Belajar dan Pembelajaran Ekonomi, Curriculum : 2015


Courser in EnglishECONOMICS TEACHING AND LEARNING
ProgramPendidikan Ekonomi
SKS2 SKS
RPS3 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran ini berisi tiga belas (13) pokok bahasan yaitu, (1) Paradigma Belajar, (2)  Hakikat Pembelajaran, (3)  Kemampuan Pendidik dalam Proses Pembelajaran, (4)  Membangun Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran, (5) Strategi Menumbuhkan Motivasi dalam Proses Pembelajaran, (6)  Tujuan Pembelajaran, (7)  Metode Pembelajaran, (8) Pemanfaatan Media dalam Proses Pembelajaran, (9) Evaluasi Pembelajaran, (10) Variasi dalam Proses Pembelajaran, (11) Teknik Umpan Balik dalam Pembelajaran, (12) Keberhasilan, Remidial dan Pengayaan dalam Proses Pembelajaran (13) Pembelajaran Efektif.  Setelah mempelajari tiga belas (13) pokok bahasan tersebut mahasiswa diharapkan menguasai pengetahuan tentang belajar dan pembelaran dan mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran.  

Learning Outcomes

  1. Ranah  Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Ranah ketrampilan umum
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  8. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal.

 

 

 

  1. Ranah  Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesauan pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  5. Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  6. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.

 

  1. Ranah  Ketrampilan Khusus
  1. Mampu menganalisis paradigma belajar.
  2. Mampu  mengidentifikasi hakikat pembelajaran.
  3. Mampu menyebutkan kemampuan pendidik dalam proses pembelajaran.
  4. Mampu membangun komunikasi efektif dalam proses pembelajaran.
  5. Mampu menyebutkan strategi menumbuhkan motivasi dalam proses pembelajaran
  6. Mampu menyebutkan tujuan pembelajaran.
  7. Mampu menggunakan metode pembelajaran.
  8. Mampu memanfaatkan media dalam proses pembelajaran.
  9. Mampu membuat evaluasi pembelajaran.
  10. Mampu menyebutkan variasi dalam proses pembelajaran.
  11. Mampu mengidentifikasi teknik umpan balik dalam pembelajaran.
  12. Mampu menganalisis keberhasilan, remidial dan pengayaan dalam proses pembelajaran
  13. Mampu mengidentifikasi pembelajaran efektif.

 

  1. Ranah  Pengetahuan
  1. Menguasai konsep teoritis tentang pardigma belajar.
  2. Menguasai konsep teoritis hakikat pembelajaran.
  3. Menguasai pengetahuan tentang kemampuan pendidik dalam proses pembelajaran.
  4. Menguasai pengetahuan tentang komunikasi efektif dalam proses pembelajaran.
  5. Menguasai pengetahuan tentang strategi menumbuhkan motivasi dalam proses pembelajaran.
  6. Menguasai pengetahuan tentang tujuan pembelajaran.
  7. Menguasai pengetahuan tentang metode pembelajaran.
  8. Menguasai pengetahuan tentang pemanfaatan media dalam proses pembelajaran.
  9. Menguasai pengetahuan tentang evaluasi pembelajaran.
  10. Menguasai pengetahuan tentang variasi dalam proses pembelajaran.
  11. Menguasai pengetahuan tentang teknik umpan balik dalam pembelajaran.
  12. Menguasai pengetahuan tentang keberhasilan, remidial, dan pengayaan dalam proses pembelajaran.
  13. Menguasai pengetahuan tentang pembelajaran efektif. 

 

 

 

 

 

References

Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.

Darmawan, Deni. 2007. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Rosda Karya.

Khuluqo, Ihsana. 2017. Belajar dan Pembelajaran (Konsep Dasar, Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran ini berisi tiga belas (13) pokok bahasan yaitu, (1) Paradigma Belajar, (2)  Hakikat Pembelajaran, (3)  Kemampuan Pendidik dalam Proses Pembelajaran, (4)  Membangun Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran, (5) Strategi Menumbuhkan Motivasi dalam Proses Pembelajaran, (6)  Tujuan Pembelajaran, (7)  Metode Pembelajaran, (8) Pemanfaatan Media dalam Proses Pembelajaran, (9) Evaluasi Pembelajaran, (10) Variasi dalam Proses Pembelajaran, (11) Teknik Umpan Balik dalam Pembelajaran, (12) Keberhasilan, Remidial dan Pengayaan dalam Proses Pembelajaran (13) Pembelajaran Efektif.  Setelah mempelajari tiga belas (13) pokok bahasan tersebut mahasiswa diharapkan menguasai pengetahuan tentang belajar dan pembelaran dan mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran.  

Learning Outcomes

  1. Ranah  Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Ranah ketrampilan umum
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  8. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal.

 

 

 

  1. Ranah  Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesauan pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  5. Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  6. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.

 

  1. Ranah  Ketrampilan Khusus
  1. Mampu menganalisis paradigma belajar.
  2. Mampu  mengidentifikasi hakikat pembelajaran.
  3. Mampu menyebutkan kemampuan pendidik dalam proses pembelajaran.
  4. Mampu membangun komunikasi efektif dalam proses pembelajaran.
  5. Mampu menyebutkan strategi menumbuhkan motivasi dalam proses pembelajaran
  6. Mampu menyebutkan tujuan pembelajaran.
  7. Mampu menggunakan metode pembelajaran.
  8. Mampu memanfaatkan media dalam proses pembelajaran.
  9. Mampu membuat evaluasi pembelajaran.
  10. Mampu menyebutkan variasi dalam proses pembelajaran.
  11. Mampu mengidentifikasi teknik umpan balik dalam pembelajaran.
  12. Mampu menganalisis keberhasilan, remidial dan pengayaan dalam proses pembelajaran
  13. Mampu mengidentifikasi pembelajaran efektif.

