Courser in English | BUSINESS ETHICS |
Program | Manajemen |
SKS | 2 SKS |
RPS | 39 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini memberi gambaran tentang prinsip – prinsip etika bisnis dan implikasinya pada perilaku individu dan pada lingkungan bisnis. Mata kuliah ini juga membahas berbagai faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan manajerial yang berkaitan dengan isu-isu etika. Adapun konsep etika bisnis yang akan dibahas meliputi pengertian etika bisnis, prinsip – prinsip etika bisnis, corporate social responsibility, konsep etika dalam bidang pemasaran, sumber daya manusia dan keuangan serta konsep etika bisnis dalam pasar bebas.
Learning OutcomesMengusai konsep Etika dan Bisnis
Mengusai Pengambilan Keputusan yang Etis Dakam Konteks Pribadi dan Professional
Mengusai Etika Filosofis dan Bisnis
Mengusai Budaya Perusahaan - Dampak dan Implikasi
Mengusai Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Mengusai Pengambilan Keputusan yang Etis: Tanggung Jawab Pemberi Kerja dan Hak Karyawan
Mengusai Pengambilan Keputusan yang Etis: Teknologi dan Privasi di Tempat Kerja.
Mengusai Etika dan Pemasaran
Mengusai Bisnis, Lingkungan, dan Keberlanjutan
Mengusai Pengambilan Keputusan yang Etis: Tata Kelola Perusahaan, Akuntansi dan Keuangan
ReferencesHartman dan Desjardins. 2011. Etika Bisnis. Erlangga: Jakarta
Details ...
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa agar memiliki pemahaman mengenai nilai-nilai, kesadaran etika, kode etik profesi dan ethical governance dalam bisnis dan profesi. Dalam rangka menyiapkan lulusan manajemen yang beretika tinggi, mata kuliah ini juga membahas isu-isu utama dalam penerapan etika bisnis seperti tata kelola perusahaan yang baik (GCG) dan tanggung jawab sosial (CSR).
Learning OutcomesSIKAP: 1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika 2. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara 3. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik 4. Menjunjung sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri 5. Memiliki integritas terhadap profesinya yang tercermin dalam Brave, Ethical, Tough, Trustworthy, Expert dan Religious PENGETAHUAN: 1. Memiliki pemikiran logis, kritis dan sistematis dan inovatif dalam pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan humaniora sesuai bidang ilmu 2. Memiliki pengetahuan yang mengarahkan pada perilaku kerja mandiri, bermutu dan terukur 3. Memiliki pengetahuan yang menunjang pengambilan keputusan yang cepat dan tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya 4. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan solusi yang tepat dan benar untuk menyelesaikan permasalahan terkait etika bisnis 5. Memiliki konsep teoritis yang kuat untuk menganalisis sistem perusahaan yang mengarah pada budaya etika bisnis KETERAMPILAN UMUM: 1. Berkinerja secara mandiri, bermutu dan terukur 2. Menghasilkan keputusan yang tepat terkait permasalahan etika bisnis dalam perusahaan 3. Mengembangkan solusi yang tepat dan benar dengan memperhatikan perkembangan lingkungan usaha KETERAMPILAN KHUSUS: 1. Menguasai konsep dasar etika, etiket, moral 2. Menguasai konsep etika bisnis dan penerapan dalam bisnis 3. Menguasai konsep teori dalam etika bisnis 4. Memahami tentang keadilan dalam organisasi/perusahaan 5. Memahami tentang prinsip-prinsip dan keutamaan dalam etika bisnis 6. Memahami tentang konsep stakeholder 7. Memahami tentang prinsip dan etika utilitarianisme 8. Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai hak pekerja sesuai etika bisnis dan menerapkan prinsip keadilan dalam bisnis 9. Mahasiswa mengetahui bahwa bisnis perlu mengedepankan perlindungan konsumen 10. Mahasiswa mampu memahami fungsi iklan, persoalan etis periklanan 11. Mahasiswa mampu memahami fungsi iklan, persoalan etis periklanan 12. Menguasai konsep dasar etika profesi 13. Menguasai konsep dan penerapan Corporate Social Responsibility 14. Mahasiswa mengetahui fungsi budaya perusahaan dalam membangun kultur etis
References1. Pengantar Etika Bisnis, Tuntunan & Relevansi, Dr A Sonny Keraf
2. Etika Bisnis, K. Bertens
Details ...
