Manajemen Pendidikan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishEDUCATIONAL MANAGEMENT
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS38 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah Manajemen Pendidikan ini merupakan Kuliah yang termasuk pada status mata Kuliah konsentrasi yang dipilih oleh para mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Mata Kuliah ini dipilih sesuai dengan latar belakang profesi mahasiswa dalam meniti karirnya sebagai guru dan memiliki tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah, Pengelola Pendidikan, Pengawas Pendidikan, Analis Pendidikan, Pimpinan Lembaga pada tingkat Dasar, Menengah, dan Tinggi pada jalur Pendidikan formal maupun non formal.

Learning Outcomes

Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mempunyai kemampuan dalam :

1.            Menganalisis masalah dan memberi solusi yang terkait dengan penentuan Kebijakan dan Pengelolaan Pendidikan pada tingkat makro, messo, dan mikro.

2.            Berkontribusi dalam upaya perbaikan dan peningkatan kinerja organisasi berdasarkan prinsip dasar bidang kajian ilmu manajemen Pendidikan.

3.            Membuat keputusan-keputusan strategik berdasarkan pendekatan ilmiah dengan kajian teoritis dan empiris atau kontekstual.

4.            Berkontribusi dalam pengembangan keilmuan melalui penelitian dengan pendekatan interdisipliner/multidisiplin menghasilkan karya ilmiah yang diakui secara nasional dan atau internasional.

References

1.            Frans Mardi Hartono, (2009), Paradigma Baru Manajemen Indonesia,

Bandung; Mizan

2.            Hoy. W.K. & Miskel, C.G., (2008), Educational Administration, (Theory, research, and Practice), New York ; McGraw Hill Higher Educational

3.            Lunenburg, F.C. & Irby, B.J., (2006) The Principalship, (Vision to Actiona), USA: Wadswoth Cengage Learning

4.            Thomas, J. Alan, (1971), The Productive  School, USA; John Wiley & Sons, Inc.

5.            Macgilchrist, Barbara, etc. (2004), The Intelegent School, New Delhi; Sage Publication

6.            Scheerens, Jaap, (1992), Effective Schooling, (Research, Theory and Practice), London; British Library Cataloguing in Publication Data

7.            Silver harold, (1994), Good Schools, Effective Schools, London; british Library Cataloguing in Publication Data

8.            Duke, Daniel l. & Canady R.L., (1991), Schooling Policy, New York; McGraw-Hill. Inc.

9.            Nanang Fattah, (2009), Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung; PT. Remaja Rosda Karya

10.          ---------------------, Ekonomi Dan Pembiayaan Pendidikan, Bandung; PT. Remaja Rosda Karya

11.          Razikta & Swanson A.D. (1995), FUNDAMENTAL CONCEPTS of EDUCATIONAL LEADERSHIP and MANAGEMEN, New Jersey: Merril an inprint of Prentice hall, Englewood Cliffs

Catatan: masih terbuka untuk menggunakan berbagai sumber yang relevan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen Pendidikan bertujuan agar mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar manajemen pendidikan di

sekolah. Mata kuliah dengan bobot 2 sks ini meliputi kajian tentang ruang lingkup manajemen pendidikan yakni yang

terdiri dari konsep dasar manajemen pendidikan, pengelolaan satuan pendidikan, kepemimpinan pendidikan, pengelolaan

kurikulum, pengelolaan peserta didik, pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan, pengelolaan biaya pendidikan,

pengelolaan sarana prasarana, pengelolaan humas sekolah, dan pengelolaan kelas.

