Poetry , Curriculum : 2021


Courser in EnglishPoetry
ProgramPendidikan Bahasa Inggris
SKS2 SKS
RPS3 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

The course helps students to have an understanding of both the construction and meaning of English poetry, which is the production of the writers of ‘Anglo-Saxon’ cultural background. Attention is mostly given to textual poetry analysis only –applying the methods and techniques of taking a poem apart in order to arrive at its understanding. Consequently, reasonable means for reading and appreciating this genre such as imagery, figurative language and musical devices are covered in this unit. Prior to the discussion of the three, a short glance at the aspects of words and the notion of textual interpretation is provided.

Learning Outcomes

  1. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa, (S5)
  2. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain ; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (S6)
  3. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan bahasa Inggris (KU1)
  4. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU 2)
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pembelajaran bahasa Inggris, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU 5)
  6. Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-intermediate (KK 1)
  7. Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan pada minimal satu bidang Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara tingkat intermediate(KK 2)
  8. Mampu mengadaptasi/ budaya pemakai bahasa sasaran yang positif kedalam budaya bahasa ibu (KK 3)
  9. Menguasai konsep teoretis tentang kesusastraan (literature) dan budaya dalam pembelajaran bahasa Inggris (P 10)

References

Laurence Perrine 2003


Details ...
Course Descriptions

The course helps students to have an understanding of both the construction and meaning of English poetry, which is the production of the writers of ‘Anglo-Saxon’ cultural background. Attention is mostly given to textual poetry analysis only –applying the methods and techniques of taking a poem apart in order to arrive at its understanding. Consequently, reasonable means for reading and appreciating this genre such as imagery, figurative language and musical devices are covered in this unit. Prior to the discussion of the three, a short glance at the aspects of words and the notion of textual interpretation is provided.

Learning Outcomes

  1. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa, (S5)
  2. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain ; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (S6)
  3. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan bahasa Inggris (KU1)
  4. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU 2)
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pembelajaran bahasa Inggris, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU 5)
  6. Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-intermediate (KK 1)
  7. Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan pada minimal satu bidang Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara tingkat intermediate(KK 2)
  8. Mampu mengadaptasi/ budaya pemakai bahasa sasaran yang positif kedalam budaya bahasa ibu (KK 3)
  9. Menguasai konsep teoretis tentang kesusastraan (literature) dan budaya dalam pembelajaran bahasa Inggris (P 10)

References

Laurence Perrine 2003


Details ...
Course Descriptions

The course helps students to have an understanding of both the construction and meaning of English poetry, which is the production of the writers of ‘Anglo-Saxon’ cultural background. Attention is mostly given to textual poetry analysis only –applying the methods and techniques of taking a poem apart in order to arrive at its understanding. Consequently, reasonable means for reading and appreciating this genre such as imagery, figurative language and musical devices are covered in this unit. Prior to the discussion of the three, a short glance at the aspects of words and the notion of textual interpretation is provided.

Learning Outcomes

  1. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa, (S5)
  2. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain ; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (S6)
  3. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang pendidikan bahasa Inggris (KU1)
  4. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU 2)
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pembelajaran bahasa Inggris, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU 5)
  6. Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-intermediate (KK 1)
  7. Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan pada minimal satu bidang Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara tingkat intermediate(KK 2)
  8. Mampu mengadaptasi/ budaya pemakai bahasa sasaran yang positif kedalam budaya bahasa ibu (KK 3)
  9. Menguasai konsep teoretis tentang kesusastraan (literature) dan budaya dalam pembelajaran bahasa Inggris (P 10)

References

Laurence Perrine 2003


Details ...