Bahasa Inggris , Curriculum : 2016


Courser in EnglishENGLISH LANGUAGE
ProgramTeknologi Pangan
SKS2 SKS
RPS3 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Keterampilan Umum           : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis

KeterampilanKhusus:Terampil berbahasa Inggris dalam

konteks akademis

Learning Outcomes

Minggu ke 1-2:

Kemampuan  menerapkan teknik perkenalan diri dan teman dalam Bahasa inggris dengan baik

 

Minggu ke 3-4;

Kemampuan mengidentifikasi dan membuat kalimat sederhana dengan memperhatikan struktur kalimat berdasarkan simple tenses (Simple Present)

 

MInggu ke 5-6                                                          

Kemampuan mengidentifikasi dan membuat kalimat sederhana dengan memperhatikan struktur kalimat berdasarkan simple tenses simple past

 

Minggu ke 7-8                                                          

Kemampuan  mengidentifikasi fungsi sosial dari  paragraf deskriptif dan  membuat paragraf deskriptif dengan memperhatikan aspek kohesi dan koherensi (cohesion and coherence in texts).

 

Minggu ke 9

UAS

 

Minggu ke 10-11

Kemampuan  mengidentifikasi fungsi sosial dari  paragraf deskriptif dan  membuat paragraf deskriptif dengan memperhatikan aspek kohesi dan koherensi (cohesion and coherence in texts).

 

Minggu ke 12-13                                                      

Kemampuan  mengidentifikasi fungsi sosial dari  paragraf prosedur dan  membuat paragraph recount dengan memperhatikan aspek kohesi dan koherensi (cohesion and coherence in texts).

 

Minggu ke 14-15

Kemampuan  mengidentifikasi fungsi sosial dari  paragraf prosedur dan  membuat paragraf prosedur dengan memperhatikan aspek kohesi dan koherensi (cohesion and coherence in texts).

 

Minggu ke 16

UAS                                                                               

 

References

Alexander, LG. Practice and Progress an Integrated Course for Pre-Intermediate Students. London. Longman Group Ltd.

Bohlke, D. Skillful Reading and Writing Student’s Book Foundation. Macmillan.

Oshima, Alice. 1999. Writing Academic English (Third Edition). New York: Longman.

 


Details ...
Course Descriptions

Keterampilan Umum           : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis

KeterampilanKhusus:Terampil berbahasa Inggris dalam

konteks akademis

Learning Outcomes

Minggu ke 1-2:

Kemampuan  menerapkan teknik perkenalan diri dan teman dalam Bahasa inggris dengan baik

 

Minggu ke 3-4;

Kemampuan mengidentifikasi dan membuat kalimat sederhana dengan memperhatikan struktur kalimat berdasarkan simple tenses (Simple Present)

 

MInggu ke 5-6                                                          

Kemampuan mengidentifikasi dan membuat kalimat sederhana dengan memperhatikan struktur kalimat berdasarkan simple tenses simple past

 

Minggu ke 7-8                                                          

Kemampuan  mengidentifikasi fungsi sosial dari  paragraf deskriptif dan  membuat paragraf deskriptif dengan memperhatikan aspek kohesi dan koherensi (cohesion and coherence in texts).

 

Minggu ke 9

UAS

 

Minggu ke 10-11

Kemampuan  mengidentifikasi fungsi sosial dari  paragraf deskriptif dan  membuat paragraf deskriptif dengan memperhatikan aspek kohesi dan koherensi (cohesion and coherence in texts).

 

Minggu ke 12-13                                                      

Kemampuan  mengidentifikasi fungsi sosial dari  paragraf prosedur dan  membuat paragraph recount dengan memperhatikan aspek kohesi dan koherensi (cohesion and coherence in texts).

 

Minggu ke 14-15

Kemampuan  mengidentifikasi fungsi sosial dari  paragraf prosedur dan  membuat paragraf prosedur dengan memperhatikan aspek kohesi dan koherensi (cohesion and coherence in texts).

 

Minggu ke 16

UAS                                                                               

 

References

Alexander, LG. Practice and Progress an Integrated Course for Pre-Intermediate Students. London. Longman Group Ltd.

Bohlke, D. Skillful Reading and Writing Student’s Book Foundation. Macmillan.

Oshima, Alice. 1999. Writing Academic English (Third Edition). New York: Longman.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum yang wajib diambil oleh setiap mahasiswa di prodi Teknologi Pangan pada semester 1.  Materi-materi yang disampaikan dalam perkuliahan English meliputi kegiatan pemberian materi teori dan praktik berisi materi umum ke-bahasa inggris-an yang bersifat sangat dasar (basic consept), meliputi materi tenses dasar (bentuk simple past, present, dan future tenses), kalimat aktif dan pasif, mendeskripsikan suatu benda, orang, dan sebagainya yang bertujuan membiasakan mereka untuk mampu dan percaya diri untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tertulis.

Learning Outcomes

Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu untuk

  1. Berkomunikasi secara lisan (spoken language) dan tertulis (written language) yang didapat dari pengalaman panjang menempuhi jenjang keterampilan menyimak (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing).
  2. Menyiapkan setiap mahasiswa sebagai teknokrat pangan handal dan bertanggung jawab serta mampu berkomunikasi aktif menggunakan Bahasa Inggris.

References

Agustien, Helena I.R.  2004.  Ungkapan-ungkapan Bahasa Inggris untuk Pengajaran.  Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Echols, John M. and Hassan Shadily.  2000.  Kamus Indonesia-Inggris. Jakarta: Gramedia

________. Kamus Inggris-Indonesia. _______

Gibran, Kahlil.  1989.  The Prophet.  New York: Alfred A. Knoff

Herera, Mario and Diane Pinkley.  2006.  Backpack 5.  England:  Pearson Education

Macmillan, Collier. 1978. New English 900.  London: Macmillan Publishing Co., Inc

Manser, Martin H.  1995.  Oxford Learner’s Pocket Dictionary.  New York:  Oxford University Press

McGrew II, Glenn. 2008. Fearless Public Speaking. Semarang: LP-SDGI

Nurtjahyo, Gampang. 2008. Business Presentations and Public Speaking in English. Semarang: LP-SDGI

Osborne, Mary Pope.  1941.  My Secret War.  New York: Scholastic Inc.

Pigeaud, Theodore G. TH.  1967.  Literature of Java.  Leiden (Holand):  Koninklijk Intituut

Pyle, Michael A and Mary Ellen Munoz.  2002. Cliffs TOEFL Preparation Guide.  Delhi: Nice Printing Press

Riyanto, Slamet.  2007. The Student’s Choice TOEFL: Test Strategy for Structure and Written Expression.  Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Sumardiyani, Listyaning and Zulfa Sakhiyya. 2008. Speaking for Academic Purpose. Semarang: IKIP PGRI Press

English Tim Instruktur Bahasa Inggris.  1998.  Window on The World English for SMA Book 2.  Jakarta: Erlangga

Warriner E., John.  1958. English Grammar and Composition.  New York: Harcourt, Brace & World, Inc

www.greanpeace.com, retrieved on 12th June 2008

http://personal.ecu.edu/southands/jobapp.htm, retrieved on 12th June 2008

http://www.livescience.com/globalwarming/, retrieved on 12th June 2008

http://longdistancerelationship.org/, retrieved on 19th September 2011


Details ...