Learning Outcomes

Sub-CPMK-1

Mahasiswa mampu menemukan informasi tentang konsep dasar manajemen pendidikan

Sub-CPMK-2

Mahasiswa mampu menemukan informasi tentang pengelolaan berbasis sekolah

Sub-CPMK-3

Mahasiswa mampu menganalisis kepemimpinan pendidikan

Sub-CPMK-4

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan kurikulum

Sub-CPMK-5

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan peserta didik

Sub-CPMK-6

Mahasiswa mampu  menganalisis pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan

Sub-CPMK-7

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan biaya pendidikan

Sub-CPMK-8

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan sarana prasarana

Sub-CPMK-9

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan humas pendidikan

Sub-CPMK-10

Mahasiswa mampu menyimpulkan tentang pengelolaan kelas

Sub-CPMK-11

Mahasiswa mampu menerapkan prinsip manajemen pendidikan di sekolah

References

  1. Agus Wibowo, 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. B. Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Budi Raharja. 200 Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
  4. Daff, Richard, L. 2002. Manajemen. Erlangga
  5. Husaini Usman. 2009. Manajemen teori, praktik dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Kelvin Seifert. 2008. Manajemen Pembelajaran dan Instruksi. Yogyakarta: Ircisod.
  7. Nanang Fatah. 2004. Landasan manajemen pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  8. Nurkholis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Gramedia.
  9. Simamora, Herry. 2006. Manajemen SDM. Yogyakarta: STIE YKPN
  10. Sudarwan Danim, 2007. Visi baru manajemen sekolah: dari unit birokrasi ke lembaga. Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Suharsimi Arikunto & Lia Yuliana. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen Pendidikan bertujuan agar mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar manajemen pendidikan di

sekolah. Mata kuliah dengan bobot 2 sks ini meliputi kajian tentang ruang lingkup manajemen pendidikan yakni yang

terdiri dari konsep dasar manajemen pendidikan, pengelolaan satuan pendidikan, kepemimpinan pendidikan, pengelolaan

kurikulum, pengelolaan peserta didik, pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan, pengelolaan biaya pendidikan,

pengelolaan sarana prasarana, pengelolaan humas sekolah, dan pengelolaan kelas.

Learning Outcomes

Sub-CPMK-1

Mahasiswa mampu menemukan informasi tentang konsep dasar manajemen pendidikan

Sub-CPMK-2

Mahasiswa mampu menemukan informasi tentang pengelolaan berbasis sekolah

Sub-CPMK-3

Mahasiswa mampu menganalisis kepemimpinan pendidikan

Sub-CPMK-4

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan kurikulum

Sub-CPMK-5

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan peserta didik

Sub-CPMK-6

Mahasiswa mampu  menganalisis pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan

Sub-CPMK-7

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan biaya pendidikan

Sub-CPMK-8

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan sarana prasarana

Sub-CPMK-9

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan humas pendidikan

Sub-CPMK-10

Mahasiswa mampu menyimpulkan tentang pengelolaan kelas

Sub-CPMK-11

Mahasiswa mampu menerapkan prinsip manajemen pendidikan di sekolah

References

  1. Agus Wibowo, 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. B. Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Budi Raharja. 200 Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
  4. Daff, Richard, L. 2002. Manajemen. Erlangga
  5. Husaini Usman. 2009. Manajemen teori, praktik dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Kelvin Seifert. 2008. Manajemen Pembelajaran dan Instruksi. Yogyakarta: Ircisod.
  7. Nanang Fatah. 2004. Landasan manajemen pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  8. Nurkholis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Gramedia.
  9. Simamora, Herry. 2006. Manajemen SDM. Yogyakarta: STIE YKPN
  10. Sudarwan Danim, 2007. Visi baru manajemen sekolah: dari unit birokrasi ke lembaga. Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Suharsimi Arikunto & Lia Yuliana. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen Pendidikan bertujuan agar mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar manajemen pendidikan di

sekolah. Mata kuliah dengan bobot 2 sks ini meliputi kajian tentang ruang lingkup manajemen pendidikan yakni yang

terdiri dari konsep dasar manajemen pendidikan, pengelolaan satuan pendidikan, kepemimpinan pendidikan, pengelolaan

kurikulum, pengelolaan peserta didik, pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan, pengelolaan biaya pendidikan,

pengelolaan sarana prasarana, pengelolaan humas sekolah, dan pengelolaan kelas.