 

  1. Ranah  Pengetahuan
  1. Menguasai konsep teoritis tentang pardigma belajar.
  2. Menguasai konsep teoritis hakikat pembelajaran.
  3. Menguasai pengetahuan tentang kemampuan pendidik dalam proses pembelajaran.
  4. Menguasai pengetahuan tentang komunikasi efektif dalam proses pembelajaran.
  5. Menguasai pengetahuan tentang strategi menumbuhkan motivasi dalam proses pembelajaran.
  6. Menguasai pengetahuan tentang tujuan pembelajaran.
  7. Menguasai pengetahuan tentang metode pembelajaran.
  8. Menguasai pengetahuan tentang pemanfaatan media dalam proses pembelajaran.
  9. Menguasai pengetahuan tentang evaluasi pembelajaran.
  10. Menguasai pengetahuan tentang variasi dalam proses pembelajaran.
  11. Menguasai pengetahuan tentang teknik umpan balik dalam pembelajaran.
  12. Menguasai pengetahuan tentang keberhasilan, remidial, dan pengayaan dalam proses pembelajaran.
  13. Menguasai pengetahuan tentang pembelajaran efektif. 

 

 

 

 

 

References

Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.

Darmawan, Deni. 2007. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Rosda Karya.

Khuluqo, Ihsana. 2017. Belajar dan Pembelajaran (Konsep Dasar, Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran ini berisi tiga belas (13) pokok bahasan yaitu, (1) Paradigma Belajar, (2)  Hakikat Pembelajaran, (3)  Kemampuan Pendidik dalam Proses Pembelajaran, (4)  Membangun Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran, (5) Strategi Menumbuhkan Motivasi dalam Proses Pembelajaran, (6)  Tujuan Pembelajaran, (7)  Metode Pembelajaran, (8) Pemanfaatan Media dalam Proses Pembelajaran, (9) Evaluasi Pembelajaran, (10) Variasi dalam Proses Pembelajaran, (11) Teknik Umpan Balik dalam Pembelajaran, (12) Keberhasilan, Remidial dan Pengayaan dalam Proses Pembelajaran (13) Pembelajaran Efektif.  Setelah mempelajari tiga belas (13) pokok bahasan tersebut mahasiswa diharapkan menguasai pengetahuan tentang belajar dan pembelaran dan mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran.  

Learning Outcomes

  1. Ranah  Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keberagaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. Ranah ketrampilan umum
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  8. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal.

 

 

 

  1. Ranah  Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesauan pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  5. Mampu melakukan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  6. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.

 

  1. Ranah  Ketrampilan Khusus
  1. Mampu menganalisis paradigma belajar.
  2. Mampu  mengidentifikasi hakikat pembelajaran.
  3. Mampu menyebutkan kemampuan pendidik dalam proses pembelajaran.
  4. Mampu membangun komunikasi efektif dalam proses pembelajaran.
  5. Mampu menyebutkan strategi menumbuhkan motivasi dalam proses pembelajaran
  6. Mampu menyebutkan tujuan pembelajaran.
  7. Mampu menggunakan metode pembelajaran.
  8. Mampu memanfaatkan media dalam proses pembelajaran.
  9. Mampu membuat evaluasi pembelajaran.
  10. Mampu menyebutkan variasi dalam proses pembelajaran.
  11. Mampu mengidentifikasi teknik umpan balik dalam pembelajaran.
  12. Mampu menganalisis keberhasilan, remidial dan pengayaan dalam proses pembelajaran
  13. Mampu mengidentifikasi pembelajaran efektif.

 

  1. Ranah  Pengetahuan
  1. Menguasai konsep teoritis tentang pardigma belajar.
  2. Menguasai konsep teoritis hakikat pembelajaran.
  3. Menguasai pengetahuan tentang kemampuan pendidik dalam proses pembelajaran.
  4. Menguasai pengetahuan tentang komunikasi efektif dalam proses pembelajaran.
  5. Menguasai pengetahuan tentang strategi menumbuhkan motivasi dalam proses pembelajaran.
  6. Menguasai pengetahuan tentang tujuan pembelajaran.
  7. Menguasai pengetahuan tentang metode pembelajaran.
  8. Menguasai pengetahuan tentang pemanfaatan media dalam proses pembelajaran.
  9. Menguasai pengetahuan tentang evaluasi pembelajaran.
  10. Menguasai pengetahuan tentang variasi dalam proses pembelajaran.
  11. Menguasai pengetahuan tentang teknik umpan balik dalam pembelajaran.
  12. Menguasai pengetahuan tentang keberhasilan, remidial, dan pengayaan dalam proses pembelajaran.
  13. Menguasai pengetahuan tentang pembelajaran efektif. 

 

 

 

 

 

References

Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.

Darmawan, Deni. 2007. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Rosda Karya.

Khuluqo, Ihsana. 2017. Belajar dan Pembelajaran (Konsep Dasar, Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching.

 


Details ...