Courser in English | LABORATORY MANAGEMENT |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 15 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Dosen : 1. Ferina Agustini M.Pd , 2. Fajar Cahyadi S.Pd., M.Pd
Mahasiswa dapat mengkaji manajerial laboratorium ke SD an, keprofesionalan pengelolaan laboratorium ke SD an, administrasi pengelolaan laboratorium ke SD an, SOP, tata tertib, penyusunan SOP laboratorium ke SD, prosedur keselamatan laboratorium ke SD an, pemantauan ke lokasi laboratorium ke SD an di sekolah.
Capaian Pembelajaran Sikap
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD
Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
Anonim. (2005). Materi Pelatihan Manajemen Laboratorium.
Betty Aldea.(2014) . Pengelolaan Laboratorium
Kertiasa, N. (2006). Laboratorium Sekolah dan Pengelolaannya. Bandung: Pudak Scientific.
Rosada, Raharjo, dkk. (2017). Panduan Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium IPA. Kemdikbud Dirjen Dikdas dan SMP
Sekarwinahyu, Misteka. (2001). Manajemen Laboratorium.
Sutara, T & Sahromi, M. (1999). Pengelolaan Laboratorium I (BMP 10) dan Pengelolaan Laboratorium II (BMP 11) dalam Buku Materi Pokok Pengelolaan Pengajaran Biologi (PBIO 4470). Jakarta: Universitas Terbuka.
Tim Penyusun Pusat & Daerah Dinkes.2015.Standar Laboratorium Tenaga Gizi. Jakarta : Pusadiklat Tenaga Kesehatan.
Yusnowati, Sri. (2011). Persyaratan dan Standar Laboratorium.
Details ...
Dosen : 1. Fajar Cahyadi S.Pd., M.Pd , 2. Ferina Agustini M.Pd
Mahasiswa dapat mengkaji manajerial laboratorium ke SD an, keprofesionalan pengelolaan laboratorium ke SD an, administrasi pengelolaan laboratorium ke SD an, SOP, tata tertib, penyusunan SOP laboratorium ke SD, prosedur keselamatan laboratorium ke SD an, pemantauan ke lokasi laboratorium ke SD an di sekolah.
Capaian Pembelajaran Sikap
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD
Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
Anonim. (2005). Materi Pelatihan Manajemen Laboratorium.
Betty Aldea.(2014) . Pengelolaan Laboratorium
Kertiasa, N. (2006). Laboratorium Sekolah dan Pengelolaannya. Bandung: Pudak Scientific.
Rosada, Raharjo, dkk. (2017). Panduan Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium IPA. Kemdikbud Dirjen Dikdas dan SMP
Sekarwinahyu, Misteka. (2001). Manajemen Laboratorium.
Sutara, T & Sahromi, M. (1999). Pengelolaan Laboratorium I (BMP 10) dan Pengelolaan Laboratorium II (BMP 11) dalam Buku Materi Pokok Pengelolaan Pengajaran Biologi (PBIO 4470). Jakarta: Universitas Terbuka.
Tim Penyusun Pusat & Daerah Dinkes.2015.Standar Laboratorium Tenaga Gizi. Jakarta : Pusadiklat Tenaga Kesehatan.
Yusnowati, Sri. (2011). Persyaratan dan Standar Laboratorium.
Details ...
Dosen : 1. Fajar Cahyadi S.Pd., M.Pd , 2. Ferina Agustini M.Pd
Mahasiswa dapat mengkaji manajerial laboratorium ke SD an, keprofesionalan pengelolaan laboratorium ke SD an, administrasi pengelolaan laboratorium ke SD an, SOP, tata tertib, penyusunan SOP laboratorium ke SD, prosedur keselamatan laboratorium ke SD an, pemantauan ke lokasi laboratorium ke SD an di sekolah.
Capaian Pembelajaran Sikap
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD
Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
Anonim. (2005). Materi Pelatihan Manajemen Laboratorium.
Betty Aldea.(2014) . Pengelolaan Laboratorium
Kertiasa, N. (2006). Laboratorium Sekolah dan Pengelolaannya. Bandung: Pudak Scientific.
