Courser in English | JOB TRAINING |
Program | Pendidikan Ekonomi |
SKS | 1 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa untuk mengamati, menganalisis, dan memahami praktik ekonomi, pendidikan, atau kewirausahaan di lapangan. Melalui kegiatan observasi, pengumpulan data, dan interaksi dengan mitra seperti koperasi, UMKM, lembaga pendidikan, maupun instansi pemerintah, mahasiswa dapat mengaitkan teori-teori pendidikan ekonomi dengan realitas praktis di masyarakat.
KKL menjadi jembatan antara pembelajaran di kelas dengan dunia kerja, serta melatih mahasiswa untuk menyusun laporan ilmiah berdasarkan hasil pengamatan, menganalisis permasalahan nyata, dan merumuskan solusi berbasis pengetahuan akademik. Mata kuliah ini juga membentuk soft skills seperti kerja sama, komunikasi, etika kerja, dan tanggung jawab sosial.
Learning Outcomes-
Menjelaskan tujuan, konsep, dan manfaat Kuliah Kerja Lapangan dalam konteks Pendidikan Ekonomi.
-
Menyusun proposal kegiatan lapangan yang memuat latar belakang, tujuan, metode, dan rencana kerja.
-
Mengidentifikasi permasalahan yang relevan dengan bidang pendidikan ekonomi di lokasi KKL.
-
Melaksanakan observasi, wawancara, dan dokumentasi secara sistematis dan etis di lapangan.
-
Menganalisis data hasil lapangan dengan pendekatan kualitatif dan/atau kuantitatif.
-
Menarik simpulan dan rekomendasi berbasis temuan lapangan untuk perbaikan atau pengembangan praktik pendidikan ekonomi.
-
Menyusun laporan KKL sesuai kaidah penulisan ilmiah dan mempresentasikan hasil kegiatan secara akademis.
-
Mendemonstrasikan sikap profesional, etis, kolaboratif, dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan kegiatan lapangan.
-
Sudjana, Nana. (2019). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.
-
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
-
Departemen Koperasi & UKM RI. (2022). Pedoman Kegiatan Mahasiswa di Koperasi dan UMKM.
Referensi Pendukung:
-
Hasibuan, Malayu S.P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.
-
Tilaar, H.A.R. (2009). Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Strategis dan Praktis. Rineka Cipta.
-
Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi
-
Jurnal Nasional dan Lokal Terkait Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, dan UMKM
Details ...
Mata kuliah Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa untuk mengamati, menganalisis, dan memahami praktik ekonomi, pendidikan, atau kewirausahaan di lapangan. Melalui kegiatan observasi, pengumpulan data, dan interaksi dengan mitra seperti koperasi, UMKM, lembaga pendidikan, maupun instansi pemerintah, mahasiswa dapat mengaitkan teori-teori pendidikan ekonomi dengan realitas praktis di masyarakat.
KKL menjadi jembatan antara pembelajaran di kelas dengan dunia kerja, serta melatih mahasiswa untuk menyusun laporan ilmiah berdasarkan hasil pengamatan, menganalisis permasalahan nyata, dan merumuskan solusi berbasis pengetahuan akademik. Mata kuliah ini juga membentuk soft skills seperti kerja sama, komunikasi, etika kerja, dan tanggung jawab sosial.
Learning Outcomes-
Menjelaskan tujuan, konsep, dan manfaat Kuliah Kerja Lapangan dalam konteks Pendidikan Ekonomi.
-
Menyusun proposal kegiatan lapangan yang memuat latar belakang, tujuan, metode, dan rencana kerja.
-
Mengidentifikasi permasalahan yang relevan dengan bidang pendidikan ekonomi di lokasi KKL.
-
Melaksanakan observasi, wawancara, dan dokumentasi secara sistematis dan etis di lapangan.
-
Menganalisis data hasil lapangan dengan pendekatan kualitatif dan/atau kuantitatif.
-
Menarik simpulan dan rekomendasi berbasis temuan lapangan untuk perbaikan atau pengembangan praktik pendidikan ekonomi.
-
Menyusun laporan KKL sesuai kaidah penulisan ilmiah dan mempresentasikan hasil kegiatan secara akademis.
-
Mendemonstrasikan sikap profesional, etis, kolaboratif, dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan kegiatan lapangan.
-
Sudjana, Nana. (2019). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.
-
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
-
Departemen Koperasi & UKM RI. (2022). Pedoman Kegiatan Mahasiswa di Koperasi dan UMKM.
Referensi Pendukung:
-
Hasibuan, Malayu S.P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.
-
Tilaar, H.A.R. (2009). Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Strategis dan Praktis. Rineka Cipta.
-
Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi
-
Jurnal Nasional dan Lokal Terkait Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, dan UMKM
Details ...
Mata kuliah Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa untuk mengamati, menganalisis, dan memahami praktik ekonomi, pendidikan, atau kewirausahaan di lapangan. Melalui kegiatan observasi, pengumpulan data, dan interaksi dengan mitra seperti koperasi, UMKM, lembaga pendidikan, maupun instansi pemerintah, mahasiswa dapat mengaitkan teori-teori pendidikan ekonomi dengan realitas praktis di masyarakat.
KKL menjadi jembatan antara pembelajaran di kelas dengan dunia kerja, serta melatih mahasiswa untuk menyusun laporan ilmiah berdasarkan hasil pengamatan, menganalisis permasalahan nyata, dan merumuskan solusi berbasis pengetahuan akademik. Mata kuliah ini juga membentuk soft skills seperti kerja sama, komunikasi, etika kerja, dan tanggung jawab sosial.
Learning Outcomes-
Menjelaskan tujuan, konsep, dan manfaat Kuliah Kerja Lapangan dalam konteks Pendidikan Ekonomi.
-
Menyusun proposal kegiatan lapangan yang memuat latar belakang, tujuan, metode, dan rencana kerja.
-
Mengidentifikasi permasalahan yang relevan dengan bidang pendidikan ekonomi di lokasi KKL.
-
Melaksanakan observasi, wawancara, dan dokumentasi secara sistematis dan etis di lapangan.
-
Menganalisis data hasil lapangan dengan pendekatan kualitatif dan/atau kuantitatif.
-
Menarik simpulan dan rekomendasi berbasis temuan lapangan untuk perbaikan atau pengembangan praktik pendidikan ekonomi.
-
Menyusun laporan KKL sesuai kaidah penulisan ilmiah dan mempresentasikan hasil kegiatan secara akademis.
-
Mendemonstrasikan sikap profesional, etis, kolaboratif, dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan kegiatan lapangan.
-
Sudjana, Nana. (2019). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.
-
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
-
Departemen Koperasi & UKM RI. (2022). Pedoman Kegiatan Mahasiswa di Koperasi dan UMKM.
Referensi Pendukung:
-
Hasibuan, Malayu S.P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.
-
Tilaar, H.A.R. (2009). Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Strategis dan Praktis. Rineka Cipta.
-
Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi
-
Jurnal Nasional dan Lokal Terkait Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, dan UMKM
Details ...