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa agar memiliki pemahaman mengenai nilai-nilai, kesadaran etika, kode etik profesi dan ethical governance dalam bisnis dan profesi. Dalam rangka menyiapkan lulusan manajemen yang beretika tinggi, mata kuliah ini juga membahas isu-isu utama dalam penerapan etika bisnis seperti tata kelola perusahaan yang baik (GCG) dan tanggung jawab sosial (CSR).
Learning OutcomesSIKAP: 1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika 2. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara 3. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik 4. Menjunjung sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri 5. Memiliki integritas terhadap profesinya yang tercermin dalam Brave, Ethical, Tough, Trustworthy, Expert dan Religious PENGETAHUAN: 1. Memiliki pemikiran logis, kritis dan sistematis dan inovatif dalam pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan humaniora sesuai bidang ilmu 2. Memiliki pengetahuan yang mengarahkan pada perilaku kerja mandiri, bermutu dan terukur 3. Memiliki pengetahuan yang menunjang pengambilan keputusan yang cepat dan tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya 4. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan solusi yang tepat dan benar untuk menyelesaikan permasalahan terkait etika bisnis 5. Memiliki konsep teoritis yang kuat untuk menganalisis sistem perusahaan yang mengarah pada budaya etika bisnis KETERAMPILAN UMUM: 1. Berkinerja secara mandiri, bermutu dan terukur 2. Menghasilkan keputusan yang tepat terkait permasalahan etika bisnis dalam perusahaan 3. Mengembangkan solusi yang tepat dan benar dengan memperhatikan perkembangan lingkungan usaha KETERAMPILAN KHUSUS: 1. Menguasai konsep dasar etika, etiket, moral 2. Menguasai konsep etika bisnis dan penerapan dalam bisnis 3. Menguasai konsep teori dalam etika bisnis 4. Memahami tentang keadilan dalam organisasi/perusahaan 5. Memahami tentang prinsip-prinsip dan keutamaan dalam etika bisnis 6. Memahami tentang konsep stakeholder 7. Memahami tentang prinsip dan etika utilitarianisme 8. Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai hak pekerja sesuai etika bisnis dan menerapkan prinsip keadilan dalam bisnis 9. Mahasiswa mengetahui bahwa bisnis perlu mengedepankan perlindungan konsumen 10. Mahasiswa mampu memahami fungsi iklan, persoalan etis periklanan 11. Mahasiswa mampu memahami fungsi iklan, persoalan etis periklanan 12. Menguasai konsep dasar etika profesi 13. Menguasai konsep dan penerapan Corporate Social Responsibility 14. Mahasiswa mengetahui fungsi budaya perusahaan dalam membangun kultur etis
References1. Pengantar Etika Bisnis, Tuntunan & Relevansi, Dr A Sonny Keraf
2. Etika Bisnis, K. Bertens
Details ...
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa agar memiliki pemahaman mengenai nilai-nilai, kesadaran etika, kode etik profesi dan ethical governance dalam bisnis dan profesi. Dalam rangka menyiapkan lulusan manajemen yang beretika tinggi, mata kuliah ini juga membahas isu-isu utama dalam penerapan etika bisnis seperti tata kelola perusahaan yang baik (GCG) dan tanggung jawab sosial (CSR).
