Courser in English | TEACHING MEDIA |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 50 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Media pembelajaran ini mendeskripsikan tentang Hakekat media pembelajaran, jenis dan karakteristik media pembelajaran, prinsip pemilihan dan pengembangan media belajar, pengembangan desain dan pengembangan produk.serta pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran SD, pengembangan pusat media pembelajaran di SD.
Learning OutcomesMahasiswa dapat menguasai berbagai hal yang terkait dengan pengembangaan media pembelajaran, dapat membuat instrumen validasi media pembelajaran, membuat, mengembangkan atau menciptakan media pembelajaran serta dapat menggunakannya dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif di Sekolah Dasar.
References- Buku wajib.
- Hernawan, Asep Herry. 2007. Media Pembelajaran Sekolah Dasar. UPI Press: Bandung.
- Buku anjuran
- Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
- Suherman, Erman. 2003. strategi pembelajaran Matematika kontemporer. UPI Press: Bandung
Details ...
Mata kuliah akan membahas berbagai hal terkait media pembelajaran SD diantaranya : hakekat media pembelajaran, jenis dan karakteristik media pembelajaran, pemilihan media, perencanaan media pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran SD, pengembangan pusat media di SD
Learning Outcomes-
-
- Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar.
- Memiliki kemampuan mengenal dan menguasai karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis
-
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Hernawan, Asep Herry. 2007. Media Pembelajaran Sekolah Dasar. UPI Press: Bandung.
Ismail. 2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT Press: Jakarta
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. UPI Press: Bandung
Details ...
Mata kuliah Media dan Sumber Belajar ini mendeskripsikan tentang Hakekat sumber belajar dan media pembelajaran, jenis dan karakteristik sumber belajar dan media pembelajaran, prinsip pemilihan dan pengembangan sumber belajar dan media belajar, pengembangan desain dan pengembangan produk.serta pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran SD, pengembangan pusat sumber belajar dan media di SD |
Mahasiswa dapat menguasai berbagai hal yang terkait dengan pengembangaan sumber belajar dan media pembelajaran, dapat membuat instrumen validasi sumber belajar dan media pembelajaran, membuat, mengembangkan atau menciptakan sumber belajar dan media pembelajaran serta dapat menggunakannya dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif di Sekolah Dasar.
References
- Buku wajib.
Hernawan, Asep Herry. 2007. Media Pembelajaran Sekolah Dasar. UPI Press: Bandung.
- Buku anjuran
- Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
- Suherman, Erman. 2003. strategi pembelajaran Matematika kontemporer. UPI Press: Bandung
Details ...
Dosen : 1. Rofian S. Pd, M. Pd , 2. Singgih Adhi Prasetyo S.Sn.,M.Pd
Hakekat media pembelajaran, jenis dan karakteristik media pembelajaran, prinsip pemilihan dan pengembangan media belajar, pengembangan desain dan pengembangan produk.serta pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran SD, pengembangan pusat media di SD
Learning OutcomesMahasiswa dapat menguasai berbagai hal yang terkait dengan pengembangaan media pembelajaran, dapat membuat instrumen validasi media pembelajaran, membuat, mengembangkan atau menciptakan media pembelajaran serta dapat menggunakannya dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif di Sekolah Dasar.
ReferencesArsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Hernawan, Asep Herry. 2007. Media Pembelajaran Sekolah Dasar. UPI Press: Bandung.
Prima, Filia, dkk. 2017. Media Pembelajaran. UPGRIS: Semarang.
Details ...
Dosen : 1. Rofian S. Pd, M. Pd , 2. Singgih Adhi Prasetyo S.Sn.,M.Pd
Hakekat media pembelajaran, jenis dan karakteristik media pembelajaran, prinsip pemilihan dan pengembangan media belajar, pengembangan desain dan pengembangan produk.serta pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran SD, pengembangan pusat media di SD
Learning OutcomesMahasiswa dapat menguasai berbagai hal yang terkait dengan pengembangaan media pembelajaran, dapat membuat instrumen validasi media pembelajaran, membuat, mengembangkan atau menciptakan media pembelajaran serta dapat menggunakannya dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif di Sekolah Dasar.
ReferencesArsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Hernawan, Asep Herry. 2007. Media Pembelajaran Sekolah Dasar. UPI Press: Bandung.
Prima, Filia, dkk. 2017. Media Pembelajaran. UPGRIS: Semarang.
Details ...
Dosen : 1. Rofian S. Pd, M. Pd , 2. Singgih Adhi Prasetyo S.Sn.,M.Pd
Hakekat media pembelajaran, jenis dan karakteristik media pembelajaran, prinsip pemilihan dan pengembangan media belajar, pengembangan desain dan pengembangan produk.serta pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran SD, pengembangan pusat media di SD
Learning OutcomesMahasiswa dapat menguasai berbagai hal yang terkait dengan pengembangaan media pembelajaran, dapat membuat instrumen validasi media pembelajaran, membuat, mengembangkan atau menciptakan media pembelajaran serta dapat menggunakannya dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif di Sekolah Dasar.
ReferencesArsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Hernawan, Asep Herry. 2007. Media Pembelajaran Sekolah Dasar. UPI Press: Bandung.
Prima, Filia, dkk. 2017. Media Pembelajaran. UPGRIS: Semarang.
Details ...
Dosen : 1. Singgih Adhi Prasetyo S.Sn.,M.Pd , 2. Rofian S. Pd, M. Pd
Mata kuliah Media pembelajaran ini mendeskripsikan tentang Hakekat media pembelajaran, jenis dan karakteristik media pembelajaran, prinsip pemilihan dan pengembangan media belajar, pengembangan desain dan pengembangan produk.serta pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran SD, pengembangan pusat media pembelajaran di SD
Learning OutcomesMahasiswa dapat menguasai berbagai hal yang terkait dengan pengembangaan media pembelajaran, dapat membuat instrumen validasi media pembelajaran, membuat, mengembangkan atau menciptakan media pembelajaran serta dapat menggunakannya dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif di Sekolah Dasar.
References1.Buku wajib.
Hernawan, Asep Herry. 2007. Media Pembelajaran Sekolah Dasar. UPI Press: Bandung.
Prima, Filia, dkk. 2017. Media Pembelajran. UPGRIS. Semarang.
2.Buku anjuran
- Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
- Suherman, Erman. 2003. strategi pembelajaran Matematika kontemporer. UPI Press: Bandung
Details ...
Dosen : 1. Singgih Adhi Prasetyo S.Sn.,M.Pd , 2. Rofian S. Pd, M. Pd
Mata kuliah Media pembelajaran ini mendeskripsikan tentang Hakekat media pembelajaran, jenis dan karakteristik media pembelajaran, prinsip pemilihan dan pengembangan media belajar, pengembangan desain dan pengembangan produk.serta pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran SD, pengembangan pusat media pembelajaran di SD
Learning OutcomesMahasiswa dapat menguasai berbagai hal yang terkait dengan pengembangaan media pembelajaran, dapat membuat instrumen validasi media pembelajaran, membuat, mengembangkan atau menciptakan media pembelajaran serta dapat menggunakannya dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif di Sekolah Dasar.
References1.Buku wajib.
Hernawan, Asep Herry. 2007. Media Pembelajaran Sekolah Dasar. UPI Press: Bandung.
Prima, Filia, dkk. 2017. Media Pembelajran. UPGRIS. Semarang.
2.Buku anjuran
- Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
- Suherman, Erman. 2003. strategi pembelajaran Matematika kontemporer. UPI Press: Bandung
Details ...
