Courser in English | THESIS |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S2 |
SKS | 8 SKS |
RPS | 9 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengkaji tentang proposal tesis yang meliputi pemilihan judul, penyusunan latar belakang
masalah, rumusan masalah, kajian teori, serta metode penelitiannya, sehingga mahasiswa dapat
menghasilkan proposal tesis.
Mahasiswa mampu menghasilkan proposal tesis, dan mampu mempresentasikan proposal tesis dalam bentuk seminar
-
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang proposal tesis yang meliputi pemilihan judul, penyusunan latar belakang
masalah, rumusan masalah, kajian teori, serta metode penelitiannya, sehingga mahasiswa dapat
menghasilkan proposal tesis.
Mahasiswa mampu menghasilkan proposal tesis, dan mampu mempresentasikan proposal tesis dalam bentuk seminar
-
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang proposal tesis yang meliputi pemilihan judul, penyusunan latar belakang
masalah, rumusan masalah, kajian teori, serta metode penelitiannya, sehingga mahasiswa dapat
menghasilkan proposal tesis.
Mahasiswa mampu menghasilkan proposal tesis, dan mampu mempresentasikan proposal tesis dalam bentuk seminar
-
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang proposal tesis yang meliputi pemilihan judul, penyusunan latar belakang
masalah, rumusan masalah, kajian teori, serta metode penelitiannya, sehingga mahasiswa dapat
menghasilkan proposal tesis.
Mahasiswa mampu menghasilkan proposal tesis, dan mampu mempresentasikan proposal tesis dalam bentuk seminar
-
Details ...
Pemenuhan persyaratan pemerolehan gelas master pendidikan (M.Pd.)
Learning OutcomesTuntas menyusun tesis
References-
Details ...
Kerja mandiri dalam perencanaan dan pelaksanaan suatu karya ilmiah mengenai suatu masalah pendidikan yang sesuai dengan bidang spesiali sasi mahasiswa serta penulisan laporannya dalam bentuk tesis di bawah bimbingan setidak-tidaknya dua orang pembimbing tesis. Karya ilmiah tersebut dapat berbentuk hasil suatu penelitian maupun hasil suatu kegiatan proyek yang menghasilkan suatu produk tertentu dalam bidang pendidikan, bahasa, sastra dan pengajaran seperti: kurikulum, bahan pengajaran, instrumen evaluasi, dsb. Termasuk dalam kegiatan penulisan tesis adalah kewajiban menyampaikan usulan (proposal) penelitian/proyek dalam suatu forum seminar program studi yan g dihadiri oleh semua dosen pembimbing tesis, dosen metode penelitian, dosen program studi.
Learning OutcomesMahasiswa mampu menuntaskan Tesis sebagai prasyarat pemerolehan gelar Master Pendidikan, bidang khusus pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Kerja mandiri dalam perencanaan dan pelaksanaan suatu karya ilmiah mengenai suatu masalah pendidikan yang sesuai dengan bidang spesiali sasi mahasiswa serta penulisan laporannya dalam bentuk tesis di bawah bimbingan setidak-tidaknya dua orang pembimbing tesis. Karya ilmiah tersebut dapat berbentuk hasil suatu penelitian maupun hasil suatu kegiatan proyek yang menghasilkan suatu produk tertentu dalam bidang pendidikan, bahasa, sastra dan pengajaran seperti: kurikulum, bahan pengajaran, instrumen evaluasi, dsb. Termasuk dalam kegiatan penulisan tesis adalah kewajiban menyampaikan usulan (proposal) penelitian/proyek dalam suatu forum seminar program studi yan g dihadiri oleh semua dosen pembimbing tesis, dosen metode penelitian, dosen program studi.
References-
Details ...