Learning OutcomesSIKAP: 1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika 2. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara 3. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik 4. Menjunjung sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri 5. Memiliki integritas terhadap profesinya yang tercermin dalam Brave, Ethical, Tough, Trustworthy, Expert dan Religious PENGETAHUAN: 1. Memiliki pemikiran logis, kritis dan sistematis dan inovatif dalam pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan humaniora sesuai bidang ilmu 2. Memiliki pengetahuan yang mengarahkan pada perilaku kerja mandiri, bermutu dan terukur 3. Memiliki pengetahuan yang menunjang pengambilan keputusan yang cepat dan tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya 4. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan solusi yang tepat dan benar untuk menyelesaikan permasalahan terkait etika bisnis 5. Memiliki konsep teoritis yang kuat untuk menganalisis sistem perusahaan yang mengarah pada budaya etika bisnis KETERAMPILAN UMUM: 1. Berkinerja secara mandiri, bermutu dan terukur 2. Menghasilkan keputusan yang tepat terkait permasalahan etika bisnis dalam perusahaan 3. Mengembangkan solusi yang tepat dan benar dengan memperhatikan perkembangan lingkungan usaha KETERAMPILAN KHUSUS: 1. Menguasai konsep dasar etika, etiket, moral 2. Menguasai konsep etika bisnis dan penerapan dalam bisnis 3. Menguasai konsep teori dalam etika bisnis 4. Memahami tentang keadilan dalam organisasi/perusahaan 5. Memahami tentang prinsip-prinsip dan keutamaan dalam etika bisnis 6. Memahami tentang konsep stakeholder 7. Memahami tentang prinsip dan etika utilitarianisme 8. Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai hak pekerja sesuai etika bisnis dan menerapkan prinsip keadilan dalam bisnis 9. Mahasiswa mengetahui bahwa bisnis perlu mengedepankan perlindungan konsumen 10. Mahasiswa mampu memahami fungsi iklan, persoalan etis periklanan 11. Mahasiswa mampu memahami fungsi iklan, persoalan etis periklanan 12. Menguasai konsep dasar etika profesi 13. Menguasai konsep dan penerapan Corporate Social Responsibility 14. Mahasiswa mengetahui fungsi budaya perusahaan dalam membangun kultur etis
References1. Pengantar Etika Bisnis, Tuntunan & Relevansi, Dr A Sonny Keraf
2. Etika Bisnis, K. Bertens
Details ...
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa agar memiliki pemahaman mengenai nilai-nilai, kesadaran etika, kode etik profesi dan ethical governance dalam bisnis dan profesi. Dalam rangka menyiapkan lulusan manajemen yang beretika tinggi, mata kuliah ini juga membahas isu-isu utama dalam penerapan etika bisnis seperti tata kelola perusahaan yang baik (GCG) dan tanggung jawab sosial (CSR).
Learning OutcomesSIKAP: 1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika 2. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara 3. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik 4. Menjunjung sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri 5. Memiliki integritas terhadap profesinya yang tercermin dalam Brave, Ethical, Tough, Trustworthy, Expert dan Religious PENGETAHUAN: 1. Memiliki pemikiran logis, kritis dan sistematis dan inovatif dalam pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan humaniora sesuai bidang ilmu 2. Memiliki pengetahuan yang mengarahkan pada perilaku kerja mandiri, bermutu dan terukur 3. Memiliki pengetahuan yang menunjang pengambilan keputusan yang cepat dan tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya 4. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan solusi yang tepat dan benar untuk menyelesaikan permasalahan terkait etika bisnis 5. Memiliki konsep teoritis yang kuat untuk menganalisis sistem perusahaan yang mengarah pada budaya etika bisnis KETERAMPILAN UMUM: 1. Berkinerja secara mandiri, bermutu dan terukur 2. Menghasilkan keputusan yang tepat terkait permasalahan etika bisnis dalam perusahaan 3. Mengembangkan solusi yang tepat dan benar dengan memperhatikan perkembangan lingkungan usaha KETERAMPILAN KHUSUS: 1. Menguasai konsep dasar etika, etiket, moral 2. Menguasai konsep etika bisnis dan penerapan dalam bisnis 3. Menguasai konsep teori dalam etika bisnis 4. Memahami tentang keadilan dalam organisasi/perusahaan 5. Memahami tentang prinsip-prinsip dan keutamaan dalam etika bisnis 6. Memahami tentang konsep stakeholder 7. Memahami tentang prinsip dan etika utilitarianisme 8. Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai hak pekerja sesuai etika bisnis dan menerapkan prinsip keadilan dalam bisnis 9. Mahasiswa mengetahui bahwa bisnis perlu mengedepankan perlindungan konsumen 10. Mahasiswa mampu memahami fungsi iklan, persoalan etis periklanan 11. Mahasiswa mampu memahami fungsi iklan, persoalan etis periklanan 12. Menguasai konsep dasar etika profesi 13. Menguasai konsep dan penerapan Corporate Social Responsibility 14. Mahasiswa mengetahui fungsi budaya perusahaan dalam membangun kultur etis
References1. Pengantar Etika Bisnis, Tuntunan & Relevansi, Dr A Sonny Keraf
2. Etika Bisnis, K. Bertens
Details ...
