SBM PPkn, Curriculum : 2022


Courser in English-
ProgramPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
SKS2 SKS
RPS1 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang: Standar proses pembelajaran satuan pendidikan dMata kuliah ini berisi tentangasar dan menengah; Hakekat strategi belajar mengajar; Konsep CBSA Pendekatan scientifik; Strategi Pembelajaran Afektif (dalam PPKn); Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PPKn; Sistem Among; Model-Model Pembelajaran (terutama: Project Based Learning, problem Based learning, Inquiry); Pemilihan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn; Interaksi Belajar Mengajar

 

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan dapat:

 

 

 

Setelah mengikuti matakuliah ini, mahasiswa akan mampu:

Menguasai isi  Standar Proses Pembelajaran pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah sesuai dengan regulasi yang berlaku dengan memperhatikan nilai, norma dan etika akademik 

Mendeskripsikan hakekat strategi belajar mengajar, Konsep CBSA, Strategi pembelajaran afektif (dalam PKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PKn, Sistem Among, serta memilih  Model-Model Pembelajaran, pendekatan, metode dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, sifat dan hakekat bahan pendidikan afektif dan tingkat perkembangan peserta didik. Menganalisis  Interaksi belajar mengajar (IBM).

 

References

Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryati, Titik. 2016. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Semarang: BP UNISBANK

PERMENDIKBUD KURIKULUM 2013 (Terutama Standar Proses/Permendikbud No. 65/2013 dan Pedoman Pembelajaran/Permendikbud 81 A

lampiran iv, sekarang No. 22 Tahun 2016)

Permendikbudristek RI nomor 16 tahun 2022 tentang: STANDAR PROSES PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH

Nurhasanah, Sri., Jayadi, Agus., Sa'diyah, Rika., dkk, 2019. Starategi Pembelajaran. Jakarta: Edu Pustaka

Gagne, Robert M (1984). The Condition of Learning, New York, Chicago, San Fransisco, Philadelphia, Montreaal, Toronto. : Holt-Rinnehart and Winston Joyce, Bruce & Marsha Weil (1986). Model of Teaching, New Yersey : Prentice Hall Inc.

T. Raka Joni (1984).Strategi Belajar-Mengajar, Suatu tinjauanpengantar, Jakarta : P2LPTK Depdikbud

Anggraena, Yogi., Ginanto, Dion., felicia, Nisa., dkk. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: BSKAP KEMDIKBUDRISTEK RI

 

 


Details ...