Rosada, Raharjo, dkk. (2017). Panduan Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium IPA. Kemdikbud Dirjen Dikdas dan SMP
Sekarwinahyu, Misteka. (2001). Manajemen Laboratorium.
Sutara, T & Sahromi, M. (1999). Pengelolaan Laboratorium I (BMP 10) dan Pengelolaan Laboratorium II (BMP 11) dalam Buku Materi Pokok Pengelolaan Pengajaran Biologi (PBIO 4470). Jakarta: Universitas Terbuka.
Tim Penyusun Pusat & Daerah Dinkes.2015.Standar Laboratorium Tenaga Gizi. Jakarta : Pusadiklat Tenaga Kesehatan.
Yusnowati, Sri. (2011). Persyaratan dan Standar Laboratorium.
Details ...
Dosen : 1. Fajar Cahyadi S.Pd., M.Pd , 2. Ferina Agustini M.Pd
Mahasiswa dapat mengkaji manajerial laboratorium ke SD an, keprofesionalan pengelolaan laboratorium ke SD an, administrasi pengelolaan laboratorium ke SD an, SOP, tata tertib, penyusunan SOP laboratorium ke SD, prosedur keselamatan laboratorium ke SD an, pemantauan ke lokasi laboratorium ke SD an di sekolah.
Capaian Pembelajaran Sikap
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD
Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
Anonim. (2005). Materi Pelatihan Manajemen Laboratorium.
Betty Aldea.(2014) . Pengelolaan Laboratorium
Kertiasa, N. (2006). Laboratorium Sekolah dan Pengelolaannya. Bandung: Pudak Scientific.
Rosada, Raharjo, dkk. (2017). Panduan Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium IPA. Kemdikbud Dirjen Dikdas dan SMP
Sekarwinahyu, Misteka. (2001). Manajemen Laboratorium.
Sutara, T & Sahromi, M. (1999). Pengelolaan Laboratorium I (BMP 10) dan Pengelolaan Laboratorium II (BMP 11) dalam Buku Materi Pokok Pengelolaan Pengajaran Biologi (PBIO 4470). Jakarta: Universitas Terbuka.
Tim Penyusun Pusat & Daerah Dinkes.2015.Standar Laboratorium Tenaga Gizi. Jakarta : Pusadiklat Tenaga Kesehatan.
Yusnowati, Sri. (2011). Persyaratan dan Standar Laboratorium.
Details ...
Mahasiswa dapat mengkaji manajerial laboratorium ke SD an, keprofesionalan pengelolaan laboratorium ke SD an, administrasi pengelolaan laboratorium ke SD an, SOP, tata tertib, penyusunan SOP laboratorium ke SD, prosedur keselamatan laboratorium ke SD an, pemantauan ke lokasi laboratorium ke SD an di sekolah.
Capaian Pembelajaran Sikap
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD
Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
Anonim. (2005). Materi Pelatihan Manajemen Laboratorium.
Betty Aldea.(2014) . Pengelolaan Laboratorium
Kertiasa, N. (2006). Laboratorium Sekolah dan Pengelolaannya. Bandung: Pudak Scientific.
Rosada, Raharjo, dkk. (2017). Panduan Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium IPA. Kemdikbud Dirjen Dikdas dan SMP
Sekarwinahyu, Misteka. (2001). Manajemen Laboratorium.
Sutara, T & Sahromi, M. (1999). Pengelolaan Laboratorium I (BMP 10) dan Pengelolaan Laboratorium II (BMP 11) dalam Buku Materi Pokok Pengelolaan Pengajaran Biologi (PBIO 4470). Jakarta: Universitas Terbuka.
Tim Penyusun Pusat & Daerah Dinkes.2015.Standar Laboratorium Tenaga Gizi. Jakarta : Pusadiklat Tenaga Kesehatan.
Yusnowati, Sri. (2011). Persyaratan dan Standar Laboratorium.
Details ...