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa agar memiliki pemahaman mengenai nilai-nilai, kesadaran etika, kode etik profesi dan ethical governance dalam bisnis dan profesi. Dalam rangka menyiapkan lulusan manajemen yang beretika tinggi, mata kuliah ini juga membahas isu-isu utama dalam penerapan etika bisnis seperti tata kelola perusahaan yang baik (GCG) dan tanggung jawab sosial (CSR).
Learning OutcomesSIKAP: 1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika 2. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara 3. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik 4. Menjunjung sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri 5. Memiliki integritas terhadap profesinya yang tercermin dalam Brave, Ethical, Tough, Trustworthy, Expert dan Religious PENGETAHUAN: 1. Memiliki pemikiran logis, kritis dan sistematis dan inovatif dalam pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan humaniora sesuai bidang ilmu 2. Memiliki pengetahuan yang mengarahkan pada perilaku kerja mandiri, bermutu dan terukur 3. Memiliki pengetahuan yang menunjang pengambilan keputusan yang cepat dan tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya 4. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan solusi yang tepat dan benar untuk menyelesaikan permasalahan terkait etika bisnis 5. Memiliki konsep teoritis yang kuat untuk menganalisis sistem perusahaan yang mengarah pada budaya etika bisnis KETERAMPILAN UMUM: 1. Berkinerja secara mandiri, bermutu dan terukur 2. Menghasilkan keputusan yang tepat terkait permasalahan etika bisnis dalam perusahaan 3. Mengembangkan solusi yang tepat dan benar dengan memperhatikan perkembangan lingkungan usaha KETERAMPILAN KHUSUS: 1. Menguasai konsep dasar etika, etiket, moral 2. Menguasai konsep etika bisnis dan penerapan dalam bisnis 3. Menguasai konsep teori dalam etika bisnis 4. Memahami tentang keadilan dalam organisasi/perusahaan 5. Memahami tentang prinsip-prinsip dan keutamaan dalam etika bisnis 6. Memahami tentang konsep stakeholder 7. Memahami tentang prinsip dan etika utilitarianisme 8. Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai hak pekerja sesuai etika bisnis dan menerapkan prinsip keadilan dalam bisnis 9. Mahasiswa mengetahui bahwa bisnis perlu mengedepankan perlindungan konsumen 10. Mahasiswa mampu memahami fungsi iklan, persoalan etis periklanan 11. Mahasiswa mampu memahami fungsi iklan, persoalan etis periklanan 12. Menguasai konsep dasar etika profesi 13. Menguasai konsep dan penerapan Corporate Social Responsibility 14. Mahasiswa mengetahui fungsi budaya perusahaan dalam membangun kultur etis
References1. Pengantar Etika Bisnis, Tuntunan & Relevansi, Dr A Sonny Keraf
2. Etika Bisnis, K. Bertens
Details ...
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa agar memiliki pemahaman mengenai nilai-nilai, kesadaran etika, kode etik profesi dan ethical governance dalam bisnis dan profesi. Dalam rangka menyiapkan lulusan manajemen yang beretika tinggi, mata kuliah ini juga membahas isu-isu utama dalam penerapan etika bisnis seperti tata kelola perusahaan yang baik (GCG) dan tanggung jawab sosial (CSR).
