Keterampilan Bernyanyi dan Bercerita, Curriculum : 2010


Courser in EnglishSinging and Story Telling Skills
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS5 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

mata kuliah ini mengajarkan tentang teori-teori bernyanyi dan bercerita, pentingnya stimulasi bernyanyi dan bercerita anak usia dini samapi evaluasi pembelajaran ketrampilan bernyanyi dan bercerita

Learning Outcomes

mahasiswa mampu menguasai dan menerapkan ketrampilan bernyanyi dan bercerita pada pembelajaran pada anak usia dini

References

Idris, sabil rysaldi.2014. bermain bercerita dan menyanyi. Jakarta. Luxima Metro Media


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini mengajarkan tentang teori-teori bernyanyi dan bercerita, pentingnya stimulasi bernyanyi dan bercerita anak usia dini samapi evaluasi pembelajaran ketrampilan bernyanyi dan bercerita

Learning Outcomes

mahasiswa mampu menguasai dan menerapkan ketrampilan bernyanyi dan bercerita pada pembelajaran pada anak usia dini

References

Idris, sabil rysaldi.2014. bermain bercerita dan menyanyi. Jakarta. Luxima Metro Media


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini mengajarkan tentang teori-teori bernyanyi dan bercerita, pentingnya stimulasi bernyanyi dan bercerita anak usia dini samapi evaluasi pembelajaran ketrampilan bernyanyi dan bercerita

Learning Outcomes

mahasiswa mampu menguasai dan menerapkan ketrampilan bernyanyi dan bercerita pada pembelajaran pada anak usia dini

References

Idris, sabil rysaldi.2014. bermain bercerita dan menyanyi. Jakarta. Luxima Metro Media


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PIM I Vokal merupakan mata kuliah praktek. Tujuan pembelajaran:memahami, menjelaskan, membaca, mendemonstrasikan, menghayati prosedurolah vokal dan karya vokal. Materi pembelajaran: siap bernyanyi,olah vokal,keterampilan memproduksi suara,aplikasinya dalam membaca notasi musik, dan menyanyikan etude dan lagu-lagu sederhana yang standar.Program kegiatan perkuliahan: kuliah, diskusi, demonstrasi, imitasi, drill. Penilain : tugas terstruktur, tugas harian, mid dan tes akhir semester.Nilai Pendidikan karakter yang diberikan:kedisiplinan,tanggungjawab,kerjasama untuk tugas terstruktur.

Learning Outcomes

 

 

Standar Kompetensi Kompetensi dasar Materi Pokok Uraian Materi Nilai Pend.Karakter

1Mahasiswa dapat memahami dan melaksanak an teknik dasar produksi suara

1.1.Mahasiswa dapat memahami teknik dasar produksi suara

1.2.Mahasiswa dapat menggunakan teknikdasar dalam produksi suaraTeknik dasarproduksi suara

1.1.Teknik dasar produksi suara

1.2.Vokalisis

1.Tanggung jawab latihan teknik dasar

2 Mahasiswamampu membaca dan menyanyi-kan etude2.1.Mahasiswadapat membaca notasi balok Mahasiswadapat menyanyikan etude.Membaca dan menyanyikan etude

1.1.Membacaetude Vaccaidan Panofka

1.2.Menyanyikan etude

1.3.Disiplin dan tanggungjawab membaca dan menyanyikan etude vaccai dan panofka

3 Mahasiswa mampu membaca dan menyanyi-kan lagu-lagu sederhana yang standar

3.1. Mahasiswadapatmembaca notasi lagu-lagu

3.2. Mahasiswadapatmenyanyikan lagu-lagu Membaca dan menyanyikan lagu-lagu

1.1.Membaca notasi lagu-lagu Jerman,Italia, danIndonesia

1.2.Menyanyikan lagu-lagu Jerman,Italia, danIndonesia

1.3.Tanggung jawab,disiplin dan kerjasama melatih lagu jerman, italia,dan Indonesia

References

1.Vaccai

2.Panofka

3.Lagu-lagu Seriosa Indonesia

4.Anthologi of Italian Song

5.Famous Song European

6.Kumpulan lagu-lagu seriosa Indonesia, Ciptaan: Iskandar


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah PIM I Vokal merupakan mata kuliah praktek. Tujuan pembelajaran:memahami, menjelaskan, membaca, mendemonstrasikan, menghayati prosedurolah vokal dan karya vokal. Materi pembelajaran: siap bernyanyi,olah vokal,keterampilan memproduksi suara,aplikasinya dalam membaca notasi musik, dan menyanyikan etude dan lagu-lagu sederhana yang standar.Program kegiatan perkuliahan: kuliah, diskusi, demonstrasi, imitasi, drill. Penilain : tugas terstruktur, tugas harian, mid dan tes akhir semester.Nilai Pendidikan karakter yang diberikan:kedisiplinan,tanggungjawab,kerjasama untuk tugas terstruktur.

Learning Outcomes

 

 

Standar Kompetensi Kompetensi dasar Materi Pokok Uraian Materi Nilai Pend.Karakter

1Mahasiswa dapat memahami dan melaksanak an teknik dasar produksi suara

1.1.Mahasiswa dapat memahami teknik dasar produksi suara

1.2.Mahasiswa dapat menggunakan teknikdasar dalam produksi suaraTeknik dasarproduksi suara

1.1.Teknik dasar produksi suara

1.2.Vokalisis

1.Tanggung jawab latihan teknik dasar

2 Mahasiswamampu membaca dan menyanyi-kan etude2.1.Mahasiswadapat membaca notasi balok Mahasiswadapat menyanyikan etude.Membaca dan menyanyikan etude

1.1.Membacaetude Vaccaidan Panofka

1.2.Menyanyikan etude

1.3.Disiplin dan tanggungjawab membaca dan menyanyikan etude vaccai dan panofka

3 Mahasiswa mampu membaca dan menyanyi-kan lagu-lagu sederhana yang standar

3.1. Mahasiswadapatmembaca notasi lagu-lagu

3.2. Mahasiswadapatmenyanyikan lagu-lagu Membaca dan menyanyikan lagu-lagu

1.1.Membaca notasi lagu-lagu Jerman,Italia, danIndonesia

1.2.Menyanyikan lagu-lagu Jerman,Italia, danIndonesia

1.3.Tanggung jawab,disiplin dan kerjasama melatih lagu jerman, italia,dan Indonesia

References

1.Vaccai

2.Panofka

3.Lagu-lagu Seriosa Indonesia

4.Anthologi of Italian Song

5.Famous Song European

6.Kumpulan lagu-lagu seriosa Indonesia, Ciptaan: Iskandar


Details ...