Dosen : 1. Fajar Cahyadi S.Pd., M.Pd , 2. Ferina Agustini M.Pd
Mahasiswa dapat mengkaji manajerial laboratorium ke SD an, keprofesionalan pengelolaan laboratorium ke SD an, administrasi pengelolaan laboratorium ke SD an, SOP, tata tertib, penyusunan SOP laboratorium ke SD, prosedur keselamatan laboratorium ke SD an, pemantauan ke lokasi laboratorium ke SD an di sekolah.
Capaian Pembelajaran Sikap
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD
Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
Anonim. (2005). Materi Pelatihan Manajemen Laboratorium.
Betty Aldea.(2014) . Pengelolaan Laboratorium
Kertiasa, N. (2006). Laboratorium Sekolah dan Pengelolaannya. Bandung: Pudak Scientific.
Rosada, Raharjo, dkk. (2017). Panduan Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium IPA. Kemdikbud Dirjen Dikdas dan SMP
Sekarwinahyu, Misteka. (2001). Manajemen Laboratorium.
Sutara, T & Sahromi, M. (1999). Pengelolaan Laboratorium I (BMP 10) dan Pengelolaan Laboratorium II (BMP 11) dalam Buku Materi Pokok Pengelolaan Pengajaran Biologi (PBIO 4470). Jakarta: Universitas Terbuka.
Tim Penyusun Pusat & Daerah Dinkes.2015.Standar Laboratorium Tenaga Gizi. Jakarta : Pusadiklat Tenaga Kesehatan.
Yusnowati, Sri. (2011). Persyaratan dan Standar Laboratorium.
Details ...
Mahasiswa dapat mengkaji manajerial laboratorium ke SD an, keprofesionalan pengelolaan laboratorium ke SD an, administrasi pengelolaan laboratorium ke SD an, SOP, tata tertib, penyusunan SOP laboratorium ke SD, prosedur keselamatan laboratorium ke SD an, pemantauan ke lokasi laboratorium ke SD an di sekolah.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Sikap
-
-
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
-
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD
- Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
ReferencesDAFTAR PUSTAKA
Anonim. (2005). Materi Pelatihan Manajemen Laboratorium.
Betty Aldea.(2014) . Pengelolaan Laboratorium
http://labpgsdupgris.blogspot.com/. Diunduh tanggal 31 Agustus 2018
Kertiasa, N. (2006). Laboratorium Sekolah dan Pengelolaannya. Bandung:
Pudak Scientific.
Rosada, Raharjo, dkk. (2017). Panduan Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium IPA. Kemdikbud Dirjen Dikdas dan SMP
Sekarwinahyu, Misteka. (2001). Manajemen Laboratorium.
Sutara, T & Sahromi, M. (1999). Pengelolaan Laboratorium I (BMP 10) dan Pengelolaan Laboratorium II (BMP 11) dalam Buku Materi Pokok Pengelolaan Pengajaran Biologi (PBIO 4470). Jakarta: Universitas Terbuka.
The National Science Teacher Association. Laboratory Science. Tersedia:
http://www.nsta.org . [19-0102007].
Tim Penyusun Pusat & Daerah Dinkes.2015.Standar Laboratorium Tenaga Gizi. Jakarta : Pusadiklat Tenaga Kesehatan.
Yusnowati, Sri. (2011). Persyaratan dan Standar Laboratorium.
Details ...
Mahasiswa dapat mengkaji manajerial laboratorium ke SD an, keprofesionalan pengelolaan laboratorium ke SD an, administrasi pengelolaan laboratorium ke SD an, SOP, tata tertib, penyusunan SOP laboratorium ke SD, prosedur keselamatan laboratorium ke SD an, pemantauan ke lokasi laboratorium ke SD an di sekolah.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Sikap
-
-
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
-
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD
- Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
ReferencesDAFTAR PUSTAKA
Anonim. (2005). Materi Pelatihan Manajemen Laboratorium.
Betty Aldea.(2014) . Pengelolaan Laboratorium
http://labpgsdupgris.blogspot.com/. Diunduh tanggal 31 Agustus 2018
Kertiasa, N. (2006). Laboratorium Sekolah dan Pengelolaannya. Bandung:
Pudak Scientific.
