Desain Pembelajaran BIPA, Curriculum : 2020


Courser in EnglishINSTRUCTIONAL DESIGN OF INDONESIAN LANGUAGE FOR FOREIGNERS
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai desain rencana pengajaran berdasarkan pendekatan, metode dan strategi belajar-mengajar, media dan sumber belajar yang digunakan, interaksi belajar mengajar, dan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA). Materi kuliah meliputi pendekatan pengajaran BIPA, metode dan strategi belajar, interaksi belajar mengajar, penyusunan desain pengajaran, dan evaluasi.

Learning Outcomes

CPMK1

Menelaah pengertian dan kedudukan BIPA dalam pembelajaran bahasa dan pemerolehan bahasa kedua dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KU1, P1, P2, KK5, S1, S8)

CPMK2

Menganalisis karakteristik, kebutuhan, motivasi, tujuan, dan minat pembelajar BIPA dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain (KU1, KU2, KU5, P1, P2, KK5, S1, S5, S9)

CPMK3

Menelaah pemetaan dan analisis kurikulum (Standar Kompetensi Lulusan) BIPA, standar penyusunan desain pembelajaran BIPA, dan sistematika penyusunan desain pembelajaran BIPA dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KU1, KU2, KU5, KU6, P1, P2, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S8)

CPMK4

Menelaah pendekatan, metode, dan teknik, strategi dan interaksi, materi dan media, evaluasi, penugasan, dan pengayakan dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KU1, KU2, KU5, KU6, P1, P2, P4, KK1, KK5, S1, S8)

CPMK5

Menguasai dan menerapkan teori dan hasil analisis calon pembelajar BIPA dalam praktik penyusunan desain pembelajaran BIPA dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KU1, KU2, KU4, KU5, KU6, KU8, P1, P2, P4, KK1, KK3, KK5, KK7, S1, S5, S6, S8, S9)

References

  1. Muliastuti, Liliana. (2017). Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing: Acuan Teori dan Pendekatan Pengajaran. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
  2. Kusmiatun, Ari. (2016). Mengenal BIPA dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K Media
  3. Suyitno, Imam. (2007). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar. Jurnal Ilmu Pengetahuan Budaya, 9 (1), pp. 62-78.
  4. Suyitno, Imam. (2017). Deskripsi Empiris dan Model Perangkat Pembelajaran BIPA. Bandung: Refika Aditama.
  5. Suyitno, Imam. (2017). Perilaku Belajar dan Pembelajaran BIPA. Bandung: Refika Aditama.
  6. Suyitno, Imam. (2021). Pembelajaran BIPA: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Problematikannya. Bandung: Refika Aditama.
  7. Permendikbud No. 27 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Lulusan (​SKL) BIPA
  8. Brown, H. D. (2014). Principles of Language Learning and Teaching (6th ed.). Pearson Education.
  9. Krashen, S. D. (1981). Second Language Acquisition and Second Language Learning. Oxford: Pergamon Press.
  10. Hall, Joan Kelly and Lorrie Stoops Verplaetse. (2014). Second and Foreign Language Learning through Classroom Interaction. New York: Routledge.
  11. Jones, Christian. (2018). Practice in Second Language Acquisition. New York: Cambridge University Press.
  12. Ellis, R. (1985). Understanding Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University Press.
  13. Ellis, R. (1994). The Study of Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University Press.
  14. Richard, Jack C and Willy A Renandya. (2002). Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. New York: Cambridge University.
  15. Tarwiyah, Siti. (2008). Game, Song and Practical Ideas to Teach Language. Semarang: Need’s Press
  16. Richard, Jack C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. New York: Cambridge University Press.
  17. Gass, S. M., & Selinker, L. (1994). Second language acquisition: An introductory course. Hillsdale, N.J: L. Erlbaum Associates.
  18. Cook, Vivian J. (2008). Second Language Learning and Language Teaching. London: Arnold.
  19. Nunan, David. (1999). Second Language Teaching & Learning. Heinle & Heinle Publisher
  20. Sumber lainnya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai desain rencana pengajaran berdasarkan pendekatan, metode dan strategi belajar-mengajar, media dan sumber belajar yang digunakan, interaksi belajar mengajar, dan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA). Materi kuliah meliputi pendekatan pengajaran BIPA, metode dan strategi belajar, interaksi belajar mengajar, penyusunan desain pengajaran, dan evaluasi.

