Courser in English | ENGLISH LANGUAGE |
Program | Teknologi Pangan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Keterampilan Umum : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis KeterampilanKhusus:Terampil berbahasa Inggris dalam konteks akademis |
Minggu ke 1-2: Kemampuan menerapkan teknik perkenalan diri dan teman dalam Bahasa inggris dengan baik
Minggu ke 3-4; Kemampuan mengidentifikasi dan membuat kalimat sederhana dengan memperhatikan struktur kalimat berdasarkan simple tenses (Simple Present)
MInggu ke 5-6 Kemampuan mengidentifikasi dan membuat kalimat sederhana dengan memperhatikan struktur kalimat berdasarkan simple tenses simple past
Minggu ke 7-8 Kemampuan mengidentifikasi fungsi sosial dari paragraf deskriptif dan membuat paragraf deskriptif dengan memperhatikan aspek kohesi dan koherensi (cohesion and coherence in texts).
Minggu ke 9 UAS
Minggu ke 10-11 Kemampuan mengidentifikasi fungsi sosial dari paragraf deskriptif dan membuat paragraf deskriptif dengan memperhatikan aspek kohesi dan koherensi (cohesion and coherence in texts).
Minggu ke 12-13 Kemampuan mengidentifikasi fungsi sosial dari paragraf prosedur dan membuat paragraph recount dengan memperhatikan aspek kohesi dan koherensi (cohesion and coherence in texts).
Minggu ke 14-15 Kemampuan mengidentifikasi fungsi sosial dari paragraf prosedur dan membuat paragraf prosedur dengan memperhatikan aspek kohesi dan koherensi (cohesion and coherence in texts).
Minggu ke 16 UAS
|
Alexander, LG. Practice and Progress an Integrated Course for Pre-Intermediate Students. London. Longman Group Ltd. Bohlke, D. Skillful Reading and Writing Student’s Book Foundation. Macmillan. Oshima, Alice. 1999. Writing Academic English (Third Edition). New York: Longman.
|
Details ...
Keterampilan Umum : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis KeterampilanKhusus:Terampil berbahasa Inggris dalam konteks akademis |
Minggu ke 1-2: Kemampuan menerapkan teknik perkenalan diri dan teman dalam Bahasa inggris dengan baik
Minggu ke 3-4; Kemampuan mengidentifikasi dan membuat kalimat sederhana dengan memperhatikan struktur kalimat berdasarkan simple tenses (Simple Present)
MInggu ke 5-6 Kemampuan mengidentifikasi dan membuat kalimat sederhana dengan memperhatikan struktur kalimat berdasarkan simple tenses simple past
Minggu ke 7-8 Kemampuan mengidentifikasi fungsi sosial dari paragraf deskriptif dan membuat paragraf deskriptif dengan memperhatikan aspek kohesi dan koherensi (cohesion and coherence in texts).
Minggu ke 9 UAS
Minggu ke 10-11 Kemampuan mengidentifikasi fungsi sosial dari paragraf deskriptif dan membuat paragraf deskriptif dengan memperhatikan aspek kohesi dan koherensi (cohesion and coherence in texts).
Minggu ke 12-13 Kemampuan mengidentifikasi fungsi sosial dari paragraf prosedur dan membuat paragraph recount dengan memperhatikan aspek kohesi dan koherensi (cohesion and coherence in texts).
Minggu ke 14-15 Kemampuan mengidentifikasi fungsi sosial dari paragraf prosedur dan membuat paragraf prosedur dengan memperhatikan aspek kohesi dan koherensi (cohesion and coherence in texts).
Minggu ke 16 UAS
|
Alexander, LG. Practice and Progress an Integrated Course for Pre-Intermediate Students. London. Longman Group Ltd. Bohlke, D. Skillful Reading and Writing Student’s Book Foundation. Macmillan. Oshima, Alice. 1999. Writing Academic English (Third Edition). New York: Longman.
|
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum yang wajib diambil oleh setiap mahasiswa di prodi Teknologi Pangan pada semester 1. Materi-materi yang disampaikan dalam perkuliahan English meliputi kegiatan pemberian materi teori dan praktik berisi materi umum ke-bahasa inggris-an yang bersifat sangat dasar (basic consept), meliputi materi tenses dasar (bentuk simple past, present, dan future tenses), kalimat aktif dan pasif, mendeskripsikan suatu benda, orang, dan sebagainya yang bertujuan membiasakan mereka untuk mampu dan percaya diri untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tertulis.
Learning OutcomesPada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu untuk
- Berkomunikasi secara lisan (spoken language) dan tertulis (written language) yang didapat dari pengalaman panjang menempuhi jenjang keterampilan menyimak (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing).
- Menyiapkan setiap mahasiswa sebagai teknokrat pangan handal dan bertanggung jawab serta mampu berkomunikasi aktif menggunakan Bahasa Inggris.
Agustien, Helena I.R. 2004. Ungkapan-ungkapan Bahasa Inggris untuk Pengajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Echols, John M. and Hassan Shadily. 2000. Kamus Indonesia-Inggris. Jakarta: Gramedia
________. Kamus Inggris-Indonesia. _______
Gibran, Kahlil. 1989. The Prophet. New York: Alfred A. Knoff
Herera, Mario and Diane Pinkley. 2006. Backpack 5. England: Pearson Education
Macmillan, Collier. 1978. New English 900. London: Macmillan Publishing Co., Inc
Manser, Martin H. 1995. Oxford Learner’s Pocket Dictionary. New York: Oxford University Press
McGrew II, Glenn. 2008. Fearless Public Speaking. Semarang: LP-SDGI
Nurtjahyo, Gampang. 2008. Business Presentations and Public Speaking in English. Semarang: LP-SDGI
Osborne, Mary Pope. 1941. My Secret War. New York: Scholastic Inc.
Pigeaud, Theodore G. TH. 1967. Literature of Java. Leiden (Holand): Koninklijk Intituut
Pyle, Michael A and Mary Ellen Munoz. 2002. Cliffs TOEFL Preparation Guide. Delhi: Nice Printing Press
Riyanto, Slamet. 2007. The Student’s Choice TOEFL: Test Strategy for Structure and Written Expression. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
Sumardiyani, Listyaning and Zulfa Sakhiyya. 2008. Speaking for Academic Purpose. Semarang: IKIP PGRI Press
English Tim Instruktur Bahasa Inggris. 1998. Window on The World English for SMA Book 2. Jakarta: Erlangga
Warriner E., John. 1958. English Grammar and Composition. New York: Harcourt, Brace & World, Inc
www.greanpeace.com, retrieved on 12th June 2008
http://personal.ecu.edu/southands/jobapp.htm, retrieved on 12th June 2008
http://www.livescience.com/globalwarming/, retrieved on 12th June 2008
http://longdistancerelationship.org/, retrieved on 19th September 2011
Details ...