Telaah dan pengembangan Kurikulum, Curriculum : 2010


Courser in EnglishREVIEW AND DEVELOPMENT OF CURRICULUM
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS9 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi.  Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)

 

Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta  kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9)

Menelaah  sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8)

Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

Mengkonstruksi materi, struktur, konsep  pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9)

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakary
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.E (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  8. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  9. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  10. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi.  Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)

 

Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta  kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9)

Menelaah  sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8)

Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

Mengkonstruksi materi, struktur, konsep  pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9)

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakary
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.E (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  8. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  9. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  10. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi.  Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)

 

Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta  kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9)

Menelaah  sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8)

Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

Mengkonstruksi materi, struktur, konsep  pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9)

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakary
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.E (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  8. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  9. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  10. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi.  Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)

 

Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta  kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9)

Menelaah  sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8)

Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

Mengkonstruksi materi, struktur, konsep  pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9)

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakary
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.E (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  8. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  9. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  10. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi.  Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)

 

Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta  kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9)

Menelaah  sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8)

Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

Mengkonstruksi materi, struktur, konsep  pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9)

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakary
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.E (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  8. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  9. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  10. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi.  Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)

 

Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta  kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9)

Menelaah  sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8)

Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

Mengkonstruksi materi, struktur, konsep  pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9)

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakary
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.E (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  8. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  9. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  10. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi.  Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)

 

Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta  kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9)

Menelaah  sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8)

Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

Mengkonstruksi materi, struktur, konsep  pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9)

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakary
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.E (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  8. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  9. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  10. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi.  Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)

 

Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta  kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9)

Menelaah  sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8)

Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

Mengkonstruksi materi, struktur, konsep  pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9)

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakary
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.E (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  8. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  9. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  10. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi.  Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.

Learning Outcomes

Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)

 

Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta  kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9)

Menelaah  sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8)

Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

Mengkonstruksi materi, struktur, konsep  pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9)

References

  1. Arifin, Zainal, Drs. M.Pd. 2011. Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakary
  2. Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan  Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Hamalik, Oemar. 2013. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Idi, Abdullah, Prof. Dr., M.E (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
  5. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  6. Permen No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 di SD
  7. Permendikbud No. 105 Tahun 2014 tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  8. Permendikbud No. 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 Dan Kurikulum 2013
  9. Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset.
  10. Suroso, Hadi. 2009. Telaah Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP. Semarang: FIP IKIP  PGRI.
  11. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

 


Details ...