Kerja mandiri dalam perencanaan dan pelaksanaan suatu karya ilmiah mengenai suatu masalah pendidikan yang sesuai dengan bidang spesiali sasi mahasiswa serta penulisan laporannya dalam bentuk tesis di bawah bimbingan setidak-tidaknya dua orang pembimbing tesis. Karya ilmiah tersebut dapat berbentuk hasil suatu penelitian maupun hasil suatu kegiatan proyek yang menghasilkan suatu produk tertentu dalam bidang pendidikan, bahasa, sastra dan pengajaran seperti: kurikulum, bahan pengajaran, instrumen evaluasi, dsb. Termasuk dalam kegiatan penulisan tesis adalah kewajiban menyampaikan usulan (proposal) penelitian/proyek dalam suatu forum seminar program studi yan g dihadiri oleh semua dosen pembimbing tesis, dosen metode penelitian, dosen program studi.
Learning OutcomesMahasiswa mampu menuntaskan Tesis sebagai prasyarat pemerolehan gelar Master Pendidikan, bidang khusus pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Kerja mandiri dalam perencanaan dan pelaksanaan suatu karya ilmiah mengenai suatu masalah pendidikan yang sesuai dengan bidang spesiali sasi mahasiswa serta penulisan laporannya dalam bentuk tesis di bawah bimbingan setidak-tidaknya dua orang pembimbing tesis. Karya ilmiah tersebut dapat berbentuk hasil suatu penelitian maupun hasil suatu kegiatan proyek yang menghasilkan suatu produk tertentu dalam bidang pendidikan, bahasa, sastra dan pengajaran seperti: kurikulum, bahan pengajaran, instrumen evaluasi, dsb. Termasuk dalam kegiatan penulisan tesis adalah kewajiban menyampaikan usulan (proposal) penelitian/proyek dalam suatu forum seminar program studi yan g dihadiri oleh semua dosen pembimbing tesis, dosen metode penelitian, dosen program studi.
ReferencesAsher, J. William. 1976. Educational Research and Evaluation Methods. Boston: Litle, Brown Company.
Arikunto, Suharsimi. 1990. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Djajasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik. Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.
Chadwick, Bruce A. Howard M.Bahr and Stan L. Albrecht. 1991. Metode Penelitian Ilmu Pengetahuan Sosial. Alih bahasa dari Social Science Methods ol.
Dr. Sulistia, ML Drs. Yan Mujianto, Drs. Ahmad Sofwan, dan Drs. Suhardjito, MA. Semarang: IKIP Semarang Press.
Djajasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.
IKIP Jakarta, 1985. Hiptesis Kebatinan dalam Parameter, Media Komunikasi dan Informasi Penelitian Lembaga Penelitian IKIP Jakarta. No. IV. Pebruari 1985.
__________. 1985. Pedoman Penulisan Ilmiah. Jakarta: FPS IKIP Jakarta.
__________. 1989. Buku Pedoman Penelitian Teoretis & Penyusunan Usu Penelitian. IKIP Jakarta: Lembaga Penelitian.
Malo, Manasse, dkk. 1986. Materi Pokok Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sudjana, Nana. 1987. Tuntutan Menyusun Karya Ilmiah: Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung: Sinar Baru.
Agger, Ben. 2003. Teori Sosial Kritis, kritik, Penerapan dan Implikasinya. Yogyakarta: Kreasi Wacana
Damono, Sapardi Djoko. 1978. Sosiologi Sastra sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Dep. Pend. Dan Keb.
Foucault, Michael. 2002. Pengetahuan dan Metode: Karya Karya Penting Faucault. Yogyakarta: Jalasutra.
Gie, The Liang. 2003. Sejarah Ilmu-ilmu: dari Masa Kuno sampai Zaman Modern. Yogyakarta: PUBIB.
Jabrohim (ed.) (2001) Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha
Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra: sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Luxemburg, Jan van (dkk). 1994. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.
Moleong, Lexy Y. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka jaya.
Zoest, aart van. 1993. Semiotika: Tentang Tanda, cara Kerjanya, dan Apa yang Kita Lakukan dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung.
Details ...