Mata kuliah Media pembelajaran ini mendeskripsikan tentang Hakekat media pembelajaran, jenis dan karakteristik media pembelajaran, prinsip pemilihan dan pengembangan media belajar, pengembangan desain dan pengembangan produk.serta pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran SD, pengembangan pusat media pembelajaran di SD
Learning OutcomesMahasiswa dapat menguasai berbagai hal yang terkait dengan pengembangaan media pembelajaran, dapat membuat instrumen validasi media pembelajaran, membuat, mengembangkan atau menciptakan media pembelajaran serta dapat menggunakannya dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif di Sekolah Dasar.
References1.Buku wajib.
Hernawan, Asep Herry. 2007. Media Pembelajaran Sekolah Dasar. UPI Press: Bandung.
Prima, Filia, dkk. 2017. Media Pembelajran. UPGRIS. Semarang.
2.Buku anjuran
- Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
- Suherman, Erman. 2003. strategi pembelajaran Matematika kontemporer. UPI Press: Bandung
Details ...
Mata kuliah Media pembelajaran ini mendeskripsikan tentang Hakekat media pembelajaran, jenis dan karakteristik media pembelajaran, prinsip pemilihan dan pengembangan media belajar, pengembangan desain dan pengembangan produk.serta pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran SD, pengembangan pusat media pembelajaran di SD
Learning OutcomesMahasiswa dapat menguasai berbagai hal yang terkait dengan pengembangaan media pembelajaran, dapat membuat instrumen validasi media pembelajaran, membuat, mengembangkan atau menciptakan media pembelajaran serta dapat menggunakannya dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif di Sekolah Dasar.
References1.Buku wajib.
Hernawan, Asep Herry. 2007. Media Pembelajaran Sekolah Dasar. UPI Press: Bandung.
Prima, Filia, dkk. 2017. Media Pembelajran. UPGRIS. Semarang.
2.Buku anjuran
- Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
- Suherman, Erman. 2003. strategi pembelajaran Matematika kontemporer. UPI Press: Bandung
Details ...
Mata kuliah Media dan Sumber Belajar ini mendeskripsikan tentang Hakekat sumber belajar dan media pembelajaran, jenis dan karakteristik sumber belajar dan media pembelajaran, prinsip pemilihan dan pengembangan sumber belajar dan media belajar, pengembangan desain dan pengembangan produk.serta pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran SD, pengembangan pusat sumber belajar dan media di SD
Learning OutcomesMahasiswa dapat menguasai berbagai hal yang terkait dengan pengembangaan sumber belajar dan media pembelajaran, dapat membuat instrumen validasi sumber belajar dan media pembelajaran, membuat, mengembangkan atau menciptakan sumber belajar dan media pembelajaran serta dapat menggunakannya dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif di Sekolah Dasar.
References- Buku wajib.
Hernawan, Asep Herry. 2007. Media Pembelajaran Sekolah Dasar. UPI Press: Bandung.
- Buku anjuran
- Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
- Suherman, Erman. 2003. strategi pembelajaran Matematika kontemporer. UPI Press: Bandung
Details ...
Mata kuliah Media dan Sumber Belajar ini mendeskripsikan tentang Hakekat sumber belajar dan media pembelajaran, jenis dan karakteristik sumber belajar dan media pembelajaran, prinsip pemilihan dan pengembangan sumber belajar dan media belajar, pengembangan desain dan pengembangan produk.serta pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran SD, pengembangan pusat sumber belajar dan media di SD
Learning OutcomesMahasiswa dapat menguasai berbagai hal yang terkait dengan pengembangaan sumber belajar dan media pembelajaran, dapat membuat instrumen validasi sumber belajar dan media pembelajaran, membuat, mengembangkan atau menciptakan sumber belajar dan media pembelajaran serta dapat menggunakannya dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif di Sekolah Dasar.
References- Buku wajib.
Hernawan, Asep Herry. 2007. Media Pembelajaran Sekolah Dasar. UPI Press: Bandung.
- Buku anjuran
- Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
- Suherman, Erman. 2003. strategi pembelajaran Matematika kontemporer. UPI Press: Bandung
Details ...