Teori Belajar Motorik , Curriculum : 2020


Courser in EnglishMOTORIC LEARNING THEORY
ProgramPendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
SKS2 SKS
RPS9 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah membekali mahasiswa prodi PJKR dengan konsep dan pengertian tentang hakikat gerak, pola gerak, keterampilan gerak serta dasar-dasar taksonomi gerak. Di samping itu kolaborasi juga proses terjadinya gerak dan keterampilan dari sudut pandang teori pengolahan informasi, peranan indera dalam penghasilan gerak, serta perangkat-perangkat internal (proprioceptive) yang berpengaruh dalam penghasilan gerak. Substansi mata kuliah ditutup dengan bahasan tentang bagaimana proses pembelajaran gerak dapat dimaksimalkan, dengan memperhitungkan berbagai aspek yang mempengaruhi, serta metode-metode pembelajaran yang dikenal dalam proses pembelajaran dan pelatihan motorik.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa menguasai pengertian tentang gerak, pola gerak, keterampilan gerak, pengelompokkan keterampilan, proses terjadinya gerak dan keterampilan melalui teori pemrosesan informasi, serta bagaimana gerak dan keterampilan dipelajari dengan metode-metode pembelajarannya.
  2. Mahasiswa menguasai keterampilan praktek pengukuran penguasaan gerak serta proses perancangan pembelajaran gerak dan keterampilan.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis kesalahan gerak dan keterampilan serta upaya pengoreksiannya serta melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran gerak secara keseluruhan.
  4. Mahasiswa mampu menerapkan Teori Pembelajaran Gerak dalam situasi pembalajaran di kelas serta dalam situasi pemecahan masalah dalam setting penelitian pembelajaran.

References

  1. Department of Education Western Australia. (2013). Fundamental movement skills: Book 1 - The tools for learning, teaching and assessment. Western Australia: Department of Education.
  2. Department of Education Western Australia. (2013). Fundamental movement skills: Book 2 - The tools for learning, teaching and assessment. Western Australia: Department of Education.
  3. Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Rawamangun: Prenadamedia Group.
  4. Syahrial Bakhtiar. 2015. Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. Padang: UNP press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah membekali mahasiswa prodi PJKR dengan konsep dan pengertian tentang hakikat gerak, pola gerak, keterampilan gerak serta dasar-dasar taksonomi gerak. Di samping itu kolaborasi juga proses terjadinya gerak dan keterampilan dari sudut pandang teori pengolahan informasi, peranan indera dalam penghasilan gerak, serta perangkat-perangkat internal (proprioceptive) yang berpengaruh dalam penghasilan gerak. Substansi mata kuliah ditutup dengan bahasan tentang bagaimana proses pembelajaran gerak dapat dimaksimalkan, dengan memperhitungkan berbagai aspek yang mempengaruhi, serta metode-metode pembelajaran yang dikenal dalam proses pembelajaran dan pelatihan motorik.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa menguasai pengertian tentang gerak, pola gerak, keterampilan gerak, pengelompokkan keterampilan, proses terjadinya gerak dan keterampilan melalui teori pemrosesan informasi, serta bagaimana gerak dan keterampilan dipelajari dengan metode-metode pembelajarannya.
  2. Mahasiswa menguasai keterampilan praktek pengukuran penguasaan gerak serta proses perancangan pembelajaran gerak dan keterampilan.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis kesalahan gerak dan keterampilan serta upaya pengoreksiannya serta melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran gerak secara keseluruhan.
  4. Mahasiswa mampu menerapkan Teori Pembelajaran Gerak dalam situasi pembalajaran di kelas serta dalam situasi pemecahan masalah dalam setting penelitian pembelajaran.

