Perkembangan Dewasa dan Usia Lanjut, Curriculum : 2022


Courser in English-
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS4 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Psikologi Perkembangan Dewasa dan Lanjut Usia menjadi matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Materi berisi teori psikologi perkembangan di usia dewasa yang dibagi ke dalam tiga tahapanyaitudewasaawal, dewasamadya dan dewasa akhir. Adapun kajian di dalamnya meliputi definisi, ciri dan tugas perkembangan di setiap masa perkembangan, sertaperkembanganfisik, kognitif, emosi, sosial dan karir individu dewasa. Pembahasan di tahap usia dewasa awal akan mengkaji mengenai perkembangan fisik, perkembangan seksualitas, isu reproduksi, perkembangan sosio emosi, perkembangan psikososial, persiapan pernikahan, dan permasalahan karir. Pembahasan di usia dewasa madya akan mengkaji mengenai perkembangan fisik, perkembangan seksualitas, perkembangan sosio emosi, perkembangan psikososial, kondisi pernikahan, dan permasalahan karir. Pembahasan di usia dewasa akhir (lanjut) akan mengkaji mengenai perkembangan fisik, toeri menjadi tua, perkembangan seksualitas, perkembangan sosio emosi, perkembangan psikososial, kondisi pernikahan dan pandangan budaya mengenai menjadi tua. Kajian terakhir membahas tentang kematian yang berisi teori tentang kematian, pandangan budaya terhadap kematian, tahapan menghadapi kematian diri sendiri dan tahapan menghadapi kematian orang lain.

Learning Outcomes

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

Sikap (S)

S5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

S6.  Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawabatas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

Pengetahuan (P)

P20. Menguasai informasi dan problematic perkembangan masyarakat dalam proses pendidikan dan latarsosial budayanya

P21.  Menguasai teori dan problematic perkembangan manusia sasaran layanan bimbingan dan konseling, terutama anak dan remaja, dalam proses pendidikan dan latar sosial budayanya

Keterampilan Umum (KU)

KU1. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

KU5.  Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

Keterampilan Khusus (KK)

KK33Terampil menggunakan berbagaii nformasi dan problematic perkembangan masyarakat yang terkaitdengan proses pendidikan dan latar sosial budayanya sebagai kerangka pikir (world view) layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggungjawabnya.

KK34  Terampil menggunakan teori dan problematic perkembangan manusia sasaran layanan bimbingan dan konseling, terutamaanak dan remaja dalam proses pendidikan dan latar sosial budayanya sebagai kerangkapikir (world view) layananbimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya

CPMK

Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK1 Menguasai teori psikologi perkembangan dewasa dan lanjut usia untuk dapat dikaji aplikasinya dalam kehidupanbermasyarakatdi Indonesia yang memiliki karakteristik unik dan beragam(S5, S6, S9, P20, KU1).

CPMK2 Memahami tugas perkembangan usia dewasa awal, madya dan akhir serta karakteristikperkembangan di dalamnya, sehingga dapat memprediksi ragam permasalahan yang akan ditemui dan potensi diri yang dapat dikembangakan untuk mengatasinya, baikdalamruanglingkup pengembangan diri, kehidupan berkeluarga maupun dalam berinteraksi di masyarakat (S5, S6, P20, P21, KU5).

CPMK3 Terampil merancang penanganan pada permasalahan di tahap perkembangan tersebut dalam konteks bimbingan dan konseling melalui beragam pelayanan bimbingan dan konseling yang memperhatikan keberagaman budaya, pandangan, agama, maupun kepercayaan, dengan tetapberdasarkan landasan ilmiah (S9, P20, P21, KU5, KK33, KK34)

References

Utama

  1. Hurlock, E. 2000. PsikologiPerkembangan: SuatuPendekatanSepanjangRentangKehidupan. EdisiKelima. Jakarta: Erlangga
  2. Papalia, D. E., Old, S.W., & Feldman, R.D. 2008. Human Development: PsikologiPerkembangan. Jakarta: Kencana
  3. Santrock, J. W. 2002. Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Edisi 5. Jilid 2. Alih Bahasa: Chusairi, A., Damanik, J. Jakarta: Erlangga.