Rosada, Raharjo, dkk. (2017). Panduan Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium IPA. Kemdikbud Dirjen Dikdas dan SMP
Sekarwinahyu, Misteka. (2001). Manajemen Laboratorium.
Sutara, T & Sahromi, M. (1999). Pengelolaan Laboratorium I (BMP 10) dan Pengelolaan Laboratorium II (BMP 11) dalam Buku Materi Pokok Pengelolaan Pengajaran Biologi (PBIO 4470). Jakarta: Universitas Terbuka.
The National Science Teacher Association. Laboratory Science. Tersedia:
http://www.nsta.org . [19-0102007].
Tim Penyusun Pusat & Daerah Dinkes.2015.Standar Laboratorium Tenaga Gizi. Jakarta : Pusadiklat Tenaga Kesehatan.
Yusnowati, Sri. (2011). Persyaratan dan Standar Laboratorium.
Details ...
Mahasiswa dapat mengkaji manajerial laboratorium ke SD an, keprofesionalan pengelolaan laboratorium ke SD an, administrasi pengelolaan laboratorium ke SD an, SOP, tata tertib, penyusunan SOP laboratorium ke SD, prosedur keselamatan laboratorium ke SD an, pemantauan ke lokasi laboratorium ke SD an di sekolah.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Sikap
-
-
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
-
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD
- Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
ReferencesDAFTAR PUSTAKA
Anonim. (2005). Materi Pelatihan Manajemen Laboratorium.
Betty Aldea.(2014) . Pengelolaan Laboratorium
http://labpgsdupgris.blogspot.com/. Diunduh tanggal 31 Agustus 2018
Kertiasa, N. (2006). Laboratorium Sekolah dan Pengelolaannya. Bandung:
Pudak Scientific.
Rosada, Raharjo, dkk. (2017). Panduan Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium IPA. Kemdikbud Dirjen Dikdas dan SMP
Sekarwinahyu, Misteka. (2001). Manajemen Laboratorium.
Sutara, T & Sahromi, M. (1999). Pengelolaan Laboratorium I (BMP 10) dan Pengelolaan Laboratorium II (BMP 11) dalam Buku Materi Pokok Pengelolaan Pengajaran Biologi (PBIO 4470). Jakarta: Universitas Terbuka.
The National Science Teacher Association. Laboratory Science. Tersedia:
http://www.nsta.org . [19-0102007].
Tim Penyusun Pusat & Daerah Dinkes.2015.Standar Laboratorium Tenaga Gizi. Jakarta : Pusadiklat Tenaga Kesehatan.
Yusnowati, Sri. (2011). Persyaratan dan Standar Laboratorium.
Details ...
Mahasiswa dapat mengkaji manajerial laboratorium ke SD an, keprofesionalan pengelolaan laboratorium ke SD an, administrasi pengelolaan laboratorium ke SD an, SOP, tata tertib, penyusunan SOP laboratorium ke SD, prosedur keselamatan laboratorium ke SD an, pemantauan ke lokasi laboratorium ke SD an di sekolah.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Sikap
-
-
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
-
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD
- Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
ReferencesDAFTAR PUSTAKA
Anonim. (2005). Materi Pelatihan Manajemen Laboratorium.
Betty Aldea.(2014) . Pengelolaan Laboratorium
http://labpgsdupgris.blogspot.com/. Diunduh tanggal 31 Agustus 2018
Kertiasa, N. (2006). Laboratorium Sekolah dan Pengelolaannya. Bandung:
Pudak Scientific.
Rosada, Raharjo, dkk. (2017). Panduan Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium IPA. Kemdikbud Dirjen Dikdas dan SMP
Sekarwinahyu, Misteka. (2001). Manajemen Laboratorium.
Sutara, T & Sahromi, M. (1999). Pengelolaan Laboratorium I (BMP 10) dan Pengelolaan Laboratorium II (BMP 11) dalam Buku Materi Pokok Pengelolaan Pengajaran Biologi (PBIO 4470). Jakarta: Universitas Terbuka.
