Courser in English | POETRY ANALYSIS |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berisi materi tentang kajian puisi Indonesia, baik kajian puisi lama, puisi baru, puisi kontemporer, pembacaan puisi, dan musikalisasipuisi baik secara lisan maupun tulis. Bagaimana menerapkan mengkaji puisi Indonesia, baik puisi lama, puisi baru, puisi kontemporer, pembacaan puisi, dan musikalisasi puisi baik secara lisan maupun tulis.
Learning Outcomes
Capaian PembelajaranMata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Membaca diharapka mahasiswa mampu |
|
CPMK1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif tentang kemampuan memproduksi kajian teks puisi lama dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya dalam menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P6, KU1) |
|
CPMK2 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila dengan terampil berbahasa dan bersastra Indonesia tentang kemampuan memproduksi kajian teks puisi lama dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis dalam menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S3, S8, KK1). |
|
CPMK3 |
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra tentang kemampuan memproduksi kajian teks puisi lamaserta mampu merencanakan dan mengkaji implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan integratif dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P1, KK4). |
|
CPMK4 |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pemahaman dan pengaplikasiannya terhadap memproduksi kajian teks puisi kontemporer serta mampu merencanakan dan mengkaji implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melaluipendekatan integratif dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila (S3, S9, KK4). |
|
CPMK5 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam memproduksi kajian pembacaan puisi, serta menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia atas dalam menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P1, KU2) |
|
CPMK6 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dalam memproduksi kajian musikalisasi puisi dalam beragam kajian sastra serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila (S3, KU9). |
Aminuddin. 1987. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.
Damono, Djoko Sapardi. 2017. Bilang Begini Maksudnya Begitu. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Widyatama.
Mawardi, Bandung. 2016. Pembaca dan Puisi. Karanganyar: Bilik Literasi.
Mawardi, Bandung. 2010. Sastra Bergelimang Makna. Surakarta: Jagat Abjad.
Waluyo J, Herman. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Pradopo, Rachmat Djoko. 1998. Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka belajar.
Pradopo, Rachmat Djoko. dkk. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: PT Hanindita Graha Widya.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2010. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: UGM Press.
Siswantoro. 2011. Metode Penelitian Sastra: Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suroto. 1989. Teori dan Bimbingan Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Details ...
Mata kuliah ini berisi materi tentang kajian puisi Indonesia, baik kajian puisi lama, puisi baru, puisi kontemporer, pembacaan puisi, dan musikalisasipuisi baik secara lisan maupun tulis. Bagaimana menerapkan mengkaji puisi Indonesia, baik puisi lama, puisi baru, puisi kontemporer, pembacaan puisi, dan musikalisasi puisi baik secara lisan maupun tulis.
Learning Outcomes
Capaian PembelajaranMata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Membaca diharapka mahasiswa mampu |
|
CPMK1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif tentang kemampuan memproduksi kajian teks puisi lama dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya dalam menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P6, KU1) |
|
CPMK2 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila dengan terampil berbahasa dan bersastra Indonesia tentang kemampuan memproduksi kajian teks puisi lama dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis dalam menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S3, S8, KK1). |
|
CPMK3 |
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra tentang kemampuan memproduksi kajian teks puisi lamaserta mampu merencanakan dan mengkaji implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan integratif dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P1, KK4). |
|
CPMK4 |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pemahaman dan pengaplikasiannya terhadap memproduksi kajian teks puisi kontemporer serta mampu merencanakan dan mengkaji implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melaluipendekatan integratif dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila (S3, S9, KK4). |
|
CPMK5 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam memproduksi kajian pembacaan puisi, serta menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia atas dalam menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P1, KU2) |
|
CPMK6 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dalam memproduksi kajian musikalisasi puisi dalam beragam kajian sastra serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila (S3, KU9). |
Aminuddin. 1987. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.
Damono, Djoko Sapardi. 2017. Bilang Begini Maksudnya Begitu. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Widyatama.
Mawardi, Bandung. 2016. Pembaca dan Puisi. Karanganyar: Bilik Literasi.
Mawardi, Bandung. 2010. Sastra Bergelimang Makna. Surakarta: Jagat Abjad.
Waluyo J, Herman. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Pradopo, Rachmat Djoko. 1998. Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka belajar.
Pradopo, Rachmat Djoko. dkk. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: PT Hanindita Graha Widya.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2010. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: UGM Press.
Siswantoro. 2011. Metode Penelitian Sastra: Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suroto. 1989. Teori dan Bimbingan Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Details ...
Mata kuliah ini berisi materi tentang kajian puisi Indonesia, baik kajian puisi lama, puisi baru, puisi kontemporer, pembacaan puisi, dan musikalisasipuisi baik secara lisan maupun tulis. Bagaimana menerapkan mengkaji puisi Indonesia, baik puisi lama, puisi baru, puisi kontemporer, pembacaan puisi, dan musikalisasi puisi baik secara lisan maupun tulis.
Learning Outcomes
Capaian PembelajaranMata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Membaca diharapka mahasiswa mampu |
|
CPMK1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif tentang kemampuan memproduksi kajian teks puisi lama dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya dalam menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P6, KU1) |
|
CPMK2 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila dengan terampil berbahasa dan bersastra Indonesia tentang kemampuan memproduksi kajian teks puisi lama dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis dalam menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S3, S8, KK1). |
|
CPMK3 |
Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra tentang kemampuan memproduksi kajian teks puisi lamaserta mampu merencanakan dan mengkaji implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan integratif dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P1, KK4). |
|
CPMK4 |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pemahaman dan pengaplikasiannya terhadap memproduksi kajian teks puisi kontemporer serta mampu merencanakan dan mengkaji implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melaluipendekatan integratif dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila (S3, S9, KK4). |
|
CPMK5 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam memproduksi kajian pembacaan puisi, serta menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia atas dalam menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P1, KU2) |
|
CPMK6 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dalam memproduksi kajian musikalisasi puisi dalam beragam kajian sastra serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila (S3, KU9). |
Aminuddin. 1987. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.
Damono, Djoko Sapardi. 2017. Bilang Begini Maksudnya Begitu. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Widyatama.
Mawardi, Bandung. 2016. Pembaca dan Puisi. Karanganyar: Bilik Literasi.
Mawardi, Bandung. 2010. Sastra Bergelimang Makna. Surakarta: Jagat Abjad.
Waluyo J, Herman. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Pradopo, Rachmat Djoko. 1998. Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka belajar.
Pradopo, Rachmat Djoko. dkk. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: PT Hanindita Graha Widya.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2010. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: UGM Press.
Siswantoro. 2011. Metode Penelitian Sastra: Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suroto. 1989. Teori dan Bimbingan Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Details ...