Learning OutcomesSIKAP: 1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika 2. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara 3. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik 4. Menjunjung sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri 5. Memiliki integritas terhadap profesinya yang tercermin dalam Brave, Ethical, Tough, Trustworthy, Expert dan Religious PENGETAHUAN: 1. Memiliki pemikiran logis, kritis dan sistematis dan inovatif dalam pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan humaniora sesuai bidang ilmu 2. Memiliki pengetahuan yang mengarahkan pada perilaku kerja mandiri, bermutu dan terukur 3. Memiliki pengetahuan yang menunjang pengambilan keputusan yang cepat dan tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya 4. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan solusi yang tepat dan benar untuk menyelesaikan permasalahan terkait etika bisnis 5. Memiliki konsep teoritis yang kuat untuk menganalisis sistem perusahaan yang mengarah pada budaya etika bisnis KETERAMPILAN UMUM: 1. Berkinerja secara mandiri, bermutu dan terukur 2. Menghasilkan keputusan yang tepat terkait permasalahan etika bisnis dalam perusahaan 3. Mengembangkan solusi yang tepat dan benar dengan memperhatikan perkembangan lingkungan usaha KETERAMPILAN KHUSUS: 1. Menguasai konsep dasar etika, etiket, moral 2. Menguasai konsep etika bisnis dan penerapan dalam bisnis 3. Menguasai konsep teori dalam etika bisnis 4. Memahami tentang keadilan dalam organisasi/perusahaan 5. Memahami tentang prinsip-prinsip dan keutamaan dalam etika bisnis 6. Memahami tentang konsep stakeholder 7. Memahami tentang prinsip dan etika utilitarianisme 8. Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai hak pekerja sesuai etika bisnis dan menerapkan prinsip keadilan dalam bisnis 9. Mahasiswa mengetahui bahwa bisnis perlu mengedepankan perlindungan konsumen 10. Mahasiswa mampu memahami fungsi iklan, persoalan etis periklanan 11. Mahasiswa mampu memahami fungsi iklan, persoalan etis periklanan 12. Menguasai konsep dasar etika profesi 13. Menguasai konsep dan penerapan Corporate Social Responsibility 14. Mahasiswa mengetahui fungsi budaya perusahaan dalam membangun kultur etis
References1. Pengantar Etika Bisnis, Tuntunan & Relevansi, Dr A Sonny Keraf
2. Etika Bisnis, K. Bertens
Details ...
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa agar memiliki pemahaman mengenai nilai-nilai, kesadaran etika, kode etik profesi dan ethical governance dalam bisnis dan profesi. Dalam rangka menyiapkan lulusan manajemen yang beretika tinggi, mata kuliah ini juga membahas isu-isu utama dalam penerapan etika bisnis seperti tata kelola perusahaan yang baik (GCG) dan tanggung jawab sosial (CSR).
Learning OutcomesSIKAP: 1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika 2. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara 3. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik 4. Menjunjung sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri 5. Memiliki integritas terhadap profesinya yang tercermin dalam Brave, Ethical, Tough, Trustworthy, Expert dan Religious PENGETAHUAN: 1. Memiliki pemikiran logis, kritis dan sistematis dan inovatif dalam pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan humaniora sesuai bidang ilmu 2. Memiliki pengetahuan yang mengarahkan pada perilaku kerja mandiri, bermutu dan terukur 3. Memiliki pengetahuan yang menunjang pengambilan keputusan yang cepat dan tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya 4. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan solusi yang tepat dan benar untuk menyelesaikan permasalahan terkait etika bisnis 5. Memiliki konsep teoritis yang kuat untuk menganalisis sistem perusahaan yang mengarah pada budaya etika bisnis KETERAMPILAN UMUM: 1. Berkinerja secara mandiri, bermutu dan terukur 2. Menghasilkan keputusan yang tepat terkait permasalahan etika bisnis dalam perusahaan 3. Mengembangkan solusi yang tepat dan benar dengan memperhatikan perkembangan lingkungan usaha KETERAMPILAN KHUSUS: 1. Menguasai konsep dasar etika, etiket, moral 2. Menguasai konsep etika bisnis dan penerapan dalam bisnis 3. Menguasai konsep teori dalam etika bisnis 4. Memahami tentang keadilan dalam organisasi/perusahaan 5. Memahami tentang prinsip-prinsip dan keutamaan dalam etika bisnis 6. Memahami tentang konsep stakeholder 7. Memahami tentang prinsip dan etika utilitarianisme 8. Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai hak pekerja sesuai etika bisnis dan menerapkan prinsip keadilan dalam bisnis 9. Mahasiswa mengetahui bahwa bisnis perlu mengedepankan perlindungan konsumen 10. Mahasiswa mampu memahami fungsi iklan, persoalan etis periklanan 11. Mahasiswa mampu memahami fungsi iklan, persoalan etis periklanan 12. Menguasai konsep dasar etika profesi 13. Menguasai konsep dan penerapan Corporate Social Responsibility 14. Mahasiswa mengetahui fungsi budaya perusahaan dalam membangun kultur etis
References1. Pengantar Etika Bisnis, Tuntunan & Relevansi, Dr A Sonny Keraf
2. Etika Bisnis, K. Bertens
Details ...
