Perkembangan Peserta Didik, Curriculum : 2021


Courser in EnglishLearner's Development
ProgramPendidikan Bahasa Inggris
SKS2 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan bagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar yang mencakup: (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor  yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik pserta didik, mencakup, (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) Permasalahan perkembangan peserta didik dalam pembelajaran/pendidikan. 

Learning Outcomes

CP yang dibebankan pada MK

S8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

S9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;

KK8. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;

PP1. Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi.

 

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa mampu: 

CPMK 1 Mendiskripsikan (1) kosnep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik; (5) permasalahan perkembangan peserta didik dalam pembelajaran/pendidikan (S8-9, KU2, KK8, PP1)
CPMK 2 Menganalisis variasi individu dan kebutuhan peserta didik, dan karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik (S8-9, KU2, KK8, PP1)
CPMK 3 Menganalisis permasalahan dan kebutuhan siswa dalam pembelajaran sesuai perkembangannya (S8-9. KU2, KK8, PP16).
CPMK 4 Mengimplementasikan pemahaman tentang perkembangan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di sekolah (S8-9, KU2, KK8, PP1). 

 

References

  1. Soetjiningsih, hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada. 
  2. Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
  3. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
  4. Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta: Erlangga
  5. Ki Fudyartanta. 2011. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Sumantri, Mulyati. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
  7. papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
  8. Santrock. 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1. Jakarta: Erlangga
  9. Yusuf, Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan bagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar yang mencakup: (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor  yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik pserta didik, mencakup, (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) Permasalahan perkembangan peserta didik dalam pembelajaran/pendidikan. 

Learning Outcomes

CP yang dibebankan pada MK

S8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

S9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;

KK8. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;

PP1. Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi.

 

Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa mampu: 

CPMK 1 Mendiskripsikan (1) kosnep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik; (5) permasalahan perkembangan peserta didik dalam pembelajaran/pendidikan (S8-9, KU2, KK8, PP1)
CPMK 2 Menganalisis variasi individu dan kebutuhan peserta didik, dan karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik (S8-9, KU2, KK8, PP1)
CPMK 3 Menganalisis permasalahan dan kebutuhan siswa dalam pembelajaran sesuai perkembangannya (S8-9. KU2, KK8, PP16).
CPMK 4 Mengimplementasikan pemahaman tentang perkembangan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di sekolah (S8-9, KU2, KK8, PP1). 

 

References

  1. Soetjiningsih, hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada. 
  2. Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
  3. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
  4. Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta: Erlangga
  5. Ki Fudyartanta. 2011. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Sumantri, Mulyati. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
  7. papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
  8. Santrock. 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1. Jakarta: Erlangga
  9. Yusuf, Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya


Details ...