Courser in English | Basic Physics I |
Program | Pendidikan Fisika |
SKS | 4 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mempelajari konsep dan prinsip dasar fisika sebagai bekal awal untumempelajari fisika di Perguruan Tinggi. Perkuliahan ini didukung kegiatan praktikum sehingakan menunjang keterampilan proses sains mahasiswa. Materi yang dipelajari adalah vektor gerak, usaha dan energi, momentum dan inpuls, gravitasi, getaran dan gelombang, fluida, dan panas.
Learning OutcomesSikap : Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. Menunjukkan
sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri
Pengetahuan : Menguasai konsep teoritis dan prinsip-prinsip pokok fisika klasik
Keterampilan Khusus : Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam belajar fisika
Keterampilan Umum : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks
pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang
pendidikan fisika
Paul A. Tipler (Dr. Bambang Soegijono). (2001). FISIKA, untuk Sains dan Teknik, Erlangga Jakarta.
Mikrajuddin Abdullah. Fisika Dasar. Institut Teknologi Bandung
Details ...
Mata kuliah ini memberikan penguasaan konsep dan pemantapan konsep dasar mekanika dan thermodinamika. Konsep dasar yang dikaji antara lain: Pengukuran, Kinematika, Hukum-hukum Newton tentang gerak, Usaha dan Energi, Sistem Partikel dan Kekekalan Momentum Linier, Rotasi, Kesetimbangan Benda Tegar, Gravitasi, Mekanika Zat padat dan Fluida, Osilasi, Gelombang,
Bunyi, Teori Kinetik Gas, danTermodinamika.
Sikap
(1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
(2) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri
(3) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep teoritis dan prinsip-prinsip pokok Fisika Klasik.
Keterampilan Khusus
Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam belajar Fisika
Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika.
References
Chris Mee etc. 2008. Physics. London: Hodder Education
Giancoli, Douglas C. 2009. Physics For Scientists and engineers with modern physics. New Jersey: Pearson Hall.
Jewett, JW & Serway, RA. 2004. Physics for Scientists and Engineers, Sixth Edition. California State
Tipler, Paul A. 1997. Physics for Scientists and Engineers, Fifth Edision. Barkeley California.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan prasyarat bagi kelompok mata kuliah keahlian S-1 Program Studi Pendidikan Fisika. Mata kuliah ini terdiri dari 4 SKS Mahasiswa akan mempelajari konsep Dasar IPA dan Fisika, Gerak, Usaha dan Energi, Momentum Linear dan Tumbukan, Gerak Rotasi dan Gravitasi, Kesetimbangan Rotasi dan Dinamika Rotasi, Fluida, Kalor dan Termodinamika, dan Getaran dan Gelombang. Perkuliahan dilaksanakan melalui tatap muka, tugas terstruktur, dan tugas mandiri. Metode pembelajaran yang digunakan antara lain ceramah, diskusi, problem solving, problem based learning, dan projek based learning.
Learning Outcomes- Pengetahuan: Menguasai pengetahuan konsep Dasar Fisika, Gerak, Usaha dan Energi, Elastisitas Bahan,Momentum Linear dan Tumbukan, Gerak Rotasi dan Gravitasi, Kesetimbangan Rotasi dan Dinamika Rotasi, Fluida, Kalor dan Termodinamika, dan Getaran dan Gelombang, serta aplikasinya dalam perkembagan sains dan teknologi.
- Keterampilan Khusus: Mengaplikasikan, mengkaji, membuat desain, manfaatkan IPTEKS, dalam pemecahan masalah fisika.
- Keterampilan Umum: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam pemecahan masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
- Sikap: 1) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; 2) Jujur dan tidak melakukan manipulasi data serta plagiasi.
- David Halliday & Robert Resnick (Pantur Silaban & Erwin Sucipto), (1989). FISIKA, Erlangga-Jakarta.
- Paul A. Tipler (Dr. Bambang Soegijono). (2001). FISIKA, untuk Sains dan Teknik, Erlangga-Jakarta.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan prasyarat bagi kelompok mata kuliah keahlian S-1 Program Studi Pendidikan Fisika. Mata kuliah ini terdiri dari 4 SKS Mahasiswa akan mempelajari konsep Dasar IPA dan Fisika, Gerak, Usaha dan Energi, Momentum Linear dan Tumbukan, Gerak Rotasi dan Gravitasi, Kesetimbangan Rotasi dan Dinamika Rotasi, Fluida, Kalor dan Termodinamika, dan Getaran dan Gelombang. Perkuliahan dilaksanakan melalui tatap muka, tugas terstruktur, dan tugas mandiri. Metode pembelajaran yang digunakan antara lain ceramah, diskusi, problem solving, problem based learning, dan projek based learning.
Learning Outcomes- Pengetahuan: Menguasai pengetahuan konsep Dasar IPA dan Fisika, Gerak, Usaha dan Energi, Elastisitas Bahan,Momentum Linear dan Tumbukan, Gerak Rotasi dan Gravitasi, Kesetimbangan Rotasi dan Dinamika Rotasi, Fluida, Kalor dan Termodinamika, dan Getaran dan Gelombang, serta aplikasinya dalam perkembagan sains dan teknologi.
- Keterampilan Khusus: Mengaplikasikan, mengkaji, membuat desain, manfaatkan IPTEKS, dalam pemecahan masalah fisika.
- Keterampilan Umum: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam pemecahan masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
- Sikap: 1) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; 2) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; 3) Jujur dan tidak melakukan manipulasi data serta plagiasi
- David Halliday & Robert Resnick (Pantur Silaban & Erwin Sucipto), (1989). FISIKA, Erlangga-Jakarta.
- Paul A. Tipler (Dr. Bambang Soegijono). (2001). FISIKA, untuk Sains dan Teknik, Erlangga-Jakarta.
Details ...