Metodologi Penelitian Kependidikan, Curriculum : 2014


Courser in EnglishEducational Research Methodology
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
SKS2 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Dalam usaha meningkatkan suasana akademik dikampus serta dalam upaya memadai penyajian pengalaman belajar yang menumbuhkan sikap, kemampuan & keterampilan meneliti mahasiswa, maka mata kuliah Metodologi Penelitian merupakan hal yang esensial. Di samping mengembangkan penguasaan materi, mata kuliah Metodologi Penelitian juga diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang menunbuhkan sikap, kemampuan & keterampilan meneliti pada mahasiswa.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti Mata Kuliah ini mahasiswa mampu menjabarkan pengetahuan tentang dasar-dasar metode penelitian, dapat menyusun proposal dan melaksanakan penelitian untuk tugas akhir.

References

Achmad Sanusi. 1991. PIH dan PTHI. Bandung : Tarsito.

Agus Salim. 2001. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta : Tiara Wacana.

Amiruddin & Zainal Asikin. 2004. Pengantar Metode Penelitian Hukum. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Depdagri. 2000. Metode penelitian social. Jakarta: Badan litbang Depdagri.

Fred Kerlinger. 2002. Asas-asas penelitian behavioral. Yogyakarta: UGM press.

Harrison. Lisa. 2007. Metodologi  Penelitian Politik (Political Research : An Introduction). Terj. Tri Wibowo. Jakarta : KENCANA Prenada media Group.

Kweit & Kweit. 1986, Konsep dan Metode Analisa Politik. (Conceps and Methods for Political Analysis) Terj. Ratnawati, Jakarta : Bina Aksara.

Lexy J. Moleong. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Masri Singarimbun. 1999. Metode penelitian survey. Jakarta: LP3ES.

Nasiwan. 2007. Teori – Teori Politik. Yogyakarta : Kerjasama FISE : dengan UNY Press

Ramlan Suebakti. 1955. Teori dalam Penelitian Ilmu Sosial. dalam Bagong Suyanto, dkk. ed. Metode Penelitian Sosial. Surabaya: Kerjasama Balai Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia FISIPOL UNAIR dengan Airlangga University Press.

Santosa Murwani. 2005. Metodologi penelitian ilmiah. Jakarta: Pps UHAMKA.

Suharsimi Arikunto. 1998. Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Sumadi Suryabrata. 1997. Metodologi penelitian. Jakarta: Raja grafindo.


Details ...
Course Descriptions

Secara umum mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang konsep dasar dan praktik penelelitian pendidikan baik kuantitatif maupun kualitatif. Secara khusus tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa dapat, memahami konsep dasar penelitian pendidikan, memahami konsep ragam penelitian pendidikan, memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian kuantitatif, memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian kualitatif, memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian tindakan kelas, memahami dan mengaplikasikan konsep proposal dan laporan penelitian.

Learning Outcomes

Secara umum mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang konsep dasar dan praktik penelelitian pendidikan baik kuantitatif maupun kualitatif. Secara khusus tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa dapat, memahami konsep dasar penelitian pendidikan, memahami konsep ragam penelitian pendidikan, memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian kuantitatif, memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian kualitatif, memahami dan mengaplikasikan konsep desain penelitian tindakan kelas, memahami dan mengaplikasikan konsep proposal dan laporan penelitian.

References

 

Alwasilah, A. C. 2008.PokoknyaKualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya.

Ary,                    

.

Krathwohl, D.R. 1998. Methods of Educational & Social Science Research An Integrated Approach. New York:  Longman.

Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Moleong, L. J. 2001. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosydakarya.

O’ Brien, R. 1998. An Overview of the Methodological Approach of Action Research. Toronto: University of Toronto

Sugiyono.  1997.  StatistikaUntukPenelitian.  Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2007. MetodePenelitianPendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. MemahamiPenelitianKualitatif. Bandung: Alfabeta. Sukmadinata,                               N.S..           2006.          Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:RemajaRosdakarya

Wallace, M.J. 2000. Action Research for Language Classroom. New York: Cambridge University Press.


Details ...