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa agar memiliki pemahaman mengenai nilai-nilai, kesadaran etika, kode etik profesi dan ethical governance dalam bisnis dan profesi. Dalam rangka menyiapkan lulusan manajemen yang beretika tinggi, mata kuliah ini juga membahas isu-isu utama dalam penerapan etika bisnis seperti tata kelola perusahaan yang baik (GCG) dan tanggung jawab sosial (CSR).
Learning OutcomesSIKAP: 1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika 2. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara 3. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik 4. Menjunjung sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri 5. Memiliki integritas terhadap profesinya yang tercermin dalam Brave, Ethical, Tough, Trustworthy, Expert dan Religious PENGETAHUAN: 1. Memiliki pemikiran logis, kritis dan sistematis dan inovatif dalam pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan humaniora sesuai bidang ilmu 2. Memiliki pengetahuan yang mengarahkan pada perilaku kerja mandiri, bermutu dan terukur 3. Memiliki pengetahuan yang menunjang pengambilan keputusan yang cepat dan tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya 4. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan solusi yang tepat dan benar untuk menyelesaikan permasalahan terkait etika bisnis 5. Memiliki konsep teoritis yang kuat untuk menganalisis sistem perusahaan yang mengarah pada budaya etika bisnis KETERAMPILAN UMUM: 1. Berkinerja secara mandiri, bermutu dan terukur 2. Menghasilkan keputusan yang tepat terkait permasalahan etika bisnis dalam perusahaan 3. Mengembangkan solusi yang tepat dan benar dengan memperhatikan perkembangan lingkungan usaha KETERAMPILAN KHUSUS: 1. Menguasai konsep dasar etika, etiket, moral 2. Menguasai konsep etika bisnis dan penerapan dalam bisnis 3. Menguasai konsep teori dalam etika bisnis 4. Memahami tentang keadilan dalam organisasi/perusahaan 5. Memahami tentang prinsip-prinsip dan keutamaan dalam etika bisnis 6. Memahami tentang konsep stakeholder 7. Memahami tentang prinsip dan etika utilitarianisme 8. Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai hak pekerja sesuai etika bisnis dan menerapkan prinsip keadilan dalam bisnis 9. Mahasiswa mengetahui bahwa bisnis perlu mengedepankan perlindungan konsumen 10. Mahasiswa mampu memahami fungsi iklan, persoalan etis periklanan 11. Mahasiswa mampu memahami fungsi iklan, persoalan etis periklanan 12. Menguasai konsep dasar etika profesi 13. Menguasai konsep dan penerapan Corporate Social Responsibility 14. Mahasiswa mengetahui fungsi budaya perusahaan dalam membangun kultur etis
References1. Pengantar Etika Bisnis, Tuntunan & Relevansi, Dr A Sonny Keraf
2. Etika Bisnis, K. Bertens
Details ...