Learning Outcomes

Sub-CPMK-1

Mahasiswa mampu menemukan informasi tentang konsep dasar manajemen pendidikan

Sub-CPMK-2

Mahasiswa mampu menemukan informasi tentang pengelolaan berbasis sekolah

Sub-CPMK-3

Mahasiswa mampu menganalisis kepemimpinan pendidikan

Sub-CPMK-4

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan kurikulum

Sub-CPMK-5

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan peserta didik

Sub-CPMK-6

Mahasiswa mampu  menganalisis pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan

Sub-CPMK-7

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan biaya pendidikan

Sub-CPMK-8

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan sarana prasarana

Sub-CPMK-9

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan humas pendidikan

Sub-CPMK-10

Mahasiswa mampu menyimpulkan tentang pengelolaan kelas

Sub-CPMK-11

Mahasiswa mampu menerapkan prinsip manajemen pendidikan di sekolah

References

  1. Agus Wibowo, 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. B. Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Budi Raharja. 200 Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
  4. Daff, Richard, L. 2002. Manajemen. Erlangga
  5. Husaini Usman. 2009. Manajemen teori, praktik dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Kelvin Seifert. 2008. Manajemen Pembelajaran dan Instruksi. Yogyakarta: Ircisod.
  7. Nanang Fatah. 2004. Landasan manajemen pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  8. Nurkholis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Gramedia.
  9. Simamora, Herry. 2006. Manajemen SDM. Yogyakarta: STIE YKPN
  10. Sudarwan Danim, 2007. Visi baru manajemen sekolah: dari unit birokrasi ke lembaga. Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Suharsimi Arikunto & Lia Yuliana. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen Pendidikan bertujuan agar mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar manajemen pendidikan di

sekolah. Mata kuliah dengan bobot 2 sks ini meliputi kajian tentang ruang lingkup manajemen pendidikan yakni yang

terdiri dari konsep dasar manajemen pendidikan, pengelolaan satuan pendidikan, kepemimpinan pendidikan, pengelolaan

kurikulum, pengelolaan peserta didik, pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan, pengelolaan biaya pendidikan,

pengelolaan sarana prasarana, pengelolaan humas sekolah, dan pengelolaan kelas.

Learning Outcomes

Sub-CPMK-1

Mahasiswa mampu menemukan informasi tentang konsep dasar manajemen pendidikan

Sub-CPMK-2

Mahasiswa mampu menemukan informasi tentang pengelolaan berbasis sekolah

Sub-CPMK-3

Mahasiswa mampu menganalisis kepemimpinan pendidikan

Sub-CPMK-4

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan kurikulum

Sub-CPMK-5

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan peserta didik

Sub-CPMK-6

Mahasiswa mampu  menganalisis pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan

Sub-CPMK-7

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan biaya pendidikan

Sub-CPMK-8

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan sarana prasarana

Sub-CPMK-9

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan humas pendidikan

Sub-CPMK-10

Mahasiswa mampu menyimpulkan tentang pengelolaan kelas

Sub-CPMK-11

Mahasiswa mampu menerapkan prinsip manajemen pendidikan di sekolah

References

  1. Agus Wibowo, 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. B. Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Budi Raharja. 200 Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
  4. Daff, Richard, L. 2002. Manajemen. Erlangga
  5. Husaini Usman. 2009. Manajemen teori, praktik dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Kelvin Seifert. 2008. Manajemen Pembelajaran dan Instruksi. Yogyakarta: Ircisod.
  7. Nanang Fatah. 2004. Landasan manajemen pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  8. Nurkholis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Gramedia.
  9. Simamora, Herry. 2006. Manajemen SDM. Yogyakarta: STIE YKPN
  10. Sudarwan Danim, 2007. Visi baru manajemen sekolah: dari unit birokrasi ke lembaga. Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Suharsimi Arikunto & Lia Yuliana. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen Pendidikan bertujuan agar mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar manajemen pendidikan di

