Pembelajaran Tematik, Curriculum : 2020


Courser in EnglishTHEMATIC LEARNING
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS9 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian pembelajaran tematik di SD
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian pendekatan saintifik di SD
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan pemetaan mata pelajaran dalam pembelajaran tematik
  4. Mahasiswa mampu membuat media pembelajaran tematik
  5. Mahasiswa mampu membuat bahan ajar pembelajaran tematik
  6. Mahasiswa mampu mengembangkan rencana pembelajaran tematik di SD

References

Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian pembelajaran tematik di SD
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian pendekatan saintifik di SD
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan pemetaan mata pelajaran dalam pembelajaran tematik
  4. Mahasiswa mampu membuat media pembelajaran tematik
  5. Mahasiswa mampu membuat bahan ajar pembelajaran tematik
  6. Mahasiswa mampu mengembangkan rencana pembelajaran tematik di SD

References

Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian pembelajaran tematik di SD
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian pendekatan saintifik di SD
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan pemetaan mata pelajaran dalam pembelajaran tematik
  4. Mahasiswa mampu membuat media pembelajaran tematik
  5. Mahasiswa mampu membuat bahan ajar pembelajaran tematik
  6. Mahasiswa mampu mengembangkan rencana pembelajaran tematik di SD

References

Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian pembelajaran tematik di SD
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian pendekatan saintifik di SD
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan pemetaan mata pelajaran dalam pembelajaran tematik
  4. Mahasiswa mampu membuat media pembelajaran tematik
  5. Mahasiswa mampu membuat bahan ajar pembelajaran tematik
  6. Mahasiswa mampu mengembangkan rencana pembelajaran tematik di SD

References

Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian pembelajaran tematik di SD
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian pendekatan saintifik di SD
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan pemetaan mata pelajaran dalam pembelajaran tematik
  4. Mahasiswa mampu membuat media pembelajaran tematik
  5. Mahasiswa mampu membuat bahan ajar pembelajaran tematik
  6. Mahasiswa mampu mengembangkan rencana pembelajaran tematik di SD

References

Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian pembelajaran tematik di SD
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian pendekatan saintifik di SD
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan pemetaan mata pelajaran dalam pembelajaran tematik
  4. Mahasiswa mampu membuat media pembelajaran tematik
  5. Mahasiswa mampu membuat bahan ajar pembelajaran tematik
  6. Mahasiswa mampu mengembangkan rencana pembelajaran tematik di SD

References

Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka 


Details ...