References

  1. Department of Education Western Australia. (2013). Fundamental movement skills: Book 1 - The tools for learning, teaching and assessment. Western Australia: Department of Education.
  2. Department of Education Western Australia. (2013). Fundamental movement skills: Book 2 - The tools for learning, teaching and assessment. Western Australia: Department of Education.
  3. Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Rawamangun: Prenadamedia Group.
  4. Syahrial Bakhtiar. 2015. Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. Padang: UNP press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah membekali mahasiswa prodi PJKR dengan konsep dan pengertian tentang hakikat gerak, pola gerak, keterampilan gerak serta dasar-dasar taksonomi gerak. Di samping itu kolaborasi juga proses terjadinya gerak dan keterampilan dari sudut pandang teori pengolahan informasi, peranan indera dalam penghasilan gerak, serta perangkat-perangkat internal (proprioceptive) yang berpengaruh dalam penghasilan gerak. Substansi mata kuliah ditutup dengan bahasan tentang bagaimana proses pembelajaran gerak dapat dimaksimalkan, dengan memperhitungkan berbagai aspek yang mempengaruhi, serta metode-metode pembelajaran yang dikenal dalam proses pembelajaran dan pelatihan motorik.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa menguasai pengertian tentang gerak, pola gerak, keterampilan gerak, pengelompokkan keterampilan, proses terjadinya gerak dan keterampilan melalui teori pemrosesan informasi, serta bagaimana gerak dan keterampilan dipelajari dengan metode-metode pembelajarannya.
  2. Mahasiswa menguasai keterampilan praktek pengukuran penguasaan gerak serta proses perancangan pembelajaran gerak dan keterampilan.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis kesalahan gerak dan keterampilan serta upaya pengoreksiannya serta melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran gerak secara keseluruhan.
  4. Mahasiswa mampu menerapkan Teori Pembelajaran Gerak dalam situasi pembalajaran di kelas serta dalam situasi pemecahan masalah dalam setting penelitian pembelajaran.

References

  1. Department of Education Western Australia. (2013). Fundamental movement skills: Book 1 - The tools for learning, teaching and assessment. Western Australia: Department of Education.
  2. Department of Education Western Australia. (2013). Fundamental movement skills: Book 2 - The tools for learning, teaching and assessment. Western Australia: Department of Education.
  3. Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Rawamangun: Prenadamedia Group.
  4. Syahrial Bakhtiar. 2015. Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. Padang: UNP press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah membekali mahasiswa prodi PJKR dengan konsep dan pengertian tentang hakikat gerak, pola gerak, keterampilan gerak serta dasar-dasar taksonomi gerak. Di samping itu kolaborasi juga proses terjadinya gerak dan keterampilan dari sudut pandang teori pengolahan informasi, peranan indera dalam penghasilan gerak, serta perangkat-perangkat internal (proprioceptive) yang berpengaruh dalam penghasilan gerak. Substansi mata kuliah ditutup dengan bahasan tentang bagaimana proses pembelajaran gerak dapat dimaksimalkan, dengan memperhitungkan berbagai aspek yang mempengaruhi, serta metode-metode pembelajaran yang dikenal dalam proses pembelajaran dan pelatihan motorik.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa menguasai pengertian tentang gerak, pola gerak, keterampilan gerak, pengelompokkan keterampilan, proses terjadinya gerak dan keterampilan melalui teori pemrosesan informasi, serta bagaimana gerak dan keterampilan dipelajari dengan metode-metode pembelajarannya.
  2. Mahasiswa menguasai keterampilan praktek pengukuran penguasaan gerak serta proses perancangan pembelajaran gerak dan keterampilan.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis kesalahan gerak dan keterampilan serta upaya pengoreksiannya serta melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran gerak secara keseluruhan.
  4. Mahasiswa mampu menerapkan Teori Pembelajaran Gerak dalam situasi pembalajaran di kelas serta dalam situasi pemecahan masalah dalam setting penelitian pembelajaran.

References

  1. Department of Education Western Australia. (2013). Fundamental movement skills: Book 1 - The tools for learning, teaching and assessment. Western Australia: Department of Education.
  2. Department of Education Western Australia. (2013). Fundamental movement skills: Book 2 - The tools for learning, teaching and assessment. Western Australia: Department of Education.
  3. Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Rawamangun: Prenadamedia Group.
  4. Syahrial Bakhtiar. 2015. Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. Padang: UNP press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah membekali mahasiswa prodi PJKR dengan konsep dan pengertian tentang hakikat gerak, pola gerak, keterampilan gerak serta dasar-dasar taksonomi gerak. Di samping itu kolaborasi juga proses terjadinya gerak dan keterampilan dari sudut pandang teori pengolahan informasi, peranan indera dalam penghasilan gerak, serta perangkat-perangkat internal (proprioceptive) yang berpengaruh dalam penghasilan gerak. Substansi mata kuliah ditutup dengan bahasan tentang bagaimana proses pembelajaran gerak dapat dimaksimalkan, dengan memperhitungkan berbagai aspek yang mempengaruhi, serta metode-metode pembelajaran yang dikenal dalam proses pembelajaran dan pelatihan motorik.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa menguasai pengertian tentang gerak, pola gerak, keterampilan gerak, pengelompokkan keterampilan, proses terjadinya gerak dan keterampilan melalui teori pemrosesan informasi, serta bagaimana gerak dan keterampilan dipelajari dengan metode-metode pembelajarannya.
  2. Mahasiswa menguasai keterampilan praktek pengukuran penguasaan gerak serta proses perancangan pembelajaran gerak dan keterampilan.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis kesalahan gerak dan keterampilan serta upaya pengoreksiannya serta melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran gerak secara keseluruhan.
  4. Mahasiswa mampu menerapkan Teori Pembelajaran Gerak dalam situasi pembalajaran di kelas serta dalam situasi pemecahan masalah dalam setting penelitian pembelajaran.