sekolah. Mata kuliah dengan bobot 2 sks ini meliputi kajian tentang ruang lingkup manajemen pendidikan yakni yang

terdiri dari konsep dasar manajemen pendidikan, pengelolaan satuan pendidikan, kepemimpinan pendidikan, pengelolaan

kurikulum, pengelolaan peserta didik, pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan, pengelolaan biaya pendidikan,

pengelolaan sarana prasarana, pengelolaan humas sekolah, dan pengelolaan kelas.

Learning Outcomes

Sub-CPMK-1

Mahasiswa mampu menemukan informasi tentang konsep dasar manajemen pendidikan

Sub-CPMK-2

Mahasiswa mampu menemukan informasi tentang pengelolaan berbasis sekolah

Sub-CPMK-3

Mahasiswa mampu menganalisis kepemimpinan pendidikan

Sub-CPMK-4

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan kurikulum

Sub-CPMK-5

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan peserta didik

Sub-CPMK-6

Mahasiswa mampu  menganalisis pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan

Sub-CPMK-7

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan biaya pendidikan

Sub-CPMK-8

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan sarana prasarana

Sub-CPMK-9

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan humas pendidikan

Sub-CPMK-10

Mahasiswa mampu menyimpulkan tentang pengelolaan kelas

Sub-CPMK-11

Mahasiswa mampu menerapkan prinsip manajemen pendidikan di sekolah

References

  1. Agus Wibowo, 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. B. Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Budi Raharja. 200 Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
  4. Daff, Richard, L. 2002. Manajemen. Erlangga
  5. Husaini Usman. 2009. Manajemen teori, praktik dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Kelvin Seifert. 2008. Manajemen Pembelajaran dan Instruksi. Yogyakarta: Ircisod.
  7. Nanang Fatah. 2004. Landasan manajemen pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  8. Nurkholis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Gramedia.
  9. Simamora, Herry. 2006. Manajemen SDM. Yogyakarta: STIE YKPN
  10. Sudarwan Danim, 2007. Visi baru manajemen sekolah: dari unit birokrasi ke lembaga. Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Suharsimi Arikunto & Lia Yuliana. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen Pendidikan bertujuan agar mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar manajemen pendidikan di

sekolah. Mata kuliah dengan bobot 2 sks ini meliputi kajian tentang ruang lingkup manajemen pendidikan yakni yang

terdiri dari konsep dasar manajemen pendidikan, pengelolaan satuan pendidikan, kepemimpinan pendidikan, pengelolaan

kurikulum, pengelolaan peserta didik, pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan, pengelolaan biaya pendidikan,

pengelolaan sarana prasarana, pengelolaan humas sekolah, dan pengelolaan kelas.

Learning Outcomes

Sub-CPMK-1

Mahasiswa mampu menemukan informasi tentang konsep dasar manajemen pendidikan

Sub-CPMK-2

Mahasiswa mampu menemukan informasi tentang pengelolaan berbasis sekolah

Sub-CPMK-3

Mahasiswa mampu menganalisis kepemimpinan pendidikan

Sub-CPMK-4

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan kurikulum

Sub-CPMK-5

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan peserta didik

Sub-CPMK-6

Mahasiswa mampu  menganalisis pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan

Sub-CPMK-7

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan biaya pendidikan

Sub-CPMK-8

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan sarana prasarana

Sub-CPMK-9

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan humas pendidikan

Sub-CPMK-10

Mahasiswa mampu menyimpulkan tentang pengelolaan kelas

Sub-CPMK-11

Mahasiswa mampu menerapkan prinsip manajemen pendidikan di sekolah

References

  1. Agus Wibowo, 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. B. Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Budi Raharja. 200 Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
  4. Daff, Richard, L. 2002. Manajemen. Erlangga
  5. Husaini Usman. 2009. Manajemen teori, praktik dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Kelvin Seifert. 2008. Manajemen Pembelajaran dan Instruksi. Yogyakarta: Ircisod.
  7. Nanang Fatah. 2004. Landasan manajemen pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  8. Nurkholis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Gramedia.
  9. Simamora, Herry. 2006. Manajemen SDM. Yogyakarta: STIE YKPN
  10. Sudarwan Danim, 2007. Visi baru manajemen sekolah: dari unit birokrasi ke lembaga. Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Suharsimi Arikunto & Lia Yuliana. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen Pendidikan bertujuan agar mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar manajemen pendidikan di

sekolah. Mata kuliah dengan bobot 2 sks ini meliputi kajian tentang ruang lingkup manajemen pendidikan yakni yang

terdiri dari konsep dasar manajemen pendidikan, pengelolaan satuan pendidikan, kepemimpinan pendidikan, pengelolaan

kurikulum, pengelolaan peserta didik, pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan, pengelolaan biaya pendidikan,

pengelolaan sarana prasarana, pengelolaan humas sekolah, dan pengelolaan kelas.

Learning Outcomes

Sub-CPMK-1

Mahasiswa mampu menemukan informasi tentang konsep dasar manajemen pendidikan

Sub-CPMK-2

Mahasiswa mampu menemukan informasi tentang pengelolaan berbasis sekolah

Sub-CPMK-3

Mahasiswa mampu menganalisis kepemimpinan pendidikan

Sub-CPMK-4

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan kurikulum

Sub-CPMK-5

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan peserta didik

Sub-CPMK-6

Mahasiswa mampu  menganalisis pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan

Sub-CPMK-7

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan biaya pendidikan

Sub-CPMK-8

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan sarana prasarana

Sub-CPMK-9

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan humas pendidikan

Sub-CPMK-10

Mahasiswa mampu menyimpulkan tentang pengelolaan kelas

Sub-CPMK-11

Mahasiswa mampu menerapkan prinsip manajemen pendidikan di sekolah

References

  1. Agus Wibowo, 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. B. Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Budi Raharja. 200 Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
  4. Daff, Richard, L. 2002. Manajemen. Erlangga
  5. Husaini Usman. 2009. Manajemen teori, praktik dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Kelvin Seifert. 2008. Manajemen Pembelajaran dan Instruksi. Yogyakarta: Ircisod.
  7. Nanang Fatah. 2004. Landasan manajemen pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  8. Nurkholis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Gramedia.
  9. Simamora, Herry. 2006. Manajemen SDM. Yogyakarta: STIE YKPN
  10. Sudarwan Danim, 2007. Visi baru manajemen sekolah: dari unit birokrasi ke lembaga. Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Suharsimi Arikunto & Lia Yuliana. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen Pendidikan bertujuan agar mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar manajemen pendidikan di

sekolah. Mata kuliah dengan bobot 2 sks ini meliputi kajian tentang ruang lingkup manajemen pendidikan yakni yang

terdiri dari konsep dasar manajemen pendidikan, pengelolaan satuan pendidikan, kepemimpinan pendidikan, pengelolaan

kurikulum, pengelolaan peserta didik, pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan, pengelolaan biaya pendidikan,

pengelolaan sarana prasarana, pengelolaan humas sekolah, dan pengelolaan kelas.