Pendukung

  1. Mappiare, A. 1983. Psikologi Orang Dewasa. Surabaya : Usaha Nasional.
  2. Mönks, F. J, Knoers, &Haditono, S. 1991. PsikologiPerkembangan. Yogyakarta :Gajahmada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Psikologi Perkembangan Dewasa dan Lanjut Usia menjadi matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Materi berisi teori psikologi perkembangan di usia dewasa yang dibagi ke dalam tiga tahapanyaitudewasaawal, dewasamadya dan dewasa akhir. Adapun kajian di dalamnya meliputi definisi, ciri dan tugas perkembangan di setiap masa perkembangan, sertaperkembanganfisik, kognitif, emosi, sosial dan karir individu dewasa. Pembahasan di tahap usia dewasa awal akan mengkaji mengenai perkembangan fisik, perkembangan seksualitas, isu reproduksi, perkembangan sosio emosi, perkembangan psikososial, persiapan pernikahan, dan permasalahan karir. Pembahasan di usia dewasa madya akan mengkaji mengenai perkembangan fisik, perkembangan seksualitas, perkembangan sosio emosi, perkembangan psikososial, kondisi pernikahan, dan permasalahan karir. Pembahasan di usia dewasa akhir (lanjut) akan mengkaji mengenai perkembangan fisik, toeri menjadi tua, perkembangan seksualitas, perkembangan sosio emosi, perkembangan psikososial, kondisi pernikahan dan pandangan budaya mengenai menjadi tua. Kajian terakhir membahas tentang kematian yang berisi teori tentang kematian, pandangan budaya terhadap kematian, tahapan menghadapi kematian diri sendiri dan tahapan menghadapi kematian orang lain.

Learning Outcomes

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

Sikap (S)

S5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

S6.  Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawabatas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

Pengetahuan (P)

P20. Menguasai informasi dan problematic perkembangan masyarakat dalam proses pendidikan dan latarsosial budayanya

P21.  Menguasai teori dan problematic perkembangan manusia sasaran layanan bimbingan dan konseling, terutama anak dan remaja, dalam proses pendidikan dan latar sosial budayanya

Keterampilan Umum (KU)

KU1. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

KU5.  Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

Keterampilan Khusus (KK)

KK33Terampil menggunakan berbagaii nformasi dan problematic perkembangan masyarakat yang terkaitdengan proses pendidikan dan latar sosial budayanya sebagai kerangka pikir (world view) layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggungjawabnya.

KK34  Terampil menggunakan teori dan problematic perkembangan manusia sasaran layanan bimbingan dan konseling, terutamaanak dan remaja dalam proses pendidikan dan latar sosial budayanya sebagai kerangkapikir (world view) layananbimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya

CPMK

Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK1 Menguasai teori psikologi perkembangan dewasa dan lanjut usia untuk dapat dikaji aplikasinya dalam kehidupanbermasyarakatdi Indonesia yang memiliki karakteristik unik dan beragam(S5, S6, S9, P20, KU1).

CPMK2 Memahami tugas perkembangan usia dewasa awal, madya dan akhir serta karakteristikperkembangan di dalamnya, sehingga dapat memprediksi ragam permasalahan yang akan ditemui dan potensi diri yang dapat dikembangakan untuk mengatasinya, baikdalamruanglingkup pengembangan diri, kehidupan berkeluarga maupun dalam berinteraksi di masyarakat (S5, S6, P20, P21, KU5).

CPMK3 Terampil merancang penanganan pada permasalahan di tahap perkembangan tersebut dalam konteks bimbingan dan konseling melalui beragam pelayanan bimbingan dan konseling yang memperhatikan keberagaman budaya, pandangan, agama, maupun kepercayaan, dengan tetapberdasarkan landasan ilmiah (S9, P20, P21, KU5, KK33, KK34)

References

Utama

  1. Hurlock, E. 2000. PsikologiPerkembangan: SuatuPendekatanSepanjangRentangKehidupan. EdisiKelima. Jakarta: Erlangga
  2. Papalia, D. E., Old, S.W., & Feldman, R.D. 2008. Human Development: PsikologiPerkembangan. Jakarta: Kencana
  3. Santrock, J. W. 2002. Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Edisi 5. Jilid 2. Alih Bahasa: Chusairi, A., Damanik, J. Jakarta: Erlangga.