References

  1. Department of Education Western Australia. (2013). Fundamental movement skills: Book 1 - The tools for learning, teaching and assessment. Western Australia: Department of Education.
  2. Department of Education Western Australia. (2013). Fundamental movement skills: Book 2 - The tools for learning, teaching and assessment. Western Australia: Department of Education.
  3. Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Rawamangun: Prenadamedia Group.
  4. Syahrial Bakhtiar. 2015. Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. Padang: UNP press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah membekali mahasiswa prodi PJKR dengan konsep dan pengertian tentang hakikat gerak, pola gerak, keterampilan gerak serta dasar-dasar taksonomi gerak. Di samping itu kolaborasi juga proses terjadinya gerak dan keterampilan dari sudut pandang teori pengolahan informasi, peranan indera dalam penghasilan gerak, serta perangkat-perangkat internal (proprioceptive) yang berpengaruh dalam penghasilan gerak. Substansi mata kuliah ditutup dengan bahasan tentang bagaimana proses pembelajaran gerak dapat dimaksimalkan, dengan memperhitungkan berbagai aspek yang mempengaruhi, serta metode-metode pembelajaran yang dikenal dalam proses pembelajaran dan pelatihan motorik.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa menguasai pengertian tentang gerak, pola gerak, keterampilan gerak, pengelompokkan keterampilan, proses terjadinya gerak dan keterampilan melalui teori pemrosesan informasi, serta bagaimana gerak dan keterampilan dipelajari dengan metode-metode pembelajarannya.
  2. Mahasiswa menguasai keterampilan praktek pengukuran penguasaan gerak serta proses perancangan pembelajaran gerak dan keterampilan.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis kesalahan gerak dan keterampilan serta upaya pengoreksiannya serta melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran gerak secara keseluruhan.

 Mahasiswa mampu menerapkan Teori Pembelajaran Gerak dalam situasi pembalajaran di kelas serta dalam situasi pemecahan masalah dalam setting penelitian pembelajaran.

References

  1. Department of Education Western Australia. (2013). Fundamental movement skills: Book 1 - The tools for learning, teaching and assessment. Western Australia: Department of Education.
  2. Department of Education Western Australia. (2013). Fundamental movement skills: Book 2 - The tools for learning, teaching and assessment. Western Australia: Department of Education.
  3. Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Rawamangun: Prenadamedia Group.
  4. Syahrial Bakhtiar. 2015. Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. Padang: UNP press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah membekali mahasiswa prodi PJKR dengan konsep dan pengertian tentang hakikat gerak, pola gerak, keterampilan gerak serta dasar-dasar taksonomi gerak. Di samping itu kolaborasi juga proses terjadinya gerak dan keterampilan dari sudut pandang teori pengolahan informasi, peranan indera dalam penghasilan gerak, serta perangkat-perangkat internal (proprioceptive) yang berpengaruh dalam penghasilan gerak. Substansi mata kuliah ditutup dengan bahasan tentang bagaimana proses pembelajaran gerak dapat dimaksimalkan, dengan memperhitungkan berbagai aspek yang mempengaruhi, serta metode-metode pembelajaran yang dikenal dalam proses pembelajaran dan pelatihan motorik.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa menguasai pengertian tentang gerak, pola gerak, keterampilan gerak, pengelompokkan keterampilan, proses terjadinya gerak dan keterampilan melalui teori pemrosesan informasi, serta bagaimana gerak dan keterampilan dipelajari dengan metode-metode pembelajarannya.
  2. Mahasiswa menguasai keterampilan praktek pengukuran penguasaan gerak serta proses perancangan pembelajaran gerak dan keterampilan.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis kesalahan gerak dan keterampilan serta upaya pengoreksiannya serta melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran gerak secara keseluruhan.

 Mahasiswa mampu menerapkan Teori Pembelajaran Gerak dalam situasi pembalajaran di kelas serta dalam situasi pemecahan masalah dalam setting penelitian pembelajaran.

