Courser in English | Educational Research Methodology |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Dalam usaha meningkatkan suasana akademik dikampus serta dalam upaya memadai penyajian pengalaman belajar yang menumbuhkan sikap, kemampuan & keterampilan meneliti mahasiswa, maka mata kuliah Metodologi Penelitian merupakan hal yang esensial. Di samping mengembangkan penguasaan materi, mata kuliah Metodologi Penelitian juga diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang menunbuhkan sikap, kemampuan & keterampilan meneliti pada mahasiswa.
Learning OutcomesSetelah mengikuti Mata Kuliah ini mahasiswa mampu menjabarkan pengetahuan tentang dasar-dasar metode penelitian, dapat menyusun proposal dan melaksanakan penelitian untuk tugas akhir.
ReferencesAchmad Sanusi. 1991. PIH dan PTHI. Bandung : Tarsito.
Agus Salim. 2001. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta : Tiara Wacana.
Amiruddin & Zainal Asikin. 2004. Pengantar Metode Penelitian Hukum. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Depdagri. 2000. Metode penelitian social. Jakarta: Badan litbang Depdagri.
Fred Kerlinger. 2002. Asas-asas penelitian behavioral. Yogyakarta: UGM press.
Harrison. Lisa. 2007. Metodologi Penelitian Politik (Political Research : An Introduction). Terj. Tri Wibowo. Jakarta : KENCANA Prenada media Group.
Kweit & Kweit. 1986, Konsep dan Metode Analisa Politik. (Conceps and Methods for Political Analysis) Terj. Ratnawati, Jakarta : Bina Aksara.
Lexy J. Moleong. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
Masri Singarimbun. 1999. Metode penelitian survey. Jakarta: LP3ES.
Nasiwan. 2007. Teori – Teori Politik. Yogyakarta : Kerjasama FISE : dengan UNY Press
Ramlan Suebakti. 1955. Teori dalam Penelitian Ilmu Sosial. dalam Bagong Suyanto, dkk. ed. Metode Penelitian Sosial. Surabaya: Kerjasama Balai Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia FISIPOL UNAIR dengan Airlangga University Press.
Santosa Murwani. 2005. Metodologi penelitian ilmiah. Jakarta: Pps UHAMKA.
Suharsimi Arikunto. 1998. Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Sumadi Suryabrata. 1997. Metodologi penelitian. Jakarta: Raja grafindo.
Details ...
Secara umum mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang konsep dasar dan praktik penelelitian pendidikan baik kuantitatif maupun kualitatif. Secara khusus tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa dapat, memahami konsep dasar penelitian pendidikan, memahami konsep ragam penelitian pendidikan, memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian kuantitatif, memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian kualitatif, memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian tindakan kelas, memahami dan mengaplikasikan konsep proposal dan laporan penelitian.
Learning OutcomesSecara umum mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang konsep dasar dan praktik penelelitian pendidikan baik kuantitatif maupun kualitatif. Secara khusus tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa dapat, memahami konsep dasar penelitian pendidikan, memahami konsep ragam penelitian pendidikan, memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian kuantitatif, memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian kualitatif, memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian tindakan kelas, memahami dan mengaplikasikan konsep proposal dan laporan penelitian.
References
Alwasilah, A. C. 2008.PokoknyaKualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya.
Ary,
.
Krathwohl, D.R. 1998. Methods of Educational & Social Science Research An Integrated Approach. New York: Longman.
Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Moleong, L. J. 2001. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosydakarya.
O’ Brien, R. 1998. An Overview of the Methodological Approach of Action Research. Toronto: University of Toronto
Sugiyono. 1997. StatistikaUntukPenelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2007. MetodePenelitianPendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2009. MemahamiPenelitianKualitatif. Bandung: Alfabeta. Sukmadinata, N.S.. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:RemajaRosdakarya
Wallace, M.J. 2000. Action Research for Language Classroom. New York: Cambridge University Press.
Details ...