Pendukung

  1. Mappiare, A. 1983. Psikologi Orang Dewasa. Surabaya : Usaha Nasional.
  2. Mönks, F. J, Knoers, &Haditono, S. 1991. PsikologiPerkembangan. Yogyakarta :Gajahmada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Psikologi Perkembangan Dewasa dan Lanjut Usia menjadi matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Materi berisi teori psikologi perkembangan di usia dewasa yang dibagi ke dalam tiga tahapanyaitudewasaawal, dewasamadya dan dewasa akhir. Adapun kajian di dalamnya meliputi definisi, ciri dan tugas perkembangan di setiap masa perkembangan, sertaperkembanganfisik, kognitif, emosi, sosial dan karir individu dewasa. Pembahasan di tahap usia dewasa awal akan mengkaji mengenai perkembangan fisik, perkembangan seksualitas, isu reproduksi, perkembangan sosio emosi, perkembangan psikososial, persiapan pernikahan, dan permasalahan karir. Pembahasan di usia dewasa madya akan mengkaji mengenai perkembangan fisik, perkembangan seksualitas, perkembangan sosio emosi, perkembangan psikososial, kondisi pernikahan, dan permasalahan karir. Pembahasan di usia dewasa akhir (lanjut) akan mengkaji mengenai perkembangan fisik, toeri menjadi tua, perkembangan seksualitas, perkembangan sosio emosi, perkembangan psikososial, kondisi pernikahan dan pandangan budaya mengenai menjadi tua. Kajian terakhir membahas tentang kematian yang berisi teori tentang kematian, pandangan budaya terhadap kematian, tahapan menghadapi kematian diri sendiri dan tahapan menghadapi kematian orang lain.

Learning Outcomes

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

Sikap (S)

S5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

S6.  Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawabatas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

Pengetahuan (P)

P20. Menguasai informasi dan problematic perkembangan masyarakat dalam proses pendidikan dan latarsosial budayanya

P21.  Menguasai teori dan problematic perkembangan manusia sasaran layanan bimbingan dan konseling, terutama anak dan remaja, dalam proses pendidikan dan latar sosial budayanya

Keterampilan Umum (KU)

KU1. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

KU5.  Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

Keterampilan Khusus (KK)

KK33Terampil menggunakan berbagaii nformasi dan problematic perkembangan masyarakat yang terkaitdengan proses pendidikan dan latar sosial budayanya sebagai kerangka pikir (world view) layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggungjawabnya.

KK34  Terampil menggunakan teori dan problematic perkembangan manusia sasaran layanan bimbingan dan konseling, terutamaanak dan remaja dalam proses pendidikan dan latar sosial budayanya sebagai kerangkapikir (world view) layananbimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya

CPMK

Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK1 Menguasai teori psikologi perkembangan dewasa dan lanjut usia untuk dapat dikaji aplikasinya dalam kehidupanbermasyarakatdi Indonesia yang memiliki karakteristik unik dan beragam(S5, S6, S9, P20, KU1).

CPMK2 Memahami tugas perkembangan usia dewasa awal, madya dan akhir serta karakteristikperkembangan di dalamnya, sehingga dapat memprediksi ragam permasalahan yang akan ditemui dan potensi diri yang dapat dikembangakan untuk mengatasinya, baikdalamruanglingkup pengembangan diri, kehidupan berkeluarga maupun dalam berinteraksi di masyarakat (S5, S6, P20, P21, KU5).

CPMK3 Terampil merancang penanganan pada permasalahan di tahap perkembangan tersebut dalam konteks bimbingan dan konseling melalui beragam pelayanan bimbingan dan konseling yang memperhatikan keberagaman budaya, pandangan, agama, maupun kepercayaan, dengan tetapberdasarkan landasan ilmiah (S9, P20, P21, KU5, KK33, KK34)

References

Utama

  1. Hurlock, E. 2000. PsikologiPerkembangan: SuatuPendekatanSepanjangRentangKehidupan. EdisiKelima. Jakarta: Erlangga
  2. Papalia, D. E., Old, S.W., & Feldman, R.D. 2008. Human Development: PsikologiPerkembangan. Jakarta: Kencana
  3. Santrock, J. W. 2002. Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Edisi 5. Jilid 2. Alih Bahasa: Chusairi, A., Damanik, J. Jakarta: Erlangga.

