Puisi, Curriculum : 2015


Courser in EnglishPOETRY
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS8 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri 
  2. Keterampilan umum: Memiliki  keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta  memiliki  menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
  3. Keterampilan khusus : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan  terukur
  4. Pengetahuan : Memiliki pengetahuan  tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan  enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Aftaruddin, P.  PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,

Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami  Bahasa  dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.

Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.

________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University  Press

Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.

Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Waluyo, Herman J. 1987. Teori  dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.

W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri 
  2. Keterampilan umum: Memiliki  keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta  memiliki  menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
  3. Keterampilan khusus : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan  terukur
  4. Pengetahuan : Memiliki pengetahuan  tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan  enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Aftaruddin, P.  PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,

Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami  Bahasa  dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.

Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.

________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University  Press

Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.

Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Waluyo, Herman J. 1987. Teori  dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.

W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri 
  2. Keterampilan umum: Memiliki  keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta  memiliki  menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
  3. Keterampilan khusus : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan  terukur
  4. Pengetahuan : Memiliki pengetahuan  tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan  enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Aftaruddin, P.  PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,

Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami  Bahasa  dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.

Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.

________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University  Press

Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.

Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Waluyo, Herman J. 1987. Teori  dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.

W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri 
  2. Keterampilan umum: Memiliki  keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta  memiliki  menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
  3. Keterampilan khusus : Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan  terukur
  4. Pengetahuan : Memiliki pengetahuan  tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan  enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Aftaruddin, P.  PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,

Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami  Bahasa  dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.

Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.

________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University  Press

Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.

Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Waluyo, Herman J. 1987. Teori  dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.

W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri 
  2. Keterampilan umum: Memiliki  keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta  memiliki  menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
  3. Keterampilan khusus: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan   terukur
  4. Pengetahuan: Memiliki pengetahuan  tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan  enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Aftaruddin, P.  PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,

Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami  Bahasa  dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.

Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.

________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University  Press

Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.

Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Waluyo, Herman J. 1987. Teori  dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.

W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Puisi merupakan mata kuliah yang bertujuan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami dan mendeskripsikan hakikat puisi, mengidentifikasi jenis-jenis puisi, mengapresiasi pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.

Learning Outcomes

  1. Sikap: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang puisi secara mandiri 
  2. Keterampilan umum: Memiliki  keterampilan yang memadai dalam menyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam bahasa Indonesia dan ragam teknik berpuisi serta  memiliki  menelaah atau menganalisis puisi beragam jenis puisi
  3. Keterampilan khusus: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang puisi sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan   terukur
  4. Pengetahuan: Memiliki pengetahuan  tentang puisi , Menguasai konsep-konsep dasar puisi dan  enyimak, membaca, menulis, dan mengapresiasi puisi  dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis

References

Aftaruddin, P.  PengantarApresiasi Puisi, Bandung: Angkasa,

Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami  Bahasa  dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.

Jassin, H.B. 2013. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya,.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.

________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University  Press

Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.

Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Waluyo, Herman J. 1987. Teori  dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.

W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Puisi mengenal karya sastra Indonesia puisi, Deskripsi, Jenis, Ciri, perkembangan, Teori, Bentuk puisi

Learning Outcomes

Indikator Pencapaian:

  1. Mendeskripsikan hakikat puisi indonesia
  2. Menganalisis struktur puisi Indonesia
  3. Mempraktikkan pembacaan puisi dengan menggunakan teknik pembacaan puisi.
  4. Membut musikalisasi puisi dan merekaman dalam bentuk video (CD)

References

DAFTAR PUSTAKA:

Aftaruddin, P.  PengantarApresiasi Puisi, Bandung:  Angkasa,

Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami  Bahasa  dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.

Jassin, H.B. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya, 2013.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya.    Yogyakarta: Pustaka Pelajar

________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.

________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University  Press

Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.

Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Waluyo, Herman J. 1987. Teori  dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.

W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Puisi mengenal karya sastra Indonesia puisi, Deskripsi, Jenis, Ciri, perkembangan, Teori, Bentuk puisi

Learning Outcomes

Indikator Pencapaian:

  1. Mendeskripsikan hakikat puisi indonesia
  2. Menganalisis struktur puisi Indonesia
  3. Mempraktikkan pembacaan puisi dengan menggunakan teknik pembacaan puisi.
  4. Membut musikalisasi puisi dan merekaman dalam bentuk video (CD)

References

DAFTAR PUSTAKA:

Aftaruddin, P.  PengantarApresiasi Puisi, Bandung:  Angkasa,

Aminuddin, 1995. Stilistika Pengantar Memahami  Bahasa  dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Jalil, Dianie Abdul. Teori dan Periodesasi Puisi Indonesia. Bandung: Angkasa, tt.

Jassin, H.B. Pujangga Baru: Prosa dan Puisi. Bandung: Pustaka Jaya, 2013.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra,Metode Kritik, dan Penerapannya.    Yogyakarta: Pustaka Pelajar

________. 2003 “Pendekatan Semiotik” dalam Metodologi Penelitian Sastra. Jabrohim, Ed. 2003. Yogyakarta: Hanindita Graha Widjaya.

________. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University  Press

Surana. 2001. Pengantar Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.

Tarigan, H. Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Waluyo, Herman J. 1987. Teori  dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wellek, Rene & Warren, Austin. 1995. Teori Kesustraan. Jakarta: Gramedia.

W.S., Hasanuddin. Membaca dan Menilai Sajak: Pengantar Pengkajian dan Interpretasi. Bandung: Angkasa


Details ...