Courser in English | POETRY |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 8 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.
Learning Outcomes- Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri
- Keterampilan umum: Memiliki keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta memiliki menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
- Keterampilan khusus : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Pengetahuan : Memiliki pengetahuan tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
Aftaruddin, P. PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,
Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.
Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.
________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.
Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.
W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa
Details ...
Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.
Learning Outcomes- Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri
- Keterampilan umum: Memiliki keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta memiliki menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
- Keterampilan khusus : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Pengetahuan : Memiliki pengetahuan tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
Aftaruddin, P. PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,
Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.
Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.
________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.
Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.
W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa
Details ...
Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.
Learning Outcomes- Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri
- Keterampilan umum: Memiliki keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta memiliki menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
- Keterampilan khusus : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Pengetahuan : Memiliki pengetahuan tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
Aftaruddin, P. PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,
Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.
Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.
________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.
Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.
W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa
Details ...
Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.
Learning Outcomes- Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri
- Keterampilan umum: Memiliki keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta memiliki menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
- Keterampilan khusus : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Pengetahuan : Memiliki pengetahuan tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
Aftaruddin, P. PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,
Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.
Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.
________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.
Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.
W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa
Details ...
Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.
Learning Outcomes- Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri
- Keterampilan umum: Memiliki keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta memiliki menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
- Keterampilan khusus: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Pengetahuan: Memiliki pengetahuan tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
Aftaruddin, P. PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,
Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.
Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.
________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.
Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.
W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa
Details ...
Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.
Learning Outcomes- Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri
- Keterampilan umum: Memiliki keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta memiliki menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
- Keterampilan khusus: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur
- Pengetahuan: Memiliki pengetahuan tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis
Aftaruddin, P. PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,
Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.
Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.
________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.
Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.
W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa
Details ...
Mata kuliah Puisi mengenal karya sastra Indonesia puisi, Deskripsi, Jenis, Ciri, perkembangan, Teori, Bentuk puisi
Learning OutcomesIndikator Pencapaian:
- Mendeskripsikan hakikat puisi indonesia
- Menganalisis struktur puisi Indonesia
- Mempraktikkan pembacaan puisi dengan menggunakan teknik pembacaan puisi.
- Membut musikalisasi puisi dan merekaman dalam bentuk video (CD)
DAFTAR PUSTAKA:
Aftaruddin, P. PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,
Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.
Jassin, H.B. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya, 2013.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.
________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.
Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.
W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa
Details ...
Mata kuliah Puisi mengenal karya sastra Indonesia puisi, Deskripsi, Jenis, Ciri, perkembangan, Teori, Bentuk puisi
Learning OutcomesIndikator Pencapaian:
- Mendeskripsikan hakikat puisi indonesia
- Menganalisis struktur puisi Indonesia
- Mempraktikkan pembacaan puisi dengan menggunakan teknik pembacaan puisi.
- Membut musikalisasi puisi dan merekaman dalam bentuk video (CD)
DAFTAR PUSTAKA:
Aftaruddin, P. PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,
Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.
Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.
Jassin, H.B. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya, 2013.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.
________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.
Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.
W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa
Details ...