Courser in English | - |
Program | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 1 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini berisi tentang: Standar proses pembelajaran satuan pendidikan dMata kuliah ini berisi tentangasar dan menengah; Hakekat strategi belajar mengajar; Konsep CBSA Pendekatan scientifik; Strategi Pembelajaran Afektif (dalam PPKn); Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PPKn; Sistem Among; Model-Model Pembelajaran (terutama: Project Based Learning, problem Based learning, Inquiry); Pemilihan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran PPKn; Interaksi Belajar Mengajar
Learning Outcomes
Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan dapat:
Setelah mengikuti matakuliah ini, mahasiswa akan mampu:
Menguasai isi Standar Proses Pembelajaran pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah sesuai dengan regulasi yang berlaku dengan memperhatikan nilai, norma dan etika akademik
Mendeskripsikan hakekat strategi belajar mengajar, Konsep CBSA, Strategi pembelajaran afektif (dalam PKn), Asas dan Prinsip SBM Afektif dalam pembelajaran PKn, Sistem Among, serta memilih Model-Model Pembelajaran, pendekatan, metode dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, sifat dan hakekat bahan pendidikan afektif dan tingkat perkembangan peserta didik. Menganalisis Interaksi belajar mengajar (IBM).
References
Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.
Haryati, Titik. 2016. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Semarang: BP UNISBANK
PERMENDIKBUD KURIKULUM 2013 (Terutama Standar Proses/Permendikbud No. 65/2013 dan Pedoman Pembelajaran/Permendikbud 81 A
lampiran iv, sekarang No. 22 Tahun 2016)
Permendikbudristek RI nomor 16 tahun 2022 tentang: STANDAR PROSES PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH
Nurhasanah, Sri., Jayadi, Agus., Sa'diyah, Rika., dkk, 2019. Starategi Pembelajaran. Jakarta: Edu Pustaka
Gagne, Robert M (1984). The Condition of Learning, New York, Chicago, San Fransisco, Philadelphia, Montreaal, Toronto. : Holt-Rinnehart and Winston Joyce, Bruce & Marsha Weil (1986). Model of Teaching, New Yersey : Prentice Hall Inc.
T. Raka Joni (1984).Strategi Belajar-Mengajar, Suatu tinjauanpengantar, Jakarta : P2LPTK Depdikbud
Anggraena, Yogi., Ginanto, Dion., felicia, Nisa., dkk. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: BSKAP KEMDIKBUDRISTEK RI
Details ...