Learning Outcomes

CPMK1

Menelaah pengertian dan kedudukan BIPA dalam pembelajaran bahasa dan pemerolehan bahasa kedua dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KU1, P1, P2, KK5, S1, S8)

CPMK2

Menganalisis karakteristik, kebutuhan, motivasi, tujuan, dan minat pembelajar BIPA dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain (KU1, KU2, KU5, P1, P2, KK5, S1, S5, S9)

CPMK3

Menelaah pemetaan dan analisis kurikulum (Standar Kompetensi Lulusan) BIPA, standar penyusunan desain pembelajaran BIPA, dan sistematika penyusunan desain pembelajaran BIPA dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KU1, KU2, KU5, KU6, P1, P2, P4, KK1, KK5, KK7, KK14, S1, S8)

CPMK4

Menelaah pendekatan, metode, dan teknik, strategi dan interaksi, materi dan media, evaluasi, penugasan, dan pengayakan dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KU1, KU2, KU5, KU6, P1, P2, P4, KK1, KK5, S1, S8)

CPMK5

Menguasai dan menerapkan teori dan hasil analisis calon pembelajar BIPA dalam praktik penyusunan desain pembelajaran BIPA dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (KU1, KU2, KU4, KU5, KU6, KU8, P1, P2, P4, KK1, KK3, KK5, KK7, S1, S5, S6, S8, S9)

References

  1. Muliastuti, Liliana. (2017). Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing: Acuan Teori dan Pendekatan Pengajaran. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
  2. Kusmiatun, Ari. (2016). Mengenal BIPA dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K Media
  3. Suyitno, Imam. (2007). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar. Jurnal Ilmu Pengetahuan Budaya, 9 (1), pp. 62-78.
  4. Suyitno, Imam. (2017). Deskripsi Empiris dan Model Perangkat Pembelajaran BIPA. Bandung: Refika Aditama.
  5. Suyitno, Imam. (2017). Perilaku Belajar dan Pembelajaran BIPA. Bandung: Refika Aditama.
  6. Suyitno, Imam. (2021). Pembelajaran BIPA: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Problematikannya. Bandung: Refika Aditama.
  7. Permendikbud No. 27 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Lulusan (​SKL) BIPA
  8. Brown, H. D. (2014). Principles of Language Learning and Teaching (6th ed.). Pearson Education.
  9. Krashen, S. D. (1981). Second Language Acquisition and Second Language Learning. Oxford: Pergamon Press.
  10. Hall, Joan Kelly and Lorrie Stoops Verplaetse. (2014). Second and Foreign Language Learning through Classroom Interaction. New York: Routledge.
  11. Jones, Christian. (2018). Practice in Second Language Acquisition. New York: Cambridge University Press.
  12. Ellis, R. (1985). Understanding Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University Press.
  13. Ellis, R. (1994). The Study of Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University Press.
  14. Richard, Jack C and Willy A Renandya. (2002). Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. New York: Cambridge University.
  15. Tarwiyah, Siti. (2008). Game, Song and Practical Ideas to Teach Language. Semarang: Need’s Press
  16. Richard, Jack C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. New York: Cambridge University Press.
  17. Gass, S. M., & Selinker, L. (1994). Second language acquisition: An introductory course. Hillsdale, N.J: L. Erlbaum Associates.
  18. Cook, Vivian J. (2008). Second Language Learning and Language Teaching. London: Arnold.
  19. Nunan, David. (1999). Second Language Teaching & Learning. Heinle & Heinle Publisher
  20. Sumber lainnya.


Details ...