Learning Outcomes

Sub-CPMK-1

Mahasiswa mampu menemukan informasi tentang konsep dasar manajemen pendidikan

Sub-CPMK-2

Mahasiswa mampu menemukan informasi tentang pengelolaan berbasis sekolah

Sub-CPMK-3

Mahasiswa mampu menganalisis kepemimpinan pendidikan

Sub-CPMK-4

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan kurikulum

Sub-CPMK-5

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan peserta didik

Sub-CPMK-6

Mahasiswa mampu  menganalisis pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan

Sub-CPMK-7

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan biaya pendidikan

Sub-CPMK-8

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan sarana prasarana

Sub-CPMK-9

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan humas pendidikan

Sub-CPMK-10

Mahasiswa mampu menyimpulkan tentang pengelolaan kelas

Sub-CPMK-11

Mahasiswa mampu menerapkan prinsip manajemen pendidikan di sekolah

References

  1. Agus Wibowo, 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. B. Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Budi Raharja. 200 Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
  4. Daff, Richard, L. 2002. Manajemen. Erlangga
  5. Husaini Usman. 2009. Manajemen teori, praktik dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Kelvin Seifert. 2008. Manajemen Pembelajaran dan Instruksi. Yogyakarta: Ircisod.
  7. Nanang Fatah. 2004. Landasan manajemen pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  8. Nurkholis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Gramedia.
  9. Simamora, Herry. 2006. Manajemen SDM. Yogyakarta: STIE YKPN
  10. Sudarwan Danim, 2007. Visi baru manajemen sekolah: dari unit birokrasi ke lembaga. Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Suharsimi Arikunto & Lia Yuliana. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen Pendidikan bertujuan agar mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar manajemen pendidikan di

sekolah. Mata kuliah dengan bobot 2 sks ini meliputi kajian tentang ruang lingkup manajemen pendidikan yakni yang

terdiri dari konsep dasar manajemen pendidikan, pengelolaan satuan pendidikan, kepemimpinan pendidikan, pengelolaan

kurikulum, pengelolaan peserta didik, pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan, pengelolaan biaya pendidikan,

pengelolaan sarana prasarana, pengelolaan humas sekolah, dan pengelolaan kelas.

Learning Outcomes

Sub-CPMK-1

Mahasiswa mampu menemukan informasi tentang konsep dasar manajemen pendidikan

Sub-CPMK-2

Mahasiswa mampu menemukan informasi tentang pengelolaan berbasis sekolah

Sub-CPMK-3

Mahasiswa mampu menganalisis kepemimpinan pendidikan

Sub-CPMK-4

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan kurikulum

Sub-CPMK-5

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan peserta didik

Sub-CPMK-6

Mahasiswa mampu  menganalisis pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan

Sub-CPMK-7

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan biaya pendidikan

Sub-CPMK-8

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan sarana prasarana

Sub-CPMK-9

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan humas pendidikan

Sub-CPMK-10

Mahasiswa mampu menyimpulkan tentang pengelolaan kelas

Sub-CPMK-11

Mahasiswa mampu menerapkan prinsip manajemen pendidikan di sekolah

References

  1. Agus Wibowo, 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. B. Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Budi Raharja. 200 Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
  4. Daff, Richard, L. 2002. Manajemen. Erlangga
  5. Husaini Usman. 2009. Manajemen teori, praktik dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Kelvin Seifert. 2008. Manajemen Pembelajaran dan Instruksi. Yogyakarta: Ircisod.
  7. Nanang Fatah. 2004. Landasan manajemen pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  8. Nurkholis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Gramedia.
  9. Simamora, Herry. 2006. Manajemen SDM. Yogyakarta: STIE YKPN
  10. Sudarwan Danim, 2007. Visi baru manajemen sekolah: dari unit birokrasi ke lembaga. Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Suharsimi Arikunto & Lia Yuliana. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen Pendidikan bertujuan agar mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar manajemen pendidikan di

sekolah. Mata kuliah dengan bobot 2 sks ini meliputi kajian tentang ruang lingkup manajemen pendidikan yakni yang

terdiri dari konsep dasar manajemen pendidikan, pengelolaan satuan pendidikan, kepemimpinan pendidikan, pengelolaan

kurikulum, pengelolaan peserta didik, pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan, pengelolaan biaya pendidikan,

pengelolaan sarana prasarana, pengelolaan humas sekolah, dan pengelolaan kelas.