References

  1. Department of Education Western Australia. (2013). Fundamental movement skills: Book 1 - The tools for learning, teaching and assessment. Western Australia: Department of Education.
  2. Department of Education Western Australia. (2013). Fundamental movement skills: Book 2 - The tools for learning, teaching and assessment. Western Australia: Department of Education.
  3. Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Rawamangun: Prenadamedia Group.
  4. Syahrial Bakhtiar. 2015. Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. Padang: UNP press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah membekali mahasiswa prodi PJKR dengan konsep dan pengertian tentang hakikat gerak, pola gerak, keterampilan gerak serta dasar-dasar taksonomi gerak. Di samping itu kolaborasi juga proses terjadinya gerak dan keterampilan dari sudut pandang teori pengolahan informasi, peranan indera dalam penghasilan gerak, serta perangkat-perangkat internal (proprioceptive) yang berpengaruh dalam penghasilan gerak. Substansi mata kuliah ditutup dengan bahasan tentang bagaimana proses pembelajaran gerak dapat dimaksimalkan, dengan memperhitungkan berbagai aspek yang mempengaruhi, serta metode-metode pembelajaran yang dikenal dalam proses pembelajaran dan pelatihan motorik.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa menguasai pengertian tentang gerak, pola gerak, keterampilan gerak, pengelompokkan keterampilan, proses terjadinya gerak dan keterampilan melalui teori pemrosesan informasi, serta bagaimana gerak dan keterampilan dipelajari dengan metode-metode pembelajarannya.
  2. Mahasiswa menguasai keterampilan praktek pengukuran penguasaan gerak serta proses perancangan pembelajaran gerak dan keterampilan.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis kesalahan gerak dan keterampilan serta upaya pengoreksiannya serta melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran gerak secara keseluruhan.

 Mahasiswa mampu menerapkan Teori Pembelajaran Gerak dalam situasi pembalajaran di kelas serta dalam situasi pemecahan masalah dalam setting penelitian pembelajaran.

References

  1. Department of Education Western Australia. (2013). Fundamental movement skills: Book 1 - The tools for learning, teaching and assessment. Western Australia: Department of Education.
  2. Department of Education Western Australia. (2013). Fundamental movement skills: Book 2 - The tools for learning, teaching and assessment. Western Australia: Department of Education.
  3. Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Rawamangun: Prenadamedia Group.
  4. Syahrial Bakhtiar. 2015. Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. Padang: UNP press.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah membekali mahasiswa prodi PJKR dengan konsep dan pengertian tentang hakikat gerak, pola gerak, keterampilan gerak serta dasar-dasar taksonomi gerak. Di samping itu kolaborasi juga proses terjadinya gerak dan keterampilan dari sudut pandang teori pengolahan informasi, peranan indera dalam penghasilan gerak, serta perangkat-perangkat internal (proprioceptive) yang berpengaruh dalam penghasilan gerak. Substansi mata kuliah ditutup dengan bahasan tentang bagaimana proses pembelajaran gerak dapat dimaksimalkan, dengan memperhitungkan berbagai aspek yang mempengaruhi, serta metode-metode pembelajaran yang dikenal dalam proses pembelajaran dan pelatihan motorik.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa menguasai pengertian tentang gerak, pola gerak, keterampilan gerak, pengelompokkan keterampilan, proses terjadinya gerak dan keterampilan melalui teori pemrosesan informasi, serta bagaimana gerak dan keterampilan dipelajari dengan metode-metode pembelajarannya.
  2. Mahasiswa menguasai keterampilan praktek pengukuran penguasaan gerak serta proses perancangan pembelajaran gerak dan keterampilan.
  3. Mahasiswa mampu menganalisis kesalahan gerak dan keterampilan serta upaya pengoreksiannya serta melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran gerak secara keseluruhan.

 Mahasiswa mampu menerapkan Teori Pembelajaran Gerak dalam situasi pembalajaran di kelas serta dalam situasi pemecahan masalah dalam setting penelitian pembelajaran.

References

  1. Department of Education Western Australia. (2013). Fundamental movement skills: Book 1 - The tools for learning, teaching and assessment. Western Australia: Department of Education.
  2. Department of Education Western Australia. (2013). Fundamental movement skills: Book 2 - The tools for learning, teaching and assessment. Western Australia: Department of Education.
  3. Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Rawamangun: Prenadamedia Group.
  4. Syahrial Bakhtiar. 2015. Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. Padang: UNP press.


Details ...