The National Science Teacher Association. Laboratory Science. Tersedia:
http://www.nsta.org . [19-0102007].
Tim Penyusun Pusat & Daerah Dinkes.2015.Standar Laboratorium Tenaga Gizi. Jakarta : Pusadiklat Tenaga Kesehatan.
Yusnowati, Sri. (2011). Persyaratan dan Standar Laboratorium.
Details ...
Mahasiswa dapat mengkaji manajerial laboratorium ke SD an, keprofesionalan pengelolaan laboratorium ke SD an, administrasi pengelolaan laboratorium ke SD an, SOP, tata tertib, penyusunan SOP laboratorium ke SD, prosedur keselamatan laboratorium ke SD an, pemantauan ke lokasi laboratorium ke SD an di sekolah.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Sikap
-
-
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
-
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD
- Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
ReferencesDAFTAR PUSTAKA
Anonim. (2005). Materi Pelatihan Manajemen Laboratorium.
Betty Aldea.(2014) . Pengelolaan Laboratorium
http://labpgsdupgris.blogspot.com/. Diunduh tanggal 31 Agustus 2018
Kertiasa, N. (2006). Laboratorium Sekolah dan Pengelolaannya. Bandung:
Pudak Scientific.
Rosada, Raharjo, dkk. (2017). Panduan Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium IPA. Kemdikbud Dirjen Dikdas dan SMP
Sekarwinahyu, Misteka. (2001). Manajemen Laboratorium.
Sutara, T & Sahromi, M. (1999). Pengelolaan Laboratorium I (BMP 10) dan Pengelolaan Laboratorium II (BMP 11) dalam Buku Materi Pokok Pengelolaan Pengajaran Biologi (PBIO 4470). Jakarta: Universitas Terbuka.
The National Science Teacher Association. Laboratory Science. Tersedia:
http://www.nsta.org . [19-0102007].
Tim Penyusun Pusat & Daerah Dinkes.2015.Standar Laboratorium Tenaga Gizi. Jakarta : Pusadiklat Tenaga Kesehatan.
Yusnowati, Sri. (2011). Persyaratan dan Standar Laboratorium.
Details ...
Mahasiswa dapat mengkaji manajerial laboratorium ke SD an, keprofesionalan pengelolaan laboratorium ke SD an, administrasi pengelolaan laboratorium ke SD an, SOP, tata tertib, penyusunan SOP laboratorium ke SD, prosedur keselamatan laboratorium ke SD an, pemantauan ke lokasi laboratorium ke SD an di sekolah.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Sikap
-
-
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
-
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Tenaga Pendidik di SD
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Peneliti Pendidikan di SD
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni,menyusun desain saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
Capaian Pembelajaran Umum pada Profil Praktisi Pendidikan di SD
- Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
ReferencesDAFTAR PUSTAKA
Anonim. (2005). Materi Pelatihan Manajemen Laboratorium.
Betty Aldea.(2014) . Pengelolaan Laboratorium
http://labpgsdupgris.blogspot.com/. Diunduh tanggal 31 Agustus 2018
Kertiasa, N. (2006). Laboratorium Sekolah dan Pengelolaannya. Bandung:
Pudak Scientific.
Rosada, Raharjo, dkk. (2017). Panduan Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium IPA. Kemdikbud Dirjen Dikdas dan SMP
Sekarwinahyu, Misteka. (2001). Manajemen Laboratorium.
Sutara, T & Sahromi, M. (1999). Pengelolaan Laboratorium I (BMP 10) dan Pengelolaan Laboratorium II (BMP 11) dalam Buku Materi Pokok Pengelolaan Pengajaran Biologi (PBIO 4470). Jakarta: Universitas Terbuka.
The National Science Teacher Association. Laboratory Science. Tersedia:
http://www.nsta.org . [19-0102007].
Tim Penyusun Pusat & Daerah Dinkes.2015.Standar Laboratorium Tenaga Gizi. Jakarta : Pusadiklat Tenaga Kesehatan.
Yusnowati, Sri. (2011). Persyaratan dan Standar Laboratorium.
Details ...