Learning Outcomes

Sub-CPMK-1

Mahasiswa mampu menemukan informasi tentang konsep dasar manajemen pendidikan

Sub-CPMK-2

Mahasiswa mampu menemukan informasi tentang pengelolaan berbasis sekolah

Sub-CPMK-3

Mahasiswa mampu menganalisis kepemimpinan pendidikan

Sub-CPMK-4

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan kurikulum

Sub-CPMK-5

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan peserta didik

Sub-CPMK-6

Mahasiswa mampu  menganalisis pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan

Sub-CPMK-7

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan biaya pendidikan

Sub-CPMK-8

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan sarana prasarana

Sub-CPMK-9

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan humas pendidikan

Sub-CPMK-10

Mahasiswa mampu menyimpulkan tentang pengelolaan kelas

Sub-CPMK-11

Mahasiswa mampu menerapkan prinsip manajemen pendidikan di sekolah

References

  1. Agus Wibowo, 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. B. Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Budi Raharja. 200 Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
  4. Daff, Richard, L. 2002. Manajemen. Erlangga
  5. Husaini Usman. 2009. Manajemen teori, praktik dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Kelvin Seifert. 2008. Manajemen Pembelajaran dan Instruksi. Yogyakarta: Ircisod.
  7. Nanang Fatah. 2004. Landasan manajemen pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  8. Nurkholis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Gramedia.
  9. Simamora, Herry. 2006. Manajemen SDM. Yogyakarta: STIE YKPN
  10. Sudarwan Danim, 2007. Visi baru manajemen sekolah: dari unit birokrasi ke lembaga. Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Suharsimi Arikunto & Lia Yuliana. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Manajemen Pendidikan bertujuan agar mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar manajemen pendidikan di

sekolah. Mata kuliah dengan bobot 2 sks ini meliputi kajian tentang ruang lingkup manajemen pendidikan yakni yang

terdiri dari konsep dasar manajemen pendidikan, pengelolaan satuan pendidikan, kepemimpinan pendidikan, pengelolaan

kurikulum, pengelolaan peserta didik, pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan, pengelolaan biaya pendidikan,

pengelolaan sarana prasarana, pengelolaan humas sekolah, dan pengelolaan kelas.

Learning Outcomes

Sub-CPMK-1

Mahasiswa mampu menemukan informasi tentang konsep dasar manajemen pendidikan

Sub-CPMK-2

Mahasiswa mampu menemukan informasi tentang pengelolaan berbasis sekolah

Sub-CPMK-3

Mahasiswa mampu menganalisis kepemimpinan pendidikan

Sub-CPMK-4

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan kurikulum

Sub-CPMK-5

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan peserta didik

Sub-CPMK-6

Mahasiswa mampu  menganalisis pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan

Sub-CPMK-7

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan biaya pendidikan

Sub-CPMK-8

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan sarana prasarana

Sub-CPMK-9

Mahasiswa mampu menganalisis pengelolaan humas pendidikan

Sub-CPMK-10

Mahasiswa mampu menyimpulkan tentang pengelolaan kelas

Sub-CPMK-11

Mahasiswa mampu menerapkan prinsip manajemen pendidikan di sekolah

References

  1. Agus Wibowo, 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. B. Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Budi Raharja. 200 Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
  4. Daff, Richard, L. 2002. Manajemen. Erlangga
  5. Husaini Usman. 2009. Manajemen teori, praktik dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Kelvin Seifert. 2008. Manajemen Pembelajaran dan Instruksi. Yogyakarta: Ircisod.
  7. Nanang Fatah. 2004. Landasan manajemen pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  8. Nurkholis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Gramedia.
  9. Simamora, Herry. 2006. Manajemen SDM. Yogyakarta: STIE YKPN
  10. Sudarwan Danim, 2007. Visi baru manajemen sekolah: dari unit birokrasi ke lembaga. Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Suharsimi Arikunto & Lia Yuliana. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media


Details ...