Pendukung

  1. Mappiare, A. 1983. Psikologi Orang Dewasa. Surabaya : Usaha Nasional.
  2. Mönks, F. J, Knoers, &Haditono, S. 1991. PsikologiPerkembangan. Yogyakarta :Gajahmada University Press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Psikologi Perkembangan Dewasa dan Lanjut Usia menjadi matakuliah wajib yang ditempuh mahasiswa program studi bimbingan dan konseling dengan bobot 2 sks. Materi berisi teori psikologi perkembangan di usia dewasa yang dibagi ke dalam tiga tahapanyaitudewasaawal, dewasamadya dan dewasa akhir. Adapun kajian di dalamnya meliputi definisi, ciri dan tugas perkembangan di setiap masa perkembangan, sertaperkembanganfisik, kognitif, emosi, sosial dan karir individu dewasa. Pembahasan di tahap usia dewasa awal akan mengkaji mengenai perkembangan fisik, perkembangan seksualitas, isu reproduksi, perkembangan sosio emosi, perkembangan psikososial, persiapan pernikahan, dan permasalahan karir. Pembahasan di usia dewasa madya akan mengkaji mengenai perkembangan fisik, perkembangan seksualitas, perkembangan sosio emosi, perkembangan psikososial, kondisi pernikahan, dan permasalahan karir. Pembahasan di usia dewasa akhir (lanjut) akan mengkaji mengenai perkembangan fisik, toeri menjadi tua, perkembangan seksualitas, perkembangan sosio emosi, perkembangan psikososial, kondisi pernikahan dan pandangan budaya mengenai menjadi tua. Kajian terakhir membahas tentang kematian yang berisi teori tentang kematian, pandangan budaya terhadap kematian, tahapan menghadapi kematian diri sendiri dan tahapan menghadapi kematian orang lain.

Learning Outcomes

CPL Prodi yang dibebankan pada MK

Sikap (S)

S5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

S6.  Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawabatas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

Pengetahuan (P)

P20. Menguasai informasi dan problematic perkembangan masyarakat dalam proses pendidikan dan latarsosial budayanya

P21.  Menguasai teori dan problematic perkembangan manusia sasaran layanan bimbingan dan konseling, terutama anak dan remaja, dalam proses pendidikan dan latar sosial budayanya

Keterampilan Umum (KU)

KU1. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

KU5.  Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

Keterampilan Khusus (KK)

KK33Terampil menggunakan berbagaii nformasi dan problematic perkembangan masyarakat yang terkaitdengan proses pendidikan dan latar sosial budayanya sebagai kerangka pikir (world view) layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggungjawabnya.

KK34  Terampil menggunakan teori dan problematic perkembangan manusia sasaran layanan bimbingan dan konseling, terutamaanak dan remaja dalam proses pendidikan dan latar sosial budayanya sebagai kerangkapikir (world view) layananbimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya

CPMK

Setelah menempuh mata kuliah, mahasiswa diharapkan mampu:

CPMK1 Menguasai teori psikologi perkembangan dewasa dan lanjut usia untuk dapat dikaji aplikasinya dalam kehidupanbermasyarakatdi Indonesia yang memiliki karakteristik unik dan beragam(S5, S6, S9, P20, KU1).

CPMK2 Memahami tugas perkembangan usia dewasa awal, madya dan akhir serta karakteristikperkembangan di dalamnya, sehingga dapat memprediksi ragam permasalahan yang akan ditemui dan potensi diri yang dapat dikembangakan untuk mengatasinya, baikdalamruanglingkup pengembangan diri, kehidupan berkeluarga maupun dalam berinteraksi di masyarakat (S5, S6, P20, P21, KU5).

CPMK3 Terampil merancang penanganan pada permasalahan di tahap perkembangan tersebut dalam konteks bimbingan dan konseling melalui beragam pelayanan bimbingan dan konseling yang memperhatikan keberagaman budaya, pandangan, agama, maupun kepercayaan, dengan tetapberdasarkan landasan ilmiah (S9, P20, P21, KU5, KK33, KK34)

References

Utama

  1. Hurlock, E. 2000. PsikologiPerkembangan: SuatuPendekatanSepanjangRentangKehidupan. EdisiKelima. Jakarta: Erlangga
  2. Papalia, D. E., Old, S.W., & Feldman, R.D. 2008. Human Development: PsikologiPerkembangan. Jakarta: Kencana
  3. Santrock, J. W. 2002. Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Edisi 5. Jilid 2. Alih Bahasa: Chusairi, A., Damanik, J. Jakarta: Erlangga.

Pendukung

  1. Mappiare, A. 1983. Psikologi Orang Dewasa. Surabaya : Usaha Nasional.
  2. Mönks, F. J, Knoers, &Haditono, S. 1991. PsikologiPerkembangan. Yogyakarta :Gajahmada University Press.


Details ...