supervisi BK;
- Mampu menggunakan teknologi informasi untuk pengembangan mutu evaluasi dan supervisi BK;
- Menggunakan hasil evaluasi BK untuk perbaikan dan pengembangan program BK;
- Mampu berkomunikasi intrapersonal dan interpersonal secara efektif dalam pelaksanaan evaluasi dan supervisi BK;
- Mampu menampilkan keterampilan penerapan berbagai pendekatan dalam evaluasi dan supervisi BK;
- Mampu membuat laporan pelaksanaan evaluasi dan supervisi BK.
- Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai konsep, landasan dan kerangka teoretik evaluasi dan supervisi BK;
- Menguasai pengetahuan program BK;
- Menguasai prinsip-prinsip organisasi dan manajemen BK;
- Menguasai konsep teoretis ilmu komunikasi antar pribadi;
- Menguasai konsep dan teknik pengembangan program pelayanan BK;
- Menguasai permasalahan-permasalahan serta pemecahannya dalam bidang evaluasi dan superivsi BK;
- Menguasai konsep norma dan etika yang dibutuhkan dalam evaluasi dan supervisi BK;
- Menguasai konsep teoretis tentang kompetensi konselor;
- Menguasai konsep teoretis tentang hakikat kerja.
1. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
2. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.
3. Kemendiknas. 2010. Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Jakarta: Kemendiknas.
4. Masaong, Abd Kadim. 2012. Supervisi Pembelajaran dan Pengembngan Kapasitas Guru. Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.
5. Nurihsan, Achmad Juntika dan Akur Sudianto. 2005. Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Gramedia.
6. Winkel, W.S. 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
7. Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.
Details ...