Mata kuliah ini diberikan agar mahasiswa memiliki pemahaman nilai-nilai, kesadaran etika, kode etik profesi akuntan dan ethical governance dalam bisnis dan profesi akuntan. Dalam rangka mempersiapkan akuntan professional yang beretika tinggi, mata kuliah ini juga membahas beberapa isu utama dalam penerapan etika bisnis seperti tata kelola perusahaan yang baik (GCG) dan tanggungjawab sosial perusahaan ( CSR). Selain itu dibahas juga dalam mata kuliah ini konsep dasar etika profesi dan penerapan kode etik akuntan di Indonesia maupun di dunia internasional
Learning Outcomes- Menguasai dan membandingkan konsep dasar etika dan moral, etiket dan hukum
- Menguasai konsep etika bisnis dan penerapan etika dalam bisnis
- Menguasai konsep stakeholder dan stockholder Theory dan penerapannya dalam bisnis
- Menguasai konsep dan penerapan Good Corporate Governance juga menjamin keberlangsungan bisnis
- Menguasai konsep dan penerapan Corporate Social Responsibilityt termasuk pelaporannya
- Menguasai konsep dasar etika profesi dan membandingkan beberapa kode etik profesi
- Menguasai konsep dan penerapan kode etik profesi akuntan di indonesia
- Menguasai konsep dan penerapan kode etik profesi akuntan internasional (CP8)
- Menguasai berbagai regulasi yang terkait dengan profesi akuntan di Indonesia dan Dunia (CP9)
- Sukrisno Agoes, Etika Bisnis dan Profesi, 2009
Details ...
Mata kuliah ini diberikan agar mahasiswa memiliki pemahaman nilai-nilai, kesadaran etika, kode etik profesi akuntan dan ethical governance dalam bisnis dan profesi akuntan. Dalam rangka mempersiapkan akuntan professional yang beretika tinggi, mata kuliah ini juga membahas beberapa isu utama dalam penerapan etika bisnis seperti tata kelola perusahaan yang baik (GCG) dan tanggungjawab sosial perusahaan ( CSR). Selain itu dibahas juga dalam mata kuliah ini konsep dasar etika profesi dan penerapan kode etik akuntan di Indonesia maupun di dunia internasional
Learning Outcomes- Menguasai dan membandingkan konsep dasar etika dan moral, etiket dan hukum
- Menguasai konsep etika bisnis dan penerapan etika dalam bisnis
- Menguasai konsep stakeholder dan stockholder Theory dan penerapannya dalam bisnis
- Menguasai konsep dan penerapan Good Corporate Governance juga menjamin keberlangsungan bisnis
- Menguasai konsep dan penerapan Corporate Social Responsibilityt termasuk pelaporannya
- Menguasai konsep dasar etika profesi dan membandingkan beberapa kode etik profesi
- Menguasai konsep dan penerapan kode etik profesi akuntan di indonesia
- Menguasai konsep dan penerapan kode etik profesi akuntan internasional (CP8)
- Menguasai berbagai regulasi yang terkait dengan profesi akuntan di Indonesia dan Dunia (CP9)
- Sukrisno Agoes, Etika Bisnis dan Profesi, 2009
Details ...
Mata kuliah ini diberikan agar mahasiswa memiliki pemahaman nilai-nilai, kesadaran etika, kode etik profesi akuntan dan ethical governance dalam bisnis dan profesi akuntan. Dalam rangka mempersiapkan akuntan professional yang beretika tinggi, mata kuliah ini juga membahas beberapa isu utama dalam penerapan etika bisnis seperti tata kelola perusahaan yang baik (GCG) dan tanggungjawab sosial perusahaan ( CSR). Selain itu dibahas juga dalam mata kuliah ini konsep dasar etika profesi dan penerapan kode etik akuntan di Indonesia maupun di dunia internasional
Learning Outcomes- Menguasai dan membandingkan konsep dasar etika dan moral, etiket dan hukum
- Menguasai konsep etika bisnis dan penerapan etika dalam bisnis
- Menguasai konsep stakeholder dan stockholder Theory dan penerapannya dalam bisnis
- Menguasai konsep dan penerapan Good Corporate Governance juga menjamin keberlangsungan bisnis
- Menguasai konsep dan penerapan Corporate Social Responsibilityt termasuk pelaporannya
- Menguasai konsep dasar etika profesi dan membandingkan beberapa kode etik profesi
- Menguasai konsep dan penerapan kode etik profesi akuntan di indonesia
- Menguasai konsep dan penerapan kode etik profesi akuntan internasional (CP8)
- Menguasai berbagai regulasi yang terkait dengan profesi akuntan di Indonesia dan Dunia (CP9)
- Sukrisno Agoes, Etika Bisnis dan Profesi, 2009
Details ...