Courser in English | REVIEW AND DEVELOPMENT OF CURRICULUM |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 9 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.
Learning Outcomes
Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)
|
Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9) |
Menelaah sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8) |
Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
Mengkonstruksi materi, struktur, konsep pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9) |
|
Details ...
Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.
Learning Outcomes
Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)
|
Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9) |
Menelaah sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8) |
Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
Mengkonstruksi materi, struktur, konsep pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9) |
|
Details ...
Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.
Learning Outcomes
Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)
|
Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9) |
Menelaah sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8) |
Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
Mengkonstruksi materi, struktur, konsep pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9) |
|
Details ...
Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.
Learning Outcomes
Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)
|
Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9) |
Menelaah sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8) |
Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
Mengkonstruksi materi, struktur, konsep pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9) |
|
Details ...
Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.
Learning Outcomes
Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)
|
Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9) |
Menelaah sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8) |
Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
Mengkonstruksi materi, struktur, konsep pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9) |
|
Details ...
Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.
Learning Outcomes
Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)
|
Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9) |
Menelaah sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8) |
Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
Mengkonstruksi materi, struktur, konsep pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9) |
|
Details ...
Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.
Learning Outcomes
Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)
|
Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9) |
Menelaah sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8) |
Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
Mengkonstruksi materi, struktur, konsep pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9) |
|
Details ...
Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.
Learning Outcomes
Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)
|
Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9) |
Menelaah sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8) |
Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
Mengkonstruksi materi, struktur, konsep pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9) |
|
Details ...
Mata kuliah telaah dan pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana proses pengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum dan pembelajaran secara komprehensif. Oleh karena ruang lingkup mata kuliah ini berkenaan dengan fungsi kurikulum dan organisasi kurikulum, landasan kurikulum, sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, pendekatan dan model kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan kurikulum, desain pengembangan kurikulum, dinamika kurikulum, kurikulum 2013 dan implementasi kurikulum 2013, merdeka belajar, implementasi merdeka belajar serta monitoring dan evaluasi. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis dan empirik, oleh karena itu akan digunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based dan serta menekankan pada upaya kolaborati. Untuk mengoptimalkan capaian hasil belajar mata kuliah ini diperlukan kemampuan awal yang dihasilkan dari mata kuliah Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran dan perencanaan pembelajaran.
Learning Outcomes
Memahami pengertian, peranan, fungsi kurikulum dan organisasi berdasarkan landasan yuridis, filosofis, dan psikologis secara mandiri dalam pembelajaran di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)
|
Menelaah dan mengkaji landasan pengembangan kurikulum berdasarkan prinsip pengembangan kurikulum dan regulasi serta kebijakan kurikulum dengan penuh tanggung jawab (P5, KK4, S9) |
Menelaah sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia dengan kreatif (P5, KU1, KK5, KK7, S8) |
Memahami komponen kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
Memahami Pendekatan dan model kurikulum di sekolah dasar secara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
Melaksanakan praktik perencanaan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
Melaksanakan praktik pengelolaan dan pengembangan kurikulum pembelajaran sekolah dasar secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
Mengkonstruksi materi, struktur, konsep pengembangan kurikulum sekolah dasar melalui pengeloaan, monitoring dan evaluasi dengan mandiri dan penuh tanggung jawab. (P1, KU2